Audacity, Sound Editor Handal!

Halo Pembaca! Anda sering berkecimpung di dunia editing musik? Jika anda pengguna windows pasti tidak asing lagi dengan software semacam Adobe Audition, Cool Edit, ProTools dsb. Didunia open source, teradapat software yang gak kalah dibandingkan dengan adobe audition dkk. Audacity adalah software musik editor yang cukup andal ber lisensi open source. Audacity tersedia untuk windows maupub linux, nah pada posting kali ini, saya menggunakan Ubuntu 9.10 karmic koala. Instalasi Audacity cukup mudah, cukup ketik perintah di terminal.

$ sudo apt-get install audacity

Jika anda tidak terhubung dengan internet, anda dapat mengunjungi packages.ubuntu.com agar dapat langsung mendownload Audacity beserta dependencies-nya. Jika anda pengguna windows, dapat langsung mendownload audacity di audacity.sourceforge.net.audacity

Tampilan awal audacity cukup informatif dan tidak beda jauh dengan software semacam audition maupun cool edit. Pertama kali saya menggunakan software ini sejak menggunakan distro mandriva 2008, saat itu saya lagi seneng-senengnya utak-atik cool edit. Saat menemukan Audacity di cd installer mandriva 2008, saya langsung menginstalnya. Secara default, audacity tidak mendukung encoding codec proprietary seperti mp3. Solusinya, install Lame encoder untuk dukungan mp3. Fasilitas dan fitur-fitur yang terdapat di audacity cukup lengkap, mulai dari cutting track, mixing hingga normalize sound volume. Efek-efek audio pun disediakan dengan lengkap oleh audacity.

Screenshot-4

Saya masih sangat pemula untuk urusan sound editing, tidak banyak yang bisa saya bahas disini. Saya sering menggunakan software ini untuk memotong lagu, mengompres mp3 dan convert audio untuk kemudian digunakan untuk ringtone. Audacity ini cukup cepat dan powerfull dan cukup stabil dan yang paling penting, berlisensi free/open source.

Screenshot-5

Seperti layaknya software audio converter, pengguna dapat memilih bitrate yang diinginkan. Audacity juga mendukung penyimpanan audio dengan format wma, amr, wav, ogg dan banyak lagi dengan menggunakan ffmpeg. Selamat mencoba!


12 Comments

  1. alamendah January 15, 2010
  2. Al January 16, 2010
  3. Fitri January 16, 2010
  4. andikurnia January 23, 2010
  5. BaNi MusTajaB January 27, 2010
  6. gadgetboi January 30, 2010
    • tuxlin February 1, 2010
  7. gadgetboi January 30, 2010
  8. ahlihipnotis February 3, 2010
  9. bandsxbands February 7, 2010
  10. Moch. Iqbal Chahyadi February 8, 2010
  11. makemesure September 18, 2010

Add Comment

*