Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan!

12 min read

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 1

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! – Halo Pembaca! Pasti kalian udah baca atau setidaknya denger kalau smartphone gaming Asus ROG Phone 5 secara resmi telah diperkenalkan secara global! Oleh karena itu pada posting kali ini Tuxlin bakal bahas Asus ROG Phone 3 🤣 Lah kok nggak ROG Phone 5 sekalian? Unit ROG Phone 5 udah pada dipinjemin ke Yutuber kelas wahid, blogger gurem kayak Tuxlin Blog gini kebagian pinjaman Asus ROG Phone 3 udah sujud syukur wkwkwk… Jaman udah berubah Sob, nggak kayak 4 – 5 tahun yang lalu yang mana blogger masih menjadi prioritas, sekarang mah ntar-ntaran hehehe… Kebetulan Tuxlin Blog dipinjemin unit Asus ROG Phone 3 dari Asus Indonesia selama sebulan lebih, lumayan kan? 😎👍🏼

Yah memang ROG Phone 5 udah dirilis, tetapi Asus ROG Phone 3 ini masih sangat memadai banget buat kebutuhan gaming tahun 2021 ini! Sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 865+ ditandemkan dengan RAM LPDDR5 dengan kapasitas 8GB masih cukup perkasa melibas game-game Android terkini tanpa lag! Kagak cuma itu, Asus ROG Phone 3 menawarkan upgrade di sisi kamera jika dibandingkan pendahulunya dengan dukungan tiga buah kamera belakang. Kamera utamanya juga meningkat dari 48MP jadi 64MP. Nah bagian yang paling Tuxlin suka, Asus ROG Phone 3 ini dibekali dengan baterai jumbo berkapasitas 6000mAh dengan HyperCharge 30W! Lalu kayak gimana pengalaman pakai hape gaming dengan harga mulai 10 juta-an ini? Simak Asus ROG Phone 3 review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan!

Spesifikasi Asus ROG Phone 3

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka ROG UI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus SM8250 dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 3,1GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz
  • Grafis Adreno 650
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama resolusi 64 megapiksel, sensor Sony IMX686 1/1.7 inci 0.8um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, 2×1 OCL phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual LED flash + 13 megapiksel sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa 11mm aperture f/2.4 ultra wide-angle, Real-time distortion correction + 5 megapiksel lensa aperture f/2.0 dedicated macro
  • Kamera depan 24 megapiksel, lensa 27mm aperture f/2.0 fixed focus
  • Layar sentuh 6,59 inci 2.5D, aspek rasio 19.5:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 pixels, kerapatan 391 ppi (pixel per inch), 1 juta warna, panel AMOLED, 1ms response time, 10-bit HDR, 111,8% DCI-P3, Delta E < 1, 650 nits, 144hz refresh rate, 270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency,Corning Gorilla Glass 6
  • Memori RAM 8GB atau 12GB LPDDR5, ROM UFS 3.1 128GB atau 512GB, tidak dilengkapi slot micoSD
  • Wi-Fi 6 802.11a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth 5.1, port USB Type-C, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor under display, face unlock, NFC, ultrasonic sensors for AirTrigger 3
  • Dual front-facing 7-magnet stereo speakers dengan dual NXP TFA9874 smart amplifier, DTS Headphone X™ 7.1
  • Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output), AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 170.99 x 77.6 x 9.48 mm dengan berat 240 gram
  • Baterai 6000mAh non-removable, Qualcomm Quick Charge 4.0, HyperCharge 30W, support Reverse Charging 10W
  • Warna Black Glare

Anda dapat membeli atau cek promo Asus ROG Phone 3  ZS661KS di Sini (Klik) 

Paket Penjualan Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 2
  • Handset Asus ROG Phone 3 ZS661KS 8GB/128GB
  • Kepala charger (mendukung fast charge 33W)
  • Kabel Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Fiil T1XS, TWS Impian dengan Kualitas Suara Mantap

