Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Samsung Galaxy M12 dengan Sensor ISOCELL GM2

5 min read

Review Kamera Samsung Galaxy M12 dengan Sensor ISOCELL GM2 1

Review Kamera Samsung Galaxy M12 dengan Sensor ISOCELL GM2 – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog bakal bahas kemampuan kameraSamsung Galaxy M12! Yoi, smartphone ini sebenarnya udah dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu dan mengunggulkan daya tahan baterainya yang badak! Maklum, smartphone andalan Samsung ini dibekali baterai 5000mAh ditandemkan dengan SoC hemat energi dari Samsung Exynis 850, bakalan mantap tuh staminanya! 😎 Tuxlin Blog malah justru tertarik dengan spesifikasi kameraSamsung Galaxy M12 yang sekilas setara dengan Galaxy A12 yang notabene harganya lebih mahal. Pada review kali ini, kalian bakal tahu bahwa fitur kamera Galaxy M12 ini nggak selengkap Galaxy A12. πŸ˜…

Sebagai smartphone yang dijual dengan harga di bawah 2 juta dan membawa nama besar Samsung, rasa-rasanya sulit dipercaya bakal dapat quad-camera dengan resolusi 48MP di kamera utamanya! Kalau merk lain sih udah banyak ya… Kalau Samsung ya baru Galaxy M12 ini. Sensor kamera yang dipakaiSamsung Galaxy M12 juga bukan kaleng-kaleng lho, ISOCELL GM2 alias S5KGM2 yang juga bikinan Samsung sendiri… πŸ‘πŸΌ Lalu sehebat apakah kemampuan kamera smartphone ini? Langsung aja simak review kameraSamsung Galaxy M12 oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Kamera Samsung Galaxy M12 dengan Sensor ISOCELL GM2

Spesifikasi KameraKamera Samsung Galaxy M12

Seperti yang sudah Tuxlin Blog singgung di paragraf pembuka,Samsung Galaxy M12 ini dibekali dengan empat buah kamera belakang alias quad camera! Ini mewah banget lho untuk kelas Samsung… Sebelumnya di kelas ini ada Galaxy A02s yang cuma dikasih kamera utama 13 megapiksel doang wkwkw… 🀣 Persaingan ketat di pasar smartphone entry-level kayaknya memaksa Samsung agar sedikit royal kalau ngasih spek. Kalau nggak ya tergilas persaingan yan keras hehehe…

Kamera utama 48 megapiksel yang digunakanSamsung Galaxy M12 pakai sensor Samsung ISOCELL GM2 yang berukuran 1/2 inci 0.8um piksel. Sensor ini dibekali teknologi tetrapixel yang menggabungkan empat buah piksel menjadi satu buah piksel besar guna menghasilkan detail lebih tinggi dan performa lebih baik saat kondisi low-light. Nggak heran, hasil jepretan Galaxy M12 ini secara default beresolusi 12 megapiksel berkat tetrapixel tadi gaes… 🧐 Kamera utamanya ini dipersenjatai dengan lensa aperture f/2.0 dengan fitur PDAF (phase detection autofocus), dan juga LED flash.

Anda dapat membeli Samsung Galaxy M12 dengan harga lebih murahΒ di Sini (Klik)Β atauΒ di Shopee (Klik)

Pada review kameraSamsung Galaxy M12 kali ini, kamera keduanya berkekuatan 5 megapiksel yang dibekali dengan lensa 13mm dengan aperture f/2.2 fixed focus untuk ultra wide angle. Tuxlin Blog sih nggak tahu pakai sensor apa untuk kamera ultra wide angle ini. Sedangkan kamera ketiga dan keempat resolusinya sama, yakni 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 fixed focus yang berfungsi sebagai dedicated macro dan depth sensor.

Buat penggemar foto selfie,Samsung Galaxy M12 ini sebenarnya biasa aja sih karena cuma dipersenjatai dengan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel yang ditandemkan dengan lensa 26mm dengan aperture f/2.2 fixed focus. Cukuplah ya buat swafoto atau sekadar zoom meeting doang. πŸ€” Buat yang suka ngevlog atau bikin konten, kamera depan maupun belakang Galaxy M12 ini bisa rekam video dengan resolusi 1080p @30fps.

