Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya…!

4 min read

Review Kamera Realme Narzo 50A

Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya…! – Halo Pembaca! Sebelumnya Tuxlin Blog mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1443 H, mohon maaf lahir batin ya… 😍 Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog bakal bahas kemampuan kamera sebuah smartphone kelas 2 jutaan yang cukup menarik, yakni Realme Narzo 50A! 😎 Seri Narzo sebenarnya nggak dirancang untuk menonjolkan kemampuan kamera, tetapi performa yang kencang dengan harga yang terjangkau. Namun, bukan berarti kamera yang diusung Realme Narzo 50A ini jelek lho… Eh tapi Tuxlin Blog juga nggak bilang bakalan bagus banget wkwkkw… *kontradiksi nih 🀣

Jadi smartphone Realme Narzo 50A ini dipersenjatai dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel. Udah tahu dong kalau resolusi 50MP ini bakal pakai sensor apa? ☺️ Tepat, pakai Samsung ISOCELL JN1. Sensor ini emang lagi populer banget dan dipakai di bayak smartphone mainstream. Sejauh ini sih Tuxlin belum nemu hape dengan sensor ini yang hasil kameranya istimewa, B aja sejauh ini. Lalu bagaimana dengan Realme Narzo 50A? Apakah hasilnya akan sama dengan Realme 8i yang udah Tuxlin ulas duluan πŸ€” Langsung aja cekidot review kamera Realme Narzo 50A oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya...!

Spesifikasi Kamera Realme Narzo 50A

Spesifikasi kamera Realme Narzo 50A ini mirip banget ama Realme 8i dengan tiga buah kamera belakang dengan desain housing yang lumayan luas dan unik. Tentunya yang jadi andalan Realme Narzo 50A ini adalah kamera utamanya yang berkekuatan 50 megapiksel dengan lima elemen lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sensor Samsung ISOCELL JN1 yang digunakan pada review kamera Realme Narzo 50A ini cukup menarik karena selain sebagai sensor keluaran terbaru, juga dibekali teknologi anyar ISOCELL 2.0. Teknologi tersebut diklaim mampu meningkatkan sensitivitas hingga 16% dan disematkan teknologi canggih seperti Smart ISO dan Double Super PDAF untuk menghasilkan foto yang lebih berkualitas dari generasi sebelumnya.

Anda dapat membeli Realme Narzo 50A dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Nggak ketinggalan, sensor Samsung ISOCELL JN1 yang digunakan oleh Realme Narzo 50A ini dibekali dengan fitur tetrapixel atau pixel binning 4-to-1 yang menggabungkan empat buah piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar. Makanya, nggak heran kalau secara default foto yang dihasilkan pada review kamera Realme Narzo 50A ini resolusinya hanya 12,5 megapiksel aja. Kalau mau, kalian bisa juga jepret pakai resolusi native 50MP tanpa pixel binning.

Sedangkan kamera kedua Realme Narzo 50A ini berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai kamera dedicated macro. Terakhir, kamera ketiga juga berkekuatan 2 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor. Smartphone ini nggak dibekali dengan kamera ultra-wide angle dan ini bisa dimaklumi sih harga 2 jutaan doang.

Nah buat kalian yang demen banget foto selfie, Realme Narzo 50A ini bisa dikatakan lumayan dengan dukungan kamera depan resolusi 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Oiya, baik kamera depan maupun belakang Realme Narzo 50A ini cuma mentok rekam video full HD saja.

Antarmuka & Fitur Kamera Realme Narzo 50A

Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya...! 1

Aplikasi kamera pada review kamera Realme Narzo 50A kali ini hadir dengan antarmuka yang sama dengan kamera smartphone Realme lainnya. Kalau udah pernah pakai hape Realme, mustinya udah familiar ya… Tampilannya terdiri dari viewfinder yang diapit dua baris menu pada sisi kanan dan kirinya. Bagian kiri terdapat menu Settings, Filter, Chroma Boost, HDR, dan LED flash. Chroma Boost ini fungsinya bikin foto makin dramatis dengan meningkatkan dynamic range, saturasi, dan juga kontras. πŸ€”

Pada review Realme Narzo 50A ini pada bagian viewfinder terdapat toggle untuk mengatur zoom 1x, 2x, dan sebagainya. Itu adalah digital zoom karena ponsel ini nggak punya telephoto. Selain itu juga ada shortcut Google Lens dan AI Beautify. Sedangkan untuk mode kamera dapat diakses melalui menu rolodex yang bisa digeser-geser. Tak lupa ada tiga tombol di paling kanan untuk switch ke kamera depan, tombol shutter, dan shortcut untuk mengakses galeri.

Baca juga:Review Kamera Poco X3 GT 64MP dengan Sensor OmniVision OV64B

Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya...! 2

Mode yang disediakan pada aplikasi Realme Narzo 50A ini cukup lengkap gaes, antara lain ada Night, Video, Photo, Portrait, 50M, Time-Lapse, Slo-Mo, Ultra Macro, Pro, dan Pano. Lumayan lengkap yak mode yang disediakan untuk harga segini? πŸ€”

Nggak nyangka sih gaes, mode Pro di hape realme harga 2 jutaan ini nggak kaleng-kaleng lho… 😎Banyak parameter teknis yang bisa Tuxlin atur! Kita bisa atur aneka parameter di mode ini seperti white balance, fokus, shutter speed (hingga 16s), ISO (max. 6400), EV, dan tentu saja lensa yang mau dipakai.

Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya...! 3

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Realme Narzo 50A? Oke, langsung scroll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Realme Narzo 50A ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50A HDR

Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya...! 4
HDR Off
Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya...! 5
HDR On

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50A Siang Hari

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50A Portrait Mode

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50A Macro

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50A Malam Hari

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50A Mode Night

Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya...! 33
Night mode off
Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya...! 34
Night mode on

Baca juga:Review Kamera Realme C21Y, Triple Camera yang Bisa Diandalkan?

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50A dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme Narzo 50A

Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya...! 42
Foto selfie mode portrait

Hasil Foto Kamera Macro Realme Narzo 50A

Review Kamera Realme Narzo 50A

Review Kamera Realme Narzo 50A

Udah lihat kan kayak gimana hasil jepretan kamera smartphone Realme Narzo 50A di atas? Ya pada dasarnya kita nggak boleh berharap terlalu banyak dengan kamera smartphone harga 2 jutaan, terlebih lini Narzo sebenarnya kan emang nggak nonjolin kemampuan kamera. Eh tapi hasil foto pada review kamera Realme Narzo 50A kali ini lumayan oke di kelasnya. πŸ€”

Baca juga:Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B

Saat siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, kamera Realme Narzo 50A mampu menghasilkan foto dengan tingkat detail yang lumayan bagus. Saturasi warna yang dihasilkan memang agak berani, terutama untuk warna hijau. Cocok sih buat kalian yang suka tone warna ngejreng… Tapi kalau buat yang suka warna yang natural, pasti kurang oke.

Dynamic range secara default udah lumayan, tapi kadang kurang wide gitu. Sering banget Tuxlin motret, langitnya overekspose, jadi warna putih doang gitu. Untungnya, mode HDR di review kamera Realme Narzo 50A ini lumayan ampuh mendongkrak dynamic range… Kalian lihat saja sampel foto HDR di atas, langitnya yang putih karena overekspose jadi biru seperti aslinya. πŸ˜ŽπŸ‘πŸΌ

Sedangkan mode portrait kamera belakang Realme Narzo 50A ini performanya lumayan, tetapi separasinya masih kurang rapi. Sedangkan untuk foto macro, Realme Narzo 50A ini lumayan asik dan bisa diandalkan karena performa autofokusnya gegas dan akurat. Foto macro yang dihasilkan juga detail, efek bokeh yang ciamik, dan warna yang punchy.

Meski sama-sama dipersenjatai kamera 50MP, ternyata performa kamera utama Realme Narzo 50A berbeda dengan kamera Realme 8i yang Tuxlin Blog ulas sebelumnya. Kamera utama Realme Narzo 50A mengalamin penurunan performa yang lumayan pas malam hari, autofokusnya lambat dan tangan musti steady pas motret agar nggak ngeblur. πŸ˜…

Hasil foto pas malam hari cenderung standar sih kualitasnya untuk smartphone harga 2 jutaan. Tingkat detailnya lumayan menurun drastis dengan dihiasi noise, tetapi saturasi warnanya masih lumayan terjaga. Nggak pudar gitu warnanya. Mode Night terbukti mampu meningkatkan detail dan dynamic range, meski noise masih ada. Oiya, LED flash bawaan pada review kamera Realme Narzo 50A cukup terang dan bisa diandalkan buat motret kondisi gelap.

Kamera depan Realme Narzo 50A ini tergolong biasa aja menurut Tuxlin Blog, tetapi juga nggak jelek. Foto selfie yang dihasilkan cukup memuaskan dengan karakter sedikit soft dan tone warna yang cukup memuaskan menurut Tuxlin. Mode portrait kamera depan juga tersedia, tapi nggak rapi. Sedangkan untuk kamera dedicated macro, hasilnya nggak memuaskan sih, mendingan dieliminasi aja nih kamera… 🀣

Secara umum, kemampuan kamera Realme Narzo 50A ini cukup baik dan bisa diandalkan untuk sebuah smartphone dengan harga yang terjangkau. Saat kondisi low-light, kualitas fotonya memang standar tapi masih layak untuk dibagikan di sosial media. Sampai di sini dulu review kamera Realme Narzo 50A oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat. ☺️

Special thanks toΒ LaptophiaΒ for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.