Desain Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 3
Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 4

Nggak suka smartphone dengan poni gede atau poni minimalis? Nggak suka juga dengan hape yang bertompel alias mengadopsi layar punch hole? Nah Asus ROG Phone 3 mungkin sosok yang kalian nantikan! Ini hape gaming, jadi no poni-poni club dan no tompel-tompel club dah! Konon katanya sih poni dan punch hole itu mengganggu pengalaman bermain game, makanya Asus ROG Phone 3 hadir dengan desain layar tanpa gangguan tersebut, tapi dengan konsekuensi bezel atas dan bawahnya agak tebel dikit. Selain buat nempatin kamera depan, juga tersimpan speaker stereo di bezel tersebut.

Kalau dilihat dari belakang, beugh… Baru kelihatan aura gaming dan kesan futuristiknya hape gaming Asus ROG Phone 3 ini! Casing belakangnya itu dilengkapi dengan garis-garis agresif dan dipadukan dengan dekorasi yang futuristik… Pokoknya keren banget! Belum lagi ada logo ROG yang cukup besar yang dilengkapi dengan LED RGB, makin blink-blink dan ini hape! Desain emang salah satu daya tarik pada Asus ROG Phone 3 review kali ini sob. kesan tekno makin kuat dengan adanya ventilasi dan dekorasi segitiga pada sisi kanan casingnya, kece! 👍🏼

Balutan casing kaca dengan frame metal memang terkesan mewah dan premium, tetapi juga licin! Tiati kalau menggenggam Asus ROG Phone 3 ini, soalya kalau slip dan jatuh nggak bakal terselamatkan hahaha… Untungnya Asus kasih Aero Case dalam paket pembeliannya dan meurut Tuxlin Blog, wajib pakai tuh! Selain nammbah keren dan nambah aman, juga nambah grip jadi lebih mantep. Btw ukurannya emang agak bongsor gitu dan mayan berat. Kalau biasa pakai smartphone tipis dan ringan, pakai Asus ROG Phone 3 bakal pegel-pegel 😆

Baca juga:Pengalaman Non Gamer Pakai Laptop Gaming Asus ROG Strix G15 G512LV

Pada Asus ROG Phone 3 review oleh Tuxlin Blog kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat LED notifikasi (RGB), proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,59 inci, dan dua buah speaker stereo yang menghadap ke depan yang terdapat di bezel atas dan bawahnya. layarnya sih udah diproteksi Corning Gorilla Glass 6, tapi mending dikasih tempered glass deh… Soalnya kalau jatuh, rawan pecah tu layar hehehe… Gorilla Glass emang antigores, tapi kagak anti pecah lho 😂

Tombol volume rocker, tombol power dengan aksen merah, microphone, dan dua buah sensor AirTrigger ditempatkan di sisi kanan ponsel Asus ROG Phone 3 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM dan side port USB Type-C untuk charging, output Display Port, dan untuk pemasangan aksesoris lainnya. Sisi atas ponsel Asus ROG Phone 3 ini terdapat sebuah microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel gaming Asus ROG Phone 3 ini terdapat tiga buah kamera atau triple camera yang tersusun horizontal, dua buah LED flash, microphone, ventilasi untuk AeroActive Cooler 3, logo ROG dengan LED RGB dan dan tulisan Republic of Gamers. Merek asal Taiwan ini menempatkan port USB Type-C dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Asus ROG Phone 3

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Antarmuka & Fitur Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 11

Spesifikasi hardware gahar kalau nggak didukung optimasi software yang mumpuni tentu nggak bakal nyaman digunakan dan nggak maksimal performanya. Nah Asus ROG Phone 3 ini nggak cuma spek di atas kertas yang gahar, tapi juga didukung perangkat lunak yang mantap. Smartphone gaming ini menggunakan ROG UI dengan basis Android 10. ROG UI ini tampil dengan ikon-ikon yang futuristik dan wallpaper yang tekno banget…! Aura gamingnya berasa banget. Oiya, ROG Phone 3 ini nantinya bakal dapat upgrade ke Android 11 lho…

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 12

Dibalik penampilan UI-nya yang futuristik ini, sebenarnya ROG UI yang digunakan Asus ROG Phone 3 nggak jauh beda dengan Android stock yang ditambahin beberapa fitur. Bahkan kalau kalian mau, theme-nya yang futuristik ini bisa diganti ke theme Android stock… Berasa lagi pegang Google Pixel atau smartphone Android One deh hehehe… Kostumisasi yang disediakan ROG UI ini cukup lengkap.

Baca juga:Menjajal JBL Go 2, Speaker Ringkas yang Ngebass!

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 13

Meski tak jauh berbeda dengan Android stock, Asus ROG UI ini dibekali fitur yang sangat lengkap lho… Sebut saja Mobile Manager, Digital Wellbeing, parental control, Game Genie, Armoury Crate, Twin Apps, Safeguard, OptiFlex, Gestures (screen gesture, touch gesture, dan motion gesture), One Hand Mode, AirTriggers, Screen recorder, Long screenshot, Pocket mode, Glove mode, Dark theme, Splendid, Audio Wizard, Night Light, Smart screen, Always-on display, dan banyak lagi.

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 14
Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 15

Salah satu fitur andalan Asus ROG Phone 3 yang nggak dimiliki smartphone lainnya adalah X-Mode dan Armoury Crate. X-Mode memungkinkan pengguna mengaktifkan mode performa yang semaksimal mungkin yang dimiliki oleg ROG Phone 3 tanpa harus repot memikirkan soal panas dan nggak harus melalui ritual root.

Ada juga Game Genie yang memiliki fitur dan kemampuan yang jauh lebih maju guna mendukung kenyamanan bermain game. Game Genie dapat secara real-time atau on-the-fly mengatur brightness, refresh rate layar, mengaktifkan X-Mode, macro, merekam layar, Crosshair, lock touch, dan memblokir notifikasi saat bermain game.

Sedangkan Armoury Crate mungkin gak asing lagi bagi pengguna laptop gaming Asus ROG atau TUF Gaming karena aplikasi ini memungkinkan gamer melakukan tuning performa, mengatur Scenario Profiles berdasarkan game tertentu, konfigurasi sistem dan aksesoris, refresh rate, dan banyak lagi! Jadi kalau kita mainin banyak game, nggak perlu repot setting ulang konfigurasi ROG Phone 3 sesuai setting yak kita mau, kece kan? Tuxlin Blog jadi berasa pegang PC desktop yang bisa di overclock lho pas review ROG Phone 3 ini, Dahyat emang! 😂

Baca juga:Review Poco X3 NFC: Beneran Mid Range Killer?

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 16

Sedangkan aplikasi bawaan atau bloatware di ulasan Asus ROG Phone 3 ini terbilang minim dan membuatnya begitu ringan karena hanya terinstal aplikasi Google Apps, Facebook, Baca, Instaram, Messenger, dan sebagainya. Sehingga gamer tak perlu repot menyisihkan waktu untuk membuang bloatware.

Secara umum, Tuxlin Blog terkesan banget dengan ROG UI di Asus ROG Phone 3 ini. Tak hanya memberikan pengalaman ala Android stock, tetapi juga diperkuat dengan fitur yang sangat lengkap, fitur pendukung gaming yang tak dimiliki pesaingnya, performa yang smooth, dan nggak ada iklan, sob! 🤣

Performa Asus ROG Phone 3

Performa Asus ROG Phone 3

Performa menjadi salah satu keunggulan pada Asus ROG Phone 3 review oleh Tuxlin Blog kali ini, sob! Udah pasti sektor performa yang diunggulkan, namanya juga smartphone gaming. Kalau performa memble ya nggak laku hehehe… Yah memang ROG Phone 5 dengan Snapdragon 888 andalannya memang jauh lebih kencang, tetapi Asus ROG Phone 3 ini salah satu yang paling kencang di zamannya alias di tahun 2020 kemarin. Kalau buat gaming sekarang sih, Asus ROG Phone 3 masih lebih dari cukup, sob!

