Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Menjajal Vivo V27 5G: Kamera Mantap, Desain Cantik

4 min read

Menjajal Vivo V27 5G: Kamera Mantap, Desain Cantik

Menjajal Vivo V27 5G: Kamera Mantap, Desain Cantik – Halo Pembaca! Pada posting sebelumnya, Tuxlin Blog udah curhat kalau ikutan pre-order Vivo V27 5G. Nah kurang lebih 5 hari setelah pre-order, smartphone Vivo V27 5G telah mendarat dengan selamat di Tuxlin HQ dengan selaman sentosa. 😍 Biasanya, Tuxlin kurang tertarik dengan lini Vivo seri V karena harganya lumayan mihil, tetapi Vivo V27 5G ini beda. Kalau dilihat dari spesifikasi teknisnya, kayaknya cocok ini untuk kebutuhan istri buat bikin konten nih. πŸ€” Ya sudah, ikutan pre-order Vivo V27 5G sekalian biar dapat bonus TWS yang harganya lumayan hehehe…

Kalau Tuxlin Blog lihat, Vivo V27 5G nonjolin banget kemampuan kameranya. Kamera belakangnya emang meningkat pesat kalau dibandingkan dengan pendahulunya. Vivo V27 5G udah pakai sensor Sony IMX766V lengkap dengan fitur OIS. Sensor ini emang istimewa dan sering dipakai di smartphone premium dan flagship. Paling menarik sebendarnya desain Vivo V27 5G ini sih, soalnya udah pakai layar lengkung alias 3D curved, jadi berasa mewah banget. Nah yang misterius adalah performanya, soalnya Vivo V27 5G pakai chipset baru dari MediaTek Dimensity 7200 yang belum tahu setingkat apa performanya. πŸ€” Penasaran? Ini ulasan singkat Tuxlin Blog!

Menjajal Vivo V27 5G: Kamera Mantap, Desain Cantik 1

Spesifikasi Vivo V27 5G

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka FunTouch OS 13
  • ChipsetΒ MediaTek Dimensity 7200Β (4nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A715 2,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A510 2GHz
  • Grafis Mali-G610 MC4
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel dengan sensor Sony IMX766V 1/1.56 inci 1um piksel, enam elemen lensa 23mm aperture f/1.9, phase-detection autofokus, OIS, Aura Light LED flash + 8 megapiksel sensor OmniVision OV8D1 1/4 inci lensa 16mm ultra wide-angle + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (dedicated macro)
  • Kamera depan depan 50 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5KJN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, autofokus, lensa 24mm aperture f/2.5
  • Layar sentuh berukuran 6,78 inci, dengan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 pixels, kerapatan 388 ppi (pixel per inch), HDR10+, refresh rate 120Hz, 1 milyar warna, panel Super AMOLED, Schott Xensation Up
  • Memori RAM 8GB LPDDR4x + extended RAM 8GB, ROM 256GB UFS 3.1, tidak dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, NFC, Under display fingerprint sensor (Screen Touch ID)
  • Dimensi 164.1 x 74.8 x 7.4 mm berat 180 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE / 5G
  • Baterai 4600mAh, non-removable, FlashCharge 66W
  • Warna Flowing Gold dan Noble Black

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Vivo V27 5GΒ di Sini (Klik)Β atauΒ di Shopee (Klik)

Desain Vivo V27 5G Beneran Cakep

Menjajal Vivo V27 5G: Kamera Mantap, Desain Cantik 2

Proses pengiriman cukup cepat dan nggak ada kendala. Kebetulan dapat jasa pengiriman Si Pecat. Paket berisi Vivo V27 5G telah mendarat dengan selamat di Tuxlin HQ tanpa kurang suatu apapun. Langsung deh Tuxlin lakukan ritual unboxing! Smartphone ini hadir dengan packaging berupa dus yang ukurannya agak panjang berwarna abu-abu bergradasi. Oiya, Tuxlin juga dapat vivo TWS Air yang merupakan bonus pre-order smartphone ini. Lumayanlah, bisa jadi bahan review Tuxlin berikutnya hehehe…🀣

Vivo juga berbaik hati ngasih charger dengan daya 80W dalam paket pembeliannya. Beda sama merk sebelah yang tipe luar angkasa itu, cuma dikasih kabel USB doang wkwkwk… Jujur aja, Tuxlin kurang setuju sih produsen ilangin charger dalam paket penjualan. Ini nyusain konsumen, terlebih masing-masing brand punya teknologi fast charge yang beda-beda. πŸ˜’

Pas pertama kali lihat langsung Vivo V27 5G, ternyata desainnya cakep banget! Tuxlin Blog pilih warna Flowing Gold yang lebih cakep daripada yang item. Warna Flowing Gold ini nggak cuma gold aja, tetapi bergradasi dengan warna pink, biru, ungu, dan sebagainya. Casing belakangnya menggunakan finishing matte dengan taburan glitter yang bertekstur, jadi berasa nyaman dan mantap pas menggenggam Vivo V27 5G.

Kalau dilihat dari depan, Vivo V27 5G ini juga terlihat premium banget karena dilengkapi dengan layar 3D curved atau melengkung di kedua sisinya. Bezel kanan dan kiri nyaris habis, dan bezel atas – bawahnya lumayan tipis. Dan satu hal yang Tuxlin agak terkejut, ternyata bodi Vivo V27 5G ini tipis dan ringan banget! Build quality-nya solid dan nggak berasa murahan. Layar lengkungnya udah dilindung screenguard bawaan pabrik.

Baca juga:Asus ExpertBook B7 Flip B7402FEA Review: Laptop Bisnis Hybrid udah Dukung 5G

Performa Dimensity 7200 Kencang?

Banyak pembaca Tuxlin Blog yang bertanya-tanya, seberapa kencang smartphone Vivo V27 5G ini? Soalnya Vivo V27 5G ini ditenagai oleh chipset yang baru banget, yakni Β MediaTek Dimensity 7200 (4nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A715 dengan kecepatan 2,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A510 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR4x + Extended RAM 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G610 MC4.

Sekilas chipset Dimensity 7200 yang digunakan oleh Vivo V27 5G ini spesifikasinya mirip dengan Dimensity 8100 yang dipakai Realme GT Neo 3 dengan clockspeed yang lebih rendah dan jumlah core GPU yang lebih sedikit. Tuxlin iseng cek skor AnTuTu Vivo V27 5G ini, ternyata tembus di angka 630 ribuan! Angka ini deket banget lho sama Samsung Galaxy S20 Fe milik Tuxlin yang pakai chipset Snapdragon 865 yang ada di kisaran 650 – 660 ribuan poin. 😲

Tuxlin belum uji performa Vivo V27 5G lebih mendalam sejauh ini. Selama beberapa hari pegang Vivo V27 5G cuma dipakai buat instal aplikasi, sosial media, kamera, dan sesekali streaming YouTube. Nggak ada kendala performa dan penggunaan ringan tadi berasa smooth dan responsif banget! FunTouch OS 13 Vivo V27 5G ini kaya fitur, iklannya ada tapi nggak terlalu mengganggu, dan bloatware agak banyak. Musti hapus-hapusin dulu deh bloatware yang nggak kepake.

Kamera Vivo V27 5G Mantap

Menjajal Vivo V27 5G: Kamera Mantap, Desain Cantik 3

Hal yang bikin Tuxlin Blog kesengsem sama smartphone Vivo V27 5G ini adalah kemampuan kameranya! Setelah beberapa hari pakai smartphone Vivo V27 5G ini untuk pepotoan, selfie manjah, dan iseng motret di jalanan… Ternyata mantap. 😎 Karakter fotonya cenderung lebih natural dan detailnya juga tinggi cuy! Ini beda banget dengan smartphone Vivo V20 2021 yang terakhir Tuxlin bahas.

Ini sebenarnya manuk masuk akal sih, soalnya kamera belakang utama Vivo V27 5G ini mengalami peningkatan signifikan. Vivo memutuskan pakai sensor Sony IMX766V yang banyak dipakai smartphone kelas premium dan flagship lho… Sensor ini ukurannya lumayan gede, yakni 1/1,56 inci 1um piksel dan masih dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang bikin foto saat low-light jadi mantap dan video juga stabil.

Beberapa sampel foto yang Tuxlin ambil pakai Vivo V27 5G di bawah menunjukkan kualitas yang mantap, bukan kaleng-kaleng! 😎 Kamera depannya yang resolusi 50 megapiksel juga cakep banget lho! Tuxlin nyoba selfie bareng istri saat malam hari dan backlight yang tergolong masif, hasilnya? Kamera depan Vivo V27 5G mampu menghasilkan dynamic range yang wide dan sukses mengatasi backlight, serta foto tamak tetep natural. Suka banget 😍

Nah yang paling kece dari kamera Vivo V27 5G adalah mode portraitnya yang nggak ada obat! Sdecara default, mode portrait akan menggunakan 2x zoom, tapi kalian bisa atur ke 1x zoom. Tuxlin sih lebih seneng yang 2x zoom karena hasilnya lebih estetik dengan bokeh yang terlihat natural dan seleksinya terbilang rapi. Nggak ada obat pokoknya… Bisalah bersaing sama smartphone legend untuk mode portrait yang Tuxlin pakai sekarang, yakni Xiaomi Mi Note 10 Pro. Cek aja hasil foto portraitnya di bawah ini.

Ya mungkin sampai di sini dulu ulasan impresi awal Vivo V27 5G oleh Tuxlin Blog! Nanti Vivo V27 5G bakal diulas lebih lengkap melalui artikel review.

Sampel Foto Vivo V27 5G

Menjajal Vivo V27 5G: Kamera Mantap, Desain Cantik 4
Foto mode portrait nggak ada obat… 😍

Anda mungkin suka:Review Kamera Realme 10 Pro 5G 108MP ProLight dengan Sensor ISOCELL HM6


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *