Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin!

6 min read

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 1

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! – Halo Pembaca! Masih ada yang ingat merk Nokia? Yoi, brand asal Finlandia ini dulu menguasai pasar ponsel selama 14 tahun lamanya lho… Dulu kalau ada orang punya hape Nokia terbaru, bangganya minta ampun πŸ€¦β€β™‚οΈ Roda berputar, Nokia kini kalah tenar dengan brand Tiongkok seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo. πŸ€” Btw, Nokia masih hidup kok genks! Brand yang terkenal dengan tagline Connecting People ini sekarang berada di bawah naungan HMD Global. Salah satu smartphone andalannya di kelas entry-level adalah Nokia 2.2 yang notabene adalah Android One termurah di Indonesia saat ini.

Sebenatnya Nokia 2.2 ini nggak baru-baru amat di pasar Indonesia. Informasi yang Tuxlin himpun, Nokia 2.2 pertama kali diperkenalkan pertengahan 2019 kemarin. Sekarang harganya udah turun dari harga resminya, jadi sekitar Rp 1,1 – 1,3 juta-an saja. Kelebihan utama Nokia 2.2 menurut Tuxlin Blog adalah menggunakan platform Android One yang mendapat jaminan update selama 2 tahun dari Google, kece kan? Hape 1 juta-an mana ada yang dapat update sekarang ini? 🀣🀣 Daripada penasaran, langsung saja simak review Nokia 2.2 olleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin!

Spesifikasi Nokia 2.2

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan platform Android One
  • Chipset MediaTek Helio A22 MT6761 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis PowerVR GE8320
  • Kamera belakang 13 megapiksel, sensor BSI, autofokus, sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2 dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel dengan sensor 1/5 inci 1.12um piksel, fixed focus, sensor BSI, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh 5,7 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1520 x 720 pixels, kerapatan 295 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 146 x 70.6 x 9.3 mm dengan berat 153 gram
  • Baterai 3000mAh non-removable
  • Warna Steel dan Tungsten Black

Anda dapat membeli atau cek promo Nokia 2.2Β di Sini (Klik)

Paket Panjualan Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 2
  • Handset Nokia 2.2 Tungsten Black
  • Charger
  • Kabel microUSB
  • Handsfree/headset
  • Manual
  • Kartu garansi
  • Bonus SP XL Axiata

Desain Nokia 2.2

Desain Nokia 2.2

Saat pertama kali pegang ponsel Nokia 2.2 ini, kesan pertama Tuxlin Blog adalah ringkas bingits! Ini hape ukurannya kecil kalau dibandingkan dengan smartphone masa kini yang kian besar πŸ€¦β€β™‚οΈ Bagi konsumen yang butuh smartphone dengan ukuran yang sangat ringkas dan nyaman masuk saku, Nokia 2.2 ini salah satu kandidat utamanya 😎 Ukurannya kecil karena layar sentuhnya juga kecil, yakni cuma 5,7 inci.

Pada review Nokia 2.2 kali ini, ponsel Android One besutan HMD Global ini menggunakan konsep desain teardrop atau waterdrop dengan menyertakan poni minimalis pada bagian atas layar. Bezel sekeliling layarnya nggak terlalu tipis sih, tapi masih oke lah… Nokia 2.2 ini dibalut dengan casing berbahan plastik yang menggunakan finishing glossy. Btw, finishing glossy ini emang kelihatan cakep, tetapi jadi fingerprint magnet alias gampang kotor kena jejak sidik jari.

Harus diakui kalau Nokia 2.2 ini jauh dari kesan mewah. Akan tetapi juga ngga berasa murahan juga cuy… Build quality-nya relatif solid dan terasa cukup kuat. Casing plastiknya ini terasa agak lentur, tetapi kuat. Bobot ponsel Android One murah ini juga terbilang ringan. Penasaran? Berikut tampang Nokia 2.2 lebih dekat… πŸ€”

Baca juga:Review Kamera Infinix Hot 8, Masih Seperti yang Dulu…

Pada review Nokia 2.2 oleh Tuxlin Blog kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar HD+ 2.5D berukuran 5,7 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Nokia 2.2 ini sudah mengadopsi on-screen button seperti smartphone terkini lainnya.

Sayangnya, layar smartphone Android One paling murah Nokia 2.2 sudah berkontur 2.5D ini nggak dikasih dengan proteksi antigores seperti Gorilla Glass atau sejenisnya. Makanya Tuxlin menganjurkan untuk memasang pelindung berupa tempered glass biar nggak gampang tergores dan lebih aman kalau jatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Nokia 2.2 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tombol khusus untuk memanggil Google Assistant. Nokia 2.2 ini mengusung gaya oldschool genks, soalnya casing belakang dan baterainya bisa dilepas. Ada dua slot SIM card dan slot microSD. Nggak perlu sibuk nyari tusukan ya gaes kalau mau ganti SIM card.😁

Sedangkan bagian belakang ponsel Nokia 2.2 ini terdapat sebuah kamera yang ditemani LED flash di bawahnya, speaker grill, dan logo Nokia dan Android One. Merek asal Finlandia yang legendaris ini menempatkan port microUSB dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Nokia 2.2

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia yaΒ di Sini (Klik)

Antarmuka & Fitur Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 9

Pembaca Tuxlin Blog yang suka sama Android pure alias Android murni tunjuk jari? Pasti banyak… Dulu sih Tuxlin nggak suka sama Android murni yang terlalu “sepi” dan minim fitur. Eh sekarang malah ikutan suka Android pure, soalnya sekarang lagi musim vendor pasang iklan di hape… Itu hape apa papan reklame? *lirik merk X sama I πŸ™„πŸ˜

Nah Nokia 2.2 ini walau harganya cuma sejutaan, dia udah mengusung platform Android One! Yoi, platform ini dikembangkan Google untuk menghadirkan pengalaman menggunakan Android di segmen menengah dan entry-level dengan jaminan update selama 2 tahun mendatang. Nokia 2.2 saat ini menggunakan OS Android 9.0 Pie dan dipastikan bakal dapat upgrade ke Android 10. Kira-kira merk sebelah ngasih update model begini nggak ya? *lirik lagi merk sebelah 😝😝😝

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 10

Tampilan Android pure pada review Nokia 2.2 ini terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Tampilannya khas banget Android murni genks, tanpa tambahan atau rekayasa hehehe… Kita bisa mengakses toggle shortcut dan notifikasi dengan cara swipelayar dari atas ke bawah. Sedangkan untuk akses app drawer cukup swipe layar dari bawah ke atas. Gampang kan?

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 11

Fitur yang disediakan oleh Android pure di smartphone Nokia 2.2 ini nggak selengkap custom UI seperti Realme UI, MIUI, XOS, dan sejenisnya. Setidaknya, pengguna nggak akan terganggu dengan hadirnya iklan hehehe… Beberapa fitur andalan Nokia 2.2 antara lain adalah notification dots, night light schedule, mode battery saver, split screen, adaptive brightness, adaptive baterai, Ambient Display, Digital Wellbeing, dan sebagainya.

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 12

Bloatware? Hah…? Makhluk apa itu? hahaha… Pengguna Nokia 2.2 ini nggak bakal ketemu bloatware atau aplikasi bawaan yang nggak guna. Saat pertama kali Tuxlin hidupkan, aplikasi bawaannya cuma Google Apps saja yang terinstal, plus tambahan aplikasi PicMix. Itupun kalau nggak kepake, PicMix dapat di-uninstal πŸ˜€

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 13

Secara umum, Android pure atau antarmuka Android murni yang digunakan oleh Nokia 2.2 ini merupakan kelebihan tersendiri. Tampilannya simpel dan mudah digunakan, performanya kencang, dan bebas bloatware. Satu lagi, nggak menampilkan iklan! Fitur dan utilitasnya memang nggak terlalu lengkap sih 😁

Anda mungkin suka:Review Vivo Y19: Ponsel Menengah yang Patut Diperhitungkan

Performa Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 14

Sebagai sebuah smartphone entry-level, performa tentu bukan menjadi sektor yang diunggulkan pada review Nokia 2.2 kali ini. Kalau butuh performa kenceng, tentu budget-nya nggak bakalan cuma sejutaan kan? πŸ˜‹ Meski performanya bisa dikatakan sangat standar, Nokia 2.2 ini tetep pantes dilirik menurut Tuxlin Blog. Begini-begini, Nokia 2.2 ini smartphone Android One termurah lho 😎

Smartphone Android One Nokia 2.2 ini didukung chipset MediaTek Helio A22 MT6761 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8320. Ini chipset yang sama dengan yang dipakai Infinix Smart 4 yang notabene salah satu pesaing terdekatnya.

Sebagai tambahan informasi, chipsetΒ Helio A22Β andalan MediaTek yang digunakan oleh Nokia 2.2 ini diluncurkan awal tahun 2018 dan sudah menggunakan teknologi 16nm dan didesain untuk pasar entry-level alias smartphone murah. Helio A22 mendukung penggunaan memori LPDDR4x-3200, serta didukung modem LTE Cat.7 untuk download dan LTE Cat.13 untuk upload.

Performa smartphone Android One termurah besutan HMD Global ini sebenarnya nggak mengecewakan untuk harga segini. Tuxlin Blog pakai Nokia 2.2 selama dua minggu, nggak ada lag yang mengganggu. Ya memang buka tutup aplikasi dan menu nggak berlangsung secepat yang Tuxlin harapkan, tetapi masih tergolong enak kalau cuma buat main sosmed, kepoin mantan atau sekadar streaming YouTube.

Bagi gamer dengan budget cekak, Nokia 2.2 ini masih sanggup lho memainkan beberapa game terkini. Thanks to RAM yang gedenya udah 3GB, meski prosesor dan grafisnya pas-pasan hehehe… Siapa sangka Nokia 2.2 ini masih sanggup mainin game kekinian macam PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Mobile Legends, dan sebagainya? Tetapi dengan kualitas grafis yang nggak sebagus ponsel yang lebih mahal. πŸ€”

Baca juga:Review Kamera Vivo Y19: Lumayan Oke?

Bagi pemuja skor AnTuTu, siap-siap dibuat gigit jari sama Nokia 2.2 ini. Soalnya skor yang dihasilkan nggak terlalu gede. Standar banget deh buat smartphone dengan harga sejuta lebih dikit. Penasaran? Berikut hasil benchmark Nokia 2.2 oleh Tuxlin Blog!

CPU-Z Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 15

Benchmark AnTuTu v8 Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 16

Benchmark Vellamo Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 17

Benchmark PCMark Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 18

Benchmark 3DMark Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 19

Benchmark Basemark OS II Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 20

Benchmark Androbench Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 21

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Nokia 2.2

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 22

Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi 8A: Smartphone Murah Berfitur Menengah

Review Nokia 2.2

Review Nokia 2.2

Nokia 2.2 adalah salah satu smartphone entry-level yang kelihatannya kalah tenar jika dibandingkan dengan merk sebelah yang sering ngadain flash sale itu… Padahal soal kualitas, Nokia 2.2 ini nggak kalah bagus.

Ponsel Nokia 2.2 punya kelebihan yang nggak dimiliki oleh pesaing terdekatnya, yakni antarmuka yang bersih dari iklan dan bebas bloatware, serta jaminan update selama 2 tahun! Nokia 2.2 dipastikan bakal dapat upgrade ke Android 10 coy! Nggak banyak lho hape sejutaan yang bisa begini πŸ˜ŽπŸ‘Œ

Layar

Smartphone Android One Nokia 2.2 ini dibekali dengan layar sentuh berteknologi panel IPS dengan ukuran mencapai 5,7 inci… Kualitas layar smartphone Android One termurah ini diluar dugaan Tuxlin Blog gaes, bagus warnanya! Layarnya cukup tajam dengan warna yang punchy… Viewing angle-nya juga luas. Mantap deh 😎

Respon touchscreen ponsel Nokia 2.2 ini nggak terlalu gegas. Kalau buat komunikasi sehari-hari sih nggak begitu ngaruh, tapi kalau buat ngegame mungkin agak kurang greget… Kalau dipakai di bawah sinar matahari, tampaknya layar Nokia 2.2 agak keteteran gaes…

Baca juga:Review Kamera Samsung Galaxy M30s Berkekuatan 48MP!

Audio

Pada review Nokia 2.2 kali ini, loudspeaker menghadap kebelakang ponsel. Ini artinya kalau ponsel diletakkan di bidang datar seperti meja, suaranya bakalan kurang optimal. Kualitas suara loudspeakernya sendiri lumayan jernih, tetapi kurang keras volumenya… Kalau dengerin musik pakai headset, kualitasnya lumayan oke. πŸ‘Œ

Memori

Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin! 23

Pada review Nokia 2.2 kali ini yang merupakan smartphone Android One termurah, memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 21GB. Sedangkan free RAM ponsel dengan kamera andal besutan vendor asal Finlandia ini rata-rata 1,4GB – 1,6GB.

Baterai

Salah satu sektor yang agak Tuxlin sayangkan adalah kapasitas baterai Nokia 2.2 ini adalah kapasitas baterainya yang tergolong kecil, yakni 3000mAh doang! Padahal harga segini udah banyak yang dibekali baterai 4000mAh atau bahkan lebih gede. Daya tahan baterai Nokia 2.2 ini susah untuk bertahan seharian penuh, paling banter sore udah minta cas dengan intensitas penggunaan sedang non gaming.

Lain-Lain

Konektivitas yang diusung oleh smartphone Android One Nokia 2.2 ini terbilang lengkap dan semuanya dapat berfungsi dengan baik. Lock GPS terbilang gegas dan akurat. Face unlock yang diusungnya lumayan, daripada nggak ada.

Kesimpulan

Secara umum, Nokia 2.2 adalah salah satu alternatif smartphone entry-level yang sangat laik dipertimbangkan. Ponsel ini adalah Android One termurah saat ini dan mendapat jaminan update hingga 2 tahun. Ini nggak dimiliki oleh pesaingnya.

Sayangnya, dukungan SoC MediaTek Helio A22 quad-core membuat performanya terbilang sangat standar di kelasnya. Selain itu, kapasitas baterai yang tergolong kecil untuk saat ini membuat daya tahan baterainya kurang bisa diandalkan.

Review kamera Nokia 2.2 baca di sini:Review Kamera Nokia 2.2: Masih Memadai?

Kelebihan Nokia 2.2

  • Harga sangat terjangkau
  • Jaminan update selama 2 tahun cuy!
  • Android pure bebas iklan dan bloatware

Kekurangan Nokia 2.2

  • Baterai pas-pasan
  • Performa pas-pasan

Anda mungkin suka:Review Infinix Hot 8 4/64GB: Layar Besar, Harga Bersahabat


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

2 Replies to “Review Nokia 2.2: Harga Murah, Update Terjamin!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *