Linux Mint 17.1 Rebecca Resmi Dirilis, Ayo Download di Sini

Linux Mint 17.1 Rebecca – Halo Pembaca! Tak terasa distro Linux Mint 17.1 Rebecca dirilis juga secara resmi dalam dua rasa desktop environment, siapa lagi kalau bukan Cinnamon dan MATE. Sebenarnya ISO image atau instaler dari Linux Mint 17.1 Rebecca telah tersedia untuk di-download kemarin, tetapi rilis resminya baru dilakukan sekarang (01/12/2014). Distro Linux Mint ini adalah salah satu distro favorit saya, sehingga saya selalu kepo memantau perkembangannya, hehehehehe… :mrgreen:

Linux Mint 17.1 Rebecca

Linux Mint 17.1 Rebecca (credit: Softpedia)

Nah yang mimpin proyek distro Linux Mint, Clement Lefebvre, secara resmi udah ngumumin rilis distro Linux Mint 17.1 Rebecca ini. Tak hanya itu, untuk varian desktop Cinnamon diklaim sebagai rilis terbaik sejauh ini karena mengalami perubahan yang sangat signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Nah kalau yang rasa MATE gimana gan? Linux Mint 17.1 Rebecca versi MATE juga nggak kalah keren kok, tapi perubahannya nggak sebanyak versi Cinnamon bro… 😀 Tapi bagi saya, setiap rilis Linux Mint dari waktu ke waktu, saya rasa kok sama saja, hihihihi… Mungkin saya yang nggak peka, hehehehehe… :mrgreen:

Baca juga: Langkah Install Linux Mint 17 Qiana

Mengenal Lebih Dekat Linux Mint 17.1 Rebecca

Nah kita kenalan lebih dekat dulu dengan rilis Linux Mint terbaru ini, apa sih bedanya dengan rilis sebelumnya? Ya beda gan, rilis baru kok dibandingin sama yang lama… :mrgreen: Nggak, maksudnya ada perbedaan pola pengembangan Linux Mint versi 17.1 Rebecca ini dengan Linux Mint versi sebelumnya. Tim pengembang Linux Mint telah memutuskan untuk hanya menggunakan basis dari Ubuntu Linux versi LTS (Long Term Support) saja.

Ini berarti basis pengembangan Linux Mint 17.1 Rebecca masih sama dengan Linux Mint 17 Qiana, yakni Ubuntu 14.04 LTS. Alasan tim pengembang Linux Mint sebenarnya sederhana, yakni dukungan versi LTS lebih panjang gan… Nah yang Ubuntu 14.04 aja dukungannya sampai 2019, masih lama banget kan? 🙂

Ada banyak hal yang baru dari rilis Linux Mint 17.1 yang menggunakan nama sandi Rebecca ini. Nah perubahan yang lumayan mencolok pada rilis terbaru Linux Mint 17.1 ini adalah Update manager yang lebih baik dan menampilkan informasi yang lebih ringkas dan mudah dipahami oleh pengguna. Rilis terbaru Linux Mint ini juga hadir dengan kernel baru gan, ini penting untuk diketahui bagi pengguna yang berencana untuk melakukan update kernel Linux.

Baca juga: Langkah Instal Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn Linux

Linux Mint 17.1 ini juga menghadirkan peningkatan pada dukungan bahasa, peningkatan Software Manager, dan tentu saja perbaikan bug. Sayangnya, rilis Linux Mint 17.1 Rebecca ini memiliki masalah bagi pengguna yang memakai kartu grafis Nvidia GeForce. Waduh, padahal saya pakai kartu grafis Nvidia GeForce GT 740M, jadi ragu pengen nyobain rasanya neng Rebecca ini, hehehehe… 😆 Ini penjelasan resmi dari tim pengembang Linux Mint 17.1.

“Jika Anda tidak dapat boot Linux Mint dengan kartu NVIDIA, atau jika Anda mengalami membeku konstan dan system lock ups, silakan tambahkan ‘nomodeset’ pada argumen boot. Pada menu boot dari DVD live / USB, tekan Tab untuk mengedit argumen boot dan menambahkan ‘nomodeset’ pada akhir baris. Jika Anda masih mengalami masalah, Anda juga dapat menghapus “quiet splash -” dari baris yang sama,” perdasarkan pengumuman resminya.

Baca juga: Membuat Live USB Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn via Unetbootin

System Requirement Linux Mint 17.1

  • x86 processor (Linux Mint 64-bit requires a 64-bit processor. Linux Mint 32-bit works on both 32-bit and 64-bit processors).
  • 512MB RAM (direkomendasikan 1GB untuk penggunaan yang lebih nyaman).
  • 9GB ruang pada hard disk (direkomendasikan 20GB).
  • Kartu grafis yang mampu menampilkan resolusi 800×600 (direkomendasikan 1024×768).
  • DVD drive or USB port

Download Linux Mint 17.1 Rebecca

Nah pembaca pasti penasaran pengen nyobain distri Linux Mint rilis terbaru alias Linux Mint 17.1 Rebecca. Download distro Linux Mint 17.1 Rebecca melalui tautan di bawah ini.

Referensi: Sumber | Source 1 | Source 2

Anda mungkin suka: Harga Xiaomi Redmi Note Terbaru Desember 2014


4 Comments

  1. gadgetboi December 9, 2014
    • Tuxlin December 9, 2014
      • gadgetboi December 19, 2014
        • Tuxlin December 19, 2014

Add Comment

*