Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock

6 min read

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 49

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock – Halo Pembaca! Setelah hampir sebulan lebih Tuxlin menggunakan smartphone Honor 7A, kini saatnya berbagi dan dituangkan uneg-unegnya melalui artikel. Review Honor 7A kali ini menunjukkan impresi yang positif. Hal yang menarik bukan pada spesifikasinya, tetapi fiturnya yang lengkap dan kemampuan kamera gandanya gaes!

Salah satu fitur menarik dari Honor 7A adalah Face Unlock yang mana kita cukup mesem doang di depan layar dan lockscreen akan otomatis terbuka! Harga resmi Honor 7A saat Tuxlin membelinya adalah sekitar Rp 1.899.000. Namun, berdasarkan pantauan Tuxlin di beberapa toko online tampak ada yang menjualnya dengan harga yang lebih mahal. Penasaran dengan smartphone asal Tiongkok ini? Simak review Honor 7A oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock

Spesifikasi Honor 7A

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka EMUI 8.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera belakang ganda 13 megapiksel + 2 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS, aperture f/2.2, LED flash. Kamera depan 8 megapiksel, sensor BSI CMOS, aperture f/2.0, LED flash
  • Layar sentuh 5,7 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksels, kerapatan 282 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS TFT LCD
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, fingerprint sensor, dual SIM, Face Unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 152.4 mm (L) x73 mm (W) x 8.05 mm (T) dengan berat 150 gram
  • Baterai 3000mAh, non removable
  • Warna Blue, Gold, dan Black

ANDA DAPAT MEMBELI ATAU CEK HARGA PROMO HONOR 7A DI SINI (KLIK) ATAU DI SINI (KLIK)

Paket Penjualan Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 50

  • Handset Honor 7A 3GB/32GB warna Blue
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Hardcase transparan
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 51

Pada review Honor 7A kali ini, Tuxlin Blog memilih unit warna biru. Harapannya, penampilannya bakal cantik kayak Honor 9 Lite. Eh ternyata penonton kecewa… Karena casing belakang Honor 7A ini nggak dilengkapi dengan finishing bling-bling kayak saudaranya yang lebih mahal. Yoha, casing belakang ponsel Honor 7A ini menggunakan finishing yang nggak jauh berbeda dengan smartphone lainnya di pasaran.

Kalau Tuxlin lihat dari depan, tampang smartphone Honor 7A ini emang nggak jauh berbeda jika dibandingkan dengan merk sebelah. Sekarang kan lagi musimnya layar full screen dengan aspek rasio 18:9. Seri Honor 7A ini juga mengusung desain tersebut dengan bezel kanan kiri yang tipis. Sedangkan bezel bawah dan atas agak tebal dikit. Bagian bawah ada tulisannya Honor. Honor di sini bukan upah atau gaji lho ya wkwkwk… 😆

Baca juga:Review Veger V58 12.800mAh Power Bank, Kapasitas Nggak Real?

Ukuran atau dimensi smartphone Honor 7A ini sebenarnya nggak terlalu gede dan nyaman banget Tuxlin genggam. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa tangan istri lebih nyaman digenggam dibandingkan hape merk Gaji ini hehehe… 😛 Frame Honor 7A ini cukup kuat, kayaknya sih terbuat dari metal. Sedangkan casing belakangnya terbuat dari plastik yang permukaannya cukup licin. Layar Honor 7A ini udah 2,5D Sob, dan dilengkapi dengan screenguard bawaan. Penasaran? Berikut fotonya.

Pada review Honor 7A kali ini, sisi depan ponsel terdapat LED notifikasi, lubang kamera depan, earpiece, ambient light sensor, proximity sensor, LED flash depan, layar HD+ berukuran 5,7 inci, dan nggak dilengkapi tombol kapasitif genks! Soalnya Honor 7A ini udah pakai on-screen button. Sedangkan sisi belakang terdapat lubang kamera ganda yang tersusun horizontal, LED flash, sensor sidik jari, microphone, dan logo Honor

Smartphone Honor 7A yang merupakan smartphone entry-level dengan kamera ganda ini menempatkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel, serta tray triple slot pada sisi kiri ponsel. Sisi atas Honor 7A terdapat port audio 3.5mm. Sedangkan sisi bawah 7A terdapat port microUSB, speaker grill, dan microphone.

Video Unboxing Honor 7A

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Antarmuka & Fitur Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 52

Sama seperti saudaranya, Honor 7A ini mengandalkan sistem operasi Android 8.0 Oreo yang menggunakan antarmuka EMUI 8.0. Lah kok sama seperti smartphone Huawei? Kan Honor emang saudaranya Huawei, cuma beda jalur aja pas masuk Indonesia hehehehe… 😀 Buat fans berat Android pure alias Android murni mungkin bakal kecewa karena EMUI ini menawarkan antarmuka yang sangat berbeda. Yah, bisa dikatakan 11 – 12 dengan MIUI-nya Xiaomi deh. 😀

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 53

Apakah Honor 7A ini bakal dapat upgrade ke Android 9.0 Pie? Wah ini nggak tahu ya. Tuxlin Blog sih memperkirakan nggak bakal mendapat upgrade mengingat harganya yang terbilang ramah kantong. 🙄 Buat yang gampang bosen sama tampilan antarmuka smartphone, EMUI di Honor 7A ini menyediakan beberapa opsi buat rombak tampilan, seperti wallpaper, widget, animasi transisi, gaya menu (pakai drawer atau tidak), theme, ukuran font, dan banyak lagi. Tampilan depannya sendiri bisa pakai App drawer atau nggak, sesuai selera. 🙂

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 54

Sama kayak smartphone Android kekinian lainnya, pada review Honor 7A ini juga dilengkapi dengan fitur utilitas yang tergabung pada Phone Manager. Melalui aplikasi ini Tuxlin Blog bisa melakukan banyak hal, sebut saja cleanup data, pantau penggunaan data atau kuota, blokir SMS atau telepon, clear RAM, manajemen konsumsi baterai, drop zone, dan juga virus scan untuk keamanan ponsel. Cuma menaklukan hatimu saja yang nggak bisa dilakukan aplikasi ini. 😆

Baca juga:Review Doss Soundbox Touch, Speaker Bluetooth Portabel Bersuara Kencang!

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 55

Aplikasi bawaan smartphone Honor 7A ini nggak terlalu banyak gaes, yakni Google Apps, Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Booking.com, dan juga aplikasi bawaan Honor.. Salah satu yang Tuxlin suka adalah aplikasi musik bawaan yang tampilannya keren, fiturnya lengkap, dan nyaman digunakan. Ada juga aplikasi App Gallery yang merupakan alternatif dari Play Store, tetapi nggak bisa dipakai di sini Sob. Udah tahu nggak bisa dipakai di Indonesia, ngapain Honor masih pasang juga? Aneh. 🙄

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 56

EMUI sendiri juga masih menyediakan fitur yang sangat lengkap, sebut saja face unlock, App Lock, File Safe, motion control, One-handed UI, Eye comfort (sejenis bluelight filter), ultra power saving mode, dan banyak lagi. Secara umum, EMUI ini cukup sarat fitur, ringan, dan performanya terbilang gegas menurut Tuxlin. 🙂

Pembaca pasti sudah penasaran dengan performa smartphone menengah Honor 7A yang bertenaga Qualcomm Snapdragon 430 octa-core? Cekidot halaman berikutnya atau halaman dua ya gaes. 😀

Anda mungkin suka:Review Honor 9 Lite: Si Cantik dengan Empat Kamera

Performa Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 57

Performa memang bukan sektor yang ditonjolkan pada review Honor 7A kali ini gaes. Gimana mau ditonjolkan, ponselnya masih pakai chipset yang udah agak lawas hehehehe… 😛 Melihat harga yang ditawarkan, kita nggak usahlah berkhayal soal angka benchmark AnTuTu selangit, yang penting dipakai untuk kebutuhan sehari-hari lancar, udah bagus. Awalnya Tuxlin Blog berharap Honor 7A bakal pakai Kirin 659, tetapi berhubung harganya di bawah 2 juta, maka pakai Snapdragon.

Seperti yang sudah sering Tuxlin Blog singgung di artikel sebelumnya, Honor 7A ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 430 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 3GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G LTE ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Apakah pakai Qualcomm udah autobagus, autokeren, atau auto bagaimana? 😆 Harus diakui dukungan dari sang pembuat chipset memag lebih bagus ketimbang MediaTek. Banyak juga yang mengatakan kalau pakai SoC Snapdragon, lebih banyak custom ROM-nya. Itu kembali pada kebutuhan masing-masing sih. Kalau nggak suka ngoprek ya nggak terlalu berpengaruh kali ya. 😉

Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M1: Paling Kencang, Paling Tahan Lama!

Performa yang ditawarkan oleh Honor 7A memang bukan yang paling kencang di kelasnya, tetapi setidaknya masih lebih dari cukup untuk menangani kebutuhan komunikasi sehari-hari. Selama hampir sebulan menggunakan Honor 7A, Tuxlin Blog nggak ada masalah dengan performanya. Perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berjalan mulus dan nyaris tanp lag. Buat gaming gimana? Kalau buat gaming juga udah lumayan oke, tetapi pada game-game tertentu musti diturunin setting grafisnya. Penasaran? Berikut hasil benchmark Honor 7A oleh Tuxlin Blog!

CPU-Z Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 58

Benchmark Geekbench 4 Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 59

Benchmark AnTuTu v7 Honor 7A

Benchmark AnTuTu v7 Honor 7A

Benchmark Vellamo Honor 7A

Benchmark Vellamo Honor 7A

Benchmark PCMark Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 60

Benchmark 3DMark Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 61

Benchmark Basemark OS II Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 62

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 63

Pembaca Tuxlin Blog udah lihat kan gambaran performa Honor 7A yang bertenaga Qualcomm Snapdragon 430 ini melalui hasil benchmark di atas? Oke, langsung saja ke halaman berikutnya atau halaman tiga untuk membahas kesimpulan review Honor 7A. 🙂

Anda mungkin suka:Review Eggel Terra XL, Speaker Bluetooth Tangguh & Tahan Air

Review Honor 7A

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 64

Pada bagian akhir review Honor 7A ini Tuxlin Blog ulas dulu soal performanya. Meski hanya mengandalkan SoC Qualcomm Snapdragon 430 yang notabene nggak bisa dikatakan baru, ternyata sudah sesuai harapan. Honor 7A udah sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan komunikasi sehari-hari dan juga sosial media tanpa kendala. Buat main game juga terbilang lumayan oke, meski nggak cocok buat gamer. 🙂

Harga Honor 7A ini terbilang lumayan menarik, yakni kisaran Rp 1,9 juta. Ini bisa menjadi pesaing tangguh bagi Infinix Hot 6 Pro, Asus Zenfone Max M1, Xiaomi Redmi 5, Oppo A3s RAM 2GB, dan juga Infinix Hot S3. Kalau dilihat dari spesifikasi dan fiturnya, Honor 7A ini cukup menarik di kelasnya.

Layar

Layar sentuh yang diusung oleh Honor 7A ini nggak jauh beda dengan Honor 9 Lite ukurannya, yakni 5,7 inci. Hanya saja, resolusinya cuma mentok di HD+ aja! Jadi ya dipastikan kualitasnya jauh di bawah saudaranya yang lebih mahal. Setelah Tuxlin pakai, kualitas layar Honor 7A ini lumayan aja, nggak setajam dan semantap Honor 9 Lite. Warna yang keluar lumayang vibrant sebenarnya.

Respon touchscreennya biasa aja sih, nggak terlalu gegas. Apakah ini efek dari adanya screenguard yang udah tertempel dari pabrik? 🙄 Viewing angle-nya luas khas panel IPS, tetapi performanya di bawah sinar matahari terbilang pas-pasan. Mata musti bener-bener fokus kalau mau kelihatan hehehe… :mrgreen:

Baca juga:Review Meizu M6: Masih Layak Beli?

Audio

Speaker bawaan pada review Honor 7A karakternya juga nggak jauh beda dengan Honor 9 Lite atau kebanyakan smartphone lainnya. Suaranya lumayan kencang pas Tuxlin jajal buat dengar lagu-lagu Megadeth dari album Dystopia. Meski kencang, suara didominasi oleh treble sob, tetapi suara vokal lumayan oke dengan bass yang samar terdengar.

Tuxlin Blog juga menjajalnya untuk mendengarkan musik menggunakan headset Sennheiser HD 202 II, hasilnya? Suaranya malah terasa agak warm, bass cukup kuat, dan treble lumayan terdengar meski nggak terlalu detail.

Memori

Review Honor 7A: Smartphone Kekinian Menarik dengan Fitur Face Unlock 65

Pada review Honor 7A kali ini yang mengunggulkan kamera ganda, memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 24,24GB. Sedangkan free RAM ponsel besutan vendor Tiongkok ini rata-rata 1,32 – 1,4GB. Ponsel ini mendukung USB OTG dan bisa ekspansi memori melalui microSD (dedicated slot).

Baterai

Honor 7A dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh. Kapasitas segini sebenarnya terbilang sangat standar untuk ponsel kekinian. Siapa sangka kapasitas baterai standar tersebut ternyata mampu menghidupi Honor 7A hampir seharian penuh dengan pola penggunaan sosial media ala Tuxlin Blog. Bisa dikatakan daya tahan baterainya 11 – 12 dengan Honor 9 Lite.

Lain-Lain

Konektivitas yang terdapat di smartphone Honor 7A ini semua berjalan dengan baik, tanpa kendala. Lock GPS juga terbilang gegas dengan tingkat akurasi yang cukup baik. Fitur face unlock ternyata sangat gegas dan dapat berjalan dengan baik meski kondisi cahaya kurang memadai. Sedangkan sensor sidik jari juga lumayan gegas dan akurat. 😎

Kesimpulan

Secara umum, review Honor 7A ini menunjukkan hasil yang cukup baik dan bersaing di kelasnya. Dukungan kamera ganda dan fitur face unlock menjadi salah satu daya tarik ponsel ini. Performanya sudah memadai untuk kebutuhan komunikasi masa kini dan fiturnya pun lengkap.

Sayangnya, performa kamera Honor 7A ini terbilang standar saja di kelasnya. Layar HD+ yang diusungnya terasa kurang tajam menurut Tuxlin, meski warnanya lumayan oke. Beruntung, harga yang ditawarkan cukup kompetitif di kelasnya.

Baca review kamera Honor 7A di Sini: Review Kamera Honor 7A: Kayak Gini Hasil Fotonya!

Kelebihan Honor 7A

  • Kamera ganda
  • Fitur Face Unlock
  • Triple slot (dedicated slot)

Kekurangan Honor 7A

  • Kamera standar

Anda mungkin suka:Review Aukey PB-N15 20.000mAh, Power Bank Kapasitas Besar Berkualitas


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.