Review Doss Soundbox Touch, Speaker Bluetooth Portabel Bersuara Kencang!

2

Review Doss Soundbox Touch, Speaker Bluetooth Portabel Bersuara Kencang! – Halo Pembaca! Sebenarnya udah sangat terlambat sekali untuk membahas speaker Doss Soundbox Touch ini, mengapa? Saya udah beli speaker ini sejak awal 2018 dan baru kali ini saya coba bahas di Tuxlin Blog hahaha… Maklum, barang yang dipakai sendiri malah males ngulasnya dan kalah prioritas dengan barang review lainnya. Nama Doss mungkin nggak familiar bagi pembaca Tuxlin Blog dan kalah populer dengan brand top macam Mifa, Oontz, Harman/Kardon, JBL, dan teman-temannya.

Sebenarnya, Tuxlin sendiri sebenarnya juga nggak familiar dengan merk Doss ini hahaha… Tuxlin cuma modal nekat aja beli speaker Doss Soundbox Touch untuk penggunaan sehari-hari dan menemani denger musik di Tuxlin HQ. Harga speaker ini terbilang lumayan, yakni Rp 500 ribu-an! Lalu sehebat apakah speaker ini? Simak review Doss Soundbox Touch oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Doss Soundbox Touch, Speaker Bluetooth Portabel Bersuara Kencang!

Spesifikasi Doss Soundbox Touch

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: 2.0 channel
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 1.5 inch x 2 + 2,6 inci passive bass radiator
  • RMS: 4Ω 6W x 2 THD=10%
  • Frequency Response: 100Hz~18KHz
  • Signal to noise ratio 55dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia
  • Bitrate: MP3:8Kbps-320Kbps, WMA:32Kbps-384Kbps, APE:600Kbps-1400Kbps, FLAC:600Kbps-1400Kbps, WAV:600Kbps-1200Kbps
  • Baterai built-in 2200mAh lithium battery, hingga 12 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 6,6 x 2,7 x 2,9 inci
  • Berat 225 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, TF/Micro SD Card, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black, White, Red, dan Blue

Anda dapat cek harga & promo terbaru Doss Soundbox Touch di Sini (Klik)

Paket Penjualan Doss Soundbox Touch

Paket Penjualan Doss Soundbox Touch

  • Unit speaker Doss Soundbox Touch warna Blue
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Pouch
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Desain Doss Soundbox Touch

Desain Doss Soundbox Touch

Sisi desain mungkin menjadi salah satu sektor yang menarik dari review Doss Soundbox Touch kali ini. Speaker portabel besutan pabrikan asal Tiongkok ini hadir dengan gaya desain klasik atau bisa dikatakan old school gitu. Bentuknya kotak kayak speaker lawas gitu bray. Sudut speaker ini agak membulat dengan speaker grill yang mengelilingi seluruh body Doss Soundbox Touch. 😎

Meski mengusung gaya klasik, penampilan speaker Doss Soundbox Touch tetap terlihat keren dengan sentuhan gaya modern. Hal ini terlihat dari lekukan yang terdapat pada bagian atas speaker grill. Sedangkan bagian atas terluhat navigasi sentuh yang membuatnya terlihat futuristik. Speaker Doss Soundbox Touch ini dibalut dengan speaker grill berbahan metal dengan body menggunakan material polikarbonat alias plastik.

Baca juga:Review Mifa H1: Speaker Portabel Mungil Multifungsi!

Kebetulan pada review Doss Soundbox Touch kali ini Tuxlin Blog mendapat varian warna biru. Meski birunya lumayan terang, tetapi nggak kelihatan norak kok. Masih terlihat keren dan cocok untuk kawula muda seperti Tuxlin Blog hahaha… 😆 Dimensi speaker Doss Soundbox Touch ini memang terbilang cukup besar dan bobotnya lumayan berat. Meski demikian, build quality speaker besutan Doss ini relatif solid dan kokoh menurut Tuxlin. Penasaran dengan desain Doss Soundbox Touch lebih detail? Klik foto berikut ini!

Pada review Desain Doss Soundbox Touch portable speaker kali ini, sisi depan hanya terdapat logo Doss yang terlihat seperti huruf C. Sedangkan pada sisi kanan speaker terdapat tulisan Doss yang terususun secara vertikal. Sedangkan sisi kiri tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan pada sisi bawah terdapat informasi teknis singkat mengenai speaker bluetooth portabel Doss Soundbox Touch ini.

Sedangkan pada sisi belakang terdapat tombol power, port line in, slot microSD, dan port microSD. Hal yang menarik dari speaker Desain Doss Soundbox Touch adalah pada sisi atas terdapat empat buah tombol sentuh berupa Mode, Play/Pause, Next track, dan previous track. Tak hanya itu, terdapat lingkaran untuk mengatur volume, caranya? Sentuh saja secara memutar untuk meningkatkan atau menurunkan volume suara. 🙂

Video Unboxing Doss Soundbox Touch

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Doss Soundbox Touch Review

Doss Soundbox Touch Review

Nama boleh kurang tenar, tapi performa dan penampilan bisa diadu dengan brand yang lebih terkenal! Tuxlin Blog awalnya iseng aja lihat speaker bluetooth portable Doss Soundbox Touch di Lazada dan entah mengapa tetiba tergoda dan akhirnya tanpa sadar dibayar! Tampaknya kena gendam dedemit 😆 Tampilannya yang klasik dan minimalis ini membuat produk andalan Doss ini menarik menurut Tuxlin. Speaker ini sendiri sekarang jadi daily driver dengerin musik di kamar hahahaha… 😛

Spesifikasi teknis speaker Doss Soundbox Touch ini sebenarnya cukup menggoda, yakni didukung dua buah driver berukuran 1,5 inci dengan kekuatan 6W dan ditandemkan dengan sebuah passive bass radiator berukuran 2,6 inci, tampak cukup meyakinkan bukan? Akankah kualitas suaranya bakal sepadan dengan harganya? Rasa penasaran yang besar membuat Tuxlin terdorong untuk review Doss Soundbox Touch ini.

Baca juga:Review AKG S30 Bluetooth Speaker: Kualitas Suara Mantab Djiwa!

Kualitas Suara

Langsung saja Tuxlin Blog hajar speaker Doss Soundbox Touch ini dengan lagu Sever The Hand dari Trivium untuk mengetahui sehebat apakah impresi awalnya. Speaker ini ternyata mampu menghasilkan suara yang terbilang sangat kencang di kelasnya. Volume suaranya mampu memenuhi ruangan yang berukuran sedang, sehingga udah lebih dari cukup untuk kamar. Saat volume pol, suara speaker Doss Soundbox Touch ini benar-benar sangat kencang dan tidak terdengar distorsi atau sember. 😎

Tuxlin Blog langsung memutar beberapa album dan lagu untuk menguji speaker Doss Soundbox Touch ini, antara lain adalah Fort Minor – The Rising Tied, Bullet For My Valentine – Gravity, Epica – Chasing The Dragon, dan beberapa lagu metal lainnya. Kualitas suaranya? Doss Soundbox Touch ini mampu menghasilkan suara yang terbilang sangat jernih dengan karakter yang lebih open.

Treble terdengar cukup jelas dan detail, tetapi nggak menusuk. Sedangkan mid terdengar lebih enak dengan suara vokal yang lebih intim, terlebih pas dengerin Epica – Chasing The Dragon, duh suara tante Simone Simons serasa didekat kuping hahahaha… Mid bass lumayang terdengar, tetapi untuk lagu yang dobel pedal bass-nya ngebut agak sedikit kewalahan. Sedangkan suara bass atau low kurang terasa dan kurang mendalam. Basshead mungkin agak sedikit kecewa dengan Doss Soundbox Touch ini. 🙂

Kompatibilitas

Selama review Doss Soundbox Touch, Tuxlin Blog telah menggunakan banyak perangkat, sebut saja Apple Macbook Air, Dell Vostro 5470, Xiaomi Mi 5s, Redmi 5 Plus, Redmi Note 5, Redmi 5A, Redmi Note 5A Prime, Asus Zenfone Zoom S, Zenfone Max Pro M1, dan Honor 7A. Semua perangkat tersebut dapat dipairing dengan baik di speaker Doss Soundbox Touch ini tanpa masalah.

Baterai

Speaker Doss Soundbox Touch ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2200mAh. Ini terbilang cukup besar untuk ukuran speaker portabel. Doss mengklaim speaker ini mampu bertahan 12 jam playback dengan volume konstan 50%. Namun, berdasarkan pengalam Tuxlin Blog yang menggunakan volume di atas 60%, Doss Soundbox Touch hanya bertahan sekitar 6 – 7 jam saja. Lumayanlah. 😀

Baca juga:Review JBL GO Bluetooth Speaker: Square Box Harmony

Kesimpulan

Secara umum, review Doss Soundbox Touch kali ini menunjukkan hasil yang baik. Speaker ini mampu menghasilkan kualitas suara yang mantap, jernih, dan volume suara yang terbilang sangat kencang. Tak hanya itu, desain speker yang mengusung gaya klasik dipadukan dengan lekukan modern menjadi salah satu nilai tambah.

Sayangnya, suara bass pada Doss Soundbox Touch ini kurang mendalam dan pada lagu-lagu tertentu malah agak tenggelam. Mungkin speaker ini kurang cocok bagi basshead.

Kelebihan Doss Soundbox Touch

  • Desain menarik
  • Fitur lengkap
  • Kualita suara jernih dan sangat kencang
  • Navigasi sentuh yang unik

Kekurangan Doss Soundbox Touch

  • Bass kurang mendalam

Anda mungkin suka:Review Mifa M1, Speaker Mungil Bersuara Kencang!

2 COMMENTS

  1. Uwaaahhhhh, aku lgs tergodaaaaa :p. Tadinya mau beli JBL mas, tp kan hrgnya lbh mehong yaaa. Sayang juga. Apalagi aku beli ini cuma utk didengerin di mobil doang hahahahaha. Kalo Doss ini dengan hrg segiti udh cakep, ya mending ini. Lagian kekurangannya cm di bass kan. Lagu2ku walo ada yg cadas, tp kyknya ga berat di bass kok :D. Jd harusnya tidak masalah.

    • Saya dulu juga penggemar JBL, pernah pakai seri JBL Go dan JBL Wireless Micro. Sekarang ini sih beralih ke Doss ini kak.. kencang dan mantap, meski bass nya kurang hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here