Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, Jagoan Baru Minus 4G LTE

8 min read

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG – Halo Pembaca! Akhirnya Tuxlin Blog berkesempatan untuk membahas review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG yang merupakan  jagoan kelas menengah baru besutan vendor asal Taiwan. Sayang beribu-ribu sayang, smartphone jagoan terbaru Asus ini minus 4G LTE (Long Term Evolution) alias mentok di 3G. Yah nggak papa lah…. Jaringan 4G LTE juga belum merata wkwkwkwkw… Tuxlin Blog sendiri sudah tercover jaringan 4G rasa 3G HSPA dari operator Smartprett hahaha….

Harga resmi smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG adalah Rp 2.099.000 untuk varian dengan ROM 16GB dan Rp 1.849.000 untul varian dengan ROM 8GB. Nah smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG yang mendarat di Tuxlin Blog adalah varian 8GB. Kenapa Tuxlin pilih yang varian 8GB?

Simpel saja, duitnya cuma pas buat beli yang varian 8GB hahahahaha… Nggak ding, melihat spek dan harganya, lebih worth beli yang 8GB kok… Kalau yang 16GB dengan harga segitu, mending pilih Alcatel Flash 2 atau Meizu M2 Note yang lebih gahar. Nah berikut ini tampang, spesifikasi, dan review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka ZenUI versi baru
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Adreno 306
  • Kamera 8 megapiksel laser-autofokus, lensa 28mm aperture f/2.0, dual-tone LED flash, PixelMaster. Kamera depan 5 megapiksel dengan lensa wide
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, TN TFT kapasitif LCD dilindungi Gorilla Glass 4
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 143.7 x 71.5 x 10.5 mm dengan berat 140 gram
  • Baterai 2070mAh lithium polymer
  • Warna Pure Black, Ceramic White, Glamour Red, Hairline Gold, dan Hairline Silver
  • Anda bisa membeli atau cek harga Asus Zenfone 2 Laser di Sini (Klik) atau install aplikasinya di sini (klik)

Paket Penjualan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Paket Penjualan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Yap pembelian smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG kali ini memang relatif nggak ada masalah… Cuma verivikasi pembayarannya aja yang lemot, sampai 2 hari belum verivikasi… Ya udah,. Tuxlin ajak tawuran aja CS-nya… Akhirnya verivied juga wkwkwkw… 😆 Setelah itu proses pengiriman lancar. Kurang lebih dua hari setelah pengiriman, smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG ini mendarat dengan selamat di Tuxlin Blog.

Langsung deh Tuxlin buka alias Unboxing. Wew! Mukanya sama kayak Zenfone lainnya wkwkwkw… Kalau misalnya Asus itu manusia, maka Zenfone itu bisa dikatakan anak kembar tapi nggak identik 😆 Sebenernya desainnya bagus, tapi kelau semua mirip-mirip ya eneg juga :mrgreen: Berikut paket pembelian smartphone Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG.

  • Handset Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Kartu garansi
  • Booklet manual

Baca juga:Review Speaker Bluetooth JBL Micro Wireless

Penampilan & Desain Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Desain Asus Zenfone 2 Laser ZE500KGDesain Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Seperti yang udah Tuxlin Blog ungkapkan di atas, tampang smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG ini nggak jauh beda sama smartphone Zenfone lainnya. Bagian muka alias depan smartphone ini mirip banget sama Zenfone 5, sedangkan bagian belakang udah pakai gaya Zenfone 2 dengan penempatan tombol volume di bawah lensa kamera. Terlepas dari kemiripan penampialnde gan Zenfone lainnya, sebenernya desain Zenfone 2 Laser ZE500KG (dan Zenfone pada umumnya) lumayan keren lho.

Bentuk sudut yang membulat, bagian bawah layar yang mengusung tekstur ala Zenbook, dan body belakang yang melengkung. WSarna-warni caing belakang juga lumayan menarik hati hahahahaha… Sayangnya, bezel atas bawah terlihat lumayan tebal. Casing belakang ponsel inio menggunakan finishing doff, sehingga nggak terlalu licin kalau kita pegang ponsel ini pas tangan basah… Btw habis ngapain tuh kok tangan basah? 😆

Bagian depan smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh berukuran 5 inci HD, dan tiga tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps. Sayangnya nih, tro tombol kapasitif tersebut nggak dikasi backlight, jadi musti meraba-raba kalau pas dipake ditempat yang gelap…

Nggak masalah sih, kadang meraba-raba itu lebih menantang Smile with tongue out  Kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel Zenfone 2 Laser ZE500KG ini adalah layarnya sudah dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 4! Jarang-jarang lho smartphone kelas menengah pake Gorilla Glass 4, rata-rata kan masih pada pake Gorilla Glass 3 atau malah nggak pake pelindung wkwkwkw…

Desain Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Bagian belakang Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini terdapat dual-tone LED flash, lubang kamera, laser, tombol volume rocker, dan speaker grill pada bagian bawahnya. Membuka casing belakang smartphone ini relatif mudah gan, asal tahu cara dan posisi yang tepat hehehehe…

Setelah casing belakang terbuka, terlihat baterai yang dapat dilepas atau bersifat removable, tombol volume yang diapit oleh Slot SIM 1 (microSIM), slot SIM 2 (microSIM), dan slot microSD.

IMG_20151026_130706_HDRIMG_20151026_130722_HDR

Asus menempatkan tombol power dan port 3,5mm pada sisi atas ponsel dan port microUSB pada bagian bawah ponsel Zenfone 2 Laser ZE500KG. Sedangkan sisi kanan dan kiri ponsel ini nggak ada apa-apa bray, polosan aja hehehehe… Smartphone ini menurut Tuxlin Blog lumayan ringan dan dimensinya lebih besar dari Xiaomi Mi 4i yang sama-sama mengusung layar 5 inci.

Secara umum, tampang Zenfone 2 Laser ZE500KG besutan Asus ini lumayan keren kok… Tapi… Yah pasti ada tapinya lah 😆 Akan tetapi desainnya itu mirip banget sama Zenfone yang lain, kan bosen juga kalau lihat tampangnya itu-itu saja.

Muka dari depan kayak Zenfone 5, kalau dari belakang kayak Zenfone 2 ZE550ML… Mungkin dalam rangka mengirit ongkos desain, desain lama aja digabungin hahahaha… Smile with tongue out Smartphone ini lumayan enak digenggam menurut Tuxlin karena bagian belakangnya yang agak melengkung.

Baca juga:Review Meizu M2, Smartphone 4G Berkamera 13MP

Tampilan Antarmuka Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Antarmuka Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Sama seperti Zenfone 2 ZE551ML yang pernah Tuxlin Blog review, smartphone Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini juga menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop dengan balutan antarmuka ZenUI yang kaya fitur dan kaya bloatware 😆 Secara umum dan sejauh penggunaan smartphone Zenfone 2 laser ini atau Zenfone 2 ZE551ML, banyaknya aplikasi bawaan aka bloatware ini sebenarnya nggak ganggu performa ponsel sih, tapi mengganggu kuota internet :mrgreen:

Gimana nggak bandwidth nightmare, baru aja unboxing Zenfone 2 Laser ZE500KG dan masukin akun Google, tak lama muncul notifikasi 60 aplikasi minta persetujuan update! Bener-bener nggak berperi-kuota-internetan! Asus nggak tau apa kalau kuota internet di Indonesia tercinta ini mahalnya kayak kampret Devil

Akan tetapi meski aplikasi bawaan ZenUI ini sangat banyak, sebenarnya memiliki fungsi yang bermanfaat kok… Akan tetapi kalau usernya nggak butuh kan juga menuh-menuhin space Smile with tongue out, Tampilan ZenUI di Android Lollipop pada smartphone Zenfone 2 Laser ini sama kok kayak ZenUI yang dipake di Zenfone 2 lainnya.

Kita akan disuguhi lockscreen, homecreen, dan menu drawer. Asus ZenUI ini menawarkan opsi kostumisasi yang cukup lengkap yang memungkinkan kita mengganti icon pack, themes, wallapaper, animasi transisi, dan banyak lagi.

Antarmuka Asus Zenfone 2 Laser ZE500KGHome3

Kostumisasi yang cukup luas pada antarmuka ZenUI ini bikin kita nggak gampang bosen bray… Misal bosen sama tampilan bawaan kan tinggal download aja theme baru. Theme yang warnanya pink plus ada gambar-gambar sok cute juga ada kok, tenang saja wkwkwkw Smile with tongue out

Soal fitur, Asus ZenUI ini patut diacungi jempol dah… Tuxlin Blog melihat banyak fitur yang cukup berguna di sini, sebut saja Kids Mode, Guest Mode, Do It Later, Mirror,  Easy Mode, Blue Light Filter, Zen Motion, dan banyak lagi.

Fitur Zen Motion memudahkan kita mengakses aplikasi atau fungsi tertentu dari ponsel dengan menggunakan touch gesture atau gerakan saat layar mati, misalnya double tap to wake, menggambar huruf W ke layar untuk meluncurkan aplikasi browser, dan banyak lagi.

Soal Zen Motion ini udah pernah Tuxlin Blog bahas kok, klik aja tautan berikut ini:Menjajal Fitur ZenMotion di Asus Zenfone 2 ZE551ML

Home4Home5

Aplikasi musik bawaan ZenUI pada smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG ini memang salah satu favorit Tuxlin Blog. Selain menawarkan antarmuka yang intuitif, aplikasi musik bawaan Asus ini juga memeiliki fasilitas lengkap. Disediakan equalizer dengan dukungan preset, enhancement, dan sebagainya.

Secara umum, Asus ZenUI yang terdapat pada ponsel Zenfone 2 Laser ZE500KG ini menawarkan fitur yang kayak, kostumisasi yang luas, dan tampilan yang intuitif. Namun, aplikasi bawaan yang sangat banyak ini adalah bandwidth nightmare bagi pengguna paket internet kuota… Asus harusnya lebih selektif lagi menanamkan aplikasi di ponselnya… Kalau nggak bikin repot user, musti hapus tuh aplikasi yang nggak kepake Smile

Performa Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Performa Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Kayak apa sih performa smartphone Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini? Yah kalau dilihat dari spesifikasi yang diusungnya, kinerja yang ditawarkan oleh ponsel ini nggak bakal jauh berbeda dengan Xiaomi Redmi 2 Prime atau Lenovo A6000 Plus gan, menurut Tuxlin…

Pabrikan asal Taiwan ini mempersenjatai Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang didalamnya mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz dan didukung memori RAM 2GB, serta diperkuat grafis atau GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 306.

Jelas kalau dilihat spesifikasi yang ditawarkan, smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG nggak bakal menarik di mata pengikut aliran pemuja skor AnTuTu yang sesat itu 😆 Yah akalau sama-sama pake Snapdragon 410 sih paling skornya nggak jauh dari angka 20 ribu-an kok wkwkwkw…

Masalahnya, harga Zenfone 2 Laser ZE500KG ini deket banget sama Meizu M2, Meizu M2 Note, dan Alcatel Flash 2 yang jelas-jelas mengusung spesifikasi dan kinerja yang lebih tinggi. Tuxlin sih berharap Asus bakal nurunin harga Zenfone 2 Laser ini, setidaknya setara dengan Redmi 2 Prime lah Smile. Berikut ini hasil benchmark dan review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG yang telah Tuxlin Blog lakukan.

Baca juga:Review Alcatel Flash 2, Ponsel 4G Elegan dengan Kamera Selfie Mumpuni

CPU-Z Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

CPU-Z

Benchmark Geekbench 3 Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Geekbench

Benchmark AnTuTu Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

AnTuTu

Benchmark Vellamo Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Vellamo

Benchmark Quadrant Standard Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Screenshot review kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG Tuxlin Blog15

Sensorbox for Android Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Screenshot review kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG Tuxlin Blog10

Multitouch Tester Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Screenshot review kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG Tuxlin Blog11

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

Jagoan baru Asus yang minus dukungan 4G LTE ini menawarkan hasil benchmark yang standar di kelasnya. Memang, raw power dari sebuah sistem dapat dilihat dari hasil benchmark-nya, tetapi semua itu tak akan berguna kalau optimasi software payah yang mengakibatkan berkurangnya pengalaman pengguna. Apakah Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini seperti itu?

Nggak juga. Smartphone ini mampu memberikan performa yang sangat nyaman untuk menjalankan aplikasi sehari-hari, buka tutup aplikasi dan navigasi menu berjalan dengan sangat smooth tanpa adanya lag. Meski kondisi aplikasi bawaan yang seabreg itu plkus masih ditambah aplikasi sosmed dan benchmark, Zenfone 2 Laser ZE500KG masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa.

Spesifikasi dapur pacu Zenfone 2 Laser ini tergolong standar dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang didalamnya mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz dan didukung memori RAM 2GB, serta diperkuat grafis dari Adreno 306. Ponsel ini mampu menghasilkan skor AnTuTu 22.514 poin, nggak jauh berbeda dengan Redmi 2 Prime dan Lenovo A6000 Plus.

Layar resolusi HD yang diusung oleh Zenfone 2 Laser ZE500KG ini mampu menghasilkan gambar yang tajam, warna yang punchy, dan sudut pandang yang luas… Maklum, IPS punya bro… hehehehe… Soal warna, kita bisa utak-atik settingannya melalui Asus Splendid.

Baca juga:Review Asus Zenfone 2 ZE551ML 2GB/16GB, Ponsel Kelas Menengah Bertenaga

Nggak cuma itu, layarnya dilindngi Gorilla Glass 4 generasi terbaru nih, nggak usah pake screenguard lagi deh hehehehe… Saat digunakan di bawah sinar matahari dengan setting brightness auto, performa layanrnya cenderung standar gan, respon auto brightness-nya juga agak lambat.

Kualitas audionya gimana nih? Awalnya Tuxlin Blog mengira speakernya bakal lirih kayak Zenfone 2 ZE551ML, ternyata kagak! Speaker smartphone ini mampu menghasilkan suara yang cukup kencang dan kualitas yang bagus menurut Tuxlin Blog. Karakter suara speaker Zenfone 2 Laser ZE500KG ini memang dominan treble sih, wajar itu… Mana mungkin speaker kecil gini bisa ngebass? hehehehe…

Tuxlin juga menjajal mendengarkan musik menggunakan headset Xiaomi Mi Piston 3, hasilnya? Mantap gan… Keluaran suaranya detail, vokal terdengar jelas, bass-nya lumayan nendang tapi nggak boomy, treble juga mantap… Smile Kalau ada yang kurang, masih bisa diutak-atik melalui menu equalizer.

Ada yang bilang Mi Piston 3 nggak optimal diluar gadget Xiaomi, salah tuh… nyatanya bekerja dengan baik di semua smartphone yang Tuxlin Blog uji, termasuk Zenfone 2 Laser ZE500KG ini.

memry

Asus membekali Zenfone 2 Laser ZE500KG ini dengan memori RAM berkapasitas 2GB dan saat pertama kalai dihidupkan, free RAM 1,2GB… Lumayan luas tuh. ZenUI yang diusung smartphone ini nggak terlalu rakus RAM. Akan tetapi, free RAM ini nggak usah dipikirin gan, udah ada yang mikirin kok 😆

Nah smartphone Zenfone 2 Laser yang Tuxlin Blog gunakan ini adalah varian 8GB yang mana saat pertama kali dihidupkan, ruang kosongnya hanya sekitar 3GB… Ini sih gegara kebanyakan aplikasi bawaan, jadi menuh-menuhin internal wkwkw 😆 Sama seperti keluarga Zenfone lainnya, ponsel ini juga mendukung USB OTG gan, bisa tancap flash disk dah Open-mouthed smile

Pabrikan asal Taiwan ini membekali Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan konektivitas yang cukup lengkap, yakni 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, GPS, dan dual SIM. Semua fitur konektivitas bekerja dengan baik, lock GPS juga ngebut gan… Sayangnya, kadang akurasinya ngaco, meski kemudian terkoreksi dengan sendirinya… :mrgreen: Baik SIM 1 maupu SIM 2 mendukung 3G HSPA secara bergantian.

Baca juga:Cara Upgrade RAM Laptop Dell Vostro 5470

Baterainya gimana gan? Dengan baterai berkapasitas 2070mAh, daya tahan yang dihasilkan ternyata cukup lumayan. Tuxlin menggunakannya dengan intensitas sedang, dual SIM aktif, dan sering motret, baterai tahan hingga seharian.

Suhu ponsel nggak terlalu panas. Panas itu sebenarnya adalah hal yang wajar gan, semua ponsel Android juga bakal panas kalau dipake main game atau kondisi sinyal yang buruk… Kecuali sampai overhet atau salah satu fungsinya terganggu, baru itu masalah Smile

Secara umum, review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini merupakan smartphone kelas menengah yang menonjolkan sektor kamera berkat kehadiran laser autofokus. Namun, fitur tersebut hanya berfungsi untuk membantu dan mempercepat fokus kamera, bukan meningkatkan kualitas hasil jepretan. Kualitas jepretan kamera ponsel ini standar menurut Tuxlin Blog.

Melihat spesifikasi yang ditawarkan, Tuxlin kok merasa Zenfone 2 Laser ZE500KG ini agak kemahalan yah? Spesifikasi secara umum kan setara dengan Redmi 2 Prime dan Lenovo A6000 Plus. Coba deh harga turunin dikit, pasti menarik deh…

Absennya dukungan 4G LTE dan desain yang nggak jauh berbeda dengan ponsel Zenfone lainnya adalah kekurangan Zenfone 2 Laser ZE500KG menurut Tuxlin Blog. Smartphone ini layak bersaing dengan Xiaomi Redmi 2 Prime, Lenovo A6000 Plus, dan Meizu M2. Ketiga pesaing terdekatnya itu dijual dengan harga yang lebih murah.

Review kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG bisa di baca di sini:Review Kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, Andalkan Laser Autofokus

Kelebihan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

  • Dilengkapi laser autofokus
  • Menggunakan antigores Gorilla Glass 4
  • Dijanjikan upgrade ke Android 6.0 Lollipop

Kekurangan Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

  • Tidak mendukung 4G LTE
  • Desain tak jauh berbeda dengan Zenfone lainnya
  • Mengusung banyak bloatware

Outro…

Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini memang terlihat menjanjikan kameranya gan, tapi jangan berharap terlalu tinggi dengan hasil jepretannya. Satu hal yang mengganjal, smartphone Zenfone 2 Laser ZE500KG varian 8GB ini dijual dengan harga resmi Rp 1.849.000 di Asus Store. Smartphone ini sudah dijual di pasaran offline dengan harga yang lebih mahal…

Di daerah Tuxlin Blog (Boyolali), harga Zenfone 2 Laser ZE500KG varian 8GB ini tembus 2 juta! Kan kampret tuh… Itulah sebabnya Tuxlin Blog lebih sering beli online Smile with tongue out. Sampai di sini dulu posting mengenai review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, semoga bermanfaat bagi pembaca semua Smile

Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi Note 3 Diluncurkan, Smartphone 4G LTE dengan Casing Metal


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

16 Replies to “Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, Jagoan Baru Minus…”

  1. kemarin saya juga tadinya kepengen hp ini. tpi minusnya di non 4g, banyak bloatware, dan harga offlinenya gila gilaan :mrgreen: . akhirnya saya milih a6k+ walaupun msi ketinggalan kitkat 😀 .
    baru nyicipin a6k+ ,eh lazada udh flash sale a6010 👿

  2. Kameranya zenfone 2 laser sama xiaomi redmi 2 bagusan mana gan ?

    Btw katanya redmi 2 dapet marshmallow , bener gak gan ?? , atau hanya custom rom ?

    1. kalau menurut saya sih bagus Redmi 2.

      Xiaomi belum mengumumkan itu. Sejauh ini baru Xiaomi Mi4 dan Xiaomi Mi Note saja yang dipastikan dapat Marshmallow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *