Skor DxOMark Xiaomi Redmi Note 8 Pro Cuma Segini, Kameranya Jelek? – Situs DxOmark belum lama ini telah melakukan pengujian terhadap kemampuan kamera smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Namun, skor yang dihasilkan tampaknya belum sesuai harapan. DxOMark sendiri adalah sebuah situs review yang secara khusus mengulas kemampuan kamera, mulai dari kamera mirrorless, DSLR, dan juga kamera smartphone.

Menurut hasil pengujian DxOMark, Xiaomi Redmi Note 8 Pro hanya mampu mencetak skor keseluruhan 84 poin yang terdiri dari 87 poin untuk Photo dan 78 poin untuk video. Angka ini sebenarnya setara dengan Black Shark 2 atau LG V30.

DxOMark Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Pada ulasannya, DxOMark memuji kecepatan autofokus kamera utamanya yang gegas dan akurat, serta menawarkan eksposur yang sesuai. Selain itu, kemampuan isolasi subyek pada mode portrait Xiaomi Redmi Note 8 Pro laik mendapat acungan jempol.

Namun, hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro menghasilkan dynamic range yang terbatas, respon autofokus yang lambat pada kondisi kurang cahaya, sudut foto yang soft, dan detail yang kurang memadai saat foto indoor. Kondisi low-light, kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro juga kurang mengesankan.

“Melihat skor Redmi Note 8 dan sampel gambar, jelas kamera perangkat Xiaomi tidak dapat bersaing dengan model kelas terbaik saat ini, dan menunjukkan berbagai area untuk peningkatan dalam mode foto dan video. Dikatakan, Redmi adalah model anggaran yang harganya hanya sebagian kecil dari harga smartphone top-end saat ini.”

“Dengan pemikiran ini, cukup adil untuk mengatakan perangkat melakukan pekerjaan yang layak, dan jika Anda bersedia menerima kekurangannya, Xiaomi Redmi Note 8 Pro menyediakan sejumlah besar keunggulan kamera ponsel pintar untuk uang Anda,” kesimpulan review di situs DxOMark.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro sendiri pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada November 2019 silam. Ponsel ini mengunggulkan performanya yang kencang untuk bermain game dan siklaim sebagai smartphone dengan kamera 64MP pertama di Indonesia.

Kamera belakang Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini jumlahnya empat buah atau quad-camera. Kamera utama berkekuatan 64 megapiksel dengan lensa aperture f/1.9 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL GW1 1/1.7 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga dan keempat berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro camera dan depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh ala kamera DSLR.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro RAM 6GB ROM 128GB ini lebih unggul dari Redmi Note 8 reguler untuk kamera depan dengan dukungan sebuah kamera depan dengan resolusi 20 megapiksel dengan sensor BSI dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus.

Sektor layar, Xiaomi Redmi Note 8 Pro mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek rasio 19,5:9 dengan dukungan layar sentuh waterdrop atau poni minimalis berukuran 6,53 inci yang disematkan teknologi In-Cell dengan panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2340 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 403 piksel per inci dengan brightness hingga 500 nits.

Tak dipungkiri bahwa performa atau sektor dapur pacu menjadi daya tarik utama Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini. Ponsel ini mengandalkan chipset MediaTek Helio G90T dengan teknologi 12nm yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G76 MC4 yang powerful.

MediaTek Helio G90T yang digunakan Xiaomi Redmi Note 8 Pro adalah SoC yang didesain khusus untuk gaming dengan performa prosesor dan grafis yang tinggi di kelasnya. Helio G90T ini masih diproduksi menggunakan teknologi 12nm LPP yang membuatnya agak ketinggalan jika dibandingkan Snapdragon 710/730. MediaTek Helio G90T ini dilengkapi modem yang mendukung LTE Cat.12 (downlink) dan Cat.13 (uplink). Tak hanya itu Helio G90T juga mendukung penggunaan RAM hingga 10GB LPDDR4X 2133MHz (4266MHz efektif) dan media penyimpanan UFS 2.1.

Review Xiaomi Redmi Note 8

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here