Antarmuka & Fitur KameraKamera Samsung Galaxy M12

Review Kamera Samsung Galaxy M12 dengan Sensor ISOCELL GM2 2

Tuxlin Blog sekarang ini emang ngefans sama tampilan One UI, tapi untuk aplikasi kamera bawaannya nggak termasuk hehehe… Tampilan antarmuka kameraSamsung Galaxy M12 ini simpel dan mudah digunakan dengan dominasi viewfinder pada bagian tengah dan diapit dua deretan menu pada sisi kanan dan kirinya. Cuma fitur yang disediakan terbilang minim, jadi bisa dikatakan salah satu kekurangan pada review kameraSamsung Galaxy M12 kali ini. πŸ€”

Seperti yang pembaca lihat di atas, terdapat ikon dalam viewfinder untuk memudahkan kita berganti dari lensa wide ke lensa ultra wide. Sayangnya kalau kalian pengen pakai kamera dedicated macro di Galaxy M12 ini agak ribet karena harus membuka menu terlebih dulu. Nggak cuma itu kamera macro, pengaturan HDR juga musti masuk menu Settings kamera dulu. Nggak kayak kebanyakan aplikasi kamera di ponsel masa kini yang udah terpampang di deretan menu utama kamera.

Baca juga:Realme C15 Review: Baterai 6000mAh Buat Apa?

Review Kamera Samsung Galaxy M12 dengan Sensor ISOCELL GM2 3

Mode yang disediakan pada review kameraSamsung Galaxy M12 juga terbilang minim banget. Kalin cuma dikasih beberapa mode aja, seperti Portrait, Photo, Video, Pro, Panorama, Food, dan Macro. Pembaca Tuxlin Blog suka bereksperimen dengan mode Pro di kamera smartphone? Kebetulan banget, mode Pro diSamsung Galaxy M12 sangatlah mengecewakan hahahaha… Parameter yang disediakan basic banget dan nggak ada opsi buat ngatur shutter speed dan focus secara manual.

Hal yang paling menyebalkan dari kameraSamsung Galaxy M12 dan juga mungkin smartphone Samsung lainnya adalah watermark-nya yang segede gaban! πŸ€¦β€β™‚οΈ Ukurannya yang gede banget tuh udah masuk tahap mengganggu keindahan foto menurut Tuxlin Blog, mendingan matiin ajalah… Gak guna, malah ganggu hehehe… πŸ˜…

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Samsung Galaxy M12? Woke, langsung scoll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Samsung Galaxy M12 ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Video Unboxing Samsung Galaxy M12

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia yaΒ di Sini (Klik)

Hasil FotoKamera Samsung Galaxy M12 Siang Hari

Hasil FotoKamera Samsung Galaxy M12 Portrait (Live Focus)

Hasil FotoKamera Samsung Galaxy M12 Macro

Hasil FotoKamera Samsung Galaxy M12 Malam Hari

Baca juga:Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan!

Hasil FotoKamera Samsung Galaxy M12 dengan LED Flash

Hasil FotoKamera Depan Samsung Galaxy M12

Hasil FotoKamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy M12

Hasil FotoKamera Dedicated Macro Samsung Galaxy M12

ReviewKamera Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12

Pembaca Tuxlin Blog udah lihat kan beberapa sampel foto pada review kamera Samsung Galaxy M12 di atas? Gimana menurut kalian? kalau menurut Tuxlin sih hasil jepretan kamera utamaSamsung Galaxy M12 ini masih berada di level yang sama dengan pesaing terdekatnya yang pernah Tuxlin coba, yakni Poco M3 dan Xiaomi Redmi 9T. Ya kalau dibandingkan dengan Galay A02s atau Galaxy A11/Galaxy M11 yang sebelumnya mengisi segmen yang sama, jelasSamsung Galaxy M12 jauh lebih unggul. 😎

