Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Oi Teno 3 Review, Headset TWS Keren Bersuara Ngebass!

4 min read

Oi Teno 3 Review

Oi Teno 3 Review, Headset TWS Keren Bersuara Ngebass! – Halo Pembaca! Setelah beberapa waktu lalu review smartphone dan headset berkabel, kali ini Tuxlin Blog bahas headset TWS (True Wireless Stereo) dari brand yang mungkin kurang tenar, yakniOi Teno 3. Kalian pernah denger merek Oi? ๐Ÿค” Itu lho kalau kalian ketemu temen di jalan trus lupa namanya, pasti manggilnya Oi… *garing ini sih* ๐Ÿคฃ Tuxlin juga baru denger kok brand Oi ini, cuma modal nekat dan penasaran aja kayak gimana TWS keluaran brand ini. Ada banyak tipe TWS yang dirilis oleh Oi dan Tuxlin milihOi Teno 3, mengapa? Soalnya pas dengan budget Tuxlin Blog yang saat itu cuma 259 ribu. Sebenarnya pengen nyoba yang lebih mahal, tapi pas lagi gak beruang. ๐Ÿป

Meski harganya cuma 200 ribuan,Oi Teno 3 ini desainnya kece banget lho! Berasa lebih mahal dari harganya, beneran… Nggak heran sih kalau TWS menurut informasi yang Tuxlin himpun pernah menang penghargaan Reddot Design Award! ๐Ÿ˜Ž Kalau soal suara sih awalnya Tuxlin nggak begitu berharap dengan TWSOi Teno 3 ini, yang penting enak buat dengerin musik aja udah syukur. Akan tetapi setelah hampir sebulan menggunakan TWS andalan Oi ini, ternyata nggak sekadar enak gaes… Penasaran? SimakOi Teno 3 review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Oi Teno 3 Review, Headset TWS Keren Bersuara Ngebass!

SpesifikasiOi Teno 3

  • Merk: Oi
  • Model: Teno Three (Teno 3)
  • Jenis headset: In-Ear Monitor TWS
  • Tipe driver 9mm dinamis N42 neodymium magnet dengan graphene coating diaphragm
  • Chip –
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 93ยฑ3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz โ€“ 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/1000mA
  • Waterproofing: IPX6
  • Baterai Earbuds: 65 mAh; Charging case: 220 mAh
  • Berat Earbud: 4,8g; With charging case: 29g
  • Dimensi Earbud: 25 x 19 x 23,5 mm; Charging case: 64,5 x 25,5 x 30 mm

Anda dapat membeli atau cek promo Oi Teno Threeย di Sini (Klik)

Paket PenjualanOi Teno 3

Oi Teno 3 Review, Headset TWS Keren Bersuara Ngebass! 1
  • Sepasang earbud Oi Teno Three
  • Charging case
  • 3 pasang rartips (S, M, L)
  • Kabel microUSB
  • Manual dan kartu garansi

DesainOi Teno 3

Oi Teno 3 Review, Headset TWS Keren Bersuara Ngebass! 2

Tuh liat, ganteng banget kan TWSOi Teno 3 ini? Kemasannya sih cantik, soalnya ada gambar cewek cakepnya hahahaha… ๐Ÿ˜ Harus diakui kalau desain menjadi salah satu kelebihan dariOi Teno 3 review kali ini. Harga boleh murah, tapi ini desainnya bener-bener nggak asal-asalan lho. Pas pertama kali pegang charging case-nya, Tuxlin udah terasa mewah dan solid banget. Ukurannya nggak terlalu besar dan juga nggak terlalu mungil, nyaman digenggam deh… Meski nggak senyamap genggam tangan Doi hehehe…

Charging case TWSOi Teno 3 ini terbuat dari bahan aluminium yang berwarna abu-abu dan dipadukan dengan bahan plastik yang solid dengan warna hitam yang elegan. Udah gitu kalau kalian buka cangkang charging case-nya, rasanya tuh mantap dan nggak ringkih… Kece deh pokoknya! Sementara pada sisi depan terdapat empat buah LED indikator yang nyala warna biru, bikin tambah keren deh kalau nyala.

