Update Windows Phone 8.1 Lumia Cyan Melalui OTA (Over the Air)

Update Windows Phone 8.1 Lumia Cyan – Halo Pembaca!! Setelah sebelumnya saya membahas mengenai fitur baru dari Windows Phone 8.1 Lumia Cyan pada postinhg sebelumnya, kini saya akan membahas langkah updatenya. Langkah-langkah update Windows Phone 8.1 Lumia Cyan melalui OTA (Over the Air) ini sebenarnya cukup mudah karena kita cuma pencet-pencet layar doang :mrgreen: Yah memang sih update melalui NSU (Nokia Software Update) lebih greget 😛 Saya sendiri memutuskan untuk melakukan update melalui OTA, mengapa? Jawabannya simpel, karena saat saya cek di NSU, update Windows Phone 8.1 Lumia Cyan untuk smartphone yang saya pake belum tersedia, padahal sudah ada notifikasinya di menu Settings > Phone Update. Oke, apa saja yang perlu disiapkan untuk ritual update ini? Cekidot bre… 🙂

Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_12


Persiapan Update Lumia Cyan aka Windows Phone 8.1

  • Pastikan Anda memiliki smartphone Nokia Lumia! Jika Anda memiliki Android atau iPhone, nggak bisa update ke Lumia Cyan *Cak Lontong mode: on* :mrgreen: Pada artikel kali ini saya menggunakan smartphone Nokia Lumia 520.
  • Pastikan baterai terisi lebih dari 80%. Jika kurang dari itu gimana gan? Gampang, colokin aja sambil update Lumia Cyan, bisa kok :mrgreen:
  • Sediakan koneksi internet yang cukup cepat dan stabil melalui WiFi. Solusi hemat dari langkah ini adalah mendatangi tempat dengan hotspot gratis, hehehehe… Saya sendiri menggunakan WiFi Tethering daro Sony Xperia Ray, lumayan stabil 🙂
  • Siapkan kopi, teh, cemilan, dan sedikit kesabaran 😛 Seberapa besar kesabaran ini? Semakin lambat koneksi internet WiFi yang digunakan, semakin banyak kesabaran yang diperlukan, hehehe… :mrgreen:

Baca Juga: Akhirnya! Update Windows Phone 8.1 Lumia Cyan Tiba di Nokia Lumia 520

Proses Update Windows Phone 8.1 Lumia Cyan

Langkah pertama untuk melakukan update Lumia Cyan atau WP 8.1 ini adalah dengan menghubungkan smartphone ke jaringan WiFi dan kemudian mengakses menu Settings > Phone Update, serta lakukan pengecekan. Setelah beberapa saat proses pengecekan, akan muncul notifikasi bahwa update untuk smartphone yang kita pakai telah tersedia dan diap untu di-download. Kemudian klik Download.

Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_01 Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_02 Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_03

Oiya, saya menggunakan smartphone Nokia Lumia 520 dan terdapat dua tahap untuk proses update Lumia Cyan atau WP 8.1 ini. Tahap pertama adalah persiapan untuk update tahap kedua. Berdasarkan keterangan yang muncul, update tahap pertama ini akan memudahkan kita melakukan migrasi ke Lumia Cyan atau Windows Phone 8.1. Setelah kita melakukan klik download, maka proses download akan berjalan. Setelah proses download, maka dilanjutkan dengan proses update preparing update dan kemudian ita diperintahkan untuk melakukan restart. Setelah Restart, layar akan menampilkan animasi gambar gear yang menandakan bahwa proses update sedang berjalan.

Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_05 Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_06

Proses update tahap pertama ini relatif cepat, saya menggunakan Nokia Lumia 520 dengan koneksi WiFi Tethering dapat selesai sekitar 30 menit atau setengah jam saja. Setelah proses update tahan pertama akan muncul proses migrating data yang lumayan lama, sekitar 5 menit lebih. Setelah selesai, kita akan mendapat pesan bahwa smartphone kita telah ter-update dan siap dilanjutkan ke tahap berikutnya atau Windows Phone 8.1 Lumia Cyan.

Baca Juga: Review Nokia Lumia 625, Windows Phone dengan Layar 4,7 Inci

Cara update WP 8.1 tahap kedua ini cukup mudah, yakni membuka menu Settings > Phone Update. Akan muncul notifikasi bahwa tersedia update untuk smartphone yang kita gunakan dan jika Anda telah siap, langsung saja klik download. Berapa waktu yang diperlukan untuk update Lumia Cyan ini? Ini tergantung koneksi internet yang digunakan. Saya sendiri menghabiskan waktu sekitar 45 menit untuk prosses download.

Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_01 Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_02 Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_07

Nah pada tahap kedua ini, proses downloadnya lebih lama dari tahap pertama karena harus mengunduh update Windows Phone 8.1 dengan ukuran sekitar 700MB-an. Nah saat itulah kopi, teh, dan cemilan yang kita siapkan tadi akan sangan bermanfaat dalam rangka penggemukan badan… *mulai ngaco :mrgreen: Pada tahap kedua ini sangat bergantung pada kecepatan internet WiFi yang kita gunakan karena mengunduh file update Windows Phone 8.1 aka Lumia Cyan. Setelah proses download selesai, maka dilanjutkan dengan proses Preparing to instal yang juga lumayan lama… Saya nunggu sampe ketiduran gan :mrgreen:

Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_08 Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_10 Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_11

Setelah proses Preparing to install selesai, akan muncul dialog seperti screenshot di atas yang mengatakan bahwa proses update akan memakan waktu antara 15 menit hingga 30 menit, klik Install untuk melanjutkan. langkah berikutnya kita akan disuguhi Microsoft Service Agreement, baca saja dulu, tapi itu pake bahasa linggis Inggris… Saya sih gak tak baca langsung klik Install. Setelah itu smartphone Lumia akan otomatis melakukan restart. Sama seperti proses yang update tahap pertama, setelah smartphone restart akan terjadi proses update sistem dan kayan menampilkan gambar gear yang lumayan lama… Alhasil saya tinggal tidur saja, biar ngimpi ketemu bidadari 😛

Baca Juga: Mengatasi Windows 8.1 Tidak Mau Shutdown di Laptop

Update Nokia Lumia Cyan Tuxlin_14 Proses Update Selesai

Jrenggg… Jrengg….!!! Proses update Windows Phone 8.1 Lumia Cyan telah selesai dan kini kita menggunakan smartphone Lumia dengan sistem operasi terbaru… hehehhehe… Mudah bukan? Nanti kalau Lumia Cyan aka WP 8.1 muncul di NSU, saya akan bikin tutorialnya lagi, hehehehe… Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka: Menjelajahi Keindahan Istana Tamansari Yogyakarta


16 Comments

  1. Ibnu Azis August 20, 2014
    • Tuxlin August 20, 2014
  2. aldi October 2, 2014
    • Tuxlin October 2, 2014
  3. toko sangkar October 3, 2014
  4. aldi October 7, 2014
    • Tuxlin October 7, 2014
  5. aldi October 8, 2014
  6. yu December 12, 2014
    • Tuxlin December 12, 2014
      • yu December 12, 2014
        • Tuxlin December 12, 2014
  7. alwi October 27, 2015
    • Tuxlin October 27, 2015
  8. Tenun BATIK Jepara May 14, 2016

Add Comment

*