Perjuanganku Buat Windows XP Pensiun!

Halo pembaca! Akhir-akhir ini banyak teman saya yang menggunakan windows vista/windows 7 dan tidak lagi menggunakan XP. Sedangkan komputer saya terinstall 4 os, Windows XP, windows 7, mandriva 2009.1 spring dan PCLinux OS 2009. Windows XP mendapat jatah partisi 20GB, windows 7 14GB (Sesak euy!), Mandriva 2009.1 6GB dan PCLinuxOS 9GB. Partisinya kecil2 coz hardisku cuma 160GB. Dari 4 os tadi ada 2 os windows, XP dan 7. Saya lebih menyukai windows 7 dibandingkan XP, selain itu, saya kurang maksimal dalam menggunakan windows 7, karena cuma kebagian 14GB. XP yang jarang saya gunakan malah dapet jatah 20GB. Akhirnya saya memutuskan untuk menggabungkan jatah partisi XP dan windows 7 untuk kemudian saya install windows.

Hal yang pertama saya lakukan adalah membakar iso image dari windows 7, karena DVD windows 7 saya hilang entah kemana. Urusan bakar-membakar cd/dvd saya percayakan pada jagoan saya dari linux, K3B. Saya pilih K3B karena hasil bakar-nya bagus, cepat dan sangat jarang sekali terjadi error. Namun apes pun tak dapat ditolak, entah kenapa K3B tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Akhirnya saya beralih ke windows 7 saya dan saya bakar iso image windows 7 menggunakan software bawaan microsoft. Hasilnya? Sukses sih, tapi lama banget bakarnya, hasil bakaran-nya lumayan, walau agak lama proses reading DVD-nya. Selesai burning DVD installer langsung saja saya masukin DVD ke DVD drive untuk melakukan ritual sesembahan install ulang. Booting melalui DVD sukses dan masuk ke menu partisi untuk menggabungkan partisi jatahnya XP dan windows 7. Penggabungkan tidak berjalan mulus, kedua partisi tersebut tidak mau digabung, yang muncul malah ‘unused space’ dan itu tidak dapat digunakan. Waduh kalo sudah begini mo pake software apa lagi buat nyatuin 2 partisi tadi, kan windows xp dan windows 7 nya dah diformat dengan mulus.

Setelah berpikir sejenak, langsung saja dapet wangsit ide untuk menggunakan live dvd linux! Langsung saja saya masukan dvd pclinuxos 2009 dan selanjutnya booting deh. Pclinuxnya tiba-tiba juga ikut mogok n gak mau booting lewat dvd, padahal dulu bisa! Terpaksa saya panggil nenek moyang pclinuxos, mandriva! Dvd mandriva langsung saya gunakan untuk live dvd… ups, saya baru ingat, dvd mandriva tidak dapat digunakan untuk live dvd ternyata! Waduh, makin pusing nih… mo instal uang aja susah amat. Kembali saya harus memutar otak untuk menggabungkan 2 partisi tadi. Akhirnya saya menggunakan jalan terakhir, apa? Memanfaatkan wizard instalasi mandriva linux untuk mengutak-atik partisi menggunakan diskdrake, SUKSES!!


Masuk ke langkah berikutnya, instalasi windows 7 ultimate bajakan petani edition! Iseng2 sata mode nya saya ubah dari native IDE ke AHCI, kata teman saya, AHCI lebih cepet! Setelah urusan AHCI selesai, langsung boot lewat dvd windows 7. Booting berjalan lancar, pembagian partisi juga lancar dan instalasi dimulai! *30 menit kemudian* kok masih 0% yah proses instalasinya? Perasaan kemarin temen saya menggunakan mode AHCI, instalasi cuma 30 menit, lha ini kok malah belum apa2? Saya segera utak atik stingan SATA mode di bios, barangkali ada setingan yang salah, hasilnya?? Tetep aja 0% saat instalasi. Saya putuskan untuk bertanya pada dukun google soal AHCI ini. Jawabanya? Kebanyakan hasil yang ditemukan google, bahwa kinerja AHCI dibeberapa chipset AMD bermasalah. Sebagai pengguna chipset AMD780G+SB700 harus menerima dengan lapang dada kenyataan ini. Temen saya yang pake AHCI ternyata menggunakan Chipset nforce 560 dan GeForce 8200, pantesan AHCI-nya ngebut!! Akhirnya instalasi berhasil dilaksanakan menggunakan konfigurasi ‘native IDE’. *35menit kemudian* akhirnya tampilan desktop windows 7 menyambut! Langkah selanjutnya adalah melakukan cracking legalisasi paksa windows 7 ultimate 32bit dan hasilnya manteb, ini dia screenshotnya….

desktopNie tampilan desktopnya, sedikit sentuhan biar tambah canik…

oemactivatedGenuine neh? hehehehehe…

Instalasi windows 7 sebelumnya, saya menggunakan crack jamu yang saya dapet dari indowebster.com, namanya ‘timer nuke’. Kalo pake timer nuke ini, activasinya gak beres, malah kalo digunain buat online jadi keluar deh watermark-nya. Akhirnya saya jalan-jalan lagi ke indowebster, eh dapet dah ‘jamu’ yang lebih cespleng dari timer nuke, selain status jadi activated, windows 7 ultimate petani edition ini juga bisa update loh… nie screenshotnya.

Untitled-1

Finally! Windows 7 resmi terinstall di komputer dan sepenuhnya menggantikan tugas windows XP sebagai partner berjuang menghadapi tugas-tugas kuliah yang makin menggila! Setelah perjuangan panjang, akhirnya sukses terinstal… Selain windows 7, ada dua OS lagi, mandriva 2009.1 Gnome dan PCLinuxOS 2009.2, dua-duanya gak kalah mantepnya sama windows 7. Okeh, sampe disini dulu posting kali ini, see u next time!


5 Comments

  1. alfa November 6, 2009
  2. Hanson7586 November 7, 2009
    • tuxlin November 7, 2009
  3. Gadgetboi November 8, 2009
    • tuxlin November 8, 2009

Add Comment

*