Overclock Adalah Maksimalisasi Sistem

11

Overclock Adalah Maksimalisasi Sistem 1
Selama ini, overclock hanya dikenal oleh kurang dari 10% pengguna computer, sungguh disayangkan. Sebenarnya overclock bukan lah hal yang berbahaya apabila dilakukan dengan benar dan menggunakan perlengkapan yang memadai. Menurut saya, overclock merupakan suatu langkah untuk mencari kinerja maksimal dan stabil dari system yang kita miliki. Peripheral pendukungnya pun tidak mahal jika hanya melakukan mild overclocking. Overclock yang paling aman adalah tanpa menaikan voltase apapun, karena jika menaikan voltase, suhu juga ikut naik dan sebaiknya pendingin juga sebaiknya diganti. Di pembahasan kali ini lupakan liquid nitrogen, dry ice atau peltier, karena pada pembahasan kali ini hanya menggunakan stock cooling. Mild overclocking ini cenderung murah dan aman untuk digunakan sehari-hari.
Overclock bukanlah hal yang sulit, bahkan semudah membalikan tangan. Hanya membutuhkan sedikit ketelitian dan keberanian. Peralatan yang dibutuhkan hanya sebuah system dengan BIOS yang memadai. Tujuan overclock bukanlah mencari speed yang setinggi-tingginya, tetapi mencari speed stabil tertinggi dari sebuah system. Overclocker hardcore biasanya menghabiskan banyak dana untuk membeli peripheral istimewa yang harganya jika ditotal tidak terjangkau bagi sebagian besar kalangan. Lakukan maksimalisasi dengan mild overclock yang aman sesuai dengan dana anda.
Adapun orang yang tidak menyukai overclock, menurut pandangan mereka, overclock adalah hal yang berbahaya dan beresiko kerusakan system. Menurut saya, pendapat itu tidak sepenuhnya benar, malah saya menganjurkan untuk melakukan overclock untuk mandapatkan price/performance yang bagus. Sebagai contoh, sebuah system yang berbasis AMD Athlon64 X2 4400+ brisbane core yang memiliki clockspeed 2,3 GHz dibandingkan dengan system yang berbasis Athlon64 X2 5000+ yang berkecepatan 2,6 GHz, tentu system yang pertama tadi akan kalah kinerjanya. Namun, wafer yang digunakan untuk memproduksi Athlon64 X2 4400+ dan Athlon64 X2 5000+ adalah sama, dengan kata lain, anda dapat merubah 4400+ menjadi 5000+ dengan mudah. Hal ini dikarenakan penggunaan wafer silicon yang sama, hanya saja penetapan kecepatanya berbeda-beda. Kesimpulanya, overclock bukanlah hal yeng berbahaya jika dilakukan dengan benar dan merupakan salah satu langkah maksimalisasi system.

11 COMMENTS

  1. oke, tapi gw jg pemula… tp gw bantu deh sebisa gw… gw lg nyiapin artikel tentang langkah2 overclocking prosesor buat pemula, tpi susah bget bkin screenshot BIOS-nya, ada yang bisa bantu??

  2. @lovesa
    masak langsung meledak sie?? dikasi bom x komptrnya??? hehehehe…. coba simak tutorial saya, pasti berhasil tanpa asap! 🙂

  3. aku dah nyoba OC, tapi kok mentok cuma bisa 20% ajah yah?diatas itu wktu booting muncul peringatan disk boot failure, please insert system…knapa ya?

  4. mas saya trtarik dgn artikel ini.
    jd mw nyoba.
    dgn ECS P4M890T-M V2.0 dan Intel E2160, apakah bisa di OC dgn baik dan benar?
    saya juga tertarik dgn HSF yg namanya BlueOrb2 gitu. bagus ga mnurut mas tu HSF?

    • @agung
      prosesornya sie potensial mas, tapi motherboardnya kayake gak bisa… klo intel bagusnya ditandemin motherboard dengan chipset intel, pasti oc nya mantep mas…
      blue orb menurut saya cukup bagus mas….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here