Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Xiaomi Redmi 3S, Bersensor Samsung S5K3L8

5 min read

Review Kamera Xiaomi Redmi 3S

Review Kamera Xiaomi Redmi 3S – Halo Pembaca! Disela-sela jadwal nganggur yang padat, akhirnya Tuxlin Blog dapat mengulas review kamera Xiaomi Redmi 3S yang mengusung resolusi 13 megapiksel! Yoha, sebelumnya udah banyak pembaca yang meneror nanyain kelanjutan review ini. Kayak nggak Tuxlin Blog aja, review pasti lama wkwkwwk… harap dimkalumi, soalnya Tuxlin bukan full time blogger, jadi nggak selalu ngurus ini blog… Kadang perlu juga ngurus masa depan wkwkwk…

Xiaomi Redmi 3S sendiri sampai artikel ini ditulis masih belum diluncurkan secara resmi. Meski demikian, smartphone ini sebenarnya cukup menggoda mengingat harganya kisaran Rp 1,5 – 1,7 juta untuk varian 2GB/16GB. Penasaran? Simak review kamera Xiaomi Redmi 3S oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Kamera Xiaomi Redmi 3S

Spesifikasi Kamera Xiaomi Redmi 3S

Spesifikasi kamera Xiaomi Redmi 3S ini di atas kertas, sama dengan Redmi 3 yang pernah Tuxlin Blog review sebelumnya. Pabrikan asal Tiongkok ini kayaknya emang nggak ngasih upgrade di sektor kamera. Xiaomi membekali Redmi 3S denganย kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3L8 berukuran 1/3,06 inci yang dilengkapi dengan teknologi phase-detection autofocus (PDAF).

Sekarang emang lagi musim smartphone kelas menengah dilengkapi dengan PDAF yang secara signifikan mampu meningkatkan kecepatan autofokus. Emang beneran? Yah baca aja review Xiaomi Redmi 3S sampai tuntas, baru nanya ๐Ÿ˜† Jangan jadi kebiasaan nanya dulu baru baca artikelnya, ntar digetok pakai palu punya Thor langsung jomblo seumur hidup ๐Ÿ˜› Selain itu, Redmi 3S juga didukung lensa dengan aperture f/2.0.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3S di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Sama seperti Xiaomi Redmi 3 dan Redmi Note 3, ponsel Redmi 3S iniย dibekali dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel yang menggunakan sensor OmniVision OV5670 dengan aperture f/2.2, fixed focus.

Yah spek kayak gini udah mencukupi untuk foto selfie sendiri atau berjamaah (wefie) ๐Ÿ˜† Baik kamera depan maupun kamera belakang dapat merekam video dengan resolusi full HD. Lumayan lah buat ngrekam tetangga yang lagi berantem ๐Ÿ˜†

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3S

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3S

Pada review kamera Xiaomi Redmi 3S kali ini, Tuxlin Blog masih bertahan dengan MIUI 7.5.9. Sampai artikel ini ditulis, Xiaomi masih belum merilis update MIUI 8. Yah sabar aja buat pengguna Redmi 3S, semua akan indah pada wakrunya… #eaaa.

Pengguna Xiaomi pasti nggak asing lagi dengan tampilan antarmuka kamera Redmi 3S ini, soalnya sama persis dengan tipe lainnya gan. Tampilan awal kamera Redmi 3S ini simpel dengan didominasi oleh jendela bidik aka viewfinder.

Selain itu, dilengkapi dengan beberapa tombol pengaturan sepertiย LED flash yang berlambang kilat (on, auto, off), HDR (on/off), tombol switch ke kamera depan, shortcut untuk mengakses galeri, tombol shutter berukuran gede (katanya makin gede makin mantap ๐Ÿ˜† ), dan tombol untuk beralih ke mode perekaman video. Beberapa mode yang disediakan antara lainย Panorama, Timer, Straighten, Manual, Beautify, Scene Mode, dan HHT (Hand Held Twilight).

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL 13 Megapiksel

What Manual? Iye sob, ada mode manual. Akan tetapi jangan keburu senang dulu, mode manual cuma ngasih opsi parameter White Balance sama ISO doang ๐Ÿ˜† Nggak ada tuh pengaturan shutter speed dan focus distance ๐Ÿ˜€ Mode Beautify sekarang udah ke mode wajib, setiap ponsel harus ada mode ini… Lumayan bisa buat permak wajah ๐Ÿ˜†

cam2

Pada review kamera Xiaomi Redmi 3S ini juga disediakan fasilitas filter Sob, jadi kita bisa aplikasikan secara real-time. Filter yang tersedia antara lain adalahย Mono, Vivid, Yesteryear, Blur, Fish Eye, Mosaic, Dawn, Japanese, Autumm, Indigo, Normal, dan Mirror.

Buat yang penasaran, boleh deh cobain filternya satu-satu, sapa tau bikin foto jadi lebih instagramable ๐Ÿ˜€ Adapun mode Scene yang disediakan, yakniย Auto, Portrait, Landscape, Sports, Night, Night Portrait, Beach, Snow, Sunset, dan Fireworks.

Tuxlin jarang pakai yang Scene ini sih, biasa pakai auto… Simpel dan langsung cekrek hehehe… Lalu kayak gimana sih hasil review kamera Xiaomi Redmi 3S ini? Simak hasil jepretannya di halaman berikutnya ya Sob! Seperti biasa, foto Tuxlin resize ke 800 x 600 piksel biar gampang upload-nya ๐Ÿ˜€ Langsung saja lanjut ke halaman berikutnya ๐Ÿ™‚

Baca juga:Xiaomi Mi 5S Diluncurkan: Spesifikasi, Harga, Varian & Sampel Foto

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S HDR

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S HDR
HDR Off
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S HDR
HDR On

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Siang Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Siang Hari
Sample 1 Siang Hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Siang Hari
Sampel 1 Siang Hari yang di-crop

This slideshow requires JavaScript.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Macro
Sample foto macro
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Macro
Sampel foto macro yang telah di-crop

Berdasarkan foto di atas, hasil jepretan smartphone Xiaomi Redmi 3S ini masih menunjukkan detail yang terbilang baik dan noise yang relatif terkendali saat kondisi cahaya memadai.

Baca juga:Harga Xiaomi Redmi Pro 64GB dengan Dual Kamera di Indonesia

This slideshow requires JavaScript.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Malam Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Malam Hari
Sampel foto malam hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Malam Hari
Sampel foto malam hari di-crop

Foto malam hari dengan kondisi cahaya yang lumayan, terlihat penurunan detail yang cukup signifikan dengan noise yang masih dikatakan wajar.

This slideshow requires JavaScript.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Malam Hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 3S Malam Hari dengan LED flash
LED flash off vs LED flash on

This slideshow requires JavaScript.

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi 3S

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi 3S
Selfie malam hari
Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi 3S
Selfie dengan kondisi cahaya memadai

Baca juga:Xiaomi Mi 5S Plus dengan Dual Kamera Diperkenalkan: Harga, Spesifikasi & Sampel Foto

Review Kamera Xiaomi Redmi 3S

Review Kamera Xiaomi Redmi 3S

Akhirnya kita sampai pada bagian akhir pembahasan review kamera Xiaomi Redmi 3S! Seperti yang sudah Tuxlin Blog singgung di halaman sebelumnya, spesifikasi kamera Redmi 3S ini bisa dikatakan sama persis dengan Redmi 3. Nah secara teoritis, kemampuan kameranya nggak bakal beda jauh, betul tidak?

Fitur PDAF memang membuat kamera Xiaomi Redmi 3S ini fokus dengan cepat saat kondisi cahaya memadai, begitu kamera aktif langsung ngelock fokusnya ๐Ÿ˜€ Langsung saja Tuxlin pakai Redmi 3S buat foto-foto siang hari, dolan santaiย ke pantai juga ๐Ÿ˜† Hasilnya memang nggak mengecewakan kok, foto siang hari yang mana kondisi cahaya melimpah lumayan tajam.

Nggak hanya tajam, foto yang dihasilkan juga warnanya menyenangkan dan detail yang oke. Hal ini terlihat dari sampel foto siang hari yang telah di-crop mampu menampilkan gambar manusia alay wanita bertongsis dengan cukup jelas.

Baca juga:Review Kamera Hisense F20 dengan Resolusi 8MP

Beberapa foto memang terlihat agak aneh warnanya dan sedikit oversaturated, itu disebabkan HDR yang aktif. Ketika mode HDR aktif, foto yang dihasilkan memang terlihat lebih oke karena bagian-bagian yang gelap (seperti bayangan) jadi lebih terlihat. Namun, mode HDR ini membuat warnanya menjadi lebih vivid dan kadang sedikit oversatured warnanya.

Tuxlin juga menjajal kamera Redmi 3S ini untuk mengambil beberapa foto macro. Hasilnya juga bagus di kelasnya Sob. Foto yang dihasilkan tajam, detail, dan warnanya mantap. Sayangnya, efek bokeh atau blur pada background-nya terasa kurang nendang, Maklum juga sih, harga segini masak mau segitu ๐Ÿ˜† Fokus saat memotret macro juga ngebut berkat fitur PDAF yang diusungnya. Cucok deh buat yang suka foto macro dengan dana terbatas ๐Ÿ™‚

Kalau buat motret malam hari gimana? Yah hasilnya bisa ditebak sob, noise ]yang muncul banyak dan penurunan detail yang sangat signifikan. Hal ini wajar untuk smartphone dengan harga Rp 1,5 juta-an. Meski demikian, hasil foto pada malam hari masih bisa dinikmati karena subyeknya masih terlihat jika kondisi cahaya mencukupi. Bisa cek di sampel foto malam hari yang berupa tugu arjuna sedang naik kereta. Hasil crop sampel foto tersebut (pada bagian roda) masih terlihat, meski kurang detail.

Single LED flash pada review kamera Xiaomi Redmi 3S ini cukup membantu saat kondisi benar-benar kurang cahaya karena lumayan terang. Sayangnya, foto malam hari dengan LED flash masih menghasilkan noise yang cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat pada foto tanaman pada sampel di halaman sebelumnya. Tuxlin Blog menilai ini masih wajar untuk smartphone dengan harga terjangkau.

Baca juga:Review Kamera Lenovo Vibe C A2020

Tuxlin Blog juga udah menjajal performa kamera depan Redmi 3S ini untuk foto selfie saat malam hari. Hasilnya? Foto selfie malam hari dengan kondisi low-light ternyata kurang memuaskan Sob, noise-nya terlalu banyak dan detailnya terjun bebas. Hasil jepretannya lebih baik ketika kondisi cahaya memadai. Tuxlin Blog yakin, kamera depan Redmi 3S ini lumayan oke kalau dipakai selfie di siang hari ๐Ÿ™‚

Berdasarkan ulasan review kamera Xiaomi Redmi 3S di atas, Tuxlin Blog menilai kemampuan kameranya bagus di kelasnya, tetapi bukan yang terbaik lho ya… Saat siang hari, foto yang dihasilkan memuaskan. Foto macro-nya juga memuaskan dan didukung kecepatan autofokus yang cepat.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3S di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Sayangnya, saat dipakai malam hari atau low-light memang performanya nggak terlalu bagus, meski masih bisa dinikmati hasilnya. Sedangkan kamera depannya relatif masih bersaing. Yah dengan harga Rp 1,5 juta kita nggak bisa berharap dapat kamera yang emejing kan? Sampai di dini dulu review kamera Xiaomi Redmi 3S kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua ๐Ÿ™‚

Anda mungkin suka:Asus Zenfone 3 ZE520KL Review: Compact & Shiny


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

26 Replies to “Review Kamera Xiaomi Redmi 3S, Bersensor Samsung S5K3L8”

      1. Tp hsil fotonya lbih bgus kan?
        Btw, hsil kmera dpan redmi note 3 krang tajam ya kalah sama kmra dpan Lenovo A7000 SE..

          1. Iya spupu aku pke Lenovo a7000 SE jd iseng adu kamera gtu..

            Untuk kmampuan kmra blakang jlas menang redmi note 3
            Tp klo selfie pke kmra blkang dgn led flash wrna kulit mlah jd kuning kuat mlahan..
            Apa krna dual tone flash ya?
            D’ mi4c agan gmna kan dual tone jga?

          2. Punya saya tidak masalah dan tidak kuning. Pada dasarnya dual-tone LED flash itu fungsinya untuk mengoreksi tone warna yang tidak natural karena LED flash biasa. Jika dual-tone LED flash malah bikin warna jadi kuning, tentunya tidak ada produsen yang menggunakan fitur tersebut ๐Ÿ™‚

            Btw, bandingkan foto itu sebaiknya gunakan layar komputer yang telah dikalibrasi, bukan melalui layar ponsel masing-masing ๐Ÿ™‚

          3. Itu dia gan, pnya ku redmi note 3 pro led nya jd kuning klau k kulit aj

            Emang lwt pc kok gan..
            Intinya hsil kmra dpn pnya redmi note 3 klau di zoom kyak soft2 gtu tp pnya a7000 SE tajam wlau gak tajam2 amat.

  1. Mas, hasil kamera redmi 3s dengan redmi note 3 pro bagus mana? Dan lebih unggul mana dari hardware dan software. Terima kasih โ˜บ

  2. Mas, pengen nanya, buat pengaturan ISO nya, kira-kira ISO paling maksimal nyampe 1600 atau 3200, gak?

  3. Kalau kamera (baik depan maupun belakang) xiaomi redmi 3S ini jika dibandingkan dgn xiaomi redmi 4X secara keseluruhan bagusan mana ya gan ?
    mohon jawabannya gan โ˜บ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *