Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10

4 min read

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10 – Halo Pembaca! Sebelumnya Tuxlin Blog udah nyobain smartphone sejutaan yang lumayan menarik, yakni Tecno Spark 10C NFC 😎 Tampangnya sih keren ya dan build quality juga mantep, tapi desain housing kameranya itu lho… Nggak banget πŸ˜… Ya sebenernya nggak jelek sih menurut Tuxlin Blog, tapi nggak oke aja. Mirip smartphone buah-buahan. Secara Tecno ini kan bisa bikin desain bagus-bagus kayak seri Pova sama Camon, masak malah niru hehehe…

Ngomong-ngomong, kamera smartphone Tecno Spark 10C NFC ini oke nggak ya? Harga sejutaan sih Tuxlin Blog nggak ngarep macem-macem ya. Kemarin kamera Itel S23 yang 50MP aja biasa banget, apalagi Tecno Spark 10C NFC yang cuma 16 megapiksel? Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog, kamera utama Tecno Spark 10C NFC ini pakai sensor OmniVision OV16B10 yang kayaknya nggak bisa dipandang remeh. Pada penasaran nggak sama kemampuan kamera hape ini? Langsung deh, cek review kamera Tecno Spark 10C NFC oleh Tuxlin Blog kali ini! πŸ‘πŸΌ

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10 1

Spesifikasi Kamera Tecno Spark 10C NFC

Sebagai smartphone sejutaan, Tecno Spark 10C NFC ini keren lho karena dibekali tiga buah kamera belakang… Eh tunggu… *mataku tertypu* ternyata cuma dua kamera belakang cuy! Yang satunya nggak guna, jadi sebenarnya cuma satu πŸ˜†

Jadi Tecno Spark 10C NFC ini dibekali dengan kamera utama berkekuatan 16 megapiksel dengan lima elemen lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor OmniVision OV16B10 yang berukuran 1/2.76 inci 1.12um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan dual LED flash.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Tecno Spark 10C NFCΒ di Sini (Klik)Β atauΒ di Shopee (Klik)

Lho kok cuma 16 megapiksel? Merk sebelah aja udah 50MP 🫣 Jangan tertypu oleh resolusi yang besar gaes, tapi lihat juga ukuran sensornya. OmniVision OV16B10 yang dipakai Tecno Spark 10C NFC ini ukurannya 1/2.76 inci yang notabene sama dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 50MP yang dipakai merk sebelah πŸ˜‚ Secara teori, mustinya kualitas kedua sensor ini nggak beda jauh.

Sedangkan kamera kedua di Tecno Spark 10C NFC ini cuma bonus ya menurut Tuxlin. Soalnya ada atau nggak ada, bakalan sama saja rasanya. Resolusi kamera keduanya cuma QVGA yang fungsinya sebagai depth sensor (efek portrait) dan AI detection. Ya mending diilangin aja sih. Kamera banyak-banyak kan cuma gimik marketing biar menarik.

Buat yang suka foto selfie, Tecno Spark 10C NFC ini tergolong lumayan lho untuk hape dengan harga sejutaan lebih dikit. Pabrikan asal Tiongkok ini membekali Tecno Spark 10C NFC dengan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor OmniVision OV8856 yang ditandemkan lensa aperture f/2.0 fixed focus. Baik kamera depan maupun kamera belakang Tecno Spark 10C NFC ini bisa rekam video dengan resolusi full HD 1080p @30fps. 

Antarmuka & Fitur Kamera Tecno Spark 10C NFC

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10 2

Aplikasi kamera pada review kamera Tecno Spark 10C NFC kali ini hadir dengan antarmuka cukup mudah digunakan. Tampilan UI kameranya nggak jauh beda kok sama smartphone besutan geng Transsion lainnya. Tampilannya terdiri dari viewfinder yang diapit dua baris menu pada sisi kanan dan kirinya. Bagian kiri terdapat menu Settings, LED flash, HDR, aspek rasio, dan filter.

Tecno Spark 10C NFC kali ini juga ada tombol switch ke kamera depan, shortcut untuk Google Lens, dan shortcut untuk mengakses galeri. Sedangkan untuk mode kamera dapat diakses melalui menu rolodex yang bisa digeser-geser sesuai kebutuhan. Di viewfindernya terdapat tombol zoom 1x dan 2x. Ini adalah digital zoom gaes, soalnya nggak ada hape sejutaan yang punya kamera telephoto πŸ˜†

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10 3

Mode yang disediakan pada aplikasi kamera Tecno ini cukup lengkap untuk sebuah smartphone dengan harga sejutaan, antara lain ada Slow Motion, Video, AI Cam, Portrait, Super Night, AR Shot, Panorama, Beauty, Documents, Time Lapse, dan Pro.

Hal yang menarik dari review kamera Tecno Spark 10C NFC ini adalah mode Pro-nya. Karena mode Pro-nya lengkap banget. Kalian bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 3200), Shutter Speed (hingga 1/6s), fokus distance, dan Metering Exposure. Ini layak diapresiasi lho, soalnya ada smartphone harga 3 jutaan tapi mode Pro cuma bisa atur ISO sama WB doang *lirik Smasnug 😝

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10 4

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Tecno Spark 10C NFC? Oke, langsung scroll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Tecno Spark 10C NFC ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 10C NFC HDR

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10 5
HDR Off
Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10 6
HDR On

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 10C NFC Siang Hari

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 10C NFC Portrait

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 10C NFC Macro

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 10C NFC Malam Hari

Baca juga:Xiaomi Redmi Pad Review, Tablet Powerful dengan Desain Premium

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 10C NFC Night Mode

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10 32
Night mode off
Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10 33
Night mode on

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 10C NFC dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Tecno Spark 10C NFC

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC

Review Kamera Tecno Spark 10C NFC Berkekuatan 16MP dengan Sensor OmniVision OV16B10 43

Udah lihat kan kayak gimana hasil jepretan kamera hape sejutaan Tecno Spark 10C NFC di atas? Tuxlin Blog sendiri sejak awal nggak berharap banyak, soalnya harganya juga terjangkau banget. Kalau harga segini, Tuxlin sih cuma berharap foto yang dihasilkan jelas nggak pake ngeblur2 udah oke. Nggak perlu banyak ngomongiin kualitas ya 😌

Baca juga:Review Kamera Poco M5 Resolusi 50MP, Bisa Diandalkan?

Pas Tuxlin Blog cobain saat siang hari dengan kondisi cahaya yang melimpah, hasil foto kamera utama Tecno Spark 10C NFC ini lumayan oke lho. Detail yang dihasilkan terbilang mantep untuk harga sejutaan. Karakter warnanya cenderung natural sih, tapi kadang keliatan sedikit pudar. Kalau kalian terbiasa dengan karakter warna punchy, maka tone warna Tecno Spark 10C NFC kurang cocok.

Kontrasnya memang bisa dikatakan agak kurang ya, tapi white balance cukup akurat dan konsisten. Performa dynamic range kamera utama Tecno Spark 10C NFC ini memang kurang oke. Beberapa foto dengan kondisi cahaya yang lumayan menantang kebanyakan jadi overekspose. Tuxlin coba nyalain HDR, ternyata nggak menunjukkan peningkatan atau perbedaan πŸ₯² Masih bisa dimaklumi deh harga segini.

Mode portrait di Tecno Spark 10C NFC juga nggak istimewa gaes, soalnya separasinya kurang rapi dan noisenya itu kayak penagih hutang, nongol mulu wkwkwkw… πŸ˜‚ Nggak cuma itu sih, foto mode portrait juga hasilnya sering overekspose. Semoga ini bisa ditingkatkan atau dioptimasi lagi ya lewat update.

Salah satu kekurangan kamera Tecno Spark 10C NFC ini adalah performa autofokusnya yang agak lelet dan kadang nggak akurat. Tuxlin Blog agak kesulitan buat ngarahin fokusnya kalau mau motret macro. Meski performa autofokusnya model begini, tapi hasil foto macronya bagus lho… Cakeplah untuk harga sejutaan.

Pas malam hari alias low-light, jujur aja performa kamera Tecno Spark 10C NFC masih kurang bisa diandalkan. Performa autofokusnya lelet lumayan parah, jadi sering bikin hasil foto jadi ngeblur. Udah gitu foto malam harinya kurang detail dan noise-nya lumayan banyak. Beberapa foto malam juga cenderung underekspose ya πŸ˜†

Apakah Tecno Spark 10C NFC ada mode malam? Tentu saja ada, tapi nggak guna πŸ₯² Pas mode ini Tuxlin aktifin, hasil fotonya nggak jauh beda kok sama mode normal. Ini kayak mode night hape Android zaman dulu yang cuma gimik doang. Untungnya sih LED flash yang bentuknya kayak lensa kamera di Tecno Spark 10C NFC lumayan bisa diandalkan kalau gelap.

Performa kamera depan Tecno Spark 10C NFC ini malah lebih bagus sih dan bolehlah dibilang lebih bagus dari smartphone sebelah. Hasil jepretan kamera depannya terbilang oke lho detailnya… Nggak cenderung soft kayak kebanyakan kamera depan. Tone warnanya juga natural dan dynamic range mantap! Cuma mode portraitnya memang masih kurang.

Secara umum, kemampuan kamera smartphone Tecno Spark 10C NFC ini memang cukup standar untuk sebuah smartphone dengan harga sejutaan. Nggak boleh banyak protes ya dengan kualitas fotonya hehehe… Cuma kamera depan Tecno Spark 10C NFC ini layak dapat acungan jempol. πŸ‘πŸΌ Oke, sampai di sini dulu review kamera Tecno Spark 10C NFC oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat.

Anda mungkin suka:Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12, Lebih Bagus dari Pendahulunya?


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *