Xiaomi Redmi 5A Dibandrol 999 Ribu di Indonesia, Perusak Harga Smartphone!

19

Xiaomi Redmi 5A Dibandrol 999 Ribu di Indonesia, Perusak Harga Smartphone! – Halo Pembaca! Smartphone murah meriah Xiaomi Redmi 5A secara resmi telah diluncurkan di Indonesia kemarin, 20 Desember 2017. Kehadiran ponsel pintar murah Xiaomi ini sebenarnya tidak terlalu mengagetkan, tetapi penerapan harga yang sangat agresif atau bahkan bisa dikatakan ekstrem ini membuat Xiaomi Redmi 5A terlihat begitu menarik dan tagar #MendingXiaomi langsung berdengung kencang.

Kehadiran ponsel pintar Xiaomi memang sejak lama disebut sebagai perusak harga, tetapi kehadiran Xiaomi Redmi 5A tampaknya benar-benar meluluhlantakkan harga smartphone di kelas entry-level di Indonesia. Lalu seperti apa kemampuan dan spesifikasi Xiaomi Redmi 5A? Simak ulasan Tuxlin Blog kali ini!

Xiaomi Redmi 5A

Mengenal Lebih Dekat Xiaomi Redmi 5A

Penampilan atau desain fisik Xiaomi Redmi 5A ini menurut Tuxlin Blog sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Redmi 4A yang tak lain adalah pendahulunya. Redmi 5A ini hadir dengan sudut yang lebih membulat dan menempatkan speaker grill pada sisi belakang ponsel. Berdasarkan informasi dari GSM Arena, Xiaomi Redmi 5A menggunakan material casing metal aluminium, tentu sangat berbeda dari Redmi 4A yang dibalut dengan casing plastik.

Smartphone Xiaomi Redmi 5A mengandalkan layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan 294 ppi atau piksel per inci yang mengusung panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) kapasitif LCD, tanpa kehadiran proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya.

Xiaomi Redmi 5A ini menggunakan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat dengan balutan antarmuka MIUI 9. Tak diketahui apakah smartphone murah ini akan mendapat update ke Android 8.0 Oreo atau tidak.

Baca juga:Xiaomi Redmi 5 & Redmi 5 Plus Diperkenalkan, Usung Layar Penuh

Kinerja yang ditawarkan Xiaomi Redmi 5A ini sebenarnya terbialng standar saja untuk kelas entry-level menurut Tuxlin Blog dengan mengandalkan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 425 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 308.

Smartphone 4G LTE Redmi 5A ini dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 16GB dan dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB. Salah satu kelebihan Redmi 5A adalah telah dibekali dengan dedicated slot (triple slot), sehingga pengguna bisa memakai dual SIM aktif dan microSD secara bersamaan Sektor daya, Xiaomi Redmi 5A dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Kemampuan Xiaomi Redmi 5A ini cukup bersaing di kelasnya menurut Tuxlin Blog berkat dukungan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel yang diperkuat dengan kemampuan phase-detection autofokus yang menggunakan sensor BSI yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 dan didukung LED flash. Kamera depan smartphone ini juga cukup bersaing di kelasnya dengan resolusi 5 megapiksel dengan aperture f/2.2 fixed focus dengan sensor BSI untuk foto selfie dan video call.

Baca juga:Cantiknya Xiaomi Mi A1 Red, Warna Merah yang Menawan

Sampel Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 5A

Sampel Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 5A

Sampel Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 5A

Sampel Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 5A

Rahasia Xiaomi Redmi 5A Dibandrol Murah

Xiaomi Redmi 5A

Tentunya banyak yang bertanya-tanya mengapa Xiaomi bisa dan mau menjual smartphone andalannya dengan harga yang murah? Bahkan bisa seekstrem Xiaomi Redmi 5A yang tak menyentuh angka psikologis 1 juta. Tuxlin Blog juga memiliki pertanyaan yang sama. Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun, pabrikan asal Tiongkok ini mengatakan bahwa pihaknya memang tak mencari untuk di hardware atau perangkat keras, termasuk smartphone.

