Adu Keren GUI OS (part II)

Ya, sebelum ini saya pernah posting artikel serupa namun, kali ini OS yang bertarung lebih baru. Pertarungan di artikel sebelumnya adalah antara windows xp dengan bantuan flyakite OSX 3.0, windows vista dan blankon linux 3.0 dengan style macintosh. Sedangkan artikel kali ini memepertarungkan (hehehe… BK style bahasanya!) windows xp dengan flyakite OSX 3.5, windows 7 beta build 7000 dan pihak linux menurunkan mandriva linux 2009 kde4. Seperti posting saya terdahulu, saya menilai secara subyektif, namun masih mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oke, langsung saja kita sambut aksi petarung pertama, windows xp dengan senjata yang saya pilih, flyakite OSX 3.5.

sesaudah-age1 Tampilan yang lebih baik dari flyakite OSX versi sebelumnya

Penampilan windows xp dengan kosmetik flyakite OSX 3.5 lebih cantik dibanding menggunakan flyakite sebelumnya, dan yang aneh , setelah saya instal flayakite OSX 3.5, windows xp saya booting lebih cepat dari biasanya. Mengapa? Atau cuma perasaan saya saja? Yang jelas, dengan menggunakan flayakite OSX ini dapat menghilangkan kebosanan dengan tampilan xp yang sudah cukup berumur. Menurut saya, tampilan GUI nya sudah cukup menarik, hanya saja tidak memiliki efek 3D desktop seperti lawan-lawan yang dihadapi dipertandingan kali ini. Meski begitu, bagi yang berminat mempersenjatai xp dengan efek 3D seperti vista, silahkan menggunakan freeware winflip. Downloadnya dimana? Tanya mbah google! Hehehe….

Petarung berikutnya adalah sistem oprasi yang paling ditunggu. Meski masih belum final (a.k.a beta) windows 7 ini berani menunjukan keindahan GUI nya! Secantik apakah windows 7 ini?? liat aja screenshotnya dibawah…

desktop

Lebih cakep dan lebih ringan dari windows vista

winflip


Efek andalanya aero, flip 3D

Yap, GUI nya memang gak jauh beda dari vista, namun windows 7 ini lebih manis. Efek animasi dan perpindahan antar window lebih halus dan lebih ringan. Efek andalan aero, flip 3D menjadi andalan dan beberapa efek baru seperti efek aero shake juga menambah keindahan OS ini. Start menu yang transparan dan lebih glossy, taskbar kini hanya menampilkan icon aplikasi yang sedang digunakan tampak elegan. Meski begitu, secara umum masih mirip dengan vista namun windows 7 ini lebih bagus. Perlu diingat, ini adalah versi beta, mungkin saja finalnya nanti ada perubahan GUI.

Petarung berikutnya adalah sodara beda distro dari pemenang pertandingan di posting yang lalu. Jika kemarin bankon linux 3.0 dengan gnome desktop, kini mandriva 2009 dengan desktop kde4, berikut screenshotnya.

screen11 Tampilan desktopnya sedikit saya customize

expo

expo, salah satu efek andalan linux

3d-cube1

3D cube, efek andalan yang menakjubkan

Yapz…. keren! Sampai saat ini belum ada sistem oprasi yang menyediakan efek 3D desktop sebanyak linux. Dengan efek yang begitu banyak tentu tidak akan bosan bekerja dengan linux. Selain itu, semua efek diciptakan untuk memudahkan dalam berpindah desktop atau window. Desktop kde4 yang menawan dengan aneka macam plasmoid gadget-nya menambah kindahan dan kemudahan. Salah satu kelebihan efek 3D linux adalah tidak terlalu banyak membutuhkan resource hardware bahkan bisa dijalankan dengan graphic onboard intel extreme graphic2 (i865G), pesaingnya, aero membutuhkan prosesor dan graphic card yang cukup bagus.

Setelah bertarung sengit, kini tealah muncul pemenangnya. Siapa lagi kalau bukan mandriva linux 2009 kde4 dengan senjata ampuhnya, compiz-fusion. Ini menurut penilaian saya, mungkin pembaca berpendapat lain, bisa kasih comment kok,hehehehe… hanya saja sampai saat ini, Macintosh belum dapat mengikuti pertandingan ini, alasanya sama, gak punya Mac! Hehehe… kita akhiri pertandingan, semoga di pertarungan berikutnya, dimana windows 7 telah diluncurkan kepasaran dan Mac dapat ikut serta (mungkin pinjem Mac orang lain?hehe) pertandingan akan semakin seru.


3 Comments

  1. ztyo February 27, 2009
  2. andre April 18, 2009
    • tuxlin April 28, 2009

Add Comment

*