Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Nyobain QCY T5, TWS 200 Ribu-an yang Mengejutkan!

4 min read

Nyobain QCY T5, TWS 200 Ribu-an yang Mengejutkan! 1

Nyobain QCY T5, TWS 200 Ribu-an yang Mengejutkan! – Halo Pembaca! Apa yang kalian pikirkan tentang headset TWS (True Wireless Stereo) dengan harga 200 ribu-an? Nggak usah dipikir berat-berat deh… Mikir hidup aja udah berat, ini malah disuruh mikir headset TWS wkwkwkw… 不不 *Canda genks hehehe* Tuxlin sendiri mikirnya headset TWS 200 ribu ya kualitas suaranya lumayan dan fitur yang diusungnya mungkin seadanya. Namanya juga TWS murah meriyah… Akan tetapi anggapan ini berubah setelah nyobain headset TWS QCY T5 yang Tuxlin beli dengan harga Rp 200 ribu lebih dikit melalui salah satu e-commerce terkemuka.

Jadi ceritanya sekitar dua bulan yang lalu Tuxlin Blog iseng nyari headset TWS yang murah meriah dengan budget nggak sampai Rp 300 ribu. Dari sekian banyak pilihan, Tuxlin tergerak buat beli QCY T5! Kenapa pilih brand QCY? Karena Tuxlin pertama kali nyoba headset TWS ya dari QCY ini, yakni seri T2C dan suaranya waktu itu lumayan bagus. Lain kali Tuxlin ceritain pengalamannya di blog deh. Nggak cuma itu, QCY ini adalah salah satu member Xiaomi Ecological Chain yang terkenal cukup bagus kualitasnya. Setelah nyobain, ternyata emang QCY T5 ini mengejutkan! Kayak gimana sih kualitas suara headset ini? Simak ulasan QCY T5 oleh Tuxlin Blog kali ini!

Nyobain QCY T5, TWS 200 Ribu-an yang Mengejutkan! 2

Spesifikasi QCY T5

  • Merk QCY
  • Model: In1933 (QCY T5)
  • Jenis headset: In-Ear Monitor TWS
  • Tipe driver 6mm dinamis
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 108簣3dB
  • Rentang frekuensi: 22 Hz 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Fitur DSP technology dan Gaming mode
  • Waterproofing: IPX4
  • Baterai Earbuds: 40 mAh; Charging case: 380 mAh
  • Berat Earbud: 4.3g; With charging case: 56g
  • Dimensi Earbud: 27 x 17 x 8 mm; Charging case: 9.50 x 5.50 x 2.00 cm

Anda dapat membeli atau cek promo QCY T5di Sini (Klik)

Paket Penjualan QCY T5

Nyobain QCY T5, TWS 200 Ribu-an yang Mengejutkan! 3
  • Headset TWS QCY T5
  • Eartips (S, M, L)
  • Kabel microUSB
  • Manual dan kartu garansi

Desain QCY T5

Desain QCY T5

Kalau ngomongin soal desain, headset TWS QCY T5 ini beda banget dengan Tronsmart Spunky Beat yang udah Tuxlin Blog bahas sebelumnya. Earbud QCY T5 ini bentuknya memanjang kayak AirPods gitu, tapi bagian atasnya pakai model In-Ear Monitor dengan bentuk nozzle asimetris atau agak miring sekian derajat guna mendukung kenyamanan pemakaian. Enakan mana dengan model “kacang” kayak Tronsmart Spunky Beat? Kalau Tuxlin Blog rasa sih nggak jauh beda ya soal kenyamanan. Tapi kalau disuruh milih, lebih suka yang memanjang kayak QCY T5 ini

Earbud TWS QCY T5 ini menggunakan material plastik warna hitam dengan finishing doff atau matte. Tuxlin Blog nggak tahu apakah ada QCY T5 varian warna selain item atau nggak… Bagusnya sih ya warna hitam begini, nggak gampang kotor. Kalau warna putih kan lama-lama agak kekuningan gitu hehehe… Build quality TWS QCY T5 ini lumayan solid dan nggak berasa ringkih, tapi juga sama sekali nggak berasa premium juga.

Baca juga:Menjajal JBL Go 2, Speaker Ringkas yang Ngebass!

Nah charging case-nya QCY T5 ini bentuknya juga biasa aja, yakni persegi panjang dengan sudut rounded. Ukurannya sih nggak gede, tapi juga bukan yang paling ringkas di kelasnya. Ya katakanlah ukurannya sedang-sedang saja dan tetep enak dibawa kemana-mana. Engsel-nya pas dibuka tutup juga nggak berasa murahan kok. Btw charging case QCY T5 ini menggunakan bahan plastik dengan finishing yang sama dengan earbud-nya. Penasaran? Cekidot tampang TWS QCY T5 lebih detail.

Kontrol QCY T5

Sama seperti kebanyakan headset TWS yang beredar di pasaran, QCY T5 ini juga menggunakan kontrol sentuh yaang lumayan sensitif genks… Lokasi kontrol sentuhnya ada di belakang earbud. Selama Tuxlin Blog nyobain headset ini sih nggak ada kendala ya dengan kontrolnya,

  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play atau pause
  • Sentuh tiga kali pada earbud kanan untuk mengaktifkan gaming mode
  • Sentuh dan tahan dua detik pada earbud kiri untuk previous track dan earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk mengangkat telepon. Sedangkan untuk menolak panggilan, sentuh terus menerus pada earbud kanan atau kiri
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri untuk memanggil voice assistant atau Google Assistant

Video Unboxing QCY T5

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia yadi Sini (Klik)

Review QCY T5

Nyobain QCY T5, TWS 200 Ribu-an yang Mengejutkan! 9

Langsung aja kita bahas kayak gimana sih headset TWS murah meriah QCY T5 ini! Jujur aja, Tuxlin Blog lumayan terkejut pas nyoba dengerin musik pakai QCY T5 ini. Nggak cuma kualitas suaranya bagus, TWS QCY T5 ini memberikan nilai atau value yang lebih dari harganya. Penasaran kan? Lanjut scroll…

Baca juga:Nyobain Speaker Nyentrik Yamada YMD 328, Suaranya Bagus?

Kualitas Suara

Sebagai headset TWS dengan harga 200 ribu-an, Tuxlin Blog nggak terlalu berharap dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh QCY T5… Eh tapi nyatanya beda, suaranya kece bingit! Jadi QCY T5 ini dipersenjatai sebuah driver dinamis berukuran 6mm dan udah dukung codec SBC dan AAC lho… Sebenernya sih codec SBC juga udah cukup kalau di-tuning dengan baik dan bakal menghasilkan suara yang berkualitas.

Ya setelah sebulan lebih pakai QCY T5, karakter suaranya tuh agak warm gitu… Meski demikian, treble masih bisa disaajikan dengan detail. Buat yang suka frekuensi tinggi atau high, mungkin kuantitasnya agak kurang. Tuxlin sendiri sih udah cukup oke karena karakter treble-nya empuk banget dan nggak nusuk kuping. Pas dengerin lagu Sever The Hand milik Trivium pun terdengar enak banget

Nah buat penggemar bass alias basshead, mungkin kurang nendang ya… Bass yang dihasilkan QCY T5 ini sebenarnya lumayan memadai kok… Cuma kurang mendalam aja. Nggak cuma itu, kalau diajak ngebut dengan dobel kick drum yang cepet banget masih lumayan rapi lho… Tuxlin coba dengerin lagunya Ressurection milik Chimaira atau Nemesis milik Arch Enemy, dobel kick drum-nya asik. Gak cuma dengung doang wkwkwk…

Bagian yang paling Tuxlin Blog suka dari ulasan QCY T5 ini sebenarnya adalah mid dan vokalnya yang agak maju dan jelas banget…. Buat yang suka dengerin lagu akustik atau dengerin riff gitar, bakal terpuaskan oleh QCY T5 ini. Tuxlin dengerin lagunya Watch Over You milikl Alter Bridge, suara vokalnya detail, nggak kering, dan berasa deket… Vokal cewek juga sama bagusnya untuk harga segini.

Baca juga:Realme Buds Classic, Headset Murah yang Cocok untuk Basshead

Sound stage headset TWS QCY T5 ini memang nggak terlalu megah, tetapi yah udah lumayan buat harga 200 ribu-an. Separasi antar instrumen juga masih oke, asal instrumennya nggak terlalu banyak ya Imaging atau efek perpindahan suara dari channel kanan dan kiri di QCY T5 layak mendapatkan acungan jempol! Ya setidaknya ini menurut pendapat kuping kaleng Tuxlin Blog yang hina dina ini…. hahaha… 不

Performa & Fitting

Nyobain QCY T5, TWS 200 Ribu-an yang Mengejutkan! 10

Performa QCY T5 ini bagus untuk kelas entry-level. Koneksi ke smartphone relatif stabil dan hampir nggak pernah disconnect mendadak… Nggak ada tuh cerita headset putus sebelah, lancar pokoknya! Cuma volume mesti digenjot paling nggak 60% biar dinamika musiknya optimal. Kompatibilitasnya juga oke, Tuxlin udah cobain QCY T5 pakai Xiaomi Mi Note 10 Pro, Asus ROG Phone 3, dan Poco F2 Pro lancar jaya!

Secara default, nggak ada delay yang signifikan pas pakai QCY T5 buat dengerin musik atau nonton video steaming di YouTube. Cuma kalau main game emang delay lumayan parah…. Tapi tenang, QCY T5 udah dilengkapi Gaming Mode! Ketika diaktifkan, delay pas main game berkurang signifikan. Ya emang kadang masih berasa sih, tapi nggak terlalu ganggu…

Ngomongin soal fitting, QCY T5 ini relatif nyaman digunakan dalam waktu lama. Tuxlin pakai eartips default yang kebetulan udah pas sama ukuran lubang kuping. Yah dengerin musik 2 – 3 jam non stop nggak bikin kuping capek atau sakit.

Baterai

Kalau berdasarkan informasi yang Tuxlin himpun, QCY T5 ini bisa bertahan hingga 5 jam buat dengerin musik untuk sekali charge. Kenyataannya emang nggak jauh dari angka itu, yakni 4 jam lebih dikit deh berdasarkan pengalaman Tuxlin Blog dengan volume di atas 60% dan pakai codec AAC. Kalau digabung dengan charging case, QCY T5 bisa bertahan seharian penuh.

Kesimpulan

Secara umum, nggak berlebihan kalau Tuxlin Blog menilai QCY T5 sebagai salah satu TWS terbaik di kelas Rp 200 ribu-an. Kualitas suara yang mantap, dukungan codec AAC, dan fitur Gaming Mode menjadi daya tarik utama QCY T5 ini! Kekurangannya mungkin cuma kita gak bisa kontrol volume langsung dari earbud.

Kelebihan QCY T5

  • Kualitas suara bagus di kelasnya
  • Ada gaming mode
  • Harga murah meriyah

Kekurangan QCY T5

  • Nggak bisa kontrol volume

Anda mungkin suka:Realme Buds Classic, Headset Murah yang Cocok untuk Basshead


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *