Power Supply, ‘Jantung Komputer’

1-psu1

Power supply a.k.a PSU adalah komponen yang cukup penting dalam sebuah komputer. Seringkali orang melupakan PSU dalam merakit komputer, padahal komponen ini yang menjamin kehidupan dan keawetan komponen lain. Orang cenderung memilih prosesor yang lebih kencang, motherboard yang lebih hebat atau memory yang gegas daripada memilih PSU berkualitas, katakanlah true power rating. Mereka cenderung meremehkan komponen satu ini dan memilih PSU bawaan casing atau PSU abal-abal. Mereka cenderung berpikir seperti ini, ‘PSU gak perlu yang mahal-mahal, pakai bawaan casing aja dah cukup’. Saya sendiri dulu juga berpikir demikian, namun akhirnya saya sadar setelah PSU abal-abal bawaan casing mleduk dengan sukses. Sebenarnya apa sie PSU itu?? Seberapa pentingkah komponen ini? Berikut sedikit keterangan seputar PSU yang saya dapat dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi.

Istilah Dalam PSU

Bagi seorang yang berkecimpung di dunia teknik elektro, tentu tidak asing lagi dengan istilah-istilah di artikel ini. Bagi para pemula (termasuk saya) dapat menyimak keterangan dari beberapa istilah dalam PSU. Dalam PSU terdapat 3 satuan dalam kelistrikan, yaitu Volt(V), Ampere(A) dan Watt(W). Volt adalah satuan tegangan listrik, Ampere adalah satuan arus listrik dan Watt adalah hasil perkalian antara arus dan tegangan listrik. Adapula istilah ‘Rails’, Rails adalah sitem penghantaran listrik yang berupa jalur dan dibedakan berdasarkan teganganya, dalam PSU terdapat Rails +3,3V, +5V, +12V, -5V dan -12V. Saat membeli PSU, cukup perhatikan rail yang positif saja. Besarnya Watt tiap rail dapat dihitung dengan mengalikan angka voltase rail dengan besarnya arus yang dihasilkan rail tersebut. Menurut sumbar yang saya dapat, komponen komputer saat ini banyak menyedot daya dari rail +12V, jadi saat membeli PSU perhatikan daya pada rail 12V. Ada pula produsen yeng menyertakan spesifikasi dual/triple bahkan quad rail untuk rail 12V. Multiple rail memiliki keuntungan jika terjadi kerusakan di salah satu rail, maka tidak berpengaruh dengan rail lainya. Peak power, adalah daya maksimum yang mampu diberikan PSU dalam waktu singkat, misal 30 detik. Continuous adalah daya yang mampu diberikan PSU secara continuous atau dalam waktu lama, sering disebut pure power.

Fitur-fitur dalam PSU

Overvoltage Protection, yaitu fitur yang bermanfaat untuk melindungi komputer dari naiknya tegangan sumberlistrik secara tiba-tiba, biasanya PSU melakukan automatic shutdown untuk melindungi dari overvoltage. Power Supply Modular, adalah power supplay yang konektor powernya dapat dilepas-pasang sesuai kebutuhan. Kelebihan PSU modular adalah jeroan PC terlihat lebih rapi dan kelemahanya adalah dalam PSU modular terdapat titik power yang digunakan untuk menancapkan kabel power, titik power ini berpotensi hambatan. Jadi semakin banyak titik power akan semakin banyak hambatan dan semakin banyak daya yang terbuang. Voltage regulation and ripple, bebean listrik komputer bervariasi, hal tersebut juga menyebabkan output teganag PSU bervarisai (berubah-ubah). Semakin sedikit perubahan tersebut akan semakin bagus. Hold-time, adalah waktu yang dapat ditahan/dikompensasi PSU saat tidak mendapat sumber listrik, misal listrik terputus dalam waktu singkat kemudian on lagi, maka daya dapat dikompensasi PSU (serasa gak mati lampu).

PFC

PFC adalah Power Factor Correction. PFC ini adalah ukuran seberapa efektif sebuah PSU dan ini dinilai dari 0-1. PSU terkemuka saat ini menawarkan efisiensi 80plus atau dalam PFC 0,8 yang cukup dekat dengan angka maksimal 1, berarti sangat efisien. PFC sendiri dibagi 2, yaitu Passive PFC dan Active PFC. PFC pasif menggunakan kapasitor untuk memfilter arus AC agar terjaga muatan induksinya. PFC aktif menggunakan rangkaian elektronik untuk mengimbangi muatan induksi.

Kesimpulanya

PSU merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah komputer. PSU berfungsi memompa arus untuk semua komponen yang membutuhkan. PSU yang baik akan turut menjaga keawetan periperal yang anda gunakan. Saran saya, gunakan power supply berkualitas untuk menjaga keawetan periferal komputer. Saya sendiri pernah mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan dan untungnya tidak mengorbankan periferal lain. So, mari kta ganti PSU abal-abal dengan PSU berkualitas a.k.a

PSU true power.


Add Comment

*