Linux Mint 10 ‘Julia’, Distro Siap Pakai!

9

Halo pembaca! Setelah kemarin saya membahas distro Ubuntu, kini saya membahas salah satu turunan ubuntu, Linux Mint 10 yang berbasis ubuntu 10.10 (Maverick Meertkat). Setelah mendapat info dirilisnya Linux Mint, langsung saja saya ke warnet untuk mendownload linux mint 10 di repo UGM. Kebetulan bandwith warnet lagi kenceng-kencengnya, average transfer rate sampe 245kb/s menggunakan IDM. Kurang dari 1 jam, iso Linux Mint 10 ‘Julia’ berukuran 874mb selesai di download, langsung deh sampai rumah dicoba :). Oiya, saya download Linux Mint 10 Gnome DVD versi AMD64 aka x86_64 aka 64bit, karena saya penasaran performa linux di 64bit.

Tampang GUI

start menu Menu di Linux Mint 10

Keren dan elegan tampang linux mint 10 ini :). Theme yang digunakan defult adalah Mint-X-Metal, warna theme ini mirip dengan theme oxygen milik KDE4. Icon-icon di linux mint 10 ini didominasi oleh warna hijau, sama dengan linux mint versi sebelumnya. Di Linux Mint, saya tidak menemui 2 panel atas-bawah khas gnome, yang ada adalah taskbar ala windows yang cukup simple. Wallpaper defult yang disediakan juga bernuansa hijau ala linux mint. secara umum tampilanya cukup menarik :).

savcuhsatampilan file manager di linux mint 10

Paket Software

Linux Mint adalah distro yang ‘Out of the Box’ seperti mandriva dan PCLinuxOS. Distro Linux Mint 10 ini secara default telah membawa banyak paket software termasuk codec-codec multimedia sehingga langsung dapat memainkan beragam file multimedia. Paket software yang dibawa Linux Mint ini cukup lengkap untuk kebutuhan sehari hari, sebut saja openoffice, mozilla firefox, pidgin, mozilla thunderbird, gnome mplayer, Gimp. Linux Mint 10 ini juga menyertakan software system analysis sejenis software everest di windows, software tersebut adalah HardInfo, berikut screenshotnya

hardinfoMeski tak sehebat Everest, software ini cukup powerfull dan dilengkapi juga dengan system benchmark.

Kompatibilitas

Seperti basisnya, Ubuntu, Linux Mint juga memiliki kompatibilitas hardware yang cukup baik. Semua hardware yang saya miliki, video card(Radeon HD3200), printer(Epson T11), bluetooth(Generic), wifi(Atheros) terdeteksi dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, 3D Compiz Fusion juga dapat langsung dijalankan. Sebelumnya saya pernah mencoba Linux Mint 9 Isadora, dan printer Epson T11 saya terdeteksi namun tidak dapan mencetak, harus downgrade CUPS dulu dari versi 5.2.6 ke versi 5.2.5 :). Memang di poin ini, saya hanya menguji terbatas pada hardware yang saya miliki, setidaknya dapat digunakan sebagai referensi :).

Screenshot-1 3D cube yang menawan

Performa

Performa Linux Mint 10 Julia ini ngebut! Instalasi sangat cepat, kurang dari 25menit distro ini sudah terinstal di komputer saya dengan spesifikasi AMD Athlon X2 4400+ @2,7Ghz, 2GB DDR2-800 CL4, TA780G mobo, 160 GB HDD. Booting dan shutdown juga sangat cepat, bahkan, shutdown memakan waktu kurang dari 10 detik. Buka tutup aplikasi sangat smooth. Jika dibandingkan Ubuntu 10.10 kemarin, Linux Mint ini lebih cepat. Kenapa? Mungkin karena versi arsitektur yang saya pakai adalah arsitektur AMD64 aka x86_64 atau 64bit. Memang secara teori, 64bit lebih cepat dari 32bit. Jika anda tertarik mencoba versi 64bit, pastikan prosesor anda mendukung AMD64 atau EM64T.

sistem

Kesimpulan

Distro Linux Mint 10 ini memiliki tampang keren dan paket software nyang cukup lengkap. Konsep distro ini mirip dengan PCLinuxOS, ‘Out of the Box’. Distro Linux Mint ini sangat cocok untuk pemula linux maupun pengguna windows yang baru pertama kali migrasi ke linux, karena selain distro ini mudah digunakan, distro ini juga telah dilengkapi aneka codec multimedia sehingga dapat langsung memainkan file multimedia. Biasanya, pengguna yang baru migrasi di windows mati kutu saat distro yang dicoba tidak dapat memainkan file multimedia. Sampai disini dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat :).

9 COMMENTS

    • @gadgetboi
      Lancar semua, Driver modem, vga n printer ok! udah kayak mint yang 32bit, semua jenis file multimedia jalan, flash juga udah ada… bedanya 64bit lebih enteng 🙂

  1. mau tanya neh sob,klo setting modem venus cdma vt 12 di julia kq g bisa y?begitu masuk di wvdial langsung g support,mhon pencerahannya ya,…thanx sob,..

  2. @denny>gan……coba ente shutdown dlu operasinya baru colokkin ntu modem venusnya…..abis itu nyalain lagi….coz kdg2 ada yg ga komptible dg cdma…..setau ane ntu julia kompatible di banyak modem

  3. maaf semuanya saya mau tanya nih, saya juga pke linux mint julia, cma wireless nya gak jalan jdi gak bisa konek pke modem, saya pke modem aha, jadi gmna tuh solusinya.. bisa gak donlot wireless drivernya offline?

  4. keren ya os linux apalagi yg linux mint…udah anti virus wedus gembel, tinggal pake lagi gak perlu updat.e..semua gratis tinggal download….alhamdulillah masih ada manusia yg mau berbuat baik buat banyak orang..gw doain masuk sorga orang orang linux, amiiiiiiiiiiiiiinnnnnn.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here