Review Xiaomi Redmi 3S: Hampir Sempurna

17

Review Xiaomi Redmi 3S

Review Xiaomi Redmi 3S

Akhirnya kita sampai pada bagian akhir dari review Xiaomi Redmi 3S kali ini. Ponsel 4G ini bisa dikatakan sebagai refresh atau minor upgrade dari Redmi 3. Kalau disuruh milih, Tuxlin Blog jelas memilih Redmi 3S jika dibandingkan dengan Redmi 3. Performa keduanya memang tak beda jauh, tetapi performa grafisnya lebih baik dan bonus sensor sidik jari hehehehe… Kalau Redmi 3 kan hanya varian Pro saja yang punya sensor sidik jari 😀

Penggunaan sehari-hari yang Tuxlin Blog rasakan dari Xiaomi Redmi 3S ini adalah smooth, ringan, dan sangat jarang muncul yang namanya lag. Perpindahan menu berlangsung smooth dan cukup resposif, meski nggak bisa dikatakan emejing.

Meski RAM sudah separuh dimakan oleh MIUI dan masih terinstal aneka aplikasi sosial media yang jalan di background, performanya belum menunjukkan penurunan signifikan. Manajemen RAM yang baik tampaknya menjadi kunci dari hal ini. Tuxlin Blog sempat menjajal Xiaomi Redmi 3s ini untuk memainkan game Pokemon Go dan Real Racing. Game berjalan smooth tanpa ada kendala.

Baca juga:Review Lenovo Vibe C: 4G LTE Sejuta Umat

Kualitas layar yang diusung oleh Xiaomi Redmi 3S ini tak jauh berbeda dengan Redmi 3 yag pernah Tuxlin bahas sebelumnya. Layar ponsel ini mampu menghasilkan warna yang memuaskan, tajam, dan kecerahan yang cukup nyaman di mata. Viewing angle bagus dan penggunaan di bawah sinar matahari bisa dikatakan lumayan. Respon touchsceennya responsif.

Seperti biasa, Tuxlin Blog langsung mainkan musik dari album Shogun milik Trivium untuk menjajal kemampuan audionya. Speaker Xiaomi Redmi 3S ini bisa dikatakan tak terlalu kencang dan dominan trebel. Meski demikian, suara bass nya masih terdengar. Beralih menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, keluaran suara Redmi 3S ini solid, bass dan treble-nya seimbang.

Xiaomi Redmi 3S

Pada review Xiaomi Redmi 3S kali ini, Tuxlin Blog kebetulan dapat varian 2GB/16GB. Bukan kebetulan ding, emang belinya varian yang murah hahahaha… 😆 Memori internal yang tersedia saat pertama kali dihidupkan sekitar 10-an GB. Sedangkan Free RAM berkisar antara 1 – 1,1GB.

Kalau kapasitas penyimpanan dirasa kurang, kita bisa nambah microSD hingga maksimal 128GB Sob! Akan tetapi kalau pakai microSD, jelas kita nggak bisa dual SIM. Maklumlah, smartphone masa kini pakai hybrid slot hehehehe…

Entah pemakaian hybrid slot ini lebih hemat biaya atau hemat tempat, jadi banyak yang pakai model begini. Agak menyusahkan, soalnya ini bakal jadi dilemma bagi pengguna: Dual SIM atau Single SIM+ MicroSD? 😆 Pacar atau Selingkuhan? *ini apaan* 😛 Oiya, Redmi 3S ini sudah mendukung fitur USB OTG.

Sektor konektivitas,Xiaomi Redmi 3S ini lumayan lengkap dengan dukungan 4G LTE, 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, Dual SIM, dan tentu saja GPS. Lock GPS Redmi 3S ini lumayan cepat dan akurat. Meski sudah di-upgrade ke MIUI 8, opsi Prefer LTE di menu Setting masih tersedia, nggak kayak saudaranya ilang menu itu. Sedangkan sensor sidik jari yang diusng oleh Redmi 3S ini bekerja dengan baik dan sangat cepat mengenali sidik jari kita. Secepat aku mengenalmu… #eaaaa 😆

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro: Powerful

Baterai apa kabar? Kabar baterai baik-baik saja kok 😆 Kapasitas baterai yang mencapai 4100mAh ini membuat Xiaomi Redmi 3S mampu bertahan hingga dua hari penggunaan dengan intensitas sedang. Tuxlin mencoba menjajal Redmi 3S dengan penggunaan intensif, dua akun Google aktif, sering memotret, browsing, dan main game Real Racing. Hasilnya? Baterai bertahan hingga 1 hari penuh 🙂

Secara umum, Xiaomi Redmi 3S ini hampir sempurna di kelas entry-level. Dukungan build quality yang solid, kinerja yang memadai, kamera yang kompetitif, baterai berkapasitas besar, fitur yang lengkap, dan harga yang terjangkau.

Sayangnya, sampai saat ini Xiaomi Redmi 3S belum diluncurkan di Indonesia dan produk yang beredar bergaransi distributor alias BM. Garansi distributor tak hanya memiliki kendala dengan layanan aftersales, tetai juga masalah ROM yang terinstal di ponsel.

Sebagian Redmi 3S yang beredar menggunakan MIUI distro yang kinerjanya kurang optimal dan disuntik iklan di dalamnya. Hal ini membuat Redmi 3S tidak siap pakai dan harus dilakukan flashing terlebih dahulu. Namun, tak semua seperti itu.

Review kamera Xiaomi Redmi 3S bisa dibaca di Sini:Review Kamera Xiaomi Redmi 3S, Bersensor Samsung S5K3L8

Kelebihan Xiaomi Redmi 3S

  • Baterai berkapasitas besar
  • Sensor sidik jari
  • Harga terjangkau

Kekurangan Xiaomi Redmi 3S

  • Tidak tersedia garansi resmi
  • Hybrid slot

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3S di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Outro…

Xiaomi Redmi 3S ini mendarat di Tuxlin Blog awal September dan baru keluar reviewnya Oktober 2016. Yah begitulah kebiasaan molor saat review hehehehe… Meski secara umum Redmi 3S ini adalah produk yang bagus, tetapi garansi distributor dan ROM distro membuat Tuxlin berpikir dua kali merekomendasikan ponsel ini.

Nggak semua orang paham perbedaan MIUI official dengan MIUI distro dan nggak semua orang paham flashing. Sampai di sini dulu review Xiaomi Redmi 3S kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca Tuxlin Blog semua 🙂

Anda mungkin suka:Asus Zenfone 3 ZE520KL Review: Compact & Shiny

17 COMMENTS

  1. Nyaris sempurna berarti ada kekurangannya ya Ditya. Btw aku dah pernah pakai ini hp, kalo gak salah dulu langsung dapat rom yb stabil.

  2. asik banget judulnya gan! hampir sempurna kayak dirimu… hehehe
    kalo dibandingin sama redmi 3s prime resmi, tuxlin pilih mana?
    kan redmi 3s menurut benchmark lebih unggul tapi distributor

  3. gan, saya mau tanya ttg hp ini,
    masalah rom. saya liat di situs jual beli bl.com banyak bgt versi rom nya, nah sy mau tanya:

    1. rom mana yg stabil?
    2. rom distributor itu gimana? trs kl ada update dr xiaomi china rom global / distributor bisa dpt update jg?
    3. katanya ada rom distributor yg ga support 4g indonesia, itu rom yg mana?

    soalnya sya beli hp ini dgn pertimbangan, harga, bisa 4g dan stabil. itu aja sih.

  