Pentingnya OPTIMALISASI Komputer

Mungkin anda pernah mengalami komputer baru yang lambat dan tidak stabil? Atau mungkin komputer yang telah anda pakai tiba-tiba menjadi lambat dan tidak nyaman? Jangan terburu-buru menyalahkan hardware atau periferal yang anda pakai, karena bisa saja kelambatan tersebut adalah seting komputer yang tidak optimal dan periferal anda tidak bekerja maksimal. Setiap generasi periferal memiliki cara kerja yang berbeda, misal prosesor AMD64 dengan prosesor Intel Core2 series. Keduanya memang meiliki fungsi sama, yaitu memproses/ kalkulasi, namun keduanya memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan tugasnya. Perbedaan ini disebabkan arsitektur keduanya yang berbeda. Optimasi dalam sebuah sitem komputer tidak hanya meliputi hardware tapi juga software. Jika keduanya telah dioptimalkan, maka sistem anda akan memberikan kinerja sebagaimana mestinya.

Saya pernah membaca perdebatan yang cukup seru disebuah forum yang mempermasalahkan performa Phenom 9850BE yang lambat dalam editing gambar resolusi tinggi melalui photoshop dibandingkan dengan Pentium D dan Core2 Duo E8400, dan tentu saja mendapat serangkaian protes berikut perang argumen dari anggota lain. Saya sependapat dengan beberapa anggota forum, bahwa masalah ini berakar dari tidak optimalnya seting hardware maupun software yang digunakan. Phenom X4 9850BE merupakan prosesor quadcore yang cukup bagus, tentunya kinerjanya jauh diatas Pentium D, namun karna kurangnya optimalisasi, quadcore ini bekerja tidak maksimal dan seolah-olah melambat. Orang yang masih awam tentang komputer pasti langsung menyalahkan hardware dan mengangggap jelek terhadap suatu produk. Hal yang sama terjadi ketika masa-masa awal munculnya Athlon X2. Pengguna merasakan bahwa Athlon X2 tidak lebih cepat dari Athlon64 single core. Hal ini disebabkan banyak aplikasi yang belum dioptimalisasi untuk dualcore. Seiring berjalanya waktu, muncul perbaikan untuk optimalisasi penggunaan resource hardware, antara lain munculnya hotfix microsoft untuk mendukung prosesor multicore di windows XP. Tidak hanya itu, update driver secara teratur juga merupakan optimasi. Pada kasus Phenom 9850BE tidak maksimal karena beberapa setingan dan driver prosesor (multicore optimizer) belum terinstal, sehingga kinerja serasa dikebiri.

Saya sendiri pernah mengalami kasus seperti ini saat saya mengupgrade komputer AMD Duron 1200+ ke AMD Athlon X2 4400+. Peningkatan kecepatan memeng cukup terasa dari sistem Duron ke Athlon X2 (ya iyalah!). namun saya penasaran dengan keunggulan dualcore di multitasking, maka saya menjalankan berbagai aplikasi yang cukup berat secara bersamaan dan hasilnya? Ngelag abis! Lambat banget, padahal saya menggunakan ram 2GB di windows XP sp2. Awalnya saya menyalahkan hardware yang saya gunakan, namun ketika iseng-iseng main ke forum yang kebetulan membahas Athlon X2 dengan berbagai keunggulan prosesor dualcore. Dari forum tersebut, ternyata saya belum melakukan optimalisasi Athlon X2 karena belum menginstal hotfix multicore dari microsoft dan dualcore optimizer. Setelah keduanya saya instal apa yang terjadi? Komputer saya serasa bekerja lebih cepat dan enteng! Bahkan, saya menjalankan banyak aplikasi yang cukup berat seperti yang saya lakukan sebelumnya dan hasilnya lancar tanpa adanya kelambatan-kelambatan yang mengganggu. Ini adalah hasil nyata dari sebuah optimalisasi dan dengan optimalisasi ini, periferal yang digunakan mampu bekerja dengan maksimal. Pesan untuk pembaca semua, apabila komputer anda lambat, jangan terburu-buru menyalahkan periferal yang dipakai tapi cermatilah apakah sudah dilakukan optimalisasi?


One Response

  1. Agung July 26, 2009

Add Comment

*