Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Baru Menikah? Inilah 7 Jenis Pengeluaran Rumah Tangga yang Wajib Ada Dalam Perencanaan

2 min read

Baru Menikah? Inilah 7 Jenis Pengeluaran Rumah Tangga yang Wajib Ada Dalam Perencanaan 1

Baru Menikah? Inilah 7 Jenis Pengeluaran Rumah Tangga yang Wajib Ada Dalam Perencanaan – Halo Pembaca Tuxlin Blog! Pasangan baru menikah, pastinya memasuki fase baru yang sangat berbeda dari kehidupan sebelumnya. Fase baru inilah yang membuat sepasang suami istri harus melakukan banyak penyesuaian. Seperti kebiasaan, pola pikir, tujuan berumah tangga dan cara mencapainya, serta masih banyak lagi.

Termasuk bagaimana mengatur keuangan keluarga, agar tercapai kondisi sehat finansial. Tentunya hal ini diawali dengan mengetahui jenis pengeluaran rumah tangga yang wajib ada dalam perencanaan.

Baru Menikah? Inilah 7 Jenis Pengeluaran Rumah Tangga yang Wajib Ada Dalam Perencanaan 2

Jenis Pengeluaran Rumah Tangga yang Wajib Ada

Mengetahui jenis pengeluaran rumah tangga, menjadi hal utama yang wajib dirancang pasca menikah.

1. Kebutuhan Harian Keluarga

Kebutuhan harian keluarga adalah pos pengeluaran yang wajib direncanakan dengan baik. Seperti kebutuhan akan bahan makanan, biaya listrik, pulsa, air minum. Meskipun terkadang dalam nominal kecil, namun jika tak ada dalam catatan pengeluaran, niscaya menimbulkan permasalahan dalam keluarga.

2. Pendidikan

Biaya pendidikan yang semakin menjulang, membutuhkan perhatian khusus bagi pasangan yang telah menikah. Entah biaya pendidikan formal maupun non formal. Ada baiknya jika perencanaan pendidikan anak dipersiapkan sedini mungkin.

Tujuannya tak lain agar ketika anak memasuki masa sekolah, orangtua tak kebingungan lagi mencari biaya dengan berhutang, yang berpotensi menambah masalah.

3. Asuransi

Asuransi adalah jenis tabungan yang dipaksakan. Bentuk simpanan non tunai yang memberikan manfaat jangka panjang bagi keluarga. Sehingga ketika dibutuhkan dapat digunakan untuk mencukupinya.

Seperti saat pensiun, sakit, atau ketika anak membutuhkan biaya pendidikan tambahan, maka asuransi berguna sebagai modal usaha, tambahan biaya berobat, dan juga menutupi biaya ekstra lainnya.

4. Investasi Dan Tabungan

Investasi dan tabungan juga wajib ada dalam merencanakan keuangan keluarga. Tabungan akan memberi manfaat jangka pendek saat dibutuhkan. Sedangkan investasi merupakan jenis simpanan jangka panjang, untuk menopang kehidupan perekonomian keluarga di masa datang. Sehingga investasi dan tabungan ini juga sangat penting dialokasikan dalam pos pengeluaran.

5. Hiburan

Hiburan juga menjadi salah satu jenis pengeluaran rumah tangga yang wajib direncanakan dengan matang. Seperti biaya untuk rencana berlibur, atau menekuni hobi. Terlebih biaya berlibur keluarga yang pastinya membutuhkan dana cukup besar untuk mewujudkannya. Meskipun hanya sesekali merencanakan liburan, namun jika dana tak dipersiapkan dengan baik, maka dapat dipastikan rencana berlibur akan sebatas angan belaka.

6. Sosial

Sebagai makhluk sosial, manusia pastinya hidup berinteraksi dan membina hubungan baik dengan orang lain. Sehingga wajib hukumnya membuat pos pengeluaran dana sosial, yang akan dipergunakan untuk kebutuhan sosial. Seperti dana untuk menjenguk orang sakit atau yang tertimpa musibah.

7. Angsuran Pinjaman

Rasa-rasanya pinjaman menjadi salah satu solusi bagi mayoritas orang untuk mencukupi kebutuhan yang belum teratasi dengan simpanan yang ada. Katakan seperti biaya menikah, biaya sekolah, membeli rumah atau mobil.

Ketika sudah terikat dengan perjanjian pinjaman uang, maka mau tak mau pos angsuran ini harus ada. Sebagai tanda bahwa pihak yang berhutang, masih memiliki kewajiban membayar angsuran hingga selesai kepada pemberi pinjaman.

Terkait dengan jenis pengeluaran rumah tangga seperti pinjaman uang, saat ini banyak orang yang mulai tertarik dengan pinjaman online, sebagai solusi mengatasi persoalan keuangan. Kemudahan persyaratan dan prosedur yang harus dijalankan, ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi pinjaman, yang bisa diunduh langsung tanpa biaya di Google Play Store. Seperti aplikasi Tunaiku. Sebuah produk pinjaman online unggulan dari PT Bank Amar Indonesia.

Tunaiku adalah aplikasi yang menyediakan pinjaman uang dengan cepat dan tanpa jaminan. Dengan nominal pinjaman hingga dua puluh juta rupiah, dan masa angsuran sampai dua puluh bulan lamanya, Tunaiku bisa menjadi solusi mengatasi persoalan keuangan, ketika keluarga sedang membutuhkan.

Persyaratan ringan, prosedur peminjaman mudah, keringanan biaya administrasi, kecepatan proses, serta jaminan keamanan dari lembaga pengawas keuangan OJK, maka tak perlu ragu lagi untuk menjadikan Tunaiku, sebagai salah satu alternatif penyelesaian permasalahan keuangan rumah tangga kamu.

Referensi

https://www.cermati.com/artikel/8-pos-keuangan-ini-wajib-dialokasikan-agar-finansial-rumah-tangga-ideal
https://www.akulaku.com/artikel/7-tips-manajemen-keuangan-rumah-tangga/
https://www.finansialku.com/rincian-biaya-hidup-rumah-tangga/
https://www.finansialku.com/pos-keuangan-rumah-tangga/

Anda mungkin suka:Oppo Reno 5 Review: Paket Komplet dalam Bodi Tipis dan Ringkas


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

2 Replies to “Baru Menikah? Inilah 7 Jenis Pengeluaran Rumah Tangga yang…”

Leave a Reply

Your email address will not be published.