Sony Xperia M: Kemampuan Kamera & Fiturnya

DSC_1366

Halo Pembaca!! Setelah sebelumnya saya mengulas tentang fitur dan spesifikasi smartphone Sony Xperia M, kini giliran fitur kameranya yang dibahas, hehehehe… Fitur kamera yang diusung smartphone Sony Xperia M ini termasuk istimewa, kenapa? Sony Xperia M ini mengusung kamera 5 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash dan sensor Exmor RS yang selama ini jadi andalan Sony. Hasilnya fotonya? Tunggu dulu kalo ini, hehehe… Smile with tongue out. Sony memang terkenal dengan produk dengan kamera yang cukup yahudd dan ini terbukti ketika saya menggunakan Xperia Ray, tapi apa Xperia M ini juga seperti itu? Yah setingkat dibawah Xperia Ray menurut saya sih… Ini bukan dinilai dari 5 MP vs 8 MP lho, karena tingginya resolusi foto bukan jaminan untuk dapat menghasilkan foto yang lebih baik (menurut saya sih :mrgreen: ). Berikut ini tampilan antarmuka kamera Sony Xperia M.


Image00008

Antarmuka Kamera Sony Xperia M

Image00010

Secara umum, fitur-fitur yang disematkan Sony pada kamera Xperia M ini sudah cukup lengkap, sebut saja pengaturan ISO, Exposure Value (EV), White Balance, Self Timer, HDR (High Dynamic Range), Smile Detection, Scene Selection, Focus Mode, pengaturan resolusi dan banyak lagi… Kalo pengen maksimalin hasil potret Xperia M ini bisa diatur dan diutak-atik setingannya Nerd smile. Hal yang saya suka dari Sony Xperia M ini adalah menyediakan tombol shutter kamera, sehingga pas motret gak harus tunyuk menyentuh layar. Saya malah belum nyoba merekam video, tapi berdasarkan informasi dari mbah Google, Sony Xperia M bisa merekam video HD 720p @ 30fps, setara sama Xperia Ray saya, hehehe…Hot smile. Berikut ini hasil potret kamera 5 megapiksel-nya Sony Xperia M. Semua foto saya resize dari resolusi aslinya ke 1600 x 1200 piksel Smile.

DSC_0039DSC_0040

Hasil jepretan Sony Xperia M indoor, no flash, klik untuk memperbesar Smile

DSC_0042DSC_0043

Fitur HDR ini selalu membuat saya penasaran, hehehe… Maklumlah, Xperia Ray saya gak punya fitur HDR ini, hehehe… Ketika fitur HDR diaktifkan, maka LED flash secara otomatis akan nonaktif. Penasaran perbedaan hasil foto Xperia M dengan HDR? Lihat foto di atas, kanan tanpa HDR dan kiri dengan HDR.

Saya juga penasaran ingin membandingkan kemampuan kamera Sony Xperia M ini dengan Xperia Ray yang saya pake, hehehehe… Oke, spesifikasi secara umum, Xperia Ray saya kalah telak dengan smartphone generasi baru Xperia M, tapi soal kamera, tunggu dulu, hehehehe… Bisa dibilang Xperia Ray ini adalah sesepuhnya Xperia M, jadi yang muda harus mengalah sama yang lebih tua, hehehehe :mrgreen:. Oke, simak perbandingan hasil foto Sony Xperia M vs Xperia Ray. Sisi kiri adalah hasil foto Xperia M dan sisi kanan adalah hasil jepretan Xperia Ray. Punk (klik untuk memperbesar)

DSC_0044DSC_1377

Baik Xperia M atau Xperia Ray menggunakan setting auto, tanpa flash. Silakan dinilai sendiri mana yang lebih bagus, Xperia M (kiri) atau Xperia Ray (kanan)

DSC_0045DSC_1381

Outdoor sore hari, seting auto tanpa flash Smile

DSC_0046DSC_1382

Indoor, seting auto tanpa flash… Mana yang lebih bening gan? Smile with tongue out

DSC_0051DSC_1389

Indoor lagi gan, seting auto n gak pake flash Laughing out loud

Secara umum, kemampuan kamera Xperia M besutan Sony ini sudah cukup oke lah… hasil fotonya bening, detail, dan warnanya juga udah oke. Foto indoor gak pake flash juga sudah oke, sesuai dengan ekspektasi saya… hehehehe…Smile. Harusnya Sony Xperia M ini dibandingin sama Samsung Galaxy Core tuh yang sekelas dan harganya mirip. Sayangnya saya belum pegang Galaxy Core, soalnya tetangga saya belum ada yang beli tipe itu, hahahahaha :mrgreen:

Kamera Xperia M vs Xperia Ray?

Bagus mana hasil foto Xperia M dengan Xperia Ray? Silakang dinilai sendiri deh, kalo saya jelas unggul Xperia Ray, lha saya pake itu, hehehehe :mrgreen:. Secara teknis, Xperia Ray lebih unggul itu wajar karena selain mengusung resolusi yang lebih tinggi, Ray juga menggunakan aperture yanga lebih gede, yakni f/2.4, sedangkan Xperia M aperture-nya f/2.8. Buat apa sih aperture itu? Kata orang-orang sih, makin gede aperture atau bukaannya, makin banyak cahaya yang masuk dan makin jelas deh hasil fotonya Smile. Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.


8 Comments

  1. duniaely November 28, 2013
    • tuxlin November 28, 2013
  2. vhesar March 19, 2014
    • tuxlin March 20, 2014
  3. Ripp (@fiyuhh) March 30, 2014
    • tuxlin April 1, 2014
  4. Gunawan May 4, 2014
  5. Gunawan May 11, 2014

Add Comment

*