Jadi Asus ROG Phone 3 ini mengandalkan dukungan Qualcomm Snapdragon 865 Plus yang udah mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 3,1GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB atau 12GB LPDDR5. Kebetulan unit yang Asus pinjamkan ke Tuxlin Blog adalah varian dengan RAM 8GB. Soal grafis, chipset ini diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 650 yang masih sangat kompeten buat ngladenin game-game Android terkini. 😎

Smartphone itu kalau dipakai main game lama, bakal muncul panas dan akhirnya terjadi penurunan performa karena prosesor hars melakukan throttling agar nggak overheat… Nah yang kayak gini bikin performa nggak konsisten dan frame rate ngedrop. Tenang, hal kayak gini udah dipikirin oleh Asus yang emang udah pengalaman banget di dunia gaming gear melalui lini ROG (Republic of Gamers) dan TUF Gaming. Pabrikan asal Taiwan ini menghadirkan teknologi pendingin yang mumpuni agar gamer nggak ngalamin frame rate drop pas lagi asik-asiknya ngegame.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro: Beneran Jawaranya Kelas Menengah?

Nah rahasia pada Asus ROG Phone 3 review buat menjinakkan panas ini adalah Gamecool 3! Solusi pendinginan Gamecool 3 di ROG Phone 3 dengan heatsink berkuran 6x lebih gede dari ROG Phone sebelumnya untuk menyerap panas. Selain itu, Asus mendesain ulang 3D vapor chamber agar proses pembuangan panas lebih efektif. ROG Phone 3 ini juga dilengkapi frame aluminium yang turut membantu meredam panas. Kalau masih kurang dingin, ada aksesoris AeroActive Cooler 3, tapi nggak ikut dipinjemin sama Asus, jadi nggak bisa nyobain hahaha…

Jadi selama sebulan lebih menggunakan Asus ROG Phone 3 ini, Tuxlin Blog sama sekali nggak mengalami masalah di sektor performa. Penggunaan sehari-hari seperti sosial media, komunikasi, streaming, dan sebagainya berlangsung lancar jaya. Kalian yang suka editing video, multitasking, dan tugas berat lainnya juga nggak masalah di ROG Phone 3. Game-game berat macam PUBG Mobile, Asphalt 9: Legends, Genshin Impact, ML, Call of Duty Mobile, dan sebagainya lancar jaya cuy! Tuxlin sendiri puas banget main Pokemon Go di hape ini hehehe… Berikut benchmark Asus ROG Phone 3 oleh Tuxlin Blog!

Device Info HW Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 17

Benchmark AnTuTu v8 Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 18

Benchmark Geekbench 5 Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 19

Benchmark PCMark Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 20

Benchmark 3DMark Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 21

Baca juga:Tronsmart Spunky Beat, Headset TWS Berkualitas dengan Chip Qualcomm QCC3020

Benchmark Basemark OS II Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 22

Benchmark Androbench Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 23

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 24

Kamera Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 25

Asus ROG Phone 3 emang hape gaming, sob! Eh tapi jangan dikira fitur lain macem kamera nggak diperhatiin. Bahkan kamera juga menjadi salah satu daya tarik pada Asus ROG Phone 3 review menurut Tuxlin Blog! Asus nggak main-main lho dengan kamera ROG Phone 3 ini dan mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan ROG Phone II yang tak lain adalah pendahulunya.

Smartphone gaming Asus ROG Phone 3 ini mengandalkan tiga buah kamera belakang atau triple camera. Kamera utama berkekuatan 64 megapiksel dengan enam elemen lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Sony IMX686 1/1.7 inci 0.8um piksel yang diperkuat fitur 2×1 OCL phase-detection autofokus, AI scene, dan LED flash. Sensor yang sama masih digunakan di ROG Phone 5 lho… Jadi mungkin hasil jepretannya nggak jauh beda sama generasi yang lebih baru hehehe… 🤣

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor OmniVision OV13855 berukuran 1/3.06 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 11mm aperture f/2.4 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 125 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor OmniVision OV8856 1/4 inci lensa f/2.0 berfungsi sebagai dedicated macro.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro: Terbaik di Kelasnya, Tapi…

Buat jamaah narsisiyah, nggak perlu khawatir ritual selfie bakal terganggu karena kamera depan Asus ROG Phone 3 cukup mumpuni di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 24 megapiksel dengan sensor Omnivision OV24B1Q 1/2.8 inci 0.9 piksel dengan lensa 27mm aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna.

Kamera belakang Asus ROG Phone 3 mampu merekam video dengan resolusi 8K@30fps, 4K@30/60/120fps, 1080p@30/60/240fps, dan 720p@480fps. Sedangkan kamera depannya mampu merekam video hingga resolusi full HD. Ada juga fitur HyperSteady yang dapat meredam getaran dan guncangan saat merekam video sambil jalan atau lari dengan memanfaatkan EIS (Electronic Image Stabilization).

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 26

Pada Asus ROG Phone 3 review kali ini, aplikasi kamera bawaannya masih sama seperti smartphone Asus sebelumnya yakni Zen UI Camera atau bisa disebut juga Asus Camera. Bagi yang udah pernah menggunakan Zenfone 5 ke atas, pasti cukup familiar dengan antarmuka di atas. Tampilannya mudah dimengerti dan simpel dengan viewfinder di tengah dan diapit dua menu pada sebelah kanan dan kiri.

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 27

Mode yang disediakan kamera Asus ROG Phone 3 ini lumayan lengkap dan kita bisa pilih melalui menu rolodex sebelah kanan. Beberapa mode yang disediakan antara lain adalah Time Lapse, Slow-Mo, Motion Tracking, Video, Photo, Portrait, Pano, Night, dan Pro. Mode Pro di ROG Phone 3 ini juga bukan kaleng-kaleng lho… Kita bisa atur macem-macem seperti ISO, fokus, lensa yang digunakan, EV, shutter speed, dan white balance. Lalu bagaimana kualitas jepretan kamera hape gaming ROG Phone 3 ini? Cekidot dulu hasil jerpretannya, sob!

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone Max Pro M2: Meningkat Signifikan!

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 Portrait Mode

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 Macro

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 Malam Hari

Baca juga:Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin!

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 Night Mode

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 59
Night mode on
Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 60
Night mode on

Hasil Foto Kamera Asus ROG Phone 3 Malam Hari dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Asus ROG Phone 3

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Asus ROG Phone 3

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Asus ROG Phone 3

Udah lihat kan bagaimana kualitas jepretan kamera Asus ROG Phone 3? Yah memang sejak awal dirancang untuk gaming, tetapi kamera yang diusung sama sekali nggak kaleng-kaleng. Secara umum memang kualitasnya belum menyamai smartphone flagship terkini, tapi ini udah menunjukkan kelasnya sebagai smartphone premium. Saat siang hari, kamera Asus ROG Phone 3 mampu menghasilkan foto dengan detail yang tinggi, warna yang punchy, fokus yang ngebut, dan dynamic range yang luas. Pokoknya udah muasin mata Tuxlin Blog deh… 😍

Mode portrait pada Asus ROG Phone 3 review juga memuaskan karena separasinya cukup rapi dan detailnya masih lumayan tinggi, sob. Buat temen-temen yang suka foto macro pakai smartphone, Asus ROG Phone 3 ini bener-bener bisa diandalkan lho… Selain fokusnya ngebut dan akurat, hasil foto macro-nya juga memuaskan banget karena detailnya tinggi dan warnanya itu lho… Nendang! 👍🏼

Baca juga:Pengalaman Pakai Monitor Dell S2419H, Ternyata Kayak Gini…

Nah yang bikin Tuxlin Blog cukup terkejut adalah kamera Asus ROG Phone 3 ini ternyata juga bisa diandelin pas malam hari lho… Lihat aja sampel malam hari di atas, fotonya masih mampu menghasilkan saturasi warna yang cukup baik, nggak pudar. Harus diakui kalau kadang sumber cahaya kadang mleber atau blown gitu, ini bisa dimaklumi. Detailnya emang nggak sebagus pas siang, tapi kualitasnya bisa banget buat dibagikan di sosial media… Mode Night yang tersedia di Asus ROG Phone 3 cukup ampuh untuk menghasilkan foto malam yang memuaskan. 👍🏼

Buat penggemar selfie, kamera depan Asus ROG Phone 3 juga mampu menghasilkan foto selfie yang sesuai harapan dengan detail yang memadai dan warna yang cukup natural. Karakternya emang agak soft dikit, tapi malah bagus karena jerawat dan flek di wajah bisa tersamarkan hahahaha… *ketawa jahat* 😜 Buat foto portrait, kualitas kamera depannya juga bagus kok… Separasinya rapi, cuma kadang efek bokeh-nya kayak kurang natural.

Kualitas kamera ultra-wide angle pada Asus ROG Phone 3 review juga nggak kaleng-kaleng lho… Foto wide angle pas siang hari juga sukses memuaskan mata Tuxlin Blog dengan field of view yang luas, tajam, detail yang memadai, dan dynamic range yang luas. Karakter warna yang dihasilkan relatif sama dengan kamera utama, yakni agak punchy. Kalau pas malam hari, penurunan kualitasnya lumayan tajam… Akan tetapi masih lumayanlah.

Kalau sebelumnya Tuxlin berpendapat kalau kamera dedicated macro di smartphone itu nggak berguna karena foto yang dihasilkan jelek, maka pernyataan ini Tuxlin revisi pas Asus ROG Phone 3 review! Hasil jepretan kamera dedicated macro-nya nggak jelek… Akan tetap lumayan lah… Detailnya dapet, warna nggak pudar, dan masih oke punya kalau dipamerin di Facebook atau Twitter.

Baca juga:Pokemon Go, Game yang Masih Asik Banget Dimainkan!

Asus ROG Phone 3 Review

Asus ROG Phone 3 Review

Layar

Layar adalah salah satu keunggulan Asus ROG Phone 3 karena udah menggunakan teknologi AMOLED yang udah dikalibrasi, sehingga warna yang tampil sangat akurat. Nggak cuma itu, pengalaman bermain game di Asus ROG Phone 3 berasa sangat smooth karena refresh rate layarnya mencapai 144Hz dan yang Tuxlin suka adalah refresh rate ini bisa kita atur sesuai kebutuhan.

Gak cuma refresh rate tinggi di kelasnya, layar ROG Phone 3 ini juga didukung 270Hz touch-sampling rate yang dipadukan dengan 25ms touch latency bikin layarnya sangat sensitif dan responsif! Selama proses uji pakai, layar Asus ROG Phone 3 ini emang juwarak! Main game dan nonton konten multimedia berasa lebih menyenangkan, respon touchscreen ngebut, dan ketika dipakai di bawah sinar matahari tetep josss!

Audio

Sejauh ini belum ada smartphone yang suara speaker stereonya sebagus dan semantap Asus ROG Phone 3 menurut Tuxlin Blog. Suara yang dihasilkan kedua speakernya kenceng banget, jernih, dan bertenaga! Kita nggak cuma disuguhi suara treble dan mid seperti kebanyakan speaker ponsel, tetapi juga terdengar suara bass yang bikin musik terdengar lebih bertenaga.