Sementara desain earbudOi Teno 3 ini juga berbeda dari kebanyakan TWS yang pernah Tuxlin review. Ya konsep desainnya masih bergaya kacang alias bean, tetap ini housingnya lumayan gede ukurannya dan dipadukan dengan nozzle simetris. Ini agak anti mainstream sih, biasanya kan nozzle dibikin asimteris biar nyaman gitu… TapiOi Teno 3 tetep nyaman kok walau nozzle-nya simetris. Bagian yang paling Tuxlin suka adalah kontrol sentuhnya yang luas dengan finishing brushed metal yang berasa banget mewahnya. ๐Ÿ˜Ž Berikut desainOi Teno 3 lebih detail:

Baca juga:Review Fiil T1XS, TWS Impian dengan Kualitas Suara Mantap

KontrolOi Teno 3

Nggak cuma tampil mewah, kontrol sentuh pada TWSOi Teno 3 review kali ini juga enak dipakai. Panel sentuhnya luas dan cukup sensitif. Berikut ini beberapa kontrol sentuh di headset wirelessOi Teno 3:

  • Sentuh sekali pada earbud kanan atau kiri untuk play, pause, atau mengangkat telepon
  • Sentuh dua kali pada earbud kiri untuk previous track dan earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dan tahan earbud kiri untuk mengurangi volume dan sentuh dan tahan pada earbud kanan untuk meningkatkan volume
  • Sentuh tiga kali pada earbud kanan atau kiri untuk memanggil Google Assistant
  • Sentuh dan tahan selama 3 detik pada earbud kanan atau kiri untuk menolak panggilan

Baca juga:Nyobain QCY T5, TWS 200 Ribu-an yang Mengejutkan!

Video UnboxingOi Teno 3

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia yaย di Sini (Klik)

Oi Teno 3 Review

Oi Teno 3 Review

Setelah kurang lebih sebulan pakai TWSOi Teno 3 ini, ternyata emang melebihi ekspektasi Tuxlin Blog. TWS ini nggak cuma mengandalkan tampang doang yang keren, tetapi juga kualitas suara yang bisa dikatakan sebanding dengan harganya. Tuxlin nggak tahu TWS andalan Oi ini pakai chipset apa, tetapi sejauh ini cuma mendukung codec SBC aja sih… Andai dukung AAC, mungkin kualitas suaranya bisa lebih oke. ๐Ÿค”

Kualitas Suara

Berbekal sebuah driver dinamis berukuran 9mm yang dipadukan dengan magnet N42 Neodymium, membuat TWSOi Teno 3 mampu menghasilkan kualitas suara yang baik. Tuxlin nggak perlu setel volume terlalu tinggi, TWS ini udah mampu menghasilkan volume suara yang enak di kuping. Sound signature atau karakteristik suaranya memang cenderung V-Shape dengan bass yang kuat.

Buat pembaca Tuxlin Blog yang doyan bass jedag-jedug, cocok banget tuh pilih TWSOi Teno 3 ini! Kuantitas bass-nya melimpah, bulat, dan sedikit ada buntutnya gitu hehehe… Tuxlin ciba dengerin musik jenis EDM dan beberapa musik hip hop seperti Mocking Bird milik Eminem, Dedicated (Demo) milik Linkin Park berasa mantap banget bass-nya! ๐Ÿ˜ Eh tapi kalau buat dengerin musik dengan bass ngebut kayak lagu-lagu metal gitu nggak cocok karena bass-nya nggak bisa cepet dn terdengar dengung doang. ๐Ÿ˜…

Baca juga:Tronsmart Spunky Beat, Headset TWS Berkualitas dengan Chip Qualcomm QCC3020

Suara vokal yang dihasilkanOi Teno 3 ini udah cukup bagus untuk sebuah TWS dengan harga 200 ribuan. Suara vokal cewek dengan nada tinggi melengking seperti lagu-lagunya Tarja Turunen atau Nightwish dapat disajikan dengan apik dan dramatis. Begitu jugha dengan vokal cowk berasa cukup bertenaga dan cacthy pas nada tinggi… Cuma kalau buat vokal scream atau growl gitu rasa-rasanya kurang mantap, teksturnya kurang kasar!

Suara mid cukup oke, tetapi untuk distorsi gitrar berasa kurang detail dan bertekstur. Padahal kalau dengerin musik metalcore gitu banyak distorsi gitarnya. Lagunya jadi kurang menggigit. Intinya menurut Tuxlin,Oi Teno 3 nggak cocok buat dengerin lagu-lagu cadas. Kalau buat gitar akustik atau musik pop gitu masih enak TWS ini.

Treble atau high yang disajikanOi Teno 3 cukup menyenangkan, karakternya itu soft dan nggak nusuk telinga kalau dengerin lagu dengan karakter bright. Separasi antar instrument-nya agak kurang ya… Apalagi kalian dengerin lagu symphonic metal yang instrumennya seabrek, berasa ruwet gitu di tengah-tengah. Sound stage-nya juga terbatas Ya bisa dimaklumi sih harga segini. Secara umum, harga 200 ribuan masih sangat worth it dipertimbangkan.

Performa & Fitting

Selama proses uji pakai aliasOi Teno 3 review, Tuxlin pakai beberapa smartphone andalan antara lain adalahย Asus ROG Phone II,ย Xiaomi Mi Note 10 Pro, danย Poco F2 Pro. Ketiganya pakai codec SBC karena emang cuma support itu aja TWS-nya hehehe… Koneksi relatif stabil, belum pernah mendadak putus sih. Biasanya kalau mendadak putus itu karena udah ada yang lain *eh… ๐Ÿคฃ Meski ukuran housingnya gede dan nozzle-nya simetris, teryata TWS besutan Oi ini tetep nyaman dipakai lebih dari dua jam. Nggak ada kendala selama ukuran eartips-nya cocok.

Kalau ngomongin performa, mungkin jadi salah satu kekurangan padaOi Teno 3 review kali ini. Kalau buat dengerin musik, memang nggak ada masalah. Kalau kalian liat movie secara offline, kadang delay. Kalau lihat video streaming kayak YouTube, delay makin sering. Nah buat yang suka gaming, mending jangan pakai TWSOi Teno 3 ini, soalnya delay kadang mengganggu. ๐Ÿ˜ฉ

Baca juga:Mito MyBox S115 Review, Nggak Nyangka Sehebat Ini!

Baterai

Daya tahan baterai padaOi Teno 3 review kali ini bisa dikatakan lumayan oke. Selama sebulan nyobain dengerin musik pakaiOi Teno 3 dengan volume 50% – 70%, baterai bisa bertahan hingga 5 jam! Mayan panas tuh kuping dengerin lagu selama itu wkwkwk… ๐Ÿคฃ Berdasarkan informasi resminya, daya tahan baterai total TWSOi Teno 3 ini mencapai 15 jam dengan charging case yang dibekali baterai 220mAh.

Kesimpulan

Secara umum,Oi Teno 3 ini adalah TWS yang cukup menarik dengan desain keren dan mewah. Build quality-nya juga nggak mengecewakan. Kualitas suaranya cukup baik dengan karakter V-shape yang didukung bass melimpah, tetapi kurang responsif sih. Overall, cocok buat kalian yang suka dengerin musik yang menonjolkan bass kayak EDM gitu… ๐Ÿค” Harga cuma 200 ribuan,Oi Teno 3 layak beli sih menurut Tuxlin Blog. ๐Ÿ‘๐Ÿผ

KelebihanOi Teno 3

  • Desain keren dan mewah
  • Kualitas suara baik dengan bass mantap
  • Harga bersaing

KekuranganOi Teno 3

  • Nggak cocok buat ngegame, delay coy ๐Ÿ˜…

Anda mungkin suka:Haylou T19 Review, Headset TWS Jernih yang Dukung aptX


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *