Duo Laptop Error!

Halo pembaca! Sebagai mahasiswa yang juga memiliki sambilan distributor software bajakan tukang servis, saya memiliki banyak pengalaman lucu bin aneh-aneh. Contohnya ya pada posting kali ini, ada 2 orang mahasiswi dari perguruan tinggi yang cukup terkenal di semarang dan yogyakarta, datang ke rumah saya di daerah boyolali dalam rangka servis laptop yang memiliki perilaku aneh.

Btw jauh amat dari semarang sama jogja? Disana gak da tempat servis? Bukan gitu, kedua mahasiswi ini berasal dari kota boyolali, makanya mereka datang ke lab Tuxlin. 2 laptop tersebut bermerk sama, Acer dengan tipe yang berbeda, yang satu acer 4720Z dan yang satunya 4530. Menurut pengakuan pemiliknya, kedua laptop tersebut OS nya berperilaku aneh dan tidak nyaman lagi digunakan.

Kemudian saya tanya, “mbak, kayaknya udah parah ini, kalo di instal ulang aja gimana?”, “Oh gitu ya? Gak papa kalo gitu mas, tapi diinstalin windows 7 bisa? Kan keren tuh!”, jawabnya. Waduh, yang beginian nih yang gak bisa nolak, kalo diinstalin Windows 7 Utimate original bisa seharga laptopnya nih, ya udah, dari pada nolak rejeki yah saya instal Windows 7 Ultimate Petani Edition, wkwkwkwk…

DSC00029

4530

Laptop ini memiliki spesifikasi layar 14”, AMD Turion RM74, 1GB DDR2, 250GB HDD, GeForce 9100M, Wifi, Bluetooth, Card reader dan sebagainya. Warna body nya dominan hitam, lumayan keren. Nah laptop ini, OS nya bermasalah pada tombol start nya yang gak muncul dan akan shutdown secepat kilat jika di pencet tombol caps lock. Selain itu, kinerjanya amat lambat, sehingga tidak nyaman digunakan.

Setelah saya cek, ternyata didalamnya terinstal aneka macam software eyecandy alias software perubah tampilan yang cukup banyak serta terkesan tidak efektif. Pantas saja lambat, ram cuma tinggal 766MB usable (256-nya dishare ke VGA) diinstal aneka macam software serta item start up-nya seabrek banyaknya. Antivirus yang digunakan adalah smadav, tanpa hadirnya antivirus internasional. Saran saya sie, pake 2 av, 1 lokal dan 1 internasional.

Langsung saja aya tancapkan flashdisk kingstone DT120 4GB untuk melakukan instalasi windows 7. kenapa pake flashdisk? Selama ini saya merasa menginstal OS windows 7 melalui flashdisk ini lebih cepat, intalasi hanya memakan waktu 15 menitan saja. Cepat tidaknya sih tergantung spek komputer dan transfer rate flashdisknya. Windows 7 telah terinstal, dan segera saya cek driver apa yang tidak terdeteksi melalui device manager dan ternyata driver chipset dan graphic card tidak terdeteksi.

Kok aneh ya? Kalo graphic card Ati udah bisa langsung jalan tuh di resolusi native serta Aero nya sudah langsung jalan. Lha ini GeForce 9100 ini bukanlah chipset baru, tapi kok drivernya gak kedetek. Langsung saja saya ke warnet untuk mendownload driver-driver yang diperlukan. Setelah semua driver terinstall, performa Turion+Geforce baru terlihat taringnya.

Langsung saja, antivirus andalan saya, NOD32 v4 bertindak sebagai panglima pasukan untuk pembersihan etnis virus serta dibantu kapten smadav dan pcmav, hasilnya? Aneka ras virus dari etnis trojan dan sality berhasil dibasmi dan dimusnahkan dari muka laptop 4530 tersebut (halah lebay!). Setelah semua virus berhasil diatasi, saya segera menginstall software-software yang dibutuhkan pemilik laptop tersebut. Satu laptop error berhasil diselesaikan.

cpu-2199RM74 itu ternyata masih bagian dari platform Puma, kinerjanya lumayan.

DSC00031


AMD+Nvidia, Dahulu adalah pasangan tangguh di platform desktop (era socket A), kini AMD+ATi.

DSC00032

4720Z

Acer 4720Z ini memiliki spesifikasi layar 14”, Intel Pentium Dual-Core T2390, chipset 965GM, DDR2-512Mb, 160GB Hdd, bluetooth, infrared, dolby, wifi dan sebagainya. Apa masalah laptop ini? Gak jauh beda dari 4530 tadi, lemot tingkat tinggi. Booting windows saja sangat lama, padahal memory sudah diupgrade ke 1,5GB pun seperti tidak banyak membantu, padahal cuma pake windows XP yang notabene cukup enteng dan tidak boros memory.

Setelah dicermati, di dalam laptop ini telah terinstal 4 antivirus yang ke empat nya aktif! Konyolnya lagi, ke empat antivirus tersebut tidak terupdate! Sama saja boong kalo pake antivirus gak pernah di update. Antivirus yang terpasang adalah Smadav rev 7.4, Ansav, NOD32 v3 dan Avira. Percuma pake antivirus hingga 4 buah jika ternyata tidak pernah di update.

Ada lagi yang membuat kinerjanya semakin terpuruk, yaitu banyaknya software trial yang telah habis masa trialnya sehingga memunculkan window pop-up yang cukup mengganggu. Tingkat lemotnya sangat akut, sehingga untuk melakukan back-up dokumen yang berada di folder my document yang berlokasi di drive C membutuhkan waktu setengah jam. Setelah persiapan selesai, segera saja saya tancapkan senjata andalan saya, Kingstone DT120 4GB untuk melakukan instalasi windows 7 ultimate sesuai keinginan pemilik laptop.

Instalasi di laptop ini berjalan lancar meski agak lambat. Setelah instalasi selesai, seperti biasa saya cek driver yang tidak terdetaksi melalui device manager, hampir semua hardware penting telah terdeteksi, kecuali webcam dan beberapa lainya. Setelah semua urusan driver selesai, segera saja saya perintahkan nod32 v4+Smadav dan dibantu pcmav untuk melakukan ritual pembersihan etnis virus, trojan dan sebagainya.

Seperti biasa, virus yang tertangkap dan dimusnahkan dari laptop 4720Z ini antara lain Sality, Minerva dan beberapa jenis trojan. Dari sini terlihat bahwa 4 antivirus atau pun lebih tak akan mampu mengurangi resiko virus secara signifikan jika tidak terupdate. Terlebih lagi jika kena virus yang menginjeksi file exe seperti sality, alman dan virut yang cukup merepotkan, ketiga jenis virus ini paling mendominasi dari aneka macam virus yang menjangkit komputer/laptop yang pernah diperbaiki di Tuxlin lab.

DSC00033wah ngaco nih stiker, btw stiker core2 duo-nya itu nyolong dari siapa yah??wkwkwkwkwk…

cpu-1866

Setelah semua beres…

Setelah kedua laptop tersebut sehat, saya sempat membandingkan performa keduanya menggunakan software everest, berikut hasilnya…

4530

Performanya bisa dikatakan seimbang, namun disini 4530 hanya menggunakan memory setengah dari jumlah memory 4720Z. 4720Z memiliki memory sebesar 1,5GB sedangkan 4530 hanya 766MB usable. Namun juka dilihat performa secara keseluruhan, 4530 memiliki kelebihan di graphic card yang dipakai (Geforce 9100M) yang tentunya lebih baik daripada GMA X3100 yang digunakan 4720Z. Sebenarnya saya gak berniat head-to-head sih, cuma iseng aja, hehehehehehe… sampai disini dulu posting kali ini, see u next post!


7 Comments

  1. Gadgetboi February 20, 2010
    • tuxlin February 20, 2010
  2. grandchief March 3, 2010
  3. laptop tamiri March 6, 2010
    • tuxlin March 7, 2010
  4. taqur March 22, 2010
    • tuxlin March 26, 2010

Add Comment

*