Advan A1N70T, Ada Apa Dengan Kipasmu?

38

Halo Pembaca! Beberapa minggu yang lalu, Tuxlin Lab kedatangan netbook Advan A1N70T yang bermasalah. Menurut pemiliknya, netbook tersebut lambat gak ketulungan, dikarenakan virus telah beranak pinak di netbooknya. Setelah saya cek, ternyata benar, selain kipasnya berisik, kinerjanya lambat gak ketulungan… betapa tidak, buka explorer saja makan waktu 15 menit! Akhirnya saya memutuskan untuk menginstal ulang netbook Advan A1N70T tersebut. Install ulang berjalan sangat lambat, hingga 4 jam, gile…. Saya curiga ada yang gak beres dengan netbook tersebut. Awalnya, saya menuduh hardisk lah yang bermasalah, namun setelah saya lepas hardisknya dan saya coba pasang ke komputer, ternyata lancar jaya! So, hardisk tidak bermasalah… lha terus?

DSC00040 Hardisk ternyata tidak bermasalah…

Awalnya saya bingung, karena setelah saya cek, hampir semua komponennya bekerja dengan sebagai mana mestinya, kecuali kipas yang berisik. Saat awal-awal netbook dinyalakan, rpm (rotation per minute) kipas masih rendah dan tidak berisik, namun ketika suhu netbook meningkat dan rpm kipas pun menjadi tinggi dan berisik diiringi melambatnya kinerja. Normalnya, kipas yang berputar pada rpm tinggi seharusnya tidak terlalu berisik. Akhirnya saya memutuskan untuk membongkar netbook Advan A1N70T tersebut untuk mengetahui lebih jelas permasalahan.

DSC00042 Bagian belakan digunakan untuk memasang memory dan hardisk

DSC00041

melepas kabel fleksibel keyboard

DSC00038

keyboard Advan A1N70T

DSC00037

setelah melepas keyboard, giliran cover depan dilepas untuk melihat jeroan Advan A1N70T

Membongkar Advan A1N70T memang tidak begitu sulit, sama dengan membongkar notebook/netbook lainya, membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Kipas Advan A1N70T berada di sisi kiri pojok dalam badan netbook, untuk mencapainya harus melepsa keyboard dan cover penutupnya. setelah keduanya dilepas, maka muncul tampang motherboard dan kipasnya…

DSC00032 Ternyata prosesor Atom N270 itu sangat kecil sekali chipnya, 2x lebih kecil dari pada Chipset Intel 945GSE. Sementara kipasnya berada di pojok kiri badan netbook tersebut saya lepas dan saya coba nyalakan kipasnya, ternyata memang berisik sekali kipasnya :mrgreen:. Kipas tersebut berisik karena apa? Karena kotoran yang masuk kedalam rotor kipas. Awalnya, saya bermaksud mengganti kipas tersebut, namun saya tidak menemukan gantinya setelah keliling-keliling kota solo. Kemudian saya mendapat masukan dari adek tingkat saya dikampus agar kipas tersebut dilumasi rotornya. Langsung saja saya semprot dengan pelumas rantai sepeda motor, hasilnya? Tetep berisik kek pesawat terbang, namun netbook Advan A1N70T sudah kembali normal dan tidak lambat.

DSC00034 Prosesor dan chipset didinginkan dengan heatsink yang juga berfungsi sebagai alas keyboard dan disalurkan melalui thermalpad (1,2). No 3 adalah kabel fleksibel untuk touch pad.

Kesimpulan

Netbook Advan A1N70T ini nggak rusak sih, cuma kipasnya aja yang kotor. Yang bikin saya bingung, apa hubunganya kipas berisik dengan kinerja yang loyo? Menurut perkiraan saya, saat kipas kotor berputar di rpm yang tinggi akan memakan power yang lebih banyak karena kipas bekerja lebih keras akibat kotoran yang masuk menyebabkan perputaran kipas tidak lancar, sehingga mengganggu supply power ke komponen lain seperti HDD, yang menyebabkan kinerjanya lambat, ini hanya perkiraan saya saja. Setelah rotor kipas tersebut saya lumasi dengan pelumas rantai sepeda motor, kinerja netbook Advan A1N70T kembali normal, namun kipasnya masih berisik, penggantian kipas mungkin adalah solusi yang terbaik :). Sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat.

38 COMMENTS

  1. Sumpah dit kalau deket mah saya pengen konsul mengenai sama kamu 🙂 ajarin saya bongkar laptop gitu :mrgreen: abis lappy saya kalau full performance bisa 80 derajat! pasti kipasnya udah kotor sama heatpipenya bermasalah. Tapi itu …saya belom berani bongkar. Solusi sekarang sih cuman di vacum ajah di daerah celah heatpipe dan fan. Sekarang enggak berani maen pes 2007 max dech 😆 …

    • @gadgetboi
      Udah gak garansi kan? kok mau bongkar2 :mrgreen: Bongkar gak sulitkok, cuma siapin obeng, ketelitian dan sedikit keberanian :mrgreen:… Makanya pindah boyolali aja, sejuk gak kayak bekasi,wkwkwkwkwk

    • @raju
      waduh kalo gak pegang langsung juga bingung, mending dibawa ke service center terdekat, coz kalo tiba2 mati gitu banyak sebabnya 🙂

  2. ada trik khusus gak pas buka keyboardnya/ kap bagian atasnya. sampai skr tinggal bagian sisi kanan tengah dan kiri tengah yang gak bisa dibuka.

    apakah ada baut/mur tersembunyi diarea tersebut atau hanya pengait plastik saja ?

    trims

      • ini netbook lucu mas bro….
        masalah yg kemaren mati itu t’nyata karena mainboard&kipas kotor doang.setelah ane bongkar,sumpah, udh kaya tong sampah or celengan.da koin & kartu gsm di dalem’y.setelah dibersihin,alhamdulillah.lancar.ane rada males ke SC,tanggapan’y sih bagus,tp pas masang,banyak baut yg ga kepasang (udh prnh masuk ke SC Advan)
        btw,klo da yg butuh driver A1N70T yg win XP,ane ada,lengkap,dari vga smpe wireles.cuma ane ga bisa upload,cos ga ngerti cara’y,maklum dah newbie.klo daerah sekitar jakarta,bekasi,depok,ane bisa bantu pinjemin dah.

