Blogger Gathering Harblognas Bersama JNE: Menembus Batas!

Blogger Gathering Harblognas Bersama JNE – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog sedikit bercerita tentang kegiatan blogger gathering dalam rangka Harblognas (Hari Blogger Nasional) yang mengusung tema ‘Menembus Batas’ yang digelar oleh JNE di Hotel Harper Mangkubumi, Jogjakarta pada 19 November 2016 lalu. Harblognas ini sebenarnya jatuh pada 27 Oktober lalu dan acara ini juga sekaligus menyambut ultah JNE ke-26 pada 26 November 2016.

Berhubung Tuxlin Blog merupakan salah satu blogger yang bejo alias beruntung dapat undangan, yah langsung berangkat menuju TKP hehehehe… Maaf-maaf saja buat pembaca yang menantikan review smartphone dan gadget lainnya, pending dulu ihihihihi… Itulah kenapa Tuxlin masih menggunakan embel-embel ‘Blog’ karena memang sebuah blog, bukan situs khusus yang mengulas topik tertentu. Nggak percaya? cek postingan 2013 atau lebih lama lagi hahahaha… Langsung saja cekidot serunya blogger gathering Harblognas yang digelar oleh JNE ini!

Blogger Gathering Harblognas Bersama JNE

Perjalanan Solo-Jogja yang Mendebarkan

Bukan lebay sih, tapi memang mendebarkan Sob! Kebetulan di hari yang sama, Tuxlin Blog menghadiri blogger gathering di Solo. Acara di Solo agak molor, jam 17.15 baru kelar! Padahal undangan dari JNE yang disampaikan oleh Mbak Pungky itu jam 18.30! Wah nggak yakin bisa sampai tepat waktu sampai di lokasi.

Apalagi itu kan pas malam minggu, waktu dimana orang-orang berpasangan dan berkeliaran, sementara para jomblo ngumpet di kamar, di balik selimut wkwkwkw… 😆 Yang penting YAKIN! Langsung saja tancap gas dari Solo ke Jogja, pokoknya gas pol jika memungkinkan, klakson sepanjang jalan sambil sesekali mengumpat sama yang menghalangi jalan *jangan ditiru* 😆

Hampir putus asa ketika sampai Klaten kota udah pukul 18.30! Kapan sampai Jogja? Udah hampir mlipir pulang ke Boyolali 😥 Eh tapi masak sih udah separo jalan menyerah? Lanjutkan! Perkara telat sampai di lokasi trus disuruh pulang, pikir belakangan 👿 wkwkwk Gaspol! Mulai daerah flyover Janti, macetnya nggak ketulungan… Akhirnya pukul 19.10, nyampai juga di Hotel Harper Mangkubumi Jogja demi hadir di acaranya JNE 😀 Sampai di sana, registrasi plus ambil goodiebag, dan ternyata acara baru aja mulai…! Alhamdulilah, selamat dan mendarat 🙂

Baca juga:Harga & Spesifikasi Asus Zenfone Go ZB500KL, Sudah Tersedia di Indonesia

Blogger Gathering Harblognas JNE

Blogger Gathering Harblognas JNE

Acara Blogger Gathering Harblognas JNE ini dibuka oleh MC cantik, namanya mbak Kurnia Kartikawati alias Qachan kalau nggak salah. Setelah memilih tempat dan duduk, Tuxlin Blog celingak-celinguk sambil sesekali memotret sekitar. Kok blogger-blogger ini nggak ada yang kenal yak? *mendadak merasa asing* 😛

Apa karena semua menghadap ke depan, jadi nggak kelihatan mukanya? hihihi… Sekilas terlihat mbak Pungky di bagian depan, yah sementara cuma dia Blogger femes yang saya kenal. Mbak Qachan, sang MC mengatakan bahwa ada kompetisi live tweet dan rate aplikasi MyJNE. Tuxlin Blog langsung ambil smartphone dan langsung melakukan kicauan pembuka… Siapa tahu menang, ya nggak? hihihihi…

Mbak MC cantik itu juga mengatakan ada doorprize dan menginstruksikan blogger yang ;hadir untuk membuka alas piring. Tuxlin Blog langsung buka, eh nggak ada apa-apa… 🙁 Eh tapi ada yang menang lho, mbak blogger juga, di bawah alas mejanya ada logo JNE dan dapat bingkisan deh 🙂

Acara dibuka dengan sambutan dari Pak Adi Subagya selaku Brand Manager JNE. Melalui sambutannya, beliau menceritakan sekilas kisah JNE dari awal hingga bisa sukses saat ini. Seperti yang pembaca Tuxlin Blog ketahui, JNE adalah salah satu layanan logistik terbesar di negeri ini. Semua itu tidak instan. Prosesnya pun panjang dan tak mudah.

Baca juga:Samsung Galaxy S7 Edge Blue Coral Sudah Tersedia di Indonesia

Beliau mengatakan bahwa JNE hanya mengantar paket 600 kg sehari pada tahun 2006. Setelah melalui proses dan perkembangan, kini JNE mampu mengantar paket hingga 10 ton sehari! Mantap jiwa! 😀 Nggak heran kalau JNE menargetkan omset 7,5 triliyun per tahun. Luar biasa bukan? Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan dinner sambil diiringi live musik dari seorang blogger multitalenta, Winda Carmelita 🙂

img_20161119_200353

Dinner Dulu Sob!

img_20161119_193955

Jujur saja, sesi makan ini adalah yang paling Tuxlin Blog tunggu! Kan Tuxlin ini ksatria tulang besi perut karet wkwkwk… Yah maklum lah, sebelumnya habis ngebut dari Solo – Jogja biar nggak telat. Tubuh pun kekurangan cairan dan nutrisi, hal ini akan mengganggu pertumbuhan… 😆 Langsung deh menuju lokasi jamuan yang terletak di belakang dan samping tempat duduk para blogger dan tamu undangan. Penasaran apa saja hidangannya? Cekidot Sob!

Nah pas sesi makan-makan inlah Tuxlin Blog baru nyadar ada banya blogger yang udah kenal! Seperti Mbak Primastuti (Manda), Mbak Prima (ini baru pertama kali ketemu 😀 ), Mas Arief Ramadhan, Pak Darmawan, Mas Sutopo, Mbak Retna Mudiasih, dan banyak lagi… *nggak jadi merasa asing* 😆 Malah ada yang baru pertama kali ketemu, meski udah kenal di Twitter, yakni Mas Farid Nugroho.

Acara gathering blogger yang digelar JNE ini jadi seru karena menjadi kesempatan emas dengan blogger-blogger ketje badai area Jogjakarta, kita jadi makin kenal dan akrab 🙂 Berikut ini suasana akrab para blogger Jogja di acara JNE.

Bincang-bincang Menembus Batas, Menjadi Inspirasi Bagi Negeri Bersama JNE

Bincang-bincang Menembus Batas Bersama JNE

Pada bincang-bincang yang mengusung tema ‘Menembus Batas, Menjadi Inspirasi Bagi Negeri’ ini bersama dengan Mbak Grace Melia yang merupakan blogger femes peraih Special Award Kartini Next Generation 2014, Mbak Uphi Mashar yang merupakan seorang online entrepreneur (founder Stupid Room), dan Pak Marsudi selaku Head of Regional Jateng -DIY JNE Express.


Bincang-bincang santai yang menginspirasi ini makin seru karena dipandu dan dimoderatori blogger femes dengan tulisan yang bikin Tuxlin Blog ketagihan, siapa lagi kalau bukan Mbak Pungky Prayitno 😀

Menembus Batas, Menjadi Inspirasi Bagi Negeri

Mbak Pungky, Pak Marsudi, Mbak Grace Melia, dan Mbak Uphie Mashar

Grace Melia

Mbak Pungky sang moderator langsung melempar beberapa pertanyaan terkait dunia ngeblog pada Mbak Grace. Blogger cantik ini pun bercerita pengalamannya ngeblog hingga menjadi sukses dan terkenal saat ini. Awalnya Mbak Grace ini adalah blogger yang biasa-biasa saja dan merasa iri melihat blogger lain mencapai sukses.

Rasa iri ini ternyata dikonversi menjadi energi positif dan dituangkan sebagai penyemangat Mbak Grace untuk menjadi blogger sukses. Beliau semangat mempelajari bagaimana blogger bisa meraih kesuksesan. Quote dari Mbak Grace yang selalu saya ingat adalah:

Jadi blogger jangan Baper! – Grace Melia

Maksudnya gimana tuh? Jangan baper dan minder kalau blogger yang lebih sukses enggan follback Twitter atau Instagram kita, enggan approve pertemanan di Facebook dan sebagainya. Itu nggak boleh jadi halangan Sob, kita musti terus semangat dan progresive. Kata Mbak Grace, justru itu adalah kesempatan kita untuk instrospeksi diri agar menjadi lebih baik dan diikuti oleh banyak orang 🙂

Mbak Grace mengatakan bahwa langkah selanjutnya adalah membangun brand, mengapa? Branding itu penting! Branding akan membuat kita mudah diingat orang. Selain itu, branding yang dikombinasikan dengan inovasi dan introspeksi diri akan melahirkan blogger yang memiliki ciri khas dan berkarakter kuat.

Hal ini menjadi modal utama menjadi blogger sukses. Sebagai informasi, Mbak Grace Melia melalui blog Diari Mami Ubii ini fokus membahas parenting. Beliau juga founder komunitas @RumahRubella 🙂

Uphie Mashar

Kisah perjuangan Mbak Uphie Mashar ini nggak kalah inspiratif. Suka duka beliau mampu mengantarkannya menembus batas kesuksesan. Setelah lulus kuliah, Mbak Uphie Mashar ini memutuskan untuk merantau ke Jogja dan mencari pekerjaan di kota pelajar ini. Namun, perjuangan di kota ini berat. Beliau selalu ditolak saat melamar kerja. Selain itu, sampai pada akhirnya Mbak Uphie kehabisan uang dan pernah diusir dari kos-kosan.

Nah saat itulah daya juang Mbak Uphie diuji. Kalau pulang malu, kalau nggak pulang tapi kehabisan bekal. Mbak Uphie sendiri mengungkapkan dirinya pernah diremehkan: setelah kuliah mau apa lagi? Paling menikah. Hal ini menjadi penyemangat Mbak Uphie untuk bangkit dan diiringi doa, serta motivasi sang Ibu untuk meraih kesuksesan.

Mbak Uphie pun sukses menjadi online enterpreneur dengan membuka online shop dengan nama Stupid Room yang kini mampu menghasilkan omset yang menggoda. Selain itu, Mbak Uphie juga melakukan promosi melalui endorse produk ke blogger. Ini dipandang sebagai solusi promosi yang efektif dan impactnya signifikan.

Blogger menjadi media promosi yang efektif masa kini. Endorse atau ngasih barang ke Blogger itu nggak rugi. Saya setiap hari kirim barang endorse. Impactnya signifikan – Uphie Mashar.

Pak Marsudi, Head of Regional Jateng – DIY JNE Express

Pak marsudi selaku Head of Regional Jateng -DIY JNE Express mewakili JNE untuk berbagi kisah inspiratif pada acara blogger gathering Harblognas malam itu. Beliau berbagi rasa perjuangan JNE dari awal hingga menjadi salah satu yang terbesar di tanah air.

Menyambung apa yang disampaikan Pak Adi Subagya selaku Brand Manager JNE, Pak Marsudi menceritakan bagiamana pejuangan JNE dari awal hingga menjadi sukses seperti sekarang ini. Beberapa poin yang disampaikan Pak Marsudi mengenain kunci JNE menembus batas kesuksesan antara lain adalah:

  • Inovasi. Ini menjadi kunci utama JNE untuk tetap bersaing dengan kompetitornya yang banyak bermunculan. Inovasi membuat JNE unik, serta menarik. Inilah yang membuat JNE selalu menjadi yang terdepan dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Kompetitor adalah teman. Ini adalah hal yang unik dan antimainstream menurut Tuxlin Blog dari strategi JNE, mengapa? Dimana-mana pesaing adalah rival, bahkan musuh yang harus dikalahkan. Namun bagi JNE, kompetitor adalah teman berbagi rezeki dan berkembang bersama-sama.
  • Kolaborasi dengan e-commerce. Perkembangan e-commerce yang pesat menjadi salah satu akselerator perkembangan JNE. Kolaborasi antara JNE dengan e-commerce adalah simbiosis mutualisme. Saling menguntungkan dan berkembang bersama-sama.
  • Menggandeng Blogger. Bagi JNE, blogger itu penting karena merupakan salah satu media promosi efektif saat ini.

Aplikasi My JNE

MyJNE

JNE juga memperkenalkan sekaligus menjelaskan aplikasi andalannya di smartphone, yakni My JNE. Aplikasi ini hadir dengan antarmuka menarik dan mudah digunakan. Aplikasi ini mengusung ikon Joni yang tersenyum yang menunjukkan keramahan layanan JNE. Aplikasi ini kaya fitur lho Sob, kita bisa tracking resi, mengetahui lokasi agen JNE terdekat, cek COD, cek tarif dan banyak lagi 😀

Penutup & Pemenang Kompetisi

img_20161119_211354

Nggak terasa waktu bincang-bincang menembus batas dan menjadi inspirasi untuk negeri yang digelar JNE kelar! Saking asyik dan menariknya, waktu serasa begitu singkat. Acara dilanjutkan pengumuman kompetisi mini yang diikuti oleh blogger yang hadir.

Kompetisinya adalah live tweet dan rate aplikasi My JNE. Untuk rate aplikasi, pemenang ditentukan dengan cara diundi. Dua orang pemenang yang terpilih mendapat hadiah berupa bingkisan dari JNE. Salah satu pemenangnya adalah Mas Arief Ramadhan… Blogger satu ini selalu langganan menang 😆

Berikutnya adala pengumuman kompetisi live tweet. Dua orang pemenang, juara pertama mendapat gadget dan juara kedua mendapapat hadiah gadget. Nggak nyangka, juara pertama disabet akun Twitter dengan username @dityatuxlin! Wow akun Tuxlin Blog tuh! Alhamdulilah, perjuangan ngebut Solo – Jogja terbayar sebagai pemenang, dapat gadget Sob! Alhamdulilah *terharu* 😥 😀

jne

credit image: @JNE_JOG

Setelah acara kelar, Tuxlin Blog pun langsung tancap gas pulang ke Boyolali. Jam 2130 start dari Jogja, sampai Boyolali sekitar 23.40. Langsung pegel-pegel, hehehehe… Meski demikian, kisah perjuangan Mbak Grace, Mbak Uphie, dan JNE menjadi inspirasi Tuxlin Blog lho agar terus berkembang menjadi lebih sukses 🙂 Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat 🙂

Bonus:

img_20161119_212835

Sebelum pulang, sempetin dulu swafoto alias selfie sama Mbak Pungky, salah satu blogger yang menjadi inspirasi Tuxlin Blog 🙂

 Anda mungkin suka:Harga & Spesifikasi Vivo V5, Resmi Diluncurkan di Indonesia


6 Comments

  1. Sugiono November 27, 2016
    • Tuxlin November 27, 2016
      • Sugiono November 28, 2016
        • Tuxlin November 28, 2016
          • Sugiono November 29, 2016
          • Tuxlin November 29, 2016

Add Comment


*