Tips Burning CD/DVD

Tips ini buat yang suka bakar-bakar nih… eits, jangan salah, bukan anarkis lho! Ini buat para pemula seperti saya yang mau burning CD/DVD tapi sering gagal. Sebenarnya burning ini bukanlah pekerjaan yang sulit, hanya saja butuh kecermatan dan kesabaran. Biasanya setelah terjadi kegagalan burning, keping CD/DVD sudah tidak dapat digunakan lagi, kan sayang udah repot-repot beli akhirnya tidak bisa digunakan karena kegagalan burning. Berikut ini sedikit tips untuk menghindari kegagalan burning.

Pilih Kepingan CD/DVD Yang Berkualitas
Perhatikan kualitas kepingan disc blank yang anda beli, karena kepingan disc yang tidak bermerk terkadang memiliki lapisan pelindung yang tipis dan mudah terkelupas, akibatnya hasil burning tidak dapat terbaca. Kepingan disc yang tidak bermerk biasanya terlalu tipis atau ketebalanya tidak rata, sehingga saat diburning nanti putaran disc tidak stabil dan akhirnya gagal atau tidak terbaca oleh player. Jadi usahakan membeli disc berkualitas dan bermerk selain itu, selisih harga antara disc yang bermerk dengan yang tidak bermerk tidak terlampau jauh. Lebih baik lagi anda membeli yang berkemasan box. Disc yang berkualitas biasanya memiliki ketebalan yang cukup dan merata, sehingga saat diburn nanti, putaran disc stabil dan mengurangi resiko kegagalan burning. Selain itu, sebelum anda melakukan burning, ada baiknya anda memeriksa kepingan disc yang akan digunakan, apakh ada cacat, goresan, retakan yang menyebabkan kegagalan proses burning di tengah jalan.

Bersihkan Kepingan CD/DVD dan Drive DVD/CD-RW
Sebelum melakukan burning, alangkah baiknya disc dibersihkan terlebih dahulu. Membersihkan media disc dapat dilakukan dengan menggunakan CD/DVD cleaner yang banyak dijumpai di toko-toko elektronik dan komputer. Usahakan tidak ada debu yang menempel pada kepingan disc, karena debu dapat mempengaruhi daya jankau mata laser. Jika anda tidak mempunyai kesempatan untuk membeli, anda dapat membersihkan kepingan disc dengan lotion dan kapas. Dari pengalaman saya, selain menghaluskan kulit, lotion juga ampuh jika digunakan untuk membersihkan kepingan disc. Dulu saya pernah memiliki CD installer game yang sudah penuh goresan dan telah sukses membuat komputer saya ‘bengong’ karena CD-ROM kesulitan membaca. Atas saran teman saya, kepingan disc tersebut saya olesi lotion dan saya bersihkan dengan kapas hingga bersih kemudian saya coba lagi memasukan kepingan disc ke CD-ROM, hasilnya? Terbaca dan dapat digunakan dengan lancar! Hal ini juga berlaku untuk kepingan DVD.


Pemilihan Software dan Hardware
Untuk pemilihan hardware, sebaiknya pilih hardware yang memberikan garansi yang bagus serta support yang terpercaya. Tanya teman atau siapa saja yang mengerti hardware untuk pertimbangan. Selain itu, didalam hardware CD/DVD-RW terdapat sebuah perangkat lunak yang sering disebut firmware. Agar hardware yang anda miliki dapat bekerja dengan optimal, sebaiknya lakukan update firmware. Untuk pemilihan software, utamakan yang pengoperasianya mudah. Apabila hanya digunakan untuk burning data atau foto, pilih software yang sederhana saja. Satu lagi, hindari menggunakan software bajakan, kalau software pembakar yang free saja sudah cukup baik, kenapa harus memilih software bajakan?

Saat Burning CD/DVD Perhatikan…
Alangkah baiknya jika saat melakukan burning CD/DVD, jangan menjalankan aplikasi berat secara bersamaan dengan proses burning. Hal ini berpotensi terjadi kesalahan saat burning atau bahkan hasil burning tidak sempurna. Namun jika anda memiliki spesifikasi komputer yang cukup tinggi, hal ini tidak terlalu di perhatikan. Apalagi sekarang mulai menggunakan prosesor multicore, tentu hal tadi tidak menjadi masalah yang serius. Saat sebelum melakukan burning, sebaiknya kita memilih kecepatan burning dibawah dari kecepatan maksimal yang didukung oleh hardware. Ini berguna untuk mengurangi tingkat kegagalan. Saya pernah membakar 2 file iso linux menggunakan kecepatan tinggi, dan hasilnya, salah satu disc tidak dapat digunakan karena ada beberapa file yang tidak terbaca. Membakar dengan kecepatan rendah memang agak lama, tetapi lebih aman. Dan yang terakhir, hati-hati dalam melabeli disc dengan sticker kerna jika kurang pas, maka mempengaruhi keseimbangan disc saat berputar yang akhirnya mempengaruhi pembacaan file di disc tersebut.

Ya mungkin sampai disini saja tips-tips burning, semoga dengan tips diatas dapat bermanfaat bagi pembaca. kalo masi gagal juga… bukan salah saya lho ya.. ckikikikikiki……..


9 Comments

  1. mul14 September 27, 2008
  2. tuxlin October 2, 2008
  3. putra May 6, 2010
  4. verenchuli June 22, 2010
    • tuxlin June 24, 2010
  5. Ismael March 21, 2011
    • tuxlin March 21, 2011
  6. BOY May 14, 2014
    • tuxlin May 14, 2014

Add Comment

*