Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Sony SRS-XB01 Review: Jernih Banget dan Detail!

3 min read

Sony SRS-XB01 Review: Jernih Banget dan Detail! 1

Sony SRS-XB01 Review: Jernih Banget dan Detail! – Halo Pembaca! Apa yang pertama kali terbesit dalam benak kalian pas denger nama Sony? Tuxlin kok langsung inget tetangga namanya Sony yang suka ngutang wkwkwk… *canda 🤣 Pas denger nama Sony, pasti pada keinget produk elektronik berkualitas tinggi, terutama audio. Yoi, nggak cuma di dunia fotografi saja Sony punya nama mentereng, tepi juga di dunia audio. Nah maka dari itu kali ini Tuxlin Blog bakal bahas salah satu produk mereka, yakni speaker portabel Sony SRS-XB01. Awalnya Tuxlin penasaran, kok speaker sekecil Sony SRS-XB01 ini kok harganya nyaris 400 ribu?

Guna mengobati rasa penasaran, makanya Tuxlin Blog mencoba memboyong speaker Sony SRS-XB01 ini. Yah kalau dibandingkan merk lain dengan harga yang sama, udah dapat yang ukuran dan power sedikit lebih gede! 🧐 Ukuran boleh kecil, tapi nama Sony nggak bisa dianggap enteng. Penampilan speaker ini emang ceria banget karena tersedia dalam beberapa varian warna yang colorful! Nggak cuma itu, speaker bluetooth portabel Sony SRS-XB01 ini juga tangguh dan memiliki kemampuan tahan cipratan air, lho! Penasaran kayak gimana speaker mungil ini? Simak Sony SRS-XB01 review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Sony SRS-XB01 Review: Jernih Banget dan Detail!

Spesifikasi Sony SRS-XB01

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 37,5mm x 1
  • RMS: 4Ω 3W x 2 THD=1%
  • Frequency Response: 120Hz – 20KHz
  • Signal to noise ratio 63dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Water resistant dengan sertifikat IPX5
  • Dilengkapi port aux
  • Baterai built-in lithium battery, hingga 6 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 81,5 x 57,5 x 56,5 mm
  • Berat 160 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Blue

Anda dapat membeli atau cek promo Sony SRS-XB01 di Sini (Klik)

Paket Penjualan Sony SRS-XB01

Sony SRS-XB01 Review: Jernih Banget dan Detail! 2
  • Speaker Sony SRS-XB01 warna Blue
  • Kabel microUSB
  • Tali

Baca juga:Pengalaman Hampir Setahun Pakai Smartwatch Amazfit GTR

Desain Sony SRS-XB01

Sony SRS-XB01 Review: Jernih Banget dan Detail! 3

Ya walaupun membawa nama besar Sony, penampilan atau desain speaker Sony SRS-XB01 tergolong biasa saja menurut Tuxlin Blog. Apa gegara Tuxlin belinya yang harganya paling murah kali ya? 😅 Seperti yang kalian lihat, Sony SRS-XB01 ini hadir dengan bentuk muka oval yang nyaris bulat. Speaker murah merk sebelah juga banyak yang mengusung bentuk kayak gini, makanya desain bukan menjadi daya tarik utama Sony SRS-XB01 review menurut Tuxlin kali ini.

Hal yang agak mengagetkan Tuxlin Blog adalah material yang digunakan oleh speaker Sony SRS-XB01 ini, yakni plastik! Sebenarnya nggak ada yang salah sama plastik, cuma yang dipakai Sony SRS-XB01 jauh dari kesan mewah, malah cenderung merakyat seperti caleg 🤣 Pas pertama kali Tuxlin pegang, lah kok gini ya… Jujur aja berasa agak murahan gitu, hehehe… Eh tapi berasa solid dan kuat kok.

Bagian yang menarik dari desain Sony SRS-XB01 sebenarnya adalah warnanya yang colorful. Kebetulan unit yang Tuxlin beli berwarna biru dan varian warna lainnya nggak kalah colorful sebenarnya. Ini bisa jadi nilai tambah atau daya tarik dari Sony SRS-XB01, soalnya merk sebelah rata-rata warnanya cuma gitu doang. 🤔 Btw speaker ini lumayan tangguh dan tahan cipratan air dengan sertifikat IPX5. Penasaran? Ini tampang Sony SRS-XB01 lebih dekat,

Baca juga:Realme Buds Classic, Headset Murah yang Cocok untuk Basshead

Pada ulasan speaker bluetooth Sony SRS-XB01 review oleh Tuxlin kali ini, sisi depan dipenuhi dengan speaker grill yang di dalamnya terdapat LED indikator. Ada logo Sony berukuran cukup besar ada sisi kiri. Sedangkan pada sisi kanan terdapat port AUX dan port microUSB untuk charging yang ditutup oleh karet kedap air. Selain itu juga ada lubang untuk pasang gantungan.

Pada bagian belakang speaker wireless Sony SRS-XB01 ini terdapat passive bass radiator yang ketutupan bodi. Meski demikian, itu kelihatan soalnya bagian atas speaker ini ada rongganya hehehe… Sementara bagian atas speaker ini terdapat tombol power, tombol volume minus, tombol play/pause, dan tombol volume plus.

Video Unboxing Sony SRS-XB01

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Sony SRS-XB01 Review

Sony SRS-XB01 Review

Tuxlin Blog awalnya agak ragu mamu meminang Sony SRS-XB01 buat diulas di blog ini, mengapa? Soalnya harganya lumayan mahal dan cuma dapat speaker dengan power 3W 😅 Andai beli merk lain dengan harga yang sama, mungkin udah dapat yang powernya jauh lebih besar atau bahkan udah dual driver dan bisa menghasilkan efek stereo. Berhubung Tuxlin penasaran berat sama Sony SRS-XB01 ini, ya udah beli aja dah…

Baca juga:Pengalaman Setahun Pakai Speaker Harman Kardon Onyx Studio 3

Kualitas Suara

Impresi awal Tuxlin Blog nyobain speaker portabel Sony SRS-XB01 ini adalah jernih banget! Yakin deh… Mungkin nggak banyak speaker bluetooth dengan harga segini yang menawarkan clarity kayak Sony SRS-XB01 ini. 😍 Sayangnya nih ya, berhubung powernya kecil ya volume yang dihasilkan nggak terlalu kenceng. Setidaknya sih udah cukup buat dengerin musik di kosan atau ruangan yang nggak terlalu luas.

Treble yang cring dan jernih sebening kristal ini bisa jadi keunggulan pada Sony SRS-XB01 review kali ini! Karakter treble-nya nggak cuma jernih, tapi juga renyah, detail, dan nggak tajem… Empuk banget dikuping. Pas dengerin lagu macam Sever The Hands milik Trivium atau Nemesis milik Arch Enemy, suara cymbal dan temen-temennya terdengar enak banget di kuping kaleng Tuxlin Blog 👍🏼

Nggak cuma treble yang jernih banget, Sony SRS-XB01 ini juga mampu menghasilkan suara vokal yang maju, jelas, dan sangat jernih. Ini asik banget buat temen-temen yang suka dengerin lagi Pop, akustik dan lagu lain yang mengedepankan vokal… Apalagi pas denger lagu Supremacy milik Tarja Turunen, nada tingginya mampu disajikan dengan mantap dan sukses bikin Tuxlin merinding hehehehe…

Ya mungkin bass di speaker Sony SRS-XB01 nggak bisa dibanggakan, tapi juga nggak jelek banget. Buat basshead, mendingan jangan pilih speaker ini deh hehehe… Bass yang dihasilkan sebenarnya lumayan terdengar dengan kuantitas yang sepadan dengan ukurannya, tetapi emang kurang mendalam sih… Selain itu juga nggak ada efek jedag-jedugnya hehehe… Btw, bass-nya lumayan responsif lho… Buat muter lagu dengan dobel kick drum yang ngebut, masih bisa ditangani sama Sony SRS-XB01.

Meski ukurannya kecil dan powernya kecil pula, tapi semangatnya besar… *eh ini apaan yak 😅 Separasi antar instrumen yang dihasilkan Sony SRS-XB01 lumayan untuk ukuran sekecil ini. Buat muter lagu kayak Storytime milik Nightwish atau Unlock The Key milik Isyana, suaranya masih enak di dengar dan nggak berasa ruwet atau bertumpuk gitu… Daya tahan baterai pada Sony SRS-XB01 review kali ini lumayan, bisa tahan 4 sampe 5 jam, tergantung volume.

Baca juga:Vivan VS1 Review, Speaker Bluetooth Murah Fitur Komplet

Kesimpulan

Secara umum sih Tuxlin Blog puas dengan performa dan kualitas suara yang dihasilkan oleh Sony SRS-XB01, jernih banget! Ini cocok banget buat dengerin lagu-lagu pop atau akustikan hehehe… Cuma materialnya emang jauh dari kesan mewah dan volumenya berasa kurang kenceng. Meski demikian, Sony SRS-XB01 layak kok dipertimbangkan. 😁

Kelebihan Sony SRS-XB01

  • Kualitas suara jernih banget
  • Ukuran ringkas dan ringan
  • Build quality solid dan tahan cipratan air

Kekurangan Sony SRS-XB01

  • Harga agak mahal
  • Suaranya kurang kenceng

Anda mungkin suka:Review Fiil T1XS, TWS Impian dengan Kualitas Suara Mantap


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *