Free Hotspot Boyolali, Lumayan Buat Ngeblog n Download!

Halo Pembaca! Pada posting kali ini, saya akan membicarakan internet gratis. Gratis? Iya, G-R-A-T-I-S! Ya gratis buat masyarakat Boyolali dan sekitarnya :). Fasilitas ini berupa area free hotspot yang berada di beberapa tempat. Sebenarnya sudah 2 tahun lebih fasilitas free hotspot ada di Boyolali, cuma baru kepikiran sekarang bikin artikel tntang ini, hehehehehe… basi banget telat dikit. Lokasi free hotspot yang paling dekat dengan rumah saya adalah taman kota boyolali yang bernama ‘Sono Kridanggo’. Jarak taman Sonokridanggo dari rumah saya sekitar 1 km, gak terlalu jauh lah… jalan kaki juga nyampe. Apa aja nih isinya taman Sonokridanggo? Banyak!

Meski ukuran taman tidak terlalu luas, namun didalamnya terdapat 2 lapangan tennis, 1 lapangan basket, 1 bangunan yang berisi arca, 1 sekolah taman kanak-kanak dan tentu saja sebuah taman yang mungil :). Sebelum taman ini dijadikan area free hotspot, taman ini kurang terawat dan sepi pengunjung, yang agak ramai mungkin di lapangan tenis dan lapangan basketnya. Bahkan beredar cerita seram mengenai taman tersebut, terutama bagian pojok belakang taman (horror mode on :mrgreen: ). Saat tempat ini dijadikan area free hotspot, ada beberapa fasilitas yang diperbaiki, yaitu area parkir dan dibuat sebuah taman mungil yang di tengahnya terdapat air mancur. Tidak hanya itu, di sekeliling taman di bangun kursi-kursi taman yang sangat diperlukan sebagai area hotspot dan rekreasi. Setelah taman sono kridanggo dijadikan free hotspot area, taman ini jadi ramai pengunjung, di berbagai sudut taman terdapat manusia dengan laptopnya :). Selain ramai digunakan pengguna komputer jinjing untuk menikmati fasilitas free hotspot, taman ini juga dimanfaatkan masyarakat dari LSM Narsis, yang memanfaatkan taman ini sebagai tempat yang baik untuk memotret diri :D. Tak hanya itu, tempat ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk cuci mata :).

DSC00030 Taman Kota Sonokridanggo, Boyolali.

DSC00028

Lapangan Basket

DSC00029

Area Taman, mungil namun kebersihan terjaga.


DSC00026

Dulunya, taman ini adalah lapangan sepak bola berukuran mini.

DSC00032

Bagian samping dan belakang taman Sonokridanggo adalah sungai, pengunjung dapat mampir ke sungai melalui tangga ini.

Kualitas Layanan Hotspot

Bagaimana kualitas layanan yang diberikan oleh free hotspot di taman Sono Kridanggo? Memuaskan menurut saya. Kalo gak ada pengguna yang iseng pake netcut dan sejenisnya, akan sangat nyaman. Kecepatan akses dan downloadnya cukup memuaskan untuk kelas ‘gratis’ dan tentu saja jauh lebih cepat dari Smart saya di rumah :(. Saya biasanya memanfaatkan free hotspot ini jika akan memposting artikel yang sarat dengan gambar/foto, karena sudah dipastikan Smart saya dirumah gak kuat upload ke blog ini. Saya juga memanfaatkannya untuk menambah aplikasi di PCLinuxOS melalui repo UGM. Saat hotspot sepi, kecepatan download dari server lokal sampe di 130kb/s kalo pas rame sih sekitar 15-50kb/s. Lumayanlah namanya juga gratisan :). Hanya saja, ada saja pengguna yang jail, isengdan lain-lain, maka dari itu, saya selalu menggunakan linux saat berhotspot ria disitu, meski tidak kebal dengan netcut, namun linux ini otomatis melakukan reconnect jika sambungan terputus, gak kayak windo*s yang kalo putus harus nyambungin lagi dengan klik tombol ‘connect’. Free hotspot ini tidak dilindungi password dan semacamnya, jadi tinggal connect gitu aja dah bisa nyambung. Berikut screenshot kecepatanya ketika jumlah pengguna sekitar 15an orang…

gambarLagi download dua file, transfer ratenya 55kb/s dan 37kb/s. Lumayan lah, namanya juga gratis :).

Fenomena yang saya cermati dari penggunaan hotspot tersebut adalah, 90% penggunanya adalah anak muda alias beumur rata-rata kurang dari 30 tahun. 80% penggunanya memamnfaatkan hotspot untuk Facebook dan chatting, sisanya macem-macem, hehehehe…. pantas saja tiap saya mampir ke situ koneksinya selalu cepat, ternyata cuma dipake buat update status wkwkwkwkwk :mrgreen:. Saya pun memanfaatkan ‘sisa bandwith’ ntuk mendownload aneka macam file :). Namun saat para penjahat yang rakus bandwith datang, udah deh, diskon disconnect mulu. Yah namanya juga fasilitas umum, so ya begitulah adanya :).


21 Comments

  1. Adam Kurniawan June 30, 2010
    • tuxlin June 30, 2010
  2. sanjati June 30, 2010
    • tuxlin July 1, 2010
  3. gadgetboi June 30, 2010
    • tuxlin July 1, 2010
  4. Asop July 1, 2010
  5. gadgetboi July 1, 2010
    • tuxlin July 6, 2010
  6. gadgetboi July 1, 2010
  7. gadgetboi July 1, 2010
  8. Fitri July 4, 2010
    • tuxlin July 6, 2010
  9. darahbiroe July 4, 2010
  10. gadgetboi July 5, 2010
  11. gadgetboi July 6, 2010
    • tuxlin July 6, 2010
  12. jajang July 20, 2010
    • tuxlin July 21, 2010
  13. bayu September 16, 2010
    • tuxlin September 21, 2010

Add Comment

*