Tips Agar Komputer Cepat dan Stabil

Halo pembaca!! Anda merasa komputer anda lambat?? Atau sering restart tanpa sebab yang jelas?? Hal ini tentu sangat menjengkelkan, disaat kita bekerja dan berpacu dengan waktu, eh komputer malah ngadat… atau malah virus menyerang dan membabat habis file pekerjaan.. wah bisa-bisa gak naik pangkat nie. Bukanya nakut-nakutin ya, komputer memang memerlukan perawatan agar dapat bekerja secara optimal. Berikut adalah tips-tips ringan agar komputer dapat bekerja optimal dan stabil. Tips ini bersumber dari pengalaman saya dan berbagai referensi di belantara internet. Selamat membaca!
Kebersihan Komputer
Masak komputer juga harus bersih? Emang bisa sakit?? bukan begitu om… Komputer harus dijaga kebersihanya, tak jarang komputer restart sendiri karena debu menumpuk didalam casing CPU. Teman saya pernah mengalami, saat itu komputernya 2 bulan tidak digunakan, ketika digunakan ternyata komputer tersebut lambat dan sering restart. Setelah dibuka casing CPU-nya ternyata debu memenuhi peripheral dalam CPU. Setelah dibersihkan, komputer tersebut stabil dan tidak restart lagi. Paling tidak tiap 2 bulan, bukalah casing CPU dan bersihkan debu yang menempel pada kipas, motherboard dan peripheral lainya. Lepas RAM dan bersihkan konektornya menggunakan lap kering dan bersihkan pula slotnya. Jika bisa, lepas heatsink prosesor dan ganti thermal pastenya. Debu dapat menyebabkan aliran listrik dan data tidak lancar dan bila mengotori kipas/heatsink dapat mengganggu pelepasan panas, akibatnya suhu pun meningkat. Bahkan, gara-gara debu, hardisk milik teman saya tidak terdeteksi, maka konektornya pun dibersihkan. Untuk membersihkan motherboard bisa menggunakan kuas halus dan disapukan di badan motherboard agar debu hilang. Bersihkan juga ruangan dan peralatan di sekitar komputer. Jika komputer terbebas dari debu, maka aliran listrik lancar, pelepasan panas pun lancar dan hasilnya komputer mejadi lebih stabil.
Cek hardware
Cek kesehatan hardware anda. Pastikan seting jumper telah benar. Pastikan pula kabel-kabel dan RAM telah terpasang dengan benar. Cek sistem air flow dalam casing agar peripheral tidak kepanasan gara-gara airflow yang kurang baik, apalagi anda menggunakan VGA add on yang berpendingin pasif, panasnya bisa nular kemana-mana. Kalau perlu gunakan kipas berdiameter agak besar dan tenang agar suhu peripheral dalam CPU tetap terjaga. Selain itu, gunakan power supply ‘true power’ agar lebih terjamin kestabilanya. Konon, power supply non true power hanya mampu memasok daya kurang dari separuh angka yang tertera, jadi power supply 500W non true power rata-rata hanya mempu menyuplai dibawah 250W. Lebih baik lagi menggunakan power supply yang mendukung Active PFC dan bersertifikasi 80plus. Selain itu, jika listrik tidak stabil, gunakan stablizer atau UPS agar hardware anda lebih awet.
Update Semuanya
Lakukan update menyeluruh agar komponen komputer dapat bekerja optimal. Mulai dari update firmware untuk CD/DVD-RW, konon update firmware media optik ini akan mempu meningkatkan kestabilan pembakaran keping disc. Update BIOS, Update BIOS ini mampu meningkatkan kestabilan, memperbaiki bug terdahulu bahkan mampu meningkatkan performa dan potensi overclocking. Mungkin update BIOS ini menjadi hal yang cukup ‘rawan’ karena dibeberapa motherboard, kegagalan proses update ini mengakibatkan motherboard rusak. Sekarang banyak motherboard yang membekali BIOS cadangan dan cara updatenya pun tidak sesulit dulu. Beberapa merk motherboard dilengkapi fasilitas update BIOS melalui sistem operasi atau dapat dilakukan di dalam windows. Update sistem operasi, dengan mengupdate sistem operasi (windows terutama) dapat meningkatkan keamanan dan kestabilan sistem. Bahkan update sistem operasi kadang membawa fasilitas dan fitur baru. Update driver hardware, update driver dapat meningkatkan performa hardware yang bersangkutan. Bahkan untuk graphic card, update driver kadang memberikan peningkatan performa hingga 30%. update driver juga membawa perbaikan bug, meningkatkan kestabilan hardware yang bersangkutan dan meningkatkan dukungan pada aplikasi tertentu. Konon, update driver printer mampu mempercepat proses cetak dan meningkatkan efisiensi penggunaan tinta. Update antivirus, ini dia poin penting untuk sistem operasi windows. Perkembangan virus lokal yang makinmenggila, virus luar yang siap mengancam dan aneka macam malware, spyware, antivirus yang up to date saja masih kepayahan mengatasinya. Saya sendiri menggunakan tiga antivirus untuk windows XP. Virus yang paling saya benci adalah W32/Viruut, karena terinfeksi virus ini tidak menimbulkan gejala aneh, namun komputer saya jadi lambat. Update database antivirus sangat penting, apalagi anda menggunakan windows XP, anda tentu tidak mau file penting anda hilang gara-gara ulah virus kan? Windows Vista lebih tahan virus, namun Vista terdapat UAC yang menyebalkan. Update versi software yang anda gunakan, misal dari adobe acrobat reader 8 diupdate ke adobe acrobat reader 9. Meski tidak semua software harus diupdate versinya.
Tweaking OS
Sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah windows, jadi di bagian ini berisi tentang tweaking windows. Tweaking windows dengan menggunakan tool-tool yang sudah disediakan oleh windows. Lakukan defragment hardisk secara teratur, karena file sistem windows memungkinkan terjadinya fragmentasi file yang mengakibatkan lambatnya kinerja hardisk. Menurut informasi yang saya dapat dari beberapa sumber, proses defragment hardisk dapat mengurangi umur hardisk, benar tidaknya informasi ini, saya tidak yakin karena belum pernah membuktikan. Percepat kinerja windows dengan menghillangkan program startup yang tidak perlu, matikan service yang tidak diperlukan dengan cara start>run>msconfig. Bagi pengguna advance, dapat merubah settingan yang terdapat di registry. Jangan terlalu banyak menginstall software, install yang benar-benar diperlukan saja. Selektif dalam memilih software, pilih software yang hemat resource dan memenuhi kebutuhan. Bersihkan file di hardisk dengan HD cleaner atau software sejenisnya, bersihkan registry menggunakan ccleaner, hal ini akan meningkatkan performa windows. Matikan sistem restore jika anda tidak memerlukan. Siapkan juga OS livecd jika suatu saat OS utama tidak dapat berjalan.
Keamanan
Perhatikan keamanan data-data anda, terutama bila anda menggunakan sistem operasi windows dan terhubung dengan internet. Selain virus, terdapat aneka macam gangguan seperti spyware, malware, trojan, tentu anda tidak mau data hilang gara-gara ulah mereka? Pastikan komputer anda terinstall antivirus yang ter-update, firewall, anti spyware dan malware. Saya menggunakan Nod32 dan PCMAV+ClamAV, menurut saya kombinasi yang cukup kuat untuk menghadapi virus lokal maupun luar. Maraknya malware dan spyware, sebaiknya tidak melakukan download sembarang file dari situs yang tidak dikenal. Jangan membuka attachment file dari email yang tidak dikenal, mungkin saja berisi worm atau trojan. Scan terlebih dahulu flahdisk/media storage lainya yang terhubung ke komputer. Periksa task manager untuk memastikan tidak ada ‘task’ yang mecurigakan. Back up file-file penting ke media DVD/CD untuk menghindari kehilangan data.
Mild Overclock
Lakukan mild overclock untuk mendapatkan price/performance terbaik dari komputer yang anda beli jika memungkinkan. Seperti yang telah saya sampaikan pada artikel sebelumnya, overclock bukanlah hal yang sulit. Jika anda melakukan mild overclock, tentu tidak memerlukan tambahan biaya untuk hardware spesial. Saya sendiri telah mengoverclock komputer berprosesor AMD Athlon X2 4400+ dari defaultnya di 2,3Ghz ke 2,8Ghz tanpa biaya tambahan. Dengan demikian, anda dapat memanfaatkan potensi dari sistem yang anda miliki dengan optimal dan aman. Jika anda lebih mengedepankan hemat konsumsi daya, dapat mengaktifkan fitur Cool n’ Quite untuk AMD dan EIST untuk prosesor intel.


Sampai disini saja tips-tips dari saya, kalau pembaca punya tips lain bisa di share disini….


11 Comments

  1. grandparagon October 16, 2008
  2. sautdedi October 16, 2008
  3. Prabu Dian Sori October 17, 2008
  4. draguscn October 17, 2008
  5. syahrizal pulungan October 18, 2008
  6. tuxlin October 20, 2008
  7. sautdedi October 20, 2008
  8. tuxlin October 21, 2008
  9. iman September 6, 2010
  10. iman September 17, 2010
  11. haris johan ais February 17, 2011

Add Comment

*