Cool Stuff : AMD Fusion Media Explorer

Halo Pembaca! Beberapa minggu yang lalu, saya menyambangi situs AMD untuk mendownload driver catalyst terbaru, versi 10.2 untuk windows 7 dan linux yang saya gunakan. Sambil menunggu proses download, saya iseng menjelajah situs resmi AMD tadi dan tak sengaja menemukan software yang menurut saya cukup menarik, namanya AMD Fusion Media Explorer. Software ini mirip sebuah media center dengan user interface yang cukup keren. Karena penasaran, saya memutuskan untuk mendownload software ini dan mencoba menginstalnya dirumah.

clip_image002

Instalasi dimulai!

clip_image002[5]

Proses instalasi sedang berjalan.

Instalasi berjalan cukup cepat di komputer saya tanpa masalah. Saat dijalankan, muncul kotak dialog untuk menginstall Flash Player versi terakhir agar software ini dapat berjalan dengan baik. Tampilan awal/muka software ini didominasi warna gelap dan dibagi menjadi 6 kategori yaitu Music, Photos,Videos, Web, TV dan Web Tasks. Alangkah baiknya kita setting terlebih dahulu ‘watch folder’ agar semua konten multimedia yang terdapat di komputer dapat terindeks oleh AMD Fusion Media Explorer. Proses indeks berjalan cukup cepat, sekitar 30 detik. Software ini juga dilengkapi fasilitas pencarian file multimedia yang terdapat dibawah kategori. Berikut scrrenshot tampilan depan software Fusion Media Explorer.

clip_image002[7]

Tampilan sederhana dan mudah dimengerti.

Saat menjalankan software ini, pengguna akan disuguhi peringatan untuk menginstal adobe flash player versi terbaru agar software berjalan optimal. Penampilanya didominasi warna gelap dan menimbulkan kesan elegan. Berikut ini adalah screenshot ketika kategori ‘videos’ diklik, akan menampilkan semua file video yang ada dalam watch folder…

clip_image004

Terlihat futuristik.

Keren kan? Screenshot video ditampilkan rapi dan dalam format 3D yang keren dan pengoperasian yang nyaman. Jumlah video yang ada dalam watch folder cukup banyak, semua bisa ditampilkan dengan baik. Gunakan scroll mouse untuk menggeser/navigasi tampilan, maka tampilan mirip ‘dinding’ ini akan bergeser dengan animasi yang halus. Melihat tampilan software ini, mengingatkan saya pada tampilan 3D Desktop Compiz-fusion di OS Linux, mantep. Oiya, jika salah sau screenshot dari video tersebut disorot menggunakan mouse, maka akan muncul preview video berikut sound video layaknya saat kita memainkan video. Tidak hanya itu, preview video ini juga menampilkan nama file dan lokasi tempat file tersebut berada. Bagaimana cara memainkan videonya? Gampang, klik aja di screenshotnya, maka software ini akan memainkan video untuk anda. Berikut screenshotnya.


clip_image006

Saat memainkan video, penampilanya jadi agak mirip WMP. Dibagian atas terdapat icon standar multimedia yaitu play, pause, stop, back to tab view, volume dan mode full screen. Sementara dibagian bawah terdapat fasilitas search, screenshot video lain dan shortcut ke kategori file. Secara umum penggunaan cukup mudah atau dalam bahasa bule ‘user friendly’ dan memiliktampilan yang cukup menarik. Berikut screenshot saat memainkan file musik..

clip_image008

Saat memainkan file musik, software ini menampilkan gambar kotak dengan daftar lagu dalam 1 album berikut cover albumnya. Sementara dibagian atas menampilkan judul lagu, icon multimedia (play,pause,stop), player seek, volume serta sidebar disamping untuk mencari ‘related file’ di internet apabila terhubung dengan internet. Sementara dibagian bawah terdapat fasilitas search, screenshot cover album di tiap track dan shortcut kategori file. Berikut screenshot ketika menampilkan foto…

clip_image010

Penampilan software ini saat menampilkan foto masih sama seperti saat memainkan video maupun musik. Dibagian atas terdapat shortcut to tabbed view, print, edit, info, upload ke facebook dan flickr dan full screen mode. Apabila foto yang sedan ditampilkan disorot menggunakan mouse, akan muncul tanda panah disisi kanan dan kiri foto berupa next photo dan previous photo. Sementara dibagian bawah, terdapat fasilitas search, preview foto lain dan shortcut kategori file. Oiya, jika kategori web atau web task di klik, maka akan muncul browser terhebat tercepat yang kini kehilangan banyak pengguna, Internet Explorer. Penampilan Internet Explorer seakan-akan menyatu dengan software Fusion Media Explorer. Saya tidak tau apakah IE bisa diganti dengan browser lain atau tidak.

clip_image012

Software yang saya gunakan ini versi 1.0.2. Software ini dikembangkan oleh Advanced Micro Devices (AMD) yang merupakan produsen prosesor dan graphic card. Bisa dipake di hardware non AMD? Saya belum tau, karena saya belum mencobanya. Sam[pai disini dulu posting kali ini, smoga bermanfaat!


4 Comments

  1. Fitri March 27, 2010
  2. Yogi prasetiya March 27, 2010
    • tuxlin March 28, 2010
  3. tuxlin March 27, 2010

Add Comment

*