Xiaomi fokus menghadirkan smartphone dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Jika laba di penjualan perangkat smartphone sangat tipis, darimana Xiaomi mendapatkan laba? Bos Xiaomi mengatakan bahwa perusahaannya tidak hanya fokus pada perangkat keras saja, tetapi ada dua pilar lain yang diandalkan, yakni Internet of Things (IoT) dan layanan internet.

“Redmi 5A menjadi salah satu senjata kami dalam mewujudkan visi dalam menghadirkan perangkat berkualitas dengan harga terjangkau. Smartphone ini turut menjadi upaya kami untuk menghilangkan kesan produk murah itu berkualitas tidak baik secara perlahan,” kata Country Manager Xiaomi Indonesia Steven Shi.

“Xiaomi mengusung model bisnis inovatif pada tiga pilar bisnisnya, yaitu hardware, sistem IoT dan pelayanan Internet. Berkat model bisnis tersebut, Xiaomi tidak perlu memusingkan untuk mencari keuntungan dari bidang hardware,” kata Founder dan CEO Xiaomi Lei Jun.

Baca juga:Menjajal Xiaomi Redmi Note 5A, Ternyata Kayak Gini Hasil Fotonya

Video Unboxing Xiaomi Redmi 5A

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Opini Tuxlin Blog Tentang Xiaomi Redmi 5A

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

Sama seperti yang dikatakan orang-orang, harga Xiaomi Redmi 5A di Indonesia memang gila! Siap merusak pasaran smartphone entry-level. Bisa dibayangkan, Xiaomi Redmi 5A ini mengusung spesifikasi yang setingkat dengan Samsung Galaxy J3 Pro 2017 dan Vivo Y65 yang dijual dengan harga di atas 2,2 juta, tetapi Xiaomi menjual Redmi 5A dengan harga kurang dari setengahnya, edyan! 😆

Yah kalau ngomongin spesifikasi sih nggak ada yang istimewa dari Xiaomi Redmi 5A, harganya yang nggak nahan hehehehe… Bandingkan saja dengan pendahulunya, Redmi 4A yang mengusung spesifikasi yang setara dengan Redmi 5A tetapi dijual dengan harga Rp 1,5 juta. Itu juga laris manis kayak kacang goreng hehehehe… 😎 Gimana Xiaomi Redmi 5A ini yang cuma sejuta kurang serebu? 😆

Review Xiaomi Redmi 4A

Tuxlin Blog sih melihat Xiaomi Indonesia ingin mengukuhkan kembali image: smartphone spesifikasi tinggi, tapi harga murah banget! Image ini sebenarnya udah menempel di Xiaomi sejak dulu, tetapi makin kesini agak pudar dan kurang terdengar gegara sempat vakum merilis produk karena terkendala TKDN. Tuxlin Blog sendiri merasakan image smartphone murah dengan spek gahar paling terasa pada Xiaomi Redmi 1S dan Redmi Note generasi pertama. Setelah itu nggak terlalu kentara.

Melibas Xiaomi Garansi Distributor

Xiaomi Redmi 5A

Selain meningkatkan image, kehadiran Xiaomi Redmi 5A yang dijual dengan harga yang lebih murah dari harganya di China adalah untuk melibas Xiaomi garansi distributor alias BM (Black Market). Emang bukan rahasia lagi kalau Xiaomi banyak produk BM-nya di Indonesia dengan garansi macem-macem, seperti Bless, dkk.Bbanyaknya tipe Xiaomi (terutama seri Mi) yang tidak masuk pasar Indonesia secara resmi kian menyuburkan Xiaomi bergaransi distributor di tanah air. Selain merugikan Xiaomi Indonesia, kehadiran Xiaomi garansi distro juga membuat citra jelek: Xiaomi hape bagus tapi garansi tidak resmi atau bahkan nggak bergaransi. 😛

Harga Xiaomi garansi distributor yang jauh lebih murah dari varian resmi juga menjadi salah satu faktor yang membuatnya tumbuh subur, meski varian resmi udah beredar di tanah air. Lihat saja Redmi 4A dan Redmi 4X yang masuk resmi di Indonesia, yang garansi distributor banyak bertebaran di toko online dan marketplace terkemuka, begitu yang Tuxlin Blog lihat.

Xiaomi Redmi 5A yang diluncurkan resmi dengan harga yang sangat murah dapat menutup pintu produk BM. Apakah bisa distributor barang BM itu jual Redmi 5A dengan harga yang jauh lebih murah dari angka 999 ribu? Kalau nggak, konsumen pasti lebih milih garansi resmi dengan jaminan layanan aftersales yang jauh lebih baik. Ini nggak berlaku lho buat seri Xiaomi yang nggak masuk Indonesia, macem Mi6, Mi Note 3, dan Mi MIX 2. 😆

Merusak Harga Pasaran Smartphone

Tuxlin Blog sih sependapat dengan opini jagat maya yang menyebut Xiaomi Redmi 5A perusak rumah tangga orang, eh perusak harga pasaran smartphone. 😆 Xiaomi Redmi 5A mengusung spesifikasi setara dengan Redmi 4A dan dibandrol Rp 999 ribu saja. Kira-kira ada nggak yang bisa berkompetisi dengan Xiaomi Redmi 5A ini? Kandidat paling dekat adalah Genpro X Pro. Pertanyaannya, apakah konsumen akan memilih Genpro X Pro yang brand image-nya masih kalah jauh ketimbang Xiaomi?

Kehadiran Xiaomi Redmi 5A ini seharusnya cukup menampar smartphone yang mengusung spek standar tapi dibandrol agak mahalan, macam Samsung Galaxy J3 Pro 2017, Vivo Y65, dan seri lawas Oppo A37! Ketiga smartphone itu speknya 11-12 lho sama Redmi 5A, tapi harganya 2 kali lipat lebih mahal hehehehe…. 😆 Kalau nggak ada perlawanan sengit dari kompetitor, lama-lama Xiaomi di Indonesia bisa kayak di India, laris manis hehehe… 😎

Review Vivo Y65

Ketersediaan & Harga Xiaomi Redmi 5A

Harga menjadi aspek yang paling menarik dari smartphone Xiaomi Redmi 5A, mengapa? Harganya yang kelewat murah membuatnya menjadi murah membuatnya jadi pusat perhatian. Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun, harga resmi Xiaomi Redmi 5A hanya Rp 999.000 atau Rp 1 juta kurang seribu! Tak heran banyak yang menyebut Xiaomi Redmi 5A ini sebagai perusak harga smartphone kelas entry-level di Indonesia.

Tuxlin melihat spesifikasi yang diusung oleh Redmi 5A sebenarnya terbilang biasa saja. Namun, itu menjadi luar biasa karena hanya dijual dengan harga 999 ribu dengan kualitas tinggi khas Xiaomi. Ponsel pintar Xiaomi Redmi 5A mulai dijual di Indonesia 27 Desember 2017 mendatang melalui toko online Lazada Indonesia. Informasi lebih lanjut bisa klik tautan di bawah ini.

Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi 5A di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

  • Sistem Operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MIUI 9
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 308
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI, aperture f/2.2, LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI, aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 140.4 x 70.1 x 8.4 mm berat 137 gram
  • Baterai 3000mAh lithium ion
  • Warna Gold, Dark Gray, dan Rose Gold

(tux/source & credit pic: en.miui.com/thread-1349190-1-1.html, MetroTV News)

Anda mungkin suka:Duel Kamera Xiaomi Redmi 4X vs Asus Zenfone Live ZB501KL

19 COMMENTS

  1. Gan kalo masalah kamera belakang bagusan mana sama xiaomi 4a??? saya lagi bingung pengen beli hp 1,5 jt yg kameranya oke lah hehe… ada recommend???

  2. Gan kalo masalah kamera belakang bagusan mana sama xiaomi 4a?? saya lagi bingung pengen beli hp 1jt-2jt yg kameranya oke lah hehe… ada recommend???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here