Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Akhirnya 3D Desktop Mandriva One 2009.0!

1 min read

Pada posting sebelumnya, saya telah menginstal distro mandriva one KDE 2009 dengan sukses, namun tanpa 3D desktop. Padahal mandriva one KDE 2008.1 3D compiz-fusion langsung jalan tanpa instalasai ati catalyst (saya pakai HD3200). Versi 2009 ini malah tidak langsung jalan dan saya mencoba menginstal dan mengkonfigurasi driver ati catalyst for linux 8.12 menggunakan perintah :

#sh ati-driver-installet-8-12-x86.x86_64.run

#aticonfig –initial -f

#aticonfig –resolution=0,1024×768

setelah selesi saya ketikan perintah diatas pada konsole kemudian saya restart dan masuk ke lingkungan GUI, tapi hasilnya monitor hanya menampilkan warna putih saja. Saya mengira ada dependency yang belum terpenuhi, karena saat proses penginstalan driver ati catalyst, terdapat pesan error yang kurang saya mengerti padahal saya menginstal driver catalyst di ubuntu dengan cara diatas dapat berjalan lancar. Setelah itu saya memutuskan untuk menginstall ulang mandriva one 2009 tanpa efek 3D compiz-fusion.

Saya masih penasaran kenapa compiz-fusion nya tidak jalan, saya coba tanya mbah google tentang penginstalan driver catalyst pada distro mandriva, di sebuah forum ada yang menyarankan menginstal driver catalyst yang berasal dari repo mandriva. Setelah itu saya cari driver tersebut di repo mandriva di kambing.ui.edu, disana terdapat beberapa package dengan nama fglrx, karena bingung, saya memutuskan mendownload semua package yang terdapat kata fglrx-8.522. Setelah sampai rumah, saya menginstal semua package tersebut. Diantara package yang saya instal, ada sebuah package yang memiliki banyak dependency, yaitu package dkms-fglrx-8.522-mdv2009.rpm. Setelah itu saya mengaktifkan 3D compiz-fusion dari mandriva control center dan restart, hasilnya? Gak jalan lagi compiz-fusionya…. Saya belum menyerah, setelah itu saya kembali mencoba menginstal driver catalyst yang berasal dari situs resmi amd/ati dengan perintah seperti yang ada di paragraf 1. instalasi driver complete, tanpa pesan error yang menurut saya driver catalyst sudah sempurna terinstall di mandriva. Kembali saya aktifkan 3D compiz-fusion dari mandriva control center, hasilnya? Gagal lagi… Saya mencoba sabar dan berdoa dengan tulus (halah!) dan kembali ke mandriva control center>hardware>configure 3D desktop>compiz-fusion>advanced setting di menu ini ada dua pilihan yaitu native support dan xgl, saya coba opsi xgl dan restart komputer, hasilnya? Akhirnya jalan juga compiz-fusion 3D desktop…. mau liat? Nie dibawah….

screen1

Tampilan desktop mandriva 2009.0

water-effect

water effect

play

play 2 file video dengan effect expo

3d-cube

ini dia efek andalan compiz-fusion, 3D cube

Tuh keren kan? Makanya pakai linux, bisa keren begini, hehehe…. Saya suka dengan tampilan KDE4 bawaan mandriva one 2009, terlihat modern n pokoknya cakep deh… Jarang terjadi crash di mandriva, sebelumnya saya telah mencoba 2 distro yang menggunakan KDE4 (kubuntu 8.10 dan opensuse 11) dan sering terjadi crash. Bagi yang ingin mecoba oS linux, tak perlu ragu lagi, sistem operasi ini memang sangat mengasyikan. Oya, buat para master linux yang mampir kesini, saya ada pertanyaan, compiz-fusion sudah jalan, tapi kenapa di mandriva control center menyatakan bahwa komputer saya tidak support 3d desktop? Padahal compiz-nya sudah jalan lho… ini dia screenshotnya…

not-support

Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

8 Replies to “Akhirnya 3D Desktop Mandriva One 2009.0!”

  1. kok bisa yach muncul kek gitu 😀 saya coba diubuntu ME kalo jalanin compiz ga bisa mulus seperti gambar diatas 😀

    1. @iyang
      mungkin driver atau ada dependency yang belum terinstal?? grphic cardnya pakai apa?? saya juga pake ubuntu, lancar…

  2. saya juga pakai mandriva one 2009. tapi saya masih bingung nyeting 3D nya. maklum baru aja pindah ke linux. tolong jelasin dari awal dong………! please ya………..!

    1. @murdianto
      pakai mandriva one ato free? klo yang one biasanya gak perlu unstal driver graphic, tapi kalo yang free harus install dulu deh…

  3. saya juga pake mandriva 2009 tapi 3D belum bisa jalan,…klo pake vga chipset via chome 9 bagaimana ? ada yg sudah bisa jalan ?

    trim’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *