Nu Year 2010, Awal Yang Sibuk!

Halo Pembaca! Selamat Tahun Baru 2010! Saya sadar, posting ucapan selamat tahub baru ini basi terlambat. Akhir-akhir ini saya mulai sibuk dengan aneka macam tugas kuliah yang menumpuk! Padahal, di semester ini jadwal masuk kuliah sangat sedikit, sehingga memiliki banyak hari libur dan waktu longgar. Apakah bener-bener longgar? Nggak juga, sebagai gantinya, mahasiswa diberi aneka tugas individu maupun kelompok.

Apesnya, tugas kelompok ini harus saya kerjakan sendiri! Yang laen pada kemana? Gak tau deh, yang penting tugas-tugas itu selesai n segera dikumpulkan. Tugasnya masih layaknya tugas mahasiswa jurusan peternakan informatika dan komputer, yaitu bikin program! Tugas kelompok maupun individu wajib dikerjakan menggunakan software Borland Delphi bajakan yang kini nama borland telah diganti menjadi CodeGear.

Saya sendiri masih dodol belum menguasai pemrograman delphi. Tak hanya berkutik soal delphi, di mata kuliah pemrograman internet pun ada tugas, bikin website! Dosen tidak memperbolehkan membuat website menggunakan CMS macam Drupal, WP, Joomla dan konco2nya. Kata dosen saya, “Enak aja bikin tugas Web tanpa mikir coding, pokoknya pake Dreamweaver, no template!”. Bagus! Makin menyusahkan aja nie tugas web ga bole pake template, ya harus bikin sendiri.

Tugas yang satu ini mensyaratkan penguasaan photoshop, PHP, Flash, CSS, HTML, Javascript hingga MySql, hahaha… Ini membuat saya tidak memiliki banyak waktu untuk menulisi blog ini. Dosen saya selalu mengutamakan software komersial seperti Dreamwever yang katanya selalu lebih powerfull dari pada freeware. Pada akhirnya, mahasiswanya (termasuk saya) harus berburu Dreamweaver BAJAKAN Petani edition untuk membantu menyelesaikan tugas kuliah. Akhirnya saya meluangkan waktu untuk mendownload Dreamweaver CS4 dan Borland Delphi BAJAKAN Petani Edition di warnet terdekat.

Saat saya mengetik postingan ini, tugas-tugas saya baru 50% selesai. Wah sungguh melelahkan! Sementara dari side job, saya mendapat aneka macam projek, mulai dari service komputer, laptop sampai bikinin VCD liburan. Saya bersyukur disela-sela kuliah masih dapat mengais rejeki, baarangkali aja rejeki tersebut bisa saya gunakan untuk upgrade Komputer, hehehe….

Ngomong-ngomong, sebagian besar side job dan tugas kuliah dapat diselesaikan dengan baik menggunakan Software2 Bajakan, Dosa gak sih? Hahahaha… gak tau deh, walo sehari-hari berurusan dengan aneka macam software dan os bajakan petani edition, saya masih setia juga menggunakan produk-produk FOSS (Free Open Source Software) seperti linux dan software-software yang dibawanya. Jujur saja, walau beberapa produk FOSS kalah dengan software komersial, namun saya merasa lebih nyaman menggunakanya. Sampai disini dulu postingnya, saya mau melanjutkan berjuang menyelesaikan tugas! Happy New Year!!!


4 Comments

  1. alamendah January 10, 2010
    • tuxlin January 10, 2010
  2. BaNi MusTajaB January 10, 2010
    • tuxlin January 11, 2010

Add Comment

*