Saat siang hari, hasil foto kamera 48MPSamsung Galaxy M12 ini udah memuaskan mata Tuxlin Blog karena detail yang dihasilkan cukup baik dan tajam. Meski kadang-kadang terlihat ada oversharpening, tetapi nggak terlalu mengganggu. Warna yang dihasilkan menurut pengalaman Tuxlin sih agak kurang konsisten, kadang mendekati natural dan kadang lumayan punchy. Kalau boleh milih, jelas Tuxlin suka yang agak punchy gitu πŸ˜…

Baca juga:Oppo Reno 5 Review: Paket Komplet dalam Bodi Tipis dan Ringkas

Dynamic range yang dihasilkan kamera utamaSamsung Galaxy M12 cukup wide ya. Jadi kalau kalian motret dengan kondisi cahaya menantang atau backlight, masih bisa di-handle asal nggak gila-gilaan backlight-nya hehehe… Mode HDR kalau diaktifkan nggak menunjukkan perbedaan signifikan sih pas Tuxlin cobain. πŸ€”

Mode Live Focus alias portrait pada review kameraSamsung Galaxy M12 relatif biasa-biasa saja. Kalau ketemu subyek atau orang dengan gaya rambut rumit, separasinya bakalan nggak rapi. Sedangkan efek bokehnya cukup natural dan nggak lebay. Buat yang suka foto macro,Samsung Galaxy M12 ini cukup memadai untuk budget di bawah 2 juta dan hasilnya memuaskan. Sayangnya, kadang agak susah ngarahin fokus kamera utamanya.

Pembaca Tuxlin Blog perlu ketahui kalauSamsung Galaxy M12 ini adalah smartphone entry-level, jadi kameranya kalau malam hari atau low-light ya harus dimaklumi hasilnya hehehe… πŸ˜… Foto malam harinya itu saturasi warnanya nggak konsisten, detail merosot, dan noise-nya melimpah.

Nggak cuma itu, kamera utama Galaxy M12 ini payah banget kalau ketemu sumber cahaya seperti lampu, hasilnya pasti akan blown light alias mleber kemana-mana cahayanya. Udah gitu fokusnya lambat, jadi kalau kalian nggak steady dan sabar bakal dipastikan banyak foto yang ngeblur alias nggak fokus. Tenang aja gaes,Samsung Galaxy M12 ini gak ada mode Night, jadi dipastikan performa kamera malam harinya nggak tertolong wkwkw… Beda sama Galaxy A12 yang ada mode Night-nya. Untungnya sih LED flash bawaannya cukup terang.

Kalau kamera ultra wide angleSamsung Galaxy M12 ini cukup bisa diandalkan pas kondisi cahaya melimpah dengan detail yang cukup baik dan warna yang cenderung natural. Cuma bagian pinggiran fotonya emang agak soft gitu. Kalau pas malem, kamera ultra wide angle Galaxy M12 ini nggak bisa diharapkan. Kalau kamera dedicated macro gimana? Ini apalagi hahaha… Kamera macro bawaan Galaxy M12 ini jelek dan menurut Tuxlin mendingan nggak usah dikasih deh…

Untungnya sih kamera depanSamsung Galaxy M12 ini lumayan bener. 😁 Buat kalian yang suka foto selfie,Samsung Galaxy M12 ini udah memadai kok… Hasil foto kamera depannya agak soft dan tone warnanya lumayan bagus, nggak pucat. Kamera depannya juga bisa mode portrait dengan performa separasi nggak jauh beda dengan kamera belakang.

Secara umum, kemampuan quad cameraSamsung Galaxy M12 ini terbilang cukup baik di kelasnya. Kameranya bisa diandalkan selama kondisi cahaya memadai. Cuma kalau malam hari memang masih perlu ditingkatkan lagi dan kalau perlu dikasih fitur Mode Night, biar sedikit tertolong hehehe… Oke, sampai di sini dulu review kameraSamsung Galaxy M12 kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca Tuxlin Blog semua! πŸ™‚

Anda mungkin suka:Review Kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro 108MP dengan Sensor Samsung ISOCELL HM2


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

6 Replies to “Review Kamera Samsung Galaxy M12 dengan Sensor ISOCELL GM2”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *