Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Nyobain Haylou H8, Nggak Nyangka Headset di Bawah 100 Ribu Kayak Gini!

3 min read

Nyobain Haylou H8, Nggak Nyangka Headset di Bawah 100 Ribu Kayak Gini! 1

Nyobain Haylou H8, Nggak Nyangka Headset di Bawah 100 Ribu Kayak Gini! – Halo Pembaca! Setelah sebelumnya udah nyobain headset murah meriah Realme Buds Classic yang mengusung model half in-ear, Tuxlin Blog nemu headset baru lagi yang murah meriah banget: Haylou H8! 😎 Yoi, Haylou ini adalah brand yang menjadi bagian dari Xiaomi Ecological Chains yang udah duluan terkenal di Indonesia dengan jajaran produk headset jenis TWS (True Wireless Stereo). Tuxlin Blog nggak nyangka kalau Haylou punya headset wired alias berkabel kayak seri Haylou H8 ini!

Harganya yang nggak sampai 100 ribu bikin Tuxlin Blog penasaran kayak gimana sih performa dan kualitas suaranya? Ya sudah, langsung Tuxlin beli aja. Harganya murah ini, kalau jelek kan nggak nyesel-nyesel amat πŸ˜… Btw review headset ini agak tertunda karena istri sedang sakit, mohon doanya ya pembaca Tuxlin Blog semua biar cepat pulih πŸ™ Sebenarnya sih udah hampir dua bulan Tuxlin Blog dengerin musik pakai Haylou H8 ini. Kelen nggak penasaran sama impresi suaranya? nah kali ini Tuxlin bahas deh impresi saaranya kayak gimana di artikel kali ini!

Nyobain Haylou H8, Nggak Nyangka Headset di Bawah 100 Ribu Kayak Gini!

Spesifikasi Haylou H8

  • Model: Haylou H8
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe single driver dinamis
  • Speaker Impedansi: 32 ohm
  • Sensitivitas 95Β±3 dB/mW
  • Maximum input powerΒ  100 mW
  • Rated power input 3mW
  • Berat: 3,1 gram
  • Diameter driver 8 mm
  • Teknologi composite bio-diaphragm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi:Β  20-20000Hz
  • Dilengkapi microphone
  • Dilengkapi 2 ukuran eartips (M/L)
  • Kabel standar, tidak dilengkapi Sleeve

Anda dapat membeli atau cek promo Haylou H8Β di Sini (Klik)

Paket Penjualan Haylou H8

Paket Penjualan Haylou H8
  • Headset IEM Haylou H8
  • Tali eartips (M dan L)
  • User guide

Baca juga:Pengalaman Hampir Setahun Pakai Smartwatch Amazfit GTR

Desain Haylou H8

Nyobain Haylou H8, Nggak Nyangka Headset di Bawah 100 Ribu Kayak Gini! 2

Seperti yang udah pembaca Tuxlin Blog lihat di atas, sebenarnya nggak ada yang istimewa kok dari tampang atau desain headset Haylou H8 yang mengusung model IEM (In-Ear Monitor) alias masuk ke lubang telinga. Yah kalau dilihat sekilas memang nggak jauh beda dibandingkan IEM lain, tapi kok Tuxlin Blog malah teringat sama Xiaomi Piston 3 yak hehehe… πŸ˜… Ya desain keduanya beda kok sebenarnya, cuma nozzle-nya sama-sama agak miring sekian derajat agar ergonomis dan pas di telinga.

Tuxlin perhatiin detail desain Haylou H8, elegan juga untuk harga Rp 100 ribu-an. Tau nggak? Housing headset Haylou H8 ini berbahan aluminium pada bagian belakang lho, jadi berasa mewah dan kokoh! πŸ˜ŽπŸ‘Œ Sedangkan bagian depan yang menjadi dudukan eartips berbahan plastik yang lumayan solid. Bagian belakang housing-nya itu bertekstur melingkar ala Zen yang biasa kita temui di LID cover laptop premium Asusu Zenbook series. Nggak cuma itu, bagian belakangnya juga dipermanis dengan lingkaran krom yang menawan. Nggak berasa headset di bawah 100 ribu-an pokoknya! 🀣

Wait… Kualitas kabelnya bijimane gan? Tenang, walau harga headset Haylou H8 ini di bawah 100 ribu, kualitas kabelnya bagus dan lentur kok. Meski nggak diklaim anti-tangle atau anti ruwet, selama dua bulan pakai headset Haylou H8 ini Tuxlin nggak pernah ngalamin kabel ruwet. Biar hubungan kamu aja yang ruwet, kabel headset ini jangan… 🀣 Nah housing mic dan tombol di Haylou H8 ini berasa agak murahan dan kurang mantap sih. πŸ™„

Baca juga:Nyobain Speaker Nyentrik Yamada YMD 328, Suaranya Bagus?

Oiya, ada tiga tombol di headset Haylou H8 ini untuk memudahkan penggunaan. Tiga tombol yang ada bersama microphone ini berfungsi untuk kontrol volume. Sedangkan tombol tengah memiliki banyak fungsi, yakni jika dipencet sekali, maka tombol tersebut akan berfungsi sebagai play atau pause. Sedangkan dipencet dua kali akan menjadi next track dan menjadi previous track ketika dipencet tiga kali.

Video Unboxing Haylou H8

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia yaΒ di Sini (Klik)

Review Haylou H8

Review Haylou H8

Aapa yang pembaca pikirkan dengan headset dengan harga di bawah 100 ribu-an? Tuxlin Blog awalnya membayangkan sebuah headset “super bass” yang dijual oleh abang-abang konter yang suaranya jedag-jedug doang bikin pusing wkwkwkw… πŸ€¦β€β™‚οΈ Setelah nyobain Haylou H8, ternyata beda… Harga boleh murah, tapi soal kualitas suara… hmm…

Kualitas Suara

Jadi ceritanya headset IEM merakyat Haylou H8 ni dipersenjatai dengan driver dinamis berukuran 8mm dengan impedansi 32ohm. Yah sekilas sih spesifikasinya nggak istimewa ya… Meski demikian, tampaknya Haylou udah tuning abis-abisan agar headset murah ini bisa bersuara lebih mewah. Setelah nyobain selama sebulan, itu tampaknya terbukti genks! Tuxlin Blog sukses terkejut dengan keluaran suaranya. 😎

Baca juga:Nyobain QCY T5, TWS 200 Ribu-an yang Mengejutkan!

Biasanya masalah utama headset murah adalah clarity atau kejernihan suaranya. Nah headset IEM Haylou H8 ini mampu menghasilkan suara yang jernih dan karakternya cenderung agak bright menurut kuping kaleng Tuxlin Blog. Jarang-jarang lho headset harga segini bisa sebagos ini untuk urusan clarity… Asik banget buat dengerin aneka genre musik! Selama proses pengujian, Tuxlin Blog lebih sering dengerin musik dengan genre metal, metalcore, thrash metal, dan symphonic metal. 🀘🀘🀘

Pas dengerin lagunya Sever The Hands milik Trivium, treble yang dihasilkan enak banget dan detail lagi… Apalagi pas pertengahan lagu, suara gebukan drummer di cymbal terdengar jelas dan detail banget. Karakternya pun tetep lembut, nggak nusuk dan nggak bikin kuping capek dengerin musik berjam-jam sekalipun.

Suara vokal di headset Haylou H8 ini kok berasa agak sedikit mundur ya? ya tapi masih enak didengerin sih, baik vokal pria maupun wanita. Cuma pas dengerin lagu yang banyak pakai scream atau growl, suaranya kurang bertekstur…. Begitu juga instrumen gitar, distorsinya berasa kurang gahar gitu…πŸ™„

Buat yang suka bass, mungkin IEM Haylou H8 ini berasa kurang nendang. Akan tetapi bagi Tuxlin yang memang nggak terlalu suka bass, keluaran suara bass di Haylou H8 udah cukup pas. Pas dengerin lagu Eminem – Mocking Bird, bass-nya udah lumayan nendang dengan kuantitas yang pas dan cukup punchy… Diajak ngebut pas muter lagu Nemesis – Arch Enemy, Haylou H8 ini juga masih bisa ngimbangin dan menyajikan bass yang cukup tight.

Sebagai headset murah, tentu Haylou H8 ini juga punya kekurangan genks… Kalau menurut Tuxlin Blog sih, Haylou H8 ini sound stage-nya kurang luas dan penempatan instrumennya kadang berasa agak numpuk di tengah gitu. Ini berasa banget kalau dengerin lagu symphonic metal yang instrumennya banyak dan kadang melibatkan orkestra.

Secara umum, Haylou H8 ini merupakan salah satu headset IEM dengan kualitas suara terbaik untuk harga di bawah Rp 100 ribu-an. Kalau musti bersaing dengan JBL C150Si atau Audio Technica SonicFuel ATH CLR100is, Haylou H8 ini masih mampu berkompetisi menurut Tuxlin. Oke, sampai di sini dulu review mengenai Haylou H8. Semoga bermanfaat bagi pembaca Tuxlin Blog!

Kelebihan Haylou H8

  • Kualitas dan kejernihan suara mantap
  • Build quality mantap
  • Harga merakyat

Kekurangan Haylou H8

Anda mungkin suka:Alasan Asus ROG Phone 3 Jadi Smartphone Impian Pokemon Go Trainer


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *