Review BBM for Windows Phone di Nokia Lumia 520

Review BBM for Windows Phone – Halo Pembaca!! Setelah sebelumnya saya posting tentang cara download, install, dan daftar BlackBerry Messenger di Windows Phone, kali ini saya akan review aplikasi besutan perusahaan asal Kanada saat ini populer di Indonesia. Setelah menggunakan aplikasi BBM for Windows Phone selama kurang lebih tiga hari, saya pun mendapat gambaran seperti apa performa dan fitur BBM for Windows Phone ini dan memutuskan untuk melakukan review singkat Smile. Aplikasi BBM ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh pengguna Windows Phone, termasuk saya yang menggunakan smartphone Nokia Lumia 520.

Sebenarnya saya sudah menggunakan BBM di Android, tetapi justru itulah alasan saya menunggu hadirnya BBM di Windows Phone, lho kenapa? Smartphone Android saya (Xperia Ray) sudah cukup tua dan hadirnya BBM terinstal di smartphone tersebut benar-benar mengganggu kinerjanya, hehehehe… :mrgreen: Setelah BBM untuk Windows Phone dirilis, saya langsung saja download dan install di Nokia Lumia 520 dan menghapus BBM di Xperia Ray… Akhirnya Xperia Ray saya jadi lebih enteng, hehehehe… Smile with tongue out. Oke langsung saja kita mulai saja review BBM untuk Windows Phone.

Tampilan Antarmuka BBM for Windows Phone

Review BBM for Windows Phone_01Review BBM for Windows Phone_02Review BBM for Windows Phone_03

Tampilan antarmuka aplikasi BBM for Windows Phone ini jauh berbeda dengan tampilan BBM di Apple iOS, Android, atau BlackBerry 10. Saat pertama kali menjalankan aplikasi BBM for Windows Phone, maka kita akan disuguhi tiga tab atau kategori menu utama, yakni chats, feeds, dan contacts. Kita dapat mengakses ketiga tab tersebut dengan menggeser-nggesrkan jari saja, namanya juga layar sentuh gan, hahahaha… Smile with tongue out Tampilan BBM for Windows Phone ini terlihat berbeda dari BBM versi lainnya karena telah menggunakan gaya khas Windows Phone. Sekilas, BBM for Windows Phone ini mirip dengan tampilan WhatsApp di Windows Phone. Secara umum, saya lebih suka tampilan BBM for Windows Phone versi beta daripada BBM di Android, ini subyektif sih, hehehehe… Bagi yang belum pernah menggunakan Windows Phone, pasti butuh penyesuaian untuk menggunakan BBM for Windows Phone. Smile

Baca Juga: Review Lavios PB-526A 5600mAh, Power Bank Keren dengan Samsung Cell

Review BBM for Windows Phone_04Review BBM for Windows Phone_08Review BBM for Windows Phone_09

Salah satu hal yang saya suka dari tampilan BBM for Windows Phone versi beta ini adalah ikon smiley nya yang berukuran besar, sehingga terlihat jelas dan meminimalkan kesalahan memilih ikon smiley. BBM Group tampil menjadi satu dengan Contact di tab contacts yang menempatkan jajaran BBM Group di atas dan Contacts berada di bawahnya Smile. Tampilan Contacts ini dapat disesuaikan menjadi grid atau list, juga disediakan fasilitas untuk mengelompokkan kontak menjadi beberapa kategori.

Baca Juga: Cara Instal dan Daftar BBM for Windows Phone

Review BBM for Windows Phone_10Review BBM for Windows Phone_11Review BBM for Windows Phone_14

Tampilan antarmuka Group di BBM for Windows Phone juga berbeda dari BBM versi lainnya. Group hadir dengan tampilan kotak-kotak persegi panjang yang terdiri dari Chats, Lists, Pictures, dan Events. Secara umum, fitur Group di BBM for Windows Phone sama dengan BBM versi lainnya. BBM for Windows Phone juga menyediakan fasilitas broadcast, sayangnya tidak ada pilihan Select All saat akan mengirim pesan broadcast Smile.

Review BBM for Windows Phone_07Review BBM for Windows Phone_15Review BBM for Windows Phone_16

Saya cukup puas dengan tampilan menu BBM for Windows Phone ini. Tampilan feeds BBM for Windows Phone ini juga tak jauh berbeda dengan BBM versi iOS atau Android yang memungkinkan kita untuk mengomentari Display Picture dan Status orang lain. Feeds ini juga merupakan senjata utama orang kepo, stalking, dan sebagainya Smile with tongue out.

Baca Juga: Download BBM for Windows Phone versi Beta

Fitur BBM for Windows Phone

Review BBM for Windows Phone_05Review BBM for Windows Phone_06Review BBM for Windows Phone_18

Berbicara soal fitur BBM for Windows Phone versi beta ini masih ketinggalan jika dibandingkan dengan BBM untuk iOS, Android, apalagi BBM di Blackberry 10 Laughing out loud. Sebenarnya mau hadir di Windows Phone aja udah bersyukur banget kok, hehehehe… BBM for Windows Phone versi beta ini hadir dengan fitur yang sama dengan BBM di Android dan iOS ketika pertama kali dirilis. Fitur yang diusung oleh BBM for Windows Phone masih standar, yakni chatting dengan orang lain, chatting dengan banyak orang (multi-person chat), BBM Group dan fasilitasnya, Find Friends, pesan Broadcast, Display Picture, Status, dan fitur standar lainnya.  Sedangkan saat kita chatting, kita dapat mengirim foto, contact, pesan suara, dan lokasi. Untuk mengirim foto di BBM for Windows Phone ini dapat menggunakan kamera secara langsung atau mengambil foto yang tersimpan di album Smile.

