Power Supplyku Mleduk!!!

Hiks.. akhirnya hal yang paling saya takutkan terjadi juga… payah deh. Sebelumnya saya ke kampus dan kemudian mampir warnet. Setelah download yang diperlukan, saya langsung pulang bersama seorang teman saya, sebut saja ratman. Begitu sampai rumah, sya langsung tekan saklar listrik untuk komputer (bukan tombol on/off di cpu). Begitu saya tekan saklar ‘klik’ disusul bunyi ledakan dahsyat DHUAR!!! Hingga komputer mengeluarkan asap dan terbakar. Gak dink, hehehe… begitu saya tekan saklar listrik ‘klik’, disusul suara letusan kecil dari power supply, ‘PLETAK!’. Waduh suara apa tuh? Saya matikan dan kembali hidupkan aliran listrik dari saklar tadi dan tekan tombol on di cpu, hasilnya? Komputer tidak memberikan tanda-tanda kehidupan! Gawat! Padahal mo namatin COD 5 yang level ‘normal’ (dudul banget, level normal ja gak tamat2!). Langsung CPU saya bongkar dibantu teman, saya lepas power supply , ternyata tercium bau gosong di PSU nya. Langsung saya vonis bersalah eh rusak PSU nya. Tapi sebenernya salah saya juga sie, coz pake PSU merk terkenal, yaitu ‘abal-abal’ bawaan casing.

Esoknya, saya dan teman saya ke solo dalam rangka membeli PSU untuk komputer saya yang mati suri. Budgetnya mepet banget, cuma 200rb!! Padahal pengenya sie dapet yang true power 400watt, tapi apa daya budget mepet. Sampai di sebuah toko komputer yang cukup terkenal di Solo, saya ditawari PSU seharga 475rb, 500watt. Saya lihat tampilan fisiknya, wuiz! Keren banget!! Tapi begitu saya liat merknya, Simbadda, wah ogah… Saya tau dari beberapa forum komputer, PSU ini kurang baik. Kemudian ditawari lagi yang lebih murah, 400watt merk IXP, harga 90rb. Kalau yang ini sih abal-abal kelas berat! Setelah itu, pindah ke toko komputer yang lebih kecil dan ditawari PSU eTech 450watt, abal-abal juga, tapi harga 125rb. Karena capek dan malas untuk berkeliling lagi, saya memutuskan untuk membeli yang abal-abal ini. Sampai dirumah, saya pasang semua kabel-kabelnya dan saya tekan on di CPU, hasilnya? Sedikit tanda-tanda kehidupan, karena fan case bergerak-gerak tanda bahwa PSU gak kuat. Saya lepas beberapa periferal dan saya nyalakan, berhasil! bisa masuk bios, saya ubah beberapa seting di bios, reboot… yap gak bisa booting! Saya coba berkali-kali, namun hasilnya, komputer tidak bisa booting.

Saya kembalikan PSU abal-abal etech ke tempat dimana PSU dibeli. Kemudian saya memutuskan untuk mengganti power supply yang lebih bagus. Awalnya, saya mengincar VenomRX blackviper 400watt, karena harganya murah dan kualitas cukup baik. Namun, yang tersedia Cuma VenomRX Kingsnake 500watt yang harganya 650rb. Akhirnya saya ditawari PSU Enlight 400watt. Saya agak ragu, karena menurut kabar, PSU ini mengalami penurunan kualitas dari generasi sebelumnya, betulkah? Karena tidak ada pilihan lain, saya terpaksa memilih PSU Enlight 400watt seharga 425rb. Setelah itu, PSU dipasang ke komputer kemudian dinyalakan, hasilnya? Tidak ada tanda-tanda kehidupan! Waduh! Gawat kalau komponen lain juga rusak. Awalnya, yang dituduh rusak adalah motherboard TA780G AM2+ kesayangan saya. Saya merasa agak tenang, karena motherboard tersebut masih garansi. Namun setelah di utak-atik lebih jauh, ketahuan biang keroknya! KABEL IDE!!! Kabel IDE lebih mirip selendang ibu-ibu daripada sebuah kabel. Akhirnya kabel IDE yang bermasalah tersebut diganti dan bisa booting dengan lancar. Tapi ada masalah, kabel IDE tersebut saya gunakan untuk CD-RW, tidak terdeteksi sebagai CD-RW , melainkan ARMD di bios. ARMD itu apa sih? Karena kalo di enabled, booting menjadi sangat lama, maka saya memutuskan untuk me-disable CD-RW yang saya miliki. Tidak masalah, karena saya masih memiliki DVD-RW SATA. Akhirnya komputer saya dapat menyala dengan lancar dan lebih stabil. Esoknya, sepupu saya pulang dari jogja (dia kuliah di jogja) membawa oleh-oleh brosur pameran APKOMINDO di JEC. Saya iseng-iseng baca salah satu brosur, tertulis, VenomRX 400W Rp 375rb dan Enlight 400W Rp 365rb. GUBRAK!! Berarti kemahalan 60rb dong!! Tau begini saya ke jogja dapet VenomRX 400W dengan harga yang lebih murah dari Enlight, setuju kan VenomRX lebih bagus daripada Enlight? Kata anak-anak forum, dulu sih Enlight bagus, tapi sekarang kualitasnya turun, benar tidaknya saya kurang tau. Oya, buat toko tempat saya membeli Enlight, NOJI COMPUTER MANAHAN SOLO kalo ngasih harga kira-kira donk, kalo kemahalan 10-25rb sih wajar, lha ini 60rb! Bisa buat beli bakso rame-rame. Gak bakal deh beli disitu lagi.

Setelah peristiwa mengenaskan dan menyebalkan ini, saya akhirnya sadar, bahwa PSU merupakan komponen yang cukup penting. PSU layaknya jantung komputer yang memompakan listrik keseluruh komponen komputer. Bagi pembaca yang masih menggunakan PSU abal-abal, hati-hati, kerusakan PSU bisa menular kekomponen lain. Barangkali PSU mati, hardisk dan motherboard menemani kematian sang PSU, hehehe… bukanya nakut-nakutin, tapi ini adalah resiko penggunaan PSU abal-abal. So, usahakan pakai PSU yang berkualitas yaw!


Add Comment

*