DVD-RW Drive Saya Kenapa Yah?

Akhirnya saya bisa beli DVD-RW drive juga.. setelah sekian lama menabung dan memeras susu sapi…he…gak nyambung dudulz! Oke, awal bulan agustus 2008 saya beli DVD-RW merk LG pas pameran komputer di Solo. Seneng banget dah bisa buka-buka file dari DVD dan yang penting bisa pake repo linux dari DVD. Apalagi kapasitas DVD sekitar 4GB lebih, kan lumayan buat back up data, kalau pake CD sie cuma muat 600MB (kalau BlueRay Disc sampe 25GB yah?!). Begitu sampai rumah, langsung deh saya bongkar CPU saya untuk masang DVD-RW. Dengan semangat ’45, saya mulai memasangnya dengan hati-hati. Sedikit bingung, karena saya juga punya drive CD-RW, yang mana slave dan yang mana yang jadi master ya?? Setelah 10menit berpikir sambil sobek-sobek buku manual dan dudulz banget, DVD-RW nya kan pake SATA dan CD-RW-nya pake IDE jade gak pake slve-master segala!! Akhirnya terpasang juga, walo harus mengorbankan kuku jempol saya hingga berdarah-darah…hikz…

1 Bulan kemudian…

Saya masukin DVD game untuk saya install di windows. Besoknya saya lihat di windows explorer, “Lho kok drive DVD-nya gak ada??!”. Untuk memastikanya, saya cek di bios dan hasilnya, DVD-RW-nya gak kedetect! Wah gawat, padahal baru sebulan saya beli dan belum sempat pamer…hikz… Namun saya gak nyerah! PC saya restart, masuk ke OS linux, disitu juga tidak terdetect. Setelah saya perhatikan, led indikator pada DVD-RW drive menyala terus kayak lampu, kenapa yah?? setelah saya ingat-ingat, ternyata keping DVD game belum saya keluarkan dari drive, tapi apakah itu penyebabnya?? Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengeluarkan keping DVD game dari drive, menurut saya, munkin kalau kepingnya dah keluar, drive bisa terdetect. Saya baca manual DVD-RW-nya, ternyata ada cara untuk mengeluarkan keping DVD secara darurat dengan nusukan jarum pada lubang di bawah mulut drive DVD. Dengan semangat demi kesehatan DVD drive yang baru berumur sebulan, akhirnya keping DVD game tadi berhasil keluar dengan selamat sehat, segar dan bugar, halah! Kemudian restart PC, masuk bios dan tadaa… Kok masih gak kedetect?! Waduh harus RMA nih, padahal tokonya jauh banget dari rumah. Saya coba cek kabel SATA-nya dan pindah ke port SATA yang lain, kemudian cek di bios… Masih belum terdetect! Pembaca tau penyebabnya??

Ternyata?!

Ketika saya mulai putus asa… dan bersiap-siap membawa drive DVD ke tokonya… Saya coba cek lagi di bios, masih belum terdetect. Tak sengaja saya perhatikan led indikator drivenya, nyalanya kok kayak lampu pas listrik anjlok ya?? Saya bongkar kembali CPU, saya cabut-pasang kabel power drive DVD-nya. Restart PC dan kembali masuk bios, hasilnya?? Terdeteksi!! Ternyata biang keroknya adalah kabel power yang nancep di drive DVD kurang pas. Fyuh… lega rasanya DVD baru sudah tidak mogok lagi. Buat pembaca, dalam menghadapi masalah, kita tidak boleh putus asa kali aja penyebabnya cuman sepele….. hehehe….


2 Comments

  1. sotar June 16, 2010
  2. Arya Sidiq Hidayat (@AryaJR11) November 10, 2013

Add Comment

*