Kita juga bisa mengorganisasi contact berdasarkan kategori tertentu, melakukan ping (wajib ini Smile with tongue out), email chat, dan sebagainya. Sayangnya, BBM for Windows Phone ini belum dilengkapi dengan fitur Glympse, BBM Voice, BBM Channel, dan BBM Video. Tapi tenang, kata om John Chen selaku CEO BlackBerry sudah ngomong kalau BBM for Windows Phone akan memiliki fitur yang setara dengan BBM di iOS dan Android. Semua itu akan indah pada waktunya hadir pada update yang akan datang. Review BBM for Windows Phone yang saya lakukan ini menggunakan versi 1.0.0.13. Oiya, BBM for Windows Phone juga belum dukung fitur BBM Sticker lho, jadi nanti kalau ada temen yang ngirimin stiker, kita nyengir aje… hahahaha… :mrgreen:

Baca Juga: Update Lumia Black di Lumia 520 via Nokia Software Updater

Kinerja BBM for Windows Phone

BBM for Windows Phone_14

Seperti apa nih kinerja aka performa BBM for Windows Phone? Pada Review BBM for Windows Phone kali ini saya menggunakan smartphone Nokia Lumia 520. Secara umum BBM for Windows Phone bekerja dengan sebagaimana mestinya, lancar dengan sejumlah bug tentunya, hehehehe… Berbeda dengan aplikasi chatting lainnya yang sudah matang di Windows Phone seperti WhatsApp atau WeChat, BBM for Windows Phone ini masih ngelag. Saat saya buka aplikasi BBM for Windows Phone ini loadingnya juga agak lama Thinking smile. Saya paling terganggu dengan model notifikasi BBM for Windows Phone karena hanya menampilkan notif “You have new notification” tanpa tau siapa yang mengirim pesan. Gimana nggak kesel, ada notif BBM, terus saya buka… loadingnya lama.. setelah aplikasi BBM for Windows Phone terbuka jugamasih nunggu dulu gak langsung ketahuan siapa yang ngirim pesen, eh begitu kebuka, ternyata broadcast TC aliat Test Contact doang… :mrgreen:

Mustinya di update BBM for Windows Phone yang akan datang, kinerjanya harus ditingkatkan dan jangan samapi ada lag, itu sangat mengganggu. Harus diakui, respon aplikasi BBM for Windows Phone ini lambat, tak se smooth aplikasi lain macam WhatsApp. Mengenai pesan BBM pending, proses invite yang lama di BBM for Windows Phone, mungkin bisa disebabkan karena faktor jaringan juga. Soalnya temen saya ada yang ngeluh kalau invite lama dan munculnya notifikasi juga kadang telat. Eye rolling smile Kelebihan aplikasi BBM for Windows Phone ini adalah gak bikin kinerja Nokia Lumia 520 melambat. Setelah beberapa hari menggunakan BBM for Windows Phone, kinerja Lumia 520 saya masih smooth gak pake lag Hot smile. Cuma ya itu, BBM for Windows Phone sendiri yang lag saat dijalanin Smile with tongue out, ini wajar sih karena masih versi beta soalnya. Berbeda saat saya menggunakan BBM di Android, Xperia Ray saya yang udah tua langsung ngos-ngosan dan lag dimana-mana… Satu hal yang saya suka dari BBM for Windows Phone, aplikasi ini gak pernah force close alias gak pernah nutup sendiri Smile.

Kesimpulan BBM for Windows Phone

Review BBM for Windows Phone_13BBM for Windows Phone_16

Secara umum, BBM for Windows Phone ini sudah bekerja dengan baik dan tidak pernah terjadi force close selama saya pakai. Saya sendiri dengan mantap langsung menggunakan BBM for Windows Phone yang masih berstatus Beta ini untuk menggantikan BBM di Android. Kinerja BBM for Windows Phone yang agak lambat dan konsumsi baterai yang agak boros ini diharapkan dapat diperbaiki pada rilis BBM for Windows Phone versi final nanti. Oya, semoga BlackBerry juga benerin notifikasi BBM for Windows Phone yang menurut saya agak aneh, hehehehe Smile with tongue out. Soal fitur lain seperti BBM Voice, BBM Channel, dan lainnya, saya sih gak terlalu berharap, yang sekarang aja diperbaiki dulu biar lebih nyaman dipakai Smile. Sampai di sini dulu posting mengenai review BBM for Windows Phone, semoga bermanfaat bagi pembaca Tuxlin Blog semua Smile.

Anda mungkin suka: New Selo: Menikmati Keindahan Gunung Merapi & Merbabu Lebih Dekat


16 Comments

  1. Jason August 5, 2014
    • Tuxlin August 5, 2014
  2. ahmad December 5, 2014
    • Tuxlin December 5, 2014
  3. nurmala aquila January 5, 2015
    • Tuxlin January 5, 2015
  4. Eni January 19, 2015
    • Tuxlin January 19, 2015
  5. denik January 22, 2015
    • Tuxlin January 22, 2015
  6. Stiawaan August 6, 2015
    • Tuxlin August 7, 2015
  7. Bayu September 7, 2015
    • Tuxlin September 7, 2015
  8. Radex November 11, 2015
    • Tuxlin November 11, 2015

Add Comment

*