Asus Zenfone Max Plus M1 Segera Masuk Indonesia? Ini Jawabannya!

Harga Spesifikasi Asus Zenfone Max Plus M1 Segera Masuk Indonesia? Ini Jawabannya! – Asus belum lama ini telah meluncurkan smartphone kelas menengah melalui seri Zenfone Max Plus M1. Pabrikan asal Taiwan ini ternyata bergerak cepat melihat tren pasar smartphone masa kini yang dibekali dengan layar penuh dan fitur face unlock. Asus membekali Zenfone Max Plus M1 dengan layar aspek rasio 18:9 dan fitur pengenalan wajah ala Face ID milik iPhone X.

Tak hanya itu, Asus juga memutuskan untuk beralih menggunakan SoC MediaTek untuk Zenfone Max Plus M1 setelah sebelumnya menggunakan Qualcomm Snapdragon di keluarga Zenfone 4 Max. Informasi yang Tuxlin Blog terima, Zenfone Max Plus M1 sudah tersedia di Rusia dan Malaysia. Lalu apakah Asus akan merilis Zenfone Max Plus M1 di Indonesia? Tuxlin Blog telah melakukan penelusuran, berikut ini adalah hasilnya.

Harga Spesifikasi Asus Zenfone Max Plus M1 Segera Masuk Indonesia? Ini Jawabannya!

Mengenal Lebih Dekat Asus Zenfone Max Plus M1

Smartphone kelas menengah Asus Zenfone Max Plus M1 ini mengusung gaya desain yang tak jauh berbeda dengan Zenfone 4 Max series yang sudah lebih dulu masuk pasar Indonesia. Ponsel ini dibalut dengan casing metal yang kokoh ditandemkan dengan layar 2.5D. Perbedaan yang mencolok antara desain Zenfone Max Plus M1 dengan Zenfone 4 Max adalah sisi depan. Ponsel ini sudah mengusung desain layar penuh dengan bezel super tipis. Namun, ketika dilihat dari sisi belakang, Zenfone Max Plus M1 ini tidak jauh berbeda dengan Zenfone 4 Max.

Seperti yang sudah Tuxlin singgung sebelumnya, Zenfone Max Plus M1 ini dibekali dengan layar sentuh 2.5D berukuran 5,7 inci dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksel IPS (In-Plane Switching) dengan aspek rasio 18:9 yang menawarkan kerapatan 269 ppi atau piksel per inci. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores semacam Gorilla Glass atau AGC Dragontrail pada ponsel ini.

Review Asus Zenfone 4 Max Pro di sini:

Asus Zenfone Max Plus M1

Sama seperti Zenfone 4 Max series lainnya, ponsel Asus Zenfone Max Plus M1 ini dibekali dengan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dengan antarmuka Zen UI 4.0 yang kaya fitur. Saat ini memang belum ada pernyataan resmi dari Asus, tetapi Tuxlin Blog yakin Asus Zenfone Max Plus M1 akan mendapat update ke Android 8.0 Oreo di masa mendatang.

Soal performa, Asus Zenfone Max Plus M1 ini cukup bersaing di kelas menengah. Pabrikan asal Taiwan ini memutuskan beralih ke MediaTek dari Qualcomm Snapdragon yang digunakan pada Zenfone 4 Max series. Asus Zenfone Max Plus M1 ini mengandalkan sokongan SoC MediaTek MT6750T dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,5GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 4GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G LTE ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T860 MP2.

Kemampuan kamera yang dimiliki oleh Asus Zenfone Max Plus M1 ini bisa dikatakan setara atau malah sedikit lebih baik ketimbang Zenfone 4 Max Pro yang telah beredar di tanah air. Smartphone andalan Asus dengan layar penuh ini mengandalkan kamera ganda berkekuatan 16 megapiksel diperkuat fitur phase-detection autofokus yang menggunakan sensor OmniVision OV16880 (TBC) yang dipadukan dengan 5 elemen lensa 35mm dengan aperture f/2.0 dan didukung LED flash. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 8 megapiksel aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan Field of View (FoV) hingga 120 derajat.

Sedangkan untuk kamera depan, Asus Zenfone Max Plus M1 mengandalkan dukungan kamera resolusi 16 megapiksel dengan lensa wide-angle aperture f/2.0 fixed focus dengan sensor OmniVision OV16880. Sayangnya, Asus tidak membekalinya dengan soft LED flash seperti Zenfone 4 Max series lainnya. Nggak cuma itu, smartphone ini dibekali dengan fitur face unlock seperti Face ID milik Apple iPhone.

Baca review Asus Zenfone 4 Selfie Pro di sini:

Sebagai smartphone yang berasal dari klan Zenfone Max, ponsel Asus Zenfone Max Plus M1 ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar, yakni 4130mAh. Tuxlin Blog memperkirakan daya tahan baterainya mampu bertahan hingga 1,5 – 2 hari penggunaan normal. Nggak cuma itu gaes, ponsel ini juga dibekali dengan fitur reverse charging untuk mengisi daya gadget lain.


Asus Zenfone Max Plus M1 dibekali dengan memori internal atau ROM berkapasitas 32GB. Sama seperti Zenfone 4 Max series, Zenfone Max Plus M1 ini dibekali dengan slot microSD dedicated (triple slot) untuk ekspansi memori eksternal.

Asus Zenfone Max Plus M1 Segera Masuk Indonesia?

Asus Zenfone Max Plus M1 Segera Masuk Indonesia

Beberapa hari yang lalu Tuxlin Blog membaca berita di GizChina yang menyebutkan bahwa smartphone Asus Zenfone Max Plus M1 telah masuk pasar Indonesia. Sebelumnya, ponsel dengan layar penuh ini telah lebih dulu menyambangi negeri beruang merah, Rusia. Smartphone ini bisa menjadi jawaban Asus atas rivalnya yang menggunakan layar penuh dengan aspek rasio 18:9 dan menonjolkan kemampuan selfie, sebut saja Vivo V7 series, Huawe Nova 2i, Wiko View, dan juga Oppo F5.

Muncul pertanyaan di benak Tuxlin, apakah Zenfone Max Plus M1 ini akan masuk Indonesia? Jika ponsel ini dirilis di Malaysia, maka kemungkinan besar juga akan hadir di tanah air. Berbekal rasa penasaran, Tuxlin Blog mencoba menanyakan kehadiran ponsel Asus Zenfone Max Plus M1 ini pada salah satu sumber dari Asus Indonesia.

Baca juga:Review Asus Zenfone Zoom S ZE553KL (Android Nougat)

Berdasarkan keterangan sumber tersebut, ponsel Zenfone Max Plus M1 ini kemungkinan besar akan masuk pasar Indonesia dengan nama yang sama. Bisa juga, Asus akan menggunakan nama Zenfone 4 Max Plus M1 karena masih satu generasi dengan Zenfone 4 Max. Jelas, kehadiran ponsel ini akan meningkatkan daya gedor Asus Zenfone dalam bersaing dengan smartphone kekinian dengan layar 18:9, seperti Vivo V7 dan Oppo F5.

Lalu kapan Asus Zenfone Max Plus M1 akan dirilis di Indonesia? Sumber yang Tuxlin Blog tanyai ternyata enggan merinci kapan ponsel ini akan dirilis. Tuxlin sendiri memperkirakan Zenfone Max Plus M1 akan diperkenalkan pada Januari 2018 mendatang.

Opini Tuxlin Blog Mengenai Asus Zenfone Max Plus M1

Smartphone Asus Zenfone Max Plus M1 ini mungkin akan menjadi lawan tangguh bagi smartphone Vivo V7 dan Oppo F5. Hal ini bisa dilihat dari dukungan layar penuh dengan aspek rasio 18:9 dan kemampuan kamera depan yang menonjol untuk foto selfie.

Berbicara soal kinerja, mungkin Zenfone Max Plus M1 yang bertenaga MediaTek MT6750T andalan Asus ini masih kalah kelas dengan Vivo V7 (Snapdragon 450) atau Oppo F5 (MediaTek Helio P23). Namun, ponsel Zenfone Max Plus M1 ini kemungkinan dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari dua ponsel tersebut, yakni sekitar Rp 3 juta.

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone Zoom S ZE553KL Bersensor Sony IMX362

Selain menawarkan kemampuan selfie yang menonjol dan layar penuh, Asus Zenfone Max Plus M1 masih memiliki dua fitur killer, yakni baterai berkapasitas besar dengan fitur reverse charging dan kamera ganda di sisi belakang. Dua fitur ini tidak dimiliki oleh smartphone di kelas Rp 3 juta-an. Nggak cuma itu, fitur face unlock juga menjadi daya tarik bagi Zenfone Max Plus M1.

Jika Asus Zenfone Max Plus M1 dijual dengan harga Rp 3 – 3,2 juta, mungkin bisa menjadi salah satu smartphone paling laik beli di kelasnya. Tuxlin sendiri cukup penasaran dan tertarik untuk melakukan review mendalam Zenfone Max Plus M1. Sementara di kelas 3 jutaan, ada dua lawan yang cukup tangguh, yakni Xiaomi Mi A1 Android One dan Motorola Moto G5S Plus.

Harga Asus Zenfone Max Plus M1

Harga Asus Zenfone Max Plus M1 di Malaysia cukup kompetitif menurut Tuxlin Blog, yakni $220 atau sekitar Rp 3 juta. Harga ini setara dengan Zenfone 4 Max Pro. Lalu berapa harga smartphone Zenfone Max Plus M1 andalan Asus ini ketika masuk Indonesia? Sampai saat ini memang belum ada informasi yang jelas, tetapi Tuxlin Blog memperkirakan tak jauh berbeda dengan harga di Malaysia.

Smartphone Asus Zenfone Max Plus M1  memang mengusung spesifikasi yang terbilang menggoda di kelas menengah. Tak hanya menawarkan kemampuan foto selfie yang mantap dan baterai yang besar sebagai DNA Zenfone Max, tetapi juga hadir dengan layar kekinian dengan aspek rasio 18:9.

Spesifikasi Asus Zenfone Max Plus M1

  • Sistem Operasi Android 7.1.1 Nougat dengan antarmuka Zen UI
  • Chipset MediaTek MT6750T dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,5GHz
  • Grafis Mali-T860 MP2
  • Dual Kamera 16 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor OmniVision OV16880, aperture f/2.0, dan LED flash + 8 megapiksel 120 derajat FoV, aperture f/2.2. Kamera depan 16 megapiksel, sensor OmniVision OV16880, lensa aperture f/2.0 fixed focus, soft LED flash
  • Layar sentuh 5,7 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksel, kerapatan 269 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori 4GB LPDDR3, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicted slot)
  • WiFi, Bluetooth, port miroUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 152,6 x 73 x 8.8 mm berat 160 gram
  • Baterai 4130mAh lithium ion, non removable
  • Warna Deepsea Black, Sunlight Gold, Azure Silver

Anda mungkin suka:Asus VivoBook Flip TP203 Laptop Hybrid Zaman Now Murah Hadir di Indonesia


6 Comments

  1. Teddy December 23, 2017
    • Tuxlin December 23, 2017
  2. Mareee December 27, 2017
    • Tuxlin December 30, 2017
  3. Weni January 1, 2018
    • Tuxlin January 1, 2018

Add Comment

*