Review Xiaomi Redmi 3S: Hampir Sempurna

Review Xiaomi Redmi 3S – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini akhirnya Tuxlin Blog dapat mengunggah artikel review Xiaomi Redmi 3S yang sempat molor cukup lama. Yah beginilah risiko part-time blogger, pasti review bakalan molor hehehehe… Maklum lah, jadwal molor dan piknik akhir-akhir ini padat hahahaha… Redmi 3S ini merupakan salah satu smartphone kelas entry-level dan menengah yang sangat menarik menurut Tuxlin.

Harga hanya kisaran Rp 1,5 juta-an (varian 2GB/16GB) kita sudah dapat smartphone dengan fitur lengkap, kinerja yang memadai, nyaman dipakai, dan baterai berkapasitas besar. Sayangnya nih barang belum dirilis secara resmi, jadi yang beredar saat ini adalah garansi distributor, atau istilah kerennya BM (Black Market). Berikut ulasan review Xiaomi Redmi 3S oleh Tuxlin Blog!


Review Xiaomi Redmi 3S

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3S

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 marshmallow dengan antarmuka MIUI 7
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 1,1GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor Samsung S5K3L8, aperture f/2.0,  dan LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB/3GB, ROM 16GB/32GB, dilengkapi slot microSD  maksimal 128GB  (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM, fast charging, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 139.3 x 69.6 x 8.5 mm berat 144 gram
  • Baterai 4100mAh lithium ion
  • Warna Silver, Gold, dan Dark Grey

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3S di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Paket Penjualan Xiaomi Redmi 3S

Paket Penjualan Xiaomi Redmi 3S

  • Handset Xiaomi Redmi 3S varian 2GB/16GB warna emas Sob!
  • Kepala charger
  • Kaber USB
  • SIM card ejector
  • Buku petunjuk
  • Kartu garansi

Penampilan & Desain Xiaomi Redmi 3S

Desain Xiaomi Redmi 3S

Desain merupakan salah satu poin yang dipertimbangkan oleh pengguna, termasuk padar review Xiaomi Redmi 3S kali ini. Yah Tuxlin Blog lihat, desain Redmi 3S ini nggak jauh beda dengan ponsel Xiaomi generasi baru lainnya, semacam Redmi Note 3, Redmi 3 dan Redmi 3X.

Xiaomi Redmi 3S ini dibalut dengan casing metal atau aluminium unibody yang membuatnya terlihat kokoh dan kuat. Meski demikian, bukan berarti casing metal lebih bagus lho dari plastik. Kadang kalau pas apes hape jatoh, casing metalnya itu bisa penyok kayak mobil habis tabrakan ya bisa nangis darah ente 😆

Penampilan Redmi 3S bisa dikatakan bagai pinang dibelah kapak dengan Redmi 3 Pro 😆 Kalau nggak mau dibilang sama ya beda dikit hahahaha… Kebetulan Tuxlin dapat unit Redmi 3S varian warna emas. Banyak orang bilang, warna silver lebih menggoda.

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL: Flagship Class

Soal warna sih sebenarnya tergantung selera masing-masing 🙂 Bagian tepian layar terdapat list berwarna krom kayak ponsel Samsung. Ini memang bikin penampilan makin manis (kayak kamu 😳 ), tapi semoga saja cat krom-nya awet dan nggak mudah mengelupas kayak merek sebelah :mrgreen:

Nah pada review Xiaomi Redmi 3S kali ini terdapat sensor proximity, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci HD, LED notifikasi, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back pada sisi depan.

Sayang beribu sayang, ketiga tombol itu nggak dikasih lampu latar alias nggak ada backlight-nya. Jadi, pengguna harus meraba-raba kalau dipakai di tempat gelap. Karena meraba lebih menantang *ini apaan* 😆

Nggak cuma itu, layar Redmi 3S ini nggak disebutkan adanya lapisan antigores macam Gorilla Glass dan sejenisnya, jadi mending langsung pasang tempered glass saja biar aman 🙂 Hape aja diamanin kok, apalagi kamu? Ngahahaha… 😆

Sisi belakang terdapat masa lalu dan kenangan LED flash, kamera utama , sensor sidik jari, logo Xiaomi, dan speaker grill. Nggak kayak Redmi 3, bagian belakang Redmi 3S ini nggak dilengkapi tekstur bintang-bintang yang unik, melainkan polosan saja 🙂

Sedangkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel. Sisi kiri terdapat slot hybrid (SIM card & microSD). Nah slot ini bisa diakses dengan bantuan SIM ejector yang ada di paket pembelian. Pada atas ponsel 4G Redmi 3S ini terdapat lubang microphone, IR blaster, dan port audio 3,5mm. Sisi bawah Xiaomi Redmi 3S ini terdapat microphone dan port microUSB. Berhubung Redmi 3S ini mengusung desain unibody, maka baterai nggak bisa dilepas Sob!

Secara umum, review Xiaomi Redmi 3S pada sektor desain ini bisa dikatakan cukup baik. Namun, agak membosankan bagi mereka yang sebelumnya pernah menggunakan Redmi 3. Xiaomi nggak banyak membawa perubahan desain di ponsel 4G ini. Build quality Redmi 3S ini patut diacungi jempol karena solid, meski kadang agak licin.

Baca juga:Review Xiaomi Mi Speaker MDZ-15-DA: Clear Sound

Tampilan Antarmuka Xiaomi Redmi 3S

Tampilan Antarmuka Xiaomi Redmi 3S

Sama seperti smartphone Xiaomi lainnya, Redmi 3S ini juga mengusung antarmuka keren yang disebut dengan MIUI. Nah ada dua golongan di dunia ini, yakni suka MIUI dan nggak suka MIUI. Tuxlin Blog ikutan faksi yang suka MIUI hehehehe… 😆

Nah pada review Xiaomi Redmi 3S kali ini, MIUI yang digunakan sudah berbasis Android 6.0.1 Marshmallow. Sebenarnya smartphone ini udah dapat update ke MIUI 8, tetapi update tersebut datang setelah review selesai.

Seperti biasa, kita akan disambut dengan tampilan Lockscreen dan Homescreen khas MIUI yang khas dan memiliki opsi kostumisasi yang banyal. MIUI tidak dilengkapi dengan menu drawer, sehingga semua aplikasi yang sudah diinstal bakal tampil semuanya di Homescreen.

Tampilan Antarmuka Xiaomi Redmi 3S

Kelebihan MIUI besutan Xiaomi ini selain tampilannya keren, rapi, dan minimalis, juga kaya akan opsi kostumisasi. Buat yang gampang bosen sama tampilan hape, MIUI ini jadi obat bosen hehehehe… 😀 hampir semua elemen tampilan pada MIUI ini bisa diubah, seperti wallpaper, themes (termasuk icon pack), animasi transisi, dan widget.

Nggak cuma itu, theme yang disediakan ada ratusan atau bahkan ribuan yang dapat kita unduh secara cuma-cuma. Wallpaper juga tinggal download melalui menu yang tersedia, enak kan Sob? Hehehehe… Sayangnya, beberapa tipe Xiaomi tidak mendukung fasilitas ganti font lagi seperti dulu. 🙂

Tampilan Antarmuka Xiaomi Redmi 3S

Meski terlihat sederhana, fitur yang diusung oleh MIUI pada ponsel Redmi 3S ini terbilang lengkap lho Sob! Kita nggak perlu tuh instal aplikasi tambahan macam antivirus, clean master dkk karena semua sudah ada.

Seabreg fitur MIUI 7 yang adal di Redmi 3S antara lain Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, dan sebagainya.

Nantinya, setelah update ke MIUI 8 bakal tambah fitur baru lagi seperti Dual Space, Dual App, App Lock, dan banyak lagi. Yah wajar juga sih MIUI makan RAM lumayan rakus, lha fitur yang diusung juga seabgreg gitu hehehe… 😀

Tampilan Antarmuka Xiaomi Redmi 3S

real-racing

Aplikasi bawaah MIUI yang ofiicial bisa dikatakan minim bloatware Sob! Akan tetapi kalau kita dapat MIUI distributor, dipastikan banyak terinstal aplikasi bloatware. Nah aplikasi bawaah MIUI official biasanya ada Google Apps, Xiaomi Browser, Security, Notes, Mi Remote, dan beberapa aplikasi lainnya. Nggak banyak aplikasi nggak penting, jadi kita nggak perlu susah-susah hapusin aplikasi.

Secara umum, MIUI adalah antarmuka yang menawarkan tampilan yang indah dengan opsi kostumisasi melimpah. MIUI juga hadir dengan fitur yang tak kalah melimpah. Performa MIUI ini relatif smooth, meski makan memori RAM yang lumayan banyak.

Baca juga:Harga Xiaomi Redmi Note 4 64GB, Sudah Tersedia di Indonesia


17 Comments

  1. NepNep October 10, 2016
    • Tuxlin October 12, 2016
  2. Wahid October 10, 2016
    • Tuxlin October 12, 2016
  3. fauzan October 10, 2016
    • Tuxlin October 12, 2016
      • fauzan October 15, 2016
        • Tuxlin October 15, 2016
  4. fadhil October 15, 2016
  5. putra October 16, 2016
    • Tuxlin October 17, 2016
  6. berkahkhair October 17, 2016
  7. sulis November 6, 2016
    • Tuxlin November 7, 2016
  8. Budianto April 25, 2017
    • Tuxlin April 25, 2017

Add Comment

*