Review Mifa M1, Speaker Mungil Bersuara Kencang!

8

Review Mifa M1, Speaker Mungil Bersuara Kencang! – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog membahas review Mifa M1 yang merupakan speaker wireless portabel yang dijual dengan harga murah. Nama Mifa tentunya udah nggak asing lagi di telinga pembaca Tuxlin Blog dan saya juga sudah review dua tipe produk Mifa sejauh ini, dan Mifa M1 menjadi seri ketiga. Ukuran atau dimensinya yang kecil dan harga yang murah menjadi daya tarik utama speaker murah meriah Mifa M1 ini.

Nggak cuma itu gaes, speaker ini juga tersedia dalam beberapa varian warna. Sayangnya, nggak disebutkan adanya kemampuan tahan air dan debu, jadi nggak bisa diajak konser di kamar mandi hehehe… Harga Mifa M1 kisaran Rp 339.000, penasaran? Simak review Mifa M1 portabel wireless speaker oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Mifa M1, Speaker Mungil Bersuara Kencang!

Spesifikasi Mifa M1

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: 2.0 channel
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 1.5 inch x 2 + bass radiator
  • RMS: 4Ω 3W x 2 THD=10%
  • Frequency Response: 60Hz~20KHz
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.0
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE、MP3、WMA、WAV、FLAC
  • Slot microSD tersedia
  • Bitrate: MP3:8Kbps-320Kbps, WMA:32Kbps-384Kbps, APE:600Kbps-1400Kbps, FLAC:600Kbps-1400Kbps, WAV:600Kbps-1200Kbps
  • Baterai built-in 950mAh lithium battery DC5V-500mA USB
  • Dimensi (W x D x H) 105 x 64 x 40 mm
  • Berat 225 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, TF/Micro SD Card, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Yellow, Blue, Red, Green, Silver, White, dan Black

Anda dapat cek harga & promo terbaru Mifa M1 di Sini (Klik)

Paket Penjualan Mifa M1

Paket Penjualan Mifa M1

  • Mifa M1 Portable Wireless Speaker warna Grey
  • Kabel USB
  • Booklet manual
  • Kartu garansi

Baca juga: Review Mifa F5 Portabel: Speaker Kamar Mandi Jilid II

Desain Mifa M1

Desain Mifa M1

Penampilan atau desain fisik dari speaker portabel Mifa M1 ini lumayan menarik menurut Tuxlin Blog. Pada review Mifa M1 kali ini Tuxlin mendapat varian warna Grey, tetapi terlihat seperti silver yak? hehehe… Tuxli  jadi bingung, sebenarnya saya dapat warna grey atau silver sih? Abaikan wkwkwkw… 😆

Mifa M1 ini hadir dengan desain kotak berukuran kecil tapi tebal dengan sudut rounded. Bagian depan didominasi dengan speaker gril dengan motif segitiga. Casing Mifa M1 ini terbuat dari metal atau aluminium alloy yang cukup solid dan kuat. Sedangkan speaker grill pada bagian depan dan belakang speaker wireless ini tebuat dari plastik. Bagian atas speaker ini terdapat tombol-tombol kontrol yang menonjol yang menambah keindahan desainnya.

Soal desain ini memang subyektif dan tergantung selera juga gaes. Pada review Mifa M1 kali ini, Tuxlin Blog cukup menyukai desainnya. Sekilas mirip dengan radio mungil jaman dulu hehehehe… 😎 Penggunaan material aluminium alloy yang cukup tebal pada casing Mifa M1 ini membuat bobotnya jadi lumayan.

Baca juga:Review JBL GO Bluetooth Speaker: Square Box Harmony

Mungkin karena dia agak gendut dan melebar begitu, jadi agak berat… *tampol nggak ya?* 😆 Maksudnya, bentuknya Mifa M1 melebar dengan casing metal yang tebal, makanya agak berat. Bobot speaker mungil ini 225 gram, hampir seperempat kilo. Penasaran? Berikut penampakan desain Mifa M1 lebih dekat.

Pada review Mifa M1 kali ini, sisi depan terdapat  speaker grill berukuran besar dengan logo Mifa yang cukup jelas pada sudut kanan bawah. Sedangkan sisi belakang speaker portabel ini terdapat port microUSB dan slot microSD. Keduanya tertutup lapisan karet, sehingga terlindung dari cipratan air dan juga debu. Meski demikian, bukan berarti speaker ini memiliki kemampuan tahan air dan debu lho ya, soalnya informasi dari situs resminya nggak nyebutin Mifa M1 ini dibekali dengan sertifikat IPxx. 🙄

Sisi atas speaker Mifa M1 ini terdapat terdapat microphone, indikator Bluetooth, tombol volume down, play/pause/connect Bluetooth, tombol power, dan volume up. Nah kedua tombol valome ini kalau ditekan lama akan meningkatkan/mengurangi volume suara. Sedangkan bila tombol dipencet sekali maka akan menjadi next/previous track.

Sisi kanan dan kiri speaker portabel Mifa M1 ini tidak terdapat tombol dan port apapun. Sedangkan pada bagian bawah speaker cuma ada informasi teknis singkat dan juga empat buah karet untuk kenyamanan saat meletakkan speaker. Secara umum, build quality speaker Mifa M1 ini cukup solid dan berkualitas.

Baca juga:Review Mifa F1 Bluetooth Speaker: Big Sound

Video Unboxing Mifa M1

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review Mifa M1

Review Mifa M1

Penampilan speaker Mifa M1 ini memang terbilang keren dengan build quality yang solid. Ukurannya yang relatif kecil ini memudahkan pengguna membawanya kemana pun ia pergi… Termasuk pergi dari hati dan perhatianmu… *halah* 😆 Cocok banget deh buat pengguna yang suka traveling. Bagi anak rumahan, speaker macam Mifa M1 ini juga cocok kok buat menggantikan speaker bawaan ponsel hehehe… 😛

Satu hal yang Tuxlin Blog sayangkan dari review Mifa M1 kali ini, tidak dilengkapi dengan kemampuan tahan air dan debu. Selama ini jajaran speaker Mifa identik dengan speaker outdoor yang memiliki ketahanan terhadap cipratan air dan debu. Nah kalau Mifa M1 ini ternyata nggak memiliki kualifikasi tersebut. Meski demikian, Mifa M1 ini masih cukup menarik dengan harganya yang terjangkau.

Baca juga:Review Xiaomi Mi Speaker MDZ-15-DA: Clear Sound

Kualitas Suara

Kayak gimana sih kualitas suara speaker portabel murah yang berukuran kecil Mifa M1 ini? Tuxlin Blog juga penasaran dan berekspektasi bakal nggak jauh beda dengan Mifa F1 yang Tuxlin review sebelumnya. Mengusung dua buah driver berkekuatan masing-masing 3W membuat speaker berukuran kecil ini cukup meyakinkan.

Seperti biasa, Tuxlin langsung menghajar speaker Mifa M1 ini untuk memutar musik dengan genre Metal, Metalcore, Thrash Metal dan sejenisnya. Track pertama yang Tuxlin Blog putar adalah The Sins and The Sentence dari Trivium. Speaker Mifa M1 ini mampu menghasilkan suara yang kencang, bass yang kuat, dan suara vokal yang jelas. Namun, detail instrumen masih agak kurang.

Track kedua adalah Chasing The Dragon dari Epica. Petikan gitar di intro terasa enak banget pakai Mifa M1 ini. Berasa yang main gitar di depan kita hehehehe… :mrgreen: Suara vokal cewek Simone Simons terdengar cukup jelas dan bisa dinikmati. Lanjut track Sever The Hand dari Trivium, suara Mifa M1 kencang dan agak kurang detail sih. Suara dobel bass pada lagu ini kurang terdengar jelas. 🙄

Secara umum, Mifa M1 ini menawarkan kualitas suara yang mantap dan volume yang terbilang kencang untuk ukuran sekecil itu. Bass yang dihasilkan cukup kuat dan tidak mendominasi. Treble oke, hanya saja terasa kurang detail saja.Saat volume penuh, tidak terdengar adanya distorsi. Sayangnya, pas volume kencang nggak cuma Tuxlin Blog aja yang goyang menikmati lagi, Mifa M1 turut bergoyang dan hampir jauh dari meja… Nggak asik dah wkwkwkw… 😆

Kompatibilitas

Selama review Mifa M1, Tuxlin Blog menghubungkannya dengan sejumlah smartphone antara lain adalah Xiaomi Mi 5S, Asus Zenfone Zoom S, Zenfone 4 Selfie Pro, Motorola Moto E4 Plus, dan juga Redmi Note 5A. Semua perangkat tersebut dapat dipairing dengan baik dan Mifa M1 berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga:Review Xiaomi Bluetooth Speaker Cylindrical NDZ-03-GA

Baterai

Ukuran speaker Mifa M1 yang kecil membuat kapasitas baterainya juga kecil gaes. Mifa membekalinya dengan baterai lithium ion berkapasitas 950mAh saja. Daya tahan baterai speaker portabel Mifa M1 ini relatif standar, yakni 3 sampai 4 jam saja untuk memutar musik dengan variasi volume 40% – 90%. Kalau daya tahan baterai bisa lebih lama lagi, pasti Mifa M1 makin oke! 😎

Kesimpulan

Secara umum, Mifa M1 menawarkan desain kompak dengan performa dan kualitas suara yang terbilang mantap di kelasnya. Harganya yang terjangkau membuat speaker ini layak menjadi pilihan konsumen yang membutuhkan speaker portabel tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

Kelebihan Mifa M1

  • Harga bersaing di kelasnya
  • Kualitas suara mantap dan kencang
  • Dimensi kecil

Kekurangan Mifa M1

  • Speaker bergerak ketika volume tinggi

Anda mungkin suka:Samsung Galaxy Note FE Sudah Tersedia di Indonesia, Ini Harganya

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here