Windows Vista Ultimate SP1 Gak Jalan di Mobo Biostar TA690G?

Apakah anda menggunakan motherboard Biostar TA690G? dan tidak dapat menjalankan Vista? Simak posting saya kali ini, membahas pengalaman saya mengenai masalah ini. Pengalaman ini saya dapatkan ketika teman kuliah saya yang komputernya menggunakan Biostar TA690G telah mencoba menginstal windows vista ultimate sp1, namun gagal. Berikut spesifikasi komputer milik teman saya

AMD Athlon X2 4600+

Biostar TA690G

2x1Gb Apacer DDR2-PC5300

Onboard Radeon X1250

WDC 160Gb SATA

LG Combo Drive

Dilihat dari spesifikasi komputernya, saya rasa sudah lebih dari cukup untuk menjalankan windows vista berikut GUI Aero-nya. Kerena penasaran, saya langsung menuju rumah teman saya dan segera melakukan instalasi windows vista ultimate sp1. Instalasi berjalan lancar tanpa ada masalah, setelah instalasi selesai, komputer reboot dan dapat masuk ke sistem operasi vista dengan lancar tanpa masalah. Namun, 2 menit setelah memasuki sistem operasi komputer restart dengan sendirinya dan tidak dapat lagi masuki sistem operasi vista ultimate yang baru saja diinstal. Hanya muncul tulisan error code:xxxxx (saya lupa angkanya) kemudian dibawah terdapat tulisan ‘Windows Vista ACPI’. Saya mengira masalah ini disebabkan settingan power management di BIOS salah atau tidak kompatibel dengan vista. Saya mencoba mengutak-atik seting power management namun hasilnya sama saja. Sebenarnya saya sama sekali tidak mengetahui arti di tiap parameter settingan power management di BIOS. Saya memutuskan angkat tangan dan menyarankan teman saya untuk menggunakan windows xp. Sebelumnya, saya menginstal windows vista ultimate sp1 di komputer saya (motherboard menggunakan Biostar TA780G) lancar-lancar saja tanpa masalah dan windows vista dapat berjalan baik.

Dua bulan kemudian, teman kampus saya sebut saja ratman, meminta pertimbangan saya dalam memilih spesifikasi komputer sesuai budget yang dimilikinya. Saya pun memberikan rekomendasi  yang diminta teman saya, dalam spesifikasi tersebut, motherboard yang digunakan adalah Biostar TA690G. Setelah komputer selesai dirakit, ternyata teman saya menginginkan dual-boot Vista-XP. Akhirnya, sebelum saya menginstal Vista, saya lakukan dulu update BIOS. Setelah instalasi vista selesai, ternyata menunjukan masalah yang sama dengan komputer teman saya yang pertama. Awalnya saya merasa bingung dan tidak tau apa yang selanjutnya dilakukan sementara teman saya menunggu dengan antusias. Akhirnya, saya melihat salah satu parameter pada settingan power management, namanya “ACPI XSDT” dan keteranganya adalah disable. Ketika saya arahkan seleksi pada parameter tersebut, muncul keterangan ‘Do not enable this option if use 32 bit operating sistem’. Setelah mengumpulkan keberanian (takut rusak, punya orang lain soalnya!) saya meng-enable option tersebut, save n reboot. Komputer boot dengan lancar dan windows vista ultimate sp1 dapat berjalan sebagai mana mestinya.

 


3 Comments

  1. eko October 22, 2009
    • tuxlin October 22, 2009
  2. eko October 22, 2009

Add Comment

*