Finally! Sukses Instalasi Driver Ati Catalyst di OpenSUSE 11.2

Halo pembaca! Akhir-akhir ini saya sedang ‘mencoba’ salah satu distro linux besar yang cukup populer dikalangan linuxer, yaitu OpenSUSE 11.2 dengan kode nama ‘Emerald’ yang telah dirilis tahun lalu. Sebelumnya, saya pernah mencoba opensuse versi 11, namun tidak bertahan lama, karena saya gagaal melakukan instalasi driver graphic card yang saya gunakan, Ati Radeon HD3200.

Setelah itu saya selalu mencoba linux yang driver Ati telah tersedia seperti distro PCLinuxOS, Mandriva, Ubuntu dll. Menurut beberapa orang di forum berpendapat instalasi driver ati memang lebih sulit daripada instalasi driver GeForce. Sebelumnya, saya juga pernah menginstall driver Ati di ubuntu 8.04 karena memang ubuntu tidak menyertakannya/tidak terdeteksi dengan baik. Instalasi driver ati di ubuntu memang cukup mudah dengan perintah :

#sh ati-driver-installer-xx-xx-xx.run

instalasi berjalan dan selalu sukses! Sementara saya juga pernah gagal melakukan instalasi driver catalyst di mandriva free 2009.1 dengan pesan error yang intinya ada ketidak cocokan antara kernel yang di compile. Bagaimana dengan OpenSUSE 11.2 ini? Sama, gagal dengan pesan error yang ditampilkan sama dengan mandriva.

Awalnya, setelah opensuse 11.2 versi DVD terinstall di komputer, segera saya lakukan instalasi catalyst versi 9.5 melalui mode text (init 3) dengan perintah :

#sh ati-driver-installer-9-5-x86.x86_64.run

Muncul wizard instalasi, kemudian ERROR! Langsung saja saya mampir ke forum-forum linux dan opensuse untuk mengetahui dependencies apa yang harus dipenuhi. Beruntung, seorang member forum ada yang menggunakan Radeon HD3200 dan dia bilang, harus menginstall kernel source, dan sebagainya. Langsung saja dirumah saya coba dengan menginstal package yang diperlukan dengan perintah :

#zypper install kernel-source linux-kernel-headers kernel-syms modul-init-tools make gcc

Saya masukan DVD instalasi opensuse untuk meresolve dependencies. Dan saya jalankan lagi perintah instalasi driver Ati :

#sh ati-driver-installer-9-5-x86.x86_64.run

Muncul wizard instalasi dan proses instalasi berjalan, namun sial masih error dengan pesan yang sama. Akhirnya saya memutuskan untuk mendownload catalyst yang terbaru, versi 10.1, setelah selesai saya langsung masuk ke terminal dengan mode super user dan saya jalankan kembali perintah :

#zypper install kernel-source linux-kernel-headers kernel-syms modul-init-tools make gcc

Seperti biasa, saya siapkan DVD installer OpenSUSE untuk meresolve dependencies dan berikutnya saya jalankan perintah :

#init 3

#sh ati-driver-installer-10-1-x86.x86_64.run

Muncul wizard instalasi dan hasilnya SUKSES! Segera saja saya konfigurasi driver yang telah terinstal tersebut dengan 2 perintah :

#aticonfig –initial

#aticonfig –resolution=0,1024×768

Kemudian saya restart komputer dan saya cek di system information, berikut screenshotnya…

sys

Pada bagian ‘Driver’ tertulis fglrx yang merupakan driver catalyst untuk OS Linux, sebelumnya tertulis ‘vesa’. Lansung deh saya install aneka macam eye candy desktop khas Linux, yaitu compiz-fusion. Saya install melalui YaST, tapi kok yang ada compiz for gnome ya? Yang untuk KDE kemana nih? Karena gak ada pilihan lain saya instal itu saja berikut ccsm (compiz config setting manager). Setelah terinstal, log out dan login kembali untuk merasakan 3D Desktopnya. Saya jalankan ccsm dan mengaktifkan beberapa efek, tapi kok gak jalan ya? Akhirnya saya bertanya ke dukun mbah google, katanya sih, KDE4 memiliki pengaturan efek tersendiri di menu System Settings>Desktop>Desktop Effects akan muncul Desktop Effect Manager seperti pada gambar berikut…


manager

Terdapat banyak pilihan effect yang dapat diaktifkan sesuai selera, namun ada beberapa effect yang tidak dapat diaktifkan di komputer saya, gak tau apa sebabnya. Performa yang ditampilkan compiz-fusionya cukup menyenangkan, padahal sistem yang saya gunakan dalam keadaan ‘downclock w/ downvoltage’ hingga clockspeed prosesor ke 1,1Ghz dan 425Mhz untuk Radeon HD3200. Ini menandakan bahwa compiz-fusion tidak haus resource.

Sekilas Tentang OpenSUSE 11.2

OpenSUSE adalah distro yang dikembangkan oleh komunitas yang didukung oleh Novell. OpenSUSE ini merupakan versi ‘free’ adapaun versi yang berbayar, disebut SUSE Linux Enterprise. OpenSUSE secara default tidak menyertakan codec yang bersifat proprietary alias non FOSS, bahkan driver Ati atau Nvidia pun tidak disertakan, cukup menyulitkan pemula. Di luar codec dan driver proprietary, OpenSUSE terbilang mudah dan nyaman digunakan, apalagi YaST-nya cukup mudah dimengerti. Pada artikel ini, saya menggunakan OpenSUSE 11.2 yang merupakan bonus majalah infoLINUX edisi februari.

OpenSUSE 11.2 ini membawa package KDE 4.3, OpenOffice 3.1, Gnome 2.28 dan membawa package untuk mendukung aktivitas jejaring sosial dan blogging seperti choqok, gwibber dsb. OpenSUSE 11.2 menggunakan kernel linux 2.6.31 dengan default filesistem EXT4. Performa distro ini cukup cepat di sistem yang saya ‘downclock’ dibandingkan versi sebelumnya (terakhir dulu saya coba versi 11.0). Berikut screenshot OpenSUSE 11.2 dengan desktop KDE 4.3.

desktop Desktop OpenSuse 11.2

cube

3D Cube

flip

Nyaingin WinFlip-nya Vista n Seven euy!

fallapart

Fall Apart Effect

wobblyntransparency

Wobbly Windows+Transparency

snowfall

Snowfall

Seperti biasa, Compiz Fusion menampilkan anekan macam desktop effect yang keren dan membuat pengguna tidak bosan bekerja di desktop linux. Hanya saja ada 1 masalah, refresh rate monitor saya stuck di 60Hz, gak bisa lebih tinggi lagi, alhasil membuat saya menangis jika ngetik or ngapa2in di opensuse, diagnosa sementara karena driver catalystny. Mengapa Catalyst? Coz saya menemui masalah yang sama ketika menggunakan Mandriva! Sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat, see u next time! 🙂


13 Comments

  1. Fitri March 4, 2010
  2. sauskecap March 4, 2010
    • tuxlin March 6, 2010
  3. Irawan March 7, 2010
    • tuxlin March 7, 2010
  4. gadgetboi March 8, 2010
    • tuxlin March 11, 2010
  5. Chandra March 14, 2010
  6. Vavai April 12, 2010
    • tuxlin April 13, 2010
  7. andhika June 15, 2010
  8. merlin September 19, 2010
  9. bangsawan January 17, 2011

Add Comment

*