Huawei Nova 3i Resmi Diluncurkan, Quad Camera Bertenaga Kirin 710

2

Huawei Nova 3i Resmi Diluncurkan, Quad Camera Bertenaga Kirin 710 – Halo Pembaca! Sesuai dengan tebakan Tuxlin Blog pada posting sebelumnya, misteri smartphone Huawei Nova baru adalah Nova 3i! Kini smartphone Huawei Nova 3i secara resmi telah diperkenalkan di Indonesia dan membidik segmen menengah. Keunggulan utama yang ditawarkan oleh ponsel besutan vendor yang berlogo kipas merah ini adalah dilengkapi dengan empat buah kamera yang dilengkapi dengan fitur AI (Artificial Intelligence) yang cerdas dalam mengoptimalkan hasil jepretan.

Tak hanya itu, Huawei Nova 3i ini juga menawarkan performa tinggi berkat sokongan chipset terbaru Huawei, yakni HiSilion Kirin 710 octa-core yang mumpuni. Jelas, kehadiran smartphone Huawei Nova 3i ini bakal menjadi lawan tangguh bagi Vivo V9 RAM 6GB, Asus Zenfone 5, Oppo F7, dan juga Samsung Galaxy J8. Penasaran? Berikut ulasan singkat mengenai Huawei Nova 3i.

Huawei Nova 3i

Spesifikasi Huawei Nova 3i

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Emotion UI 8.2
  • Chipset HiSilicon Kirin 710, prosesor octa-core 64-bit terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 2,2GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,7GHz
  • Grafis Mali-G51 MP4
  • Dual kamera belakang 16 megapiksel dan 2 megapiksel, sensor BSI, lensa aperture f/2.2, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 24 megapiksel + 2 megapiksel, sensor BSI, fixed focus dengan aperture f/2.0
  • Layar sentuh 6,3 inci dengan resolusi full HD+ 2340 x 1080 pixels, rasio 19:9, kerapatan 409 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 4GB, ROM 128GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB Hybrid Slot
  • WiFi, Bluetooth, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, port microUSB, Face Unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 157.6 x 75.2 x 7.6 mm dengan berat 169 gram
  • Baterai 3340mAh, non removable
  • Warna Black, Pearl White, dan Iris Purple

Ketersediaan & Harga Huawei Nova 3i

Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun, Huawei Nova 3i sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 4.199.000. Huawei menggelar program pre-order mulai 31 Juli hingga 10 Agustus 2018 di Erafone dan Lazada. Mereka yang melakukan pembelian pada periode 31 Juli hingga 7 Agustus 2018 akan mendapatkan bonus cashback sebesar Rp 200.000 dan hadiah eksklusif berupa earphone Bluetooth Huawei.

Bagi konsumen yang telah melakukan pre-order dan hadir pada program First Sale yang diadakan oleh Erafone di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka pada tanggal 11 Agustus 2018, berhak mendapatkan satu hadiah eksklusif tambahan. Adapun pada 8 Agustus, Lazada akan mengadakan flash sale untuk Nova 3i.

Anda dapat membeli atau cek harga promo Huawei Nova 3i di Sini (Klik)

Lebih Dekat dengan Huawei Nova 3i

Penampilan smartphone Huawei Nova 3i ini terbilang cantih gaes. Tuxlin melihat Huawei Nova 3i mengadopsi gaya desain seniornya, yakni P20 Pro. Smartphone ini tampil memesona dengan frame metal dan casing belakang yang mengkilaap, serta gaya yang simetris. Tak hanya itu, Huawei Nova 3i tampil kekinian dengan hadirnya notch atau poni pada bagian atas layar. Huawei Nova 3i ini tersedia dalam tiga varian warna, yakni Black, Pearl White, dan Iris Purple. Tuxlin Blog sih paling suka varian Iris Purple. 😎

“Nova 3i adalah produk spesial dari Huawei yang diciptakan bagi pemuda Indonesia yang energetik dan tak takut membawa perubahan. Smartphone ini bukan hanya sekadar pernyataan gaya hidup tapi menjadi medium bagi para pemuda itu dalam menikmati hiburan, menge ksplorasi, dan mengekspresikan dirinya.”

“Kecantikan ini menempatkan Huawei nova 3i di garis depan trend fesyen dan tak lama lagi ia akan menjadi perangkat yang tak bisa tidak harus dimiliki seorang fashionista,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.

Huawei Nova 3i

Baca juga:Review Kamera Meizu M6: Smartphone Murah dengan Mode Pro!

Smartphone quad camera Huawei Nova 3i ini mengusung layar sentuh yang dilengkapi dengan poni atau notch pada bagian atas berukuran 6,3 inci yang didukung resolusi full HD+ 2340 x 1080 piksel dengan aspek rasio 19:9 yang menawarkan kerapatan 409 ppi (pixel per inch). Layar ponsel ini menggunakan panel IPS LCD (In-Plane Switching) kapasitif LCD.

Layar Huawei nova 3i dapat menampilkan gambar yang lebih besar dan lebih tajam, meski terlihat lebih ramping ketimbang pendahulunya. Pembaruan lainnya adalah reproduksi warna: generasi terbaru ini mencakup 85 persen gamut warna, lebih tinggi 10 persen ketimbang generasi sebelumnya.

