BBM for Android: Fitur dan Kesan Pertama Menggunakannya

Image00001

Halo Pembaca! Setelah sebelumnya sempat batal dirilis, akhirnya BlackBerry Messenger aka BBM for Android secara resmi dirilis oleh BlackBerry (Ingat, RIM aka Research In Motion udah lama ganti nama jadi BlackBerry Smile with tongue out, jadi kagak ada yang namanya RIM sekarang). Hal ini berawal ketika saya sedang menikmati liburan di pulau kapuk alias molor di pagi hari,saya mendapat pesan dari salah seorang teman saya yang mengalami kesulitan untuk mendaftar BBM di Android. Saya malah balik tanya, emang udah dirilis? Ternyata sudah! Wah saya ternyata ketinggalan informasi inih, payah kebanyakan molor sih, hahahaha :mrgreen:. Langusng saja saya main ke Play Store, ternyata ada! BBM for Android buatan BlackBerry Limited, sudah pasti ASLI ini! Langsung deh saya download dan login dengan BlackBerry ID yang telah saya buat sebelum BBM for Android dan iPhone ini dirilis, dan jreeeeengggg….!!

Image00002

Langsung sukses dan dapat jatah Pin dari BlackBerry Hot smile. Boleh kok di inpite kalo cewek :mrgreen:

Antarmuka BBM for Android

Image00004Image00011Image00017

Tampilan daftar kontak, percakapan, dan smiley yang ada di BBM for Android

Secara umum, gak ada yang istimewa dari tampilan BBM di Android ini, biasa saja menurut saya Smile with tongue out. Meski desainnya biasa saja, tapi antarmuka BBM for Android ini cukup mudah dimengerti dan dipelajari atau istilah kerennya “Intuitif”. Akses menu-menu BBM di Android juga cuma tinggal geser, tinggal sentuh, tinggal gesek, asal jangan digetok aja Androidnya Smile with tongue out. Secara umum, gak ada perbedaan dengan tampilan antarmuka BlackBerry Messenger for Android yang meluncur tanggal 22 September lalu. Penasaran? Liat aja screenshot berikut ini. Klik untuk memperbesar gambar.

Image00003Image00010Image00007

Performa dan Fitur BBM di Android

Image00012Image00013Image00015

Performa BBM di Android ini menurut saya lumayan oke. Pesan yang dikirim jarang pending dan proses invite dan accept request juga berjalan lancar. Hanya saja saya merasakan aplikasi BBM for Android ini kok rasanya agak berat ya jalan di Xperia Ray saya? Atau mungkin Xperia Ray saya yang sudah terlalu tua dan kebanyakan aplikasi sosial dan instant messenger lainnya :mrgreen:. Ini pesan BBM gak pernah pending di Android karena masih jarang yang make atau emang servernya BlackBerry udah mumpuni? Jangan sampai deh kejadian kayak September lalu, tarik mundur, hahaha… Smile with tongue out

Soal fitur, BBM for Android ini dibekali fitur yang lumayan, tapi kurang lengkap, hehehe…. BBM for Android ini datang dengan dilengkapi fitur Group Chat, ngirim gambar atau foto dari Galeri atau take langsung dari kamera, dan ngirim suara dengan fasilitas Voice Note. Percakapan di BBM di Android ini juga menyediakan fasilitas Ping atau semacam Buzz di Yahoo Messenger dan Smiley yang lumayanlah, dari pada gak ada Smile with tongue out. BBM di Android ini bisa “nyambung” dengan BBM di smartphone BlackBerry, ya iyalah yang bikin sama kok :mrgreen:. Pengguna BBM for Android ini dapat mengganti ringtone atau sound notifikasi BBM, ganti foto profil, pajang status alay, dan juga ada pengaturan LED notifikasi.

Image00008Image00016

Soal fitur ini, BBM for Android ini harus mundur teratur dan mengakui “kekalahan” jika dibandingkan dengan aplikasi lain seperti WhatsApp, Line, WeChat, atau KakaoTalk. BBM for Android ini gak punya fitur buat video call, telepon, mengirim lokasi berdasarkan GPS, stiker yang lucu-lucu, apalagi game. Fitur-fitur yang disebutkan tadi kebanyakan telah dimiliki oleh Line, WeChat atau KakaoTalk. Meski demikian, kehadiran BBM di Android ini patut kita apresiasi. Wajar jika BBM di Android ini masih miskin fitur, lha rilis perdana kalo fitur langsung lengkap keenakan penggunanya dong? Smile with tongue out Mungkin BlackBerry akan menambah fitur-fitur baru melalui update di masa mendatang, semoga Smile.

Mereka yang Kurang Beruntung…

IMG-20131022-WA0001

Saya termasuk beruntung loh, soalnya setelah selesai download, langsung bia login dan bisa dipake tu BBM for Android buat godain pengguna smartphone BlackBerry Smile with tongue out. Beberapa teman saya (termasuk yang ngasih tau saya tentang rilis BBM ini) masih belum bisa menggunakan BBM for Android dan ketemu gambar di atas. Kenapa muncul gambar tersebut? Ini kabarnya BlackBerry mendahulukan pengguna yang sudah mendaftar dan memiliki BlackBerry ID lebih dahulu. Sedangkan pengguna yang udah download dan belum punya BlackBerry ID disuruh daftar n ngantre nunggu kiriman email dari BlackBerry :mrgreen:.

IMG-20131022-WA0009

Beberapa teman saya yang sudah memiliki BlackBerry ID atau yang sukses mendaftar dan mendapat kiriman email dari BlackBerry ada juga yang kurang beruntung dan muncul gambar seperti di atas. Entah itu emang dia lagi di dalam gua n gak ada sinyal atau emang dari BlackBerry yang sengaja membatasi, saya gak tau deh… hehehehe… Bagi yang mengalami kayak di atas, Anda masih punya kesempatan untuk mencobanya. Tenang, sebelum kiamat pasti udah bisa nyambung kok BBM nya, jadi nggak usah stress Smile with tongue out. Sampai di sini dulu posting gak jelas ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.


13 Comments

  1. Ryan M. October 23, 2013
  2. arip October 23, 2013
    • tuxlin October 23, 2013
      • arip October 23, 2013
        • tuxlin October 23, 2013
  3. kasamago October 25, 2013
    • tuxlin October 25, 2013
  4. Jason October 25, 2013
    • tuxlin October 25, 2013
  5. Lily harianie October 26, 2013
  6. Lily harianie October 26, 2013
    • tuxlin October 26, 2013
  7. Fadhly January 2, 2014

Add Comment

*