  3. met pagi Gan..,
    Ane mau tanya batery vanbook ane koq tiba-tiba ngedrop ya..?
    kasusnya gini : “kalau di cas, icon nya ada. tapi gk terisi sama sekali.., gitu dicabut coknya langsung padam..”
    memang kemarin ada di pinjam my brother ampek 1 bulanan.
    karna takut rusak, batery nya ane simpan. maksudnya gk ane kasihkan ke dia kemaren.
    tadinya sih sehat wal afiat..
    apa mungkin karena di pinjam kemarin ya ..? tapi waktu ane tanyain ama my brother, dia bilang “gak da di apa-apain koq..” katanya.
    kira-kira apa yang jadi masalahnya ya gan..?
    kalau memang perlu di bongkar, kan cara nya udah ada diatas.
    “tangan ane udah gatel aja ni..”

    gitu aja deh gan, mudah-mudahan juragan mau ngasih pencerahan nya..

    dengan penuuh rasa berharap, ane mengucaokan terima kasih sebelumnya

  4. mas bro..
    masalah di advan a1n70t ane layar di netbook tiba2 resolusinya brubah jadi 1024×768
    yg harusnya cuma 1024×600, shinnga bagian bawah terpotong (gk full)

    trus kalo mau ganti resolusi lagi di display properties juga gk bisa karena gk ada pilihan buat 1024×600, yg ada juga 800×600 dan itu juga layar bagian bawahnya gk keliatan…

    kalo mas bro tau cra ngakalinnya tlong britau, via email kl sempat…
    bolak balik instal driver vga sama aja..
    kdang normal lgi, namun nulang kmbali kl netbook dirubah posisinya/diangkat

    thanks

  5. mas saya kan kepingin bersihin kipas netbook advan nah mur body bawah udah di lepas, mur body di bawah keyboard udah di lepas, hdd, ram, sama wifi udah di lepas, nah nyabut body nya gmn yah?,

    tolong di jawab yah mas,soalnya suhunya lumayan panas

  6. gini mas, saya punya netbook diatas. saya beli dr teman saya dengan OS XP SP3.
    mau tak instal WIN 7. cara ganti IDE ke AHCInya gmna? masalahnya pernah nyoba tak instal gak mau, tolong sarannya dari suhu-suhu sekalian,.

  7. permisi… mau nanya nih, begini. aku punya netbook diatas, beli dr temen dengan OS winXP sp3,
    mau tak ganti pake win7. pernah aku coba instal, tapi kok kagak mau. saya punya inisiatif, ganti controler modenya dari IDE ke AHCI. tapi kok gak ada menunya,. mohon bantuanya dari suhu2,. trmakasih, mohon balasanya,.

  8. weleh, bongkar laptop, kalo saya terima bongkar tpi g terima pasang wkwkwkwkw 😀 kpan2 post tutorial bongkar laptop dong 😀

  9. Bang , netbok saya asus eee pc seasheel series kenapa tiap buka aplikasi , cth angry bird . Kadang pas main atau malah start suka ngadet jadi bunya berulang ulang trettrettrettret gitu . Mohon pencerahannya

  10. mas brow z mau nanya nih………
    mas,z baru2 mengistal windos 7,trus z ngistal lagi VGAnya,E…………malah nga bisa…………
    malah tertulis dilayar netbook, (this computer does not meet the minimum requirements for installing the software).
    mohon petunjuknya mas brow…..

  11. gan kalau misalkan kipas tiba tiba berisik pas baru dinyalain pas udah lamaan langsung gk berisik ada apa ya sama netbook nya?

  12. mas broo, ane hbs bongkar vanbook nih trus mw pasang kayak semula.eh hbs pasang keybord g bisa milih dualboot, trus ane bongkar lg ane reset biosnya. nah pas masuk booting keyboardnya masih fungsi, trus d restart ane masuk booting lagi keyboardnya uda g fungsi ane coba milih dual boot juga g fungsi?tp setelah d restart lg boot nya pertama keybord fungsi yg ke 2 g fungsi lg
    mohon pencerahan pleasee

  13. gan mau tnya sya mau bngkar netbok advan p1n 45116 bt brshin fan jga, stlah sya lpas smua bautnya (yg dibwah), sya agk ksulitan bt cp0t casing atas sma keyboardnya, gmana ya cra ny0p0tnya?. Tlg bntuannya gan.

  14. tolong balas gan n minta petunjuknya juga, kalo pada saat netbuk di nyalakan terus muncul DOS sistem yg isinya : failure predicted on hardisk 2 : toshiba MK3265GSXF-(S1) itu kenapa gan?

  15. mas di awal tambilan booting ad tulisan usb over current error e0701,, setelah ane browsing ktnya ad konslet di usb portnya.., yang jd maslah gimana cara bongkar casing laptop susah bnget.., mohon tutorial bongkar body laptop ny mas

  16. mampukah netbook advan A1N70T di upgrade mjd windows 7 mohon infonya ya gan.. thx tolg reply via email terima kasih..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here