Kamera memang menjadi keunggulan Huawei Nova 3i dan mengusung quad kamera seperti pendahulunya, yakni Nova 2i. Ponsel ini mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 16 megapiksel dan 2 megapiksel dengan sensor BSI dilengkapi fitur phase-detection autofokus yang yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 dan didukung LED flash.

Kamera depan smartphone ini juga mumpuni dengan kamera ganda dengan resolusi 24 megapiksel + 2 megapiksel dengan sensor BSI, serta berlensa wide angle dengan aperture f/2.0 untuk foto selfie dan video call. Apa fungsi kedua kamera ganda depan dan belakang pada ponsel ini? Fungsinya sama dengan yang lainnya gaes, yakni untuk depth sensor yang mampu menghasilkan efek bokeh atau blur yang keren.

Kamera depan Nova 3i bisa mengenali lebih dari 200 skenario dari delapan kategori, antara lain Blue Sky, Plant dan Beach, dan menerapkan satu set optimalisasi yang unik pada tiap pemotretan sambil melakukan beautification pada obyek foto secara terpisah. Algoritma beautification juga mempertimbangkan bagaimana orang-orang di seluruh dunia mempersepsikan kecantikan dan menerapkan sejumlah penyesuaian terhadap orang-orang yang dipotret berdasarkan jenis kelamin dan warna kulit.

Tak hanya itu, Huawei Nova 3i mendukung pratinjau cuplikan HDR secara real-time. Perangkat Nova i generasi ketiga ini juga mendukung lima pencahayaan berkualitas studio, yaitu pencahayaan lembut, pencahayaan kupu-kupu, pencahayaan panggung, pencahayaan terpisah, dan pencahayaan klasik. Huawei Nova 3i dapat secara akurat memetakan lima fitur wajah subyek foto dan mengembangkan model 3D, yang kemudian digunakan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan pencahayaan tambahan atau perlu dilakukan beautification.

Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun, Huawei Nova 3i ini dibekali dengan teknologi AI dapat membedakan lebih dari 500 skenario, memilah-milahnya ke dalam 22 tipe dan melakukan optimalisasi pada tiap pengambilan gambar. Saat dipakai mengambil foto, handset ini akan membantu pengguna dengan komposisi yang cerdas, membuat seorang amatir pun bisa dengan mudah memotret dengan hasil yang cantik.

Huawei Nova 3i ini juga diperkuat dengan kemampuan perekaman video gerak super lambat 480fps membuat pengguna bisa dengan mudah memperlambat momen-momen yang penuh kecepatan menjadi lebih dramatis. Dengan pembelajaran mesin AI, Huawei nova 3i juga mendukung 3D Qmoji, sebuah fitur menyenangkan yang akan mengubah wajah pengguna menjadi avatar digital.

Baca juga:Huawei HiSilicon Kirin 710 Diperkenalkan, Siap Tantang Snapdragon 660?

Smartphone Huawei Nova 3i ini sudah menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka yang sama dengan yang digunakan oleh jajaran smartphone Huawei, yakni EMUI versi 8.2. Versi Android dan EMUI yang digunakan ponsel ini lebih baru dibandingkan pendahulunya.

Huawei Nova 3i

Mengandalkan chipset HiSilicon Kirin 710 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 2,2GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,7GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 4GB membuat Huawei Nova 3i tampak cukup menarik gaes. Sedangkan sektor grafis, Huawei mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G51 MP4.

Fitur unggulan lain dari Huawei Nova 3i adalah GPU Turbo. Apa itu? GPU Turbo adalah teknologi pengakselerasi pemrosesan grafis yang mengubah cara grafis diolah di level sistem; fitur ini meningkatkan integrasi software-hardware, mengatasi masalah bottleneck yang selama ini menahan CPU dan GPU.

GPU Turbo membuat perangkat bisa menjalankan game yang memiliki grafis paling intensif sekalipun, dengan mendongkrak performa dan efisiensi, sebuah pencapaian yang menentang pepatah lama, bahwa sesuatu bisa ada dengan mengorbankan yang lain. Fitur ini juga mulai diadopsi oleh smartphone Huawei tipe lainnya.

Huawei Nova 3i dilengkapi dengan memori internal atau ROM yang lega, yakni berkapasitas 128GB dan dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB. Sayangnya, smartphone andalan Huawei ini menggunakan sistem hybrid slot yang mana pengguna harus memilih dual SIM atau single SIM + microSD. Huawei Nova 3i ini dibekali baterai berkapasitas 3340mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Credit Image: GSM Arena

Anda mungkin suka:Review Honor 9 Lite: Si Cantik dengan Empat Kamera

2 COMMENTS

  1. Huawei yg P2 pro itu justru lbh lama yaaa drpd yg nova 3i? Aku pikir itu baru, krn dipakai di acara Asia Next Top Model serial 6 yg msh jalan skr. Lg banyak banget direview ama bloggers utk yg nova 3i. Aku sampe galau mau beli ato ga hahahahah. Soalnya hasil kamera kok bagus :D. Trutama hasil low light nya

    • P20 Pro? Masih di tahun yang sama kok, cuma P20 Pro ini kan flagship dan dia keluar duluan. Huawei P20 Pro beda kelas sama Nova 3i hehehe… Aku juga tertarik review salah satu diantara dua ponsel Huawei ini, tapi belum berkesempatan sejauh ini hehehehe 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here