Review Mifa F1 Bluetooth Speaker: Big Sound

Review Mifa F1 Bluetooth Speaker – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog membahas review Mifa F1 Bluetooth Speaker yang mengusung desain bulat seperti tahu bulat digoreng dadakan JBL Micro Wireless. Sebenarnya udah lama Tuxlin Blog menggunakan speaker Mifa F1 ini sebagai salah satu peralatan konser di kamar mandi wkwkwkw…

Berawal dari perburuan Tuxlin akan speaker portabel yang tangguh, tahan air, dan kalau perlu tahan banting dan dikhianati. Eh yang terakhir itu nggak wkwkwkw… Ketemulah Tuxlin dengan Mifa F1 Bluetooth Speaker ini. Penasaran? Simak Mifa F1 Bluetooth Speaker oleh Tuxlin Blog kali ini!


Review Mifa F1 Bluetooth Speaker

Spesifikasi Mifa F1 Bluetooth Speaker

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 2 inci + Bass
  • RMS: 4Ω 3W
  • Frequency Response: 80Hz~18KHz
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 2.1+EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE/FLAC/WAV/WMA/MP3
  • Slot microSD tersedia
  • Bitrate: MP3:8Kbps-320Kbps, WMA:32Kbps-384Kbps, APE:600Kbps-1400Kbps, FLAC:600Kbps-1400Kbps, WAV:600Kbps-1200Kbps
  • Baterai built-in 1100 mAh li-on battery DC5V-500mA USB
  • Tahan debu dan tahan cipratan air dengan sertifikat IP45
  • Dimensi (W x D x H) 81 x 81 x 38 mm
  • Berat 202 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, TF/Micro SD Card, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Yellow, Blue, Red, Green, dan Black

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Mifa F1 Outdoor Bluetooth Speaker di Sini (Klik)

Paket Penjualan Mifa F1 Bluetooth Speaker

Paket Penjualan Mifa F1 Bluetooth Speaker

  • Mifa F1 Bluetooth Speaker
  • Kabel USB
  • Kartu garansi
  • Booklet manual

Baca juga:Review Speaker Bluetooth JBL Micro Wireless

Desain Mifa F1 Bluetooth Speaker

Desain Mifa F1 Bluetooth Speaker

Desain merupakan salah satu hal yang menarik bagi Tuxlin Blog pada review Mifa F1 Bluetooth Speaker kali ini. Speaker portabel outdoor ini mengusung desain bulat dengan balutan warna yang menarik Sob! Kayak permen karet hahahaha… Bentuknya yang bulat ini mengingatkan Tuxlin pada kenangan masa lalu JBL Micro Wireless yang pernah Tuxlin Blog review sebelumnya.

Mifa F1 Bluetooth Speaker ini sedikit berbeda karena dilengkapi dengan carabiner yang membuat kesan outdoor semakin kuat. Carabiner ini biasa Tuxlin manfaatkan buat cantelin speaker ini di kamar mandi buat konser tunggal hahahaha… 😆

Kebetulan unit speaker Mifa F1 Bluetooth Speaker yang Tuxlin Blog terima berwarna hijau yang menarik… Entah kayak gini itu hijau apa ya namanya? ❓ Casing bodi speaker ini terbuat dari metal yang sangat solid, tebal, dan dilapisi dengan rubber.

Baca juga:Review Xiaomi Mi Speaker MDZ-15-DA: Clear Sound

Bagian depannya dilengkapi dengan list berwarna krom yang mempermanis penampilannya. Sedangkan sisi belakangnya terdapat bantalan karet agar Mifa F1 Bluetooth Speaker nggak ikut goyang saat memainkan lagu… Kan berabe, speaker sama orang yang dengerin musik goyang bareng 😆

Bagian depan Mifa F1 Bluetooth Speaker ini terdapat speaker grill yang dilingkari dengan list krom. Tak lupa, logo MIfa yang berukuran kecil juga turut disematkan. Sedangkan sisi belakang cuma ada informasi teknis mengenai speaker ini dan lingkaran yang terbuat dari karet gara speaker tidak goyang dombret saat memainkan musik.

Mifa menempatkan lubang microphone dan LED indi kator pada sisi kanan carabiner. Sisi kanan speaker Mifa F1 iniu terdapat tombol volume yang juga berfungsi sebagai next track dan previous track, tombol play/pause/bluetooth, tombol power, dan tombol untuk mengangkat telepon.

Mifa juga membekali F1 Bluetooth Speaker ini dengan port microUSB dan slot microSD pada sisi kiri unit. Adanya slot microSD ini berarti kita nggak harus menghungkan speaker ke gadget karena bisa muter lagi dari microSD. Penasaran? Tuxlin Blog lanjutin deh review Mifa F1 Bluetooth Speaker sampai tuntas, baca dan resapi yak 😆

Review Mifa F1 Bluetooth Speaker

Review Mifa F1 Bluetooth Speaker

Pembaca pasti udah penasaran dengan review Mifa F1 Bluetooth Speaker ini kan? Dimulai dari desain dan dimensinya dulu ya Sob?  Mifa F1 Bluetooth Speaker ini hadir dengan bentuk bulat yang ukurannya nggak terlalu besar, kira-kira sebesar telapak tangan orang dewasa.

Bentuknya yang seperti ini membuat Mifa F1 ini nyaman digenggam (meski tak senyaman menggenggam tanganmu ihir… 😆 ) Adanya Carabine pada sisi atas speaker membuat Mifa F1 ini bisa dicantelin dimana-mana, misal di carrier pas kita naik gunung, di back pack pas traveling, atau di kamar mandi pas konser tunggal 😛 Carabine pada speaker ini Tuxlin rasa cukup kuat kok, memadai buat dibawa ke kegiatan outdoor.

Baca juga:Review Apple Macbook Air MMGF2 128GB

Hanya saja, speaker Mifa F1 ini lumayan berat. Jauh lebih berat dari JBL Go atau JBL Micro Wireless. Lumayan ini speaker kalau buat lempar maling, pasti benjut kepalanya wklwkwkw… Kelebihan lain yang ngga dimiliki oleh pesaingnya adalah splashproof alias tahan cipratan air Sob! 😀

Kualitas Suara

Bagaimana sih kualitas suara dari speaker ini? Tentunya kualitas suara menjadi poin utama dari review Mifa F1 Bluetooth Speaker kali ini. Yah Tuxlin kasih bocorannya dulu di awal paragraf ini, Mifa F1 Bluetooth Speaker itu bertenaga, kencang, dan bisa dikatakan best in class menurut kuping kaleng Tuxlin Blog 😀 Kalau sama Xiaomi Mi Speaker MDZ-15-DA bagus mana? Wah ini sulit, soalnya beda kelas sih, Xiaomi yang itu pakai dual driver dan Mifa F1 Bluetooth Speaker ini single driver dan lebih ke outdoor gitu.

Track pertama yang Tuxlin Blog puter untuk Mifa F1 Bluetooth Speaker adalah lagu Kirisute Gomen dari Trivium. Drum saat intro-nya mantap banget untuk sebuah speaker dengan ukuran segenggaman tangan dan double pedal saat intro juga cukup terdengar. Vokalnya si Mamat Matt Heafy memang terdengar maju dan sangat jelas. Gitarnya pas solo juga enak banget, meski kadang agak nusuk kuping kalau volume kencang 😀

Track kedua, Tuxlin Blog langsung muter Ov Fire And The Void melek Behemoth. Kali ini suara mid bass-nya agak kewalahan meski masih bisa kita nikmati. Nah yang Tuxlin suka adalah suara vokalnya terdengar lebih berat dan jelas dibandingkan dengan Mi Speaker yang Tuxlin review sebelumnya 😀

Track ketiga, ganti yang agak slow saja, hehehehe… Tuxlin muter lagu Chasing The Dragon milik Epica, mengapa? Soalnya vokalisnya cantik banget *nggak nyambung* 😆 Intro lagu ini terdengar nikmat sekali, petikan gitar akustik dengan suara merdu tante Simone Simons bikin mabuk kepayang 😳 Bass-nya terasa dalam di intro lagu ini. Namun, ketika tempo mulai ngebut (bagian akhir lagu) memang agak kewalahan bass-nya.

Baca juga:Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: A Luxurious Taste

Secara umum, Tuxlin Blog acungkan jempol deh buat kualitas suara Mifa F1 Bluetooth Speaker ini. Meski ukurannya kecil, mampu menghasilkan volume suara yang sangat kencang. Tuxlin menyarankan untuk menyetel volume maksimal 85% saja. Saat volume penuh memang tidak ada distorsi, tetapi kurang enak didengar. Minusnya, pada kondisi tertentu, lagu yang diputer ada skip-nya… Maksudnya, suaranya kadang agak putus dan langsung loncat ke 2 atau 3 detik berikutnya.

Kompatibilitas

Sejauh ini Tuxlin Blog sudah menjajal Mifa F1 Bluetooth Speaker yang dipasangkan dengan aneka smartphone, seperti Xiaomi Mi 4c, Redmi 3S, Redmi 3X, Infinix Zero 3, Asus Zenfone 2 Laser, Zenfone 3 ZE520KL, dan beberapa lainnya. Juga dengan laptop Dell Vostro 5470. Hanya saja, saat dipasangkan dengan Infinix Zero 3, tombol Next Track dan Previous Track nggak berfungsi.

Baterai

Berbekal baterai berkapasitas 1100mAh, Mifa F1 Bluetooth Speaker diklaim bertahan hingga 8 jam penggunaan. Selama review Mifa F1 Bluetooth Speaker yang Tuxlin Blog lakukan, baterai bertahan sekitar 5 – 6 jam saja dengan volume rata-rata 60 – 85%.

Kelebihan Mifa F1 Bluetooth Speaker

  • Kualitas suara mantap
  • Tahan cipratan air
  • Daya tahan baterai memadai

Kekurangan Mifa F1 Bluetooth Speaker

  • Kadang suara musiknya putus atau ada skip

Outro…

Semenjak kehadiran Mifa F1 Bluetooth Speaker ini, Tuxlin Blog mantap melepas JBL Micro Wireless untuk dipakai Bapak. Keluaran suaranya memuaskan dan sesuai ekspektasi Tuxlin Blog.

Namun, Pembaca musti sadar bahwa Mifa F1 ini hanyalah speaker portabel dengan harga Rp 500 ribu-an, jadi jangan berharap suaranya kayak Bose Soundlink 😆 Setidaknya, ini salah satu yang terbaik di kelasnya. Sampai di sini dulu review Mifa F1 Bluetooth Speaker oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka:Acer Swift 3 Siap Hadang Zenbook di Indonesia


14 Comments

  1. Budi San January 5, 2017
    • Tuxlin January 5, 2017
      • Budi San January 6, 2017
        • Tuxlin January 6, 2017
          • Budi San January 7, 2017
          • Tuxlin January 7, 2017
  2. Kidut February 24, 2017
    • Tuxlin February 24, 2017
  3. Mertin February 24, 2017
    • Tuxlin February 24, 2017
  4. Danz April 21, 2017
    • Tuxlin April 21, 2017
  5. hardi May 3, 2017
    • Tuxlin May 3, 2017

Add Comment

*