Tuxlin seneng banget nonton film action atau dengerin musik pakai Asus ROG Phone 3, soalnya berasa banget imaging atau efek stereo-nya yang berpindah dari channel kanan dan kiri! Kalau Cuma buat dengerin musik di kamar, Tuxlin Blog cukup pakai speaker bawaan ROG Phone 3 ini udah puas, nggak perlu pakai speaker Bluetooth lagi. Sayangnya, nggak ada port audio 3,5mm. Untungnya, Asus menyediakan konverter USB Type-C t audio 3,5mm buat dengerin musik pakai headset.

Baca juga:Sony SRS-XB01 Review: Jernih Banget dan Detail!

Memori

Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan! 84

Pada Asus ROG Phone 3 review kali ini memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 93,4GB. Sedangkan free RAM ponsel gaming besutan vendor asal Taiwan ini rata-rata 4,3GB – 4,6GB. Ponsel ini mendukung USB OTG, tetapi tidak dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Sama seperti generasi sebelumnya, ROG Phone 3 dibekali dengan baterai berkapasitas 6000mAh dan fitur fast charge dengan nama HyperCharge dengan daya 30W. Selain itu, ROG Phone 3 juga mendukung standar fast charge lain seperti Power Delivery dan Qualcomm Quick Charge 4+. Daya tahan baterai ROG Phone 3 selama Tuxlin pakai buat komunikasi sehari-hari, sosial media, streaming, dan kegiatan non gaming bisa tahan rata-rata 2 hari atau bahkan lebih!

Tuxlin Blog juga iseng main Pokemon Go secara intensif di Asus ROG Phone 3 ini dan baterainya ternyata bisa tahan seharian penuh, dahsyat! Sebelumnya kalau main Pokemon Go, musti bawa power bank hehehe… Oiya, pengisian daya baterai Asus ROG Phone 3 dari 5% ke 100% butuh waktu sekitar 1 jam 20 menit, lumayan ngebut kan ya?

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Asus ROG Phone 3 ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Lock GPS juga terbilang gegas tanpa masalah dan tentu saja cukup akurat. Performa sensor sidik jari di layar atau underscreen fingerprint sensor milik Asus ROG Phone 3 bisa diandalkan. Begitu juga dengan face unlock, bekerja dengan baik tanpa masalah.

Kesimpulan

Secara umum, Asus ROG Phone 3 memang merupakan smartphone gaming yang nggak ada lawan. Nggak cuma mengandalkan performa yang powerful, ROG Phone 3 ini sanggup menghasilkan performa yang konsisten dalam waktu lama, eksositem gaming yang lengkap, fitur pendukung gaming yang lengkap, dan daya tahan baterai mumpuni.

Baca juga:Daripada AirPods Abal-Abal, Mending Pakai QCY T7!

Kelebihan Asus ROG Phone 3

  • Performa kencang dan stabil untuk gaming
  • Fitur pendukung gaming super lengkap
  • Layar AMOLED refresh rate 144Hz smooth banget
  • Speaker stereo-nya mantap jiwa!
  • Daya tahan baterai andal dengan fast charge 33W
  • Kamera bisa diandalkan

Kekurangan Asus ROG Phone 3

  • Ukuran besar dan agak berat
  • Tidak dilengkapi port audio 3,5mm
  • Terasa agak panas kalau pas gaming intensif

Anda mungkin suka:Review Poco F2 Pro: Smartphone Bertenaga Snapdragon 865 Termurah!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

6 Replies to “Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan!”

  1. Asus ROG Phone 3 beli di mana gan? Kok kayaknya udah jarang ya di e-commerce… Apa mending nungguin ROG Phone 5 sekalian 😂

  2. Wah kayaknya hapenya bedar banget ya… Kurang cocok kali ya buat tangan cewek kayak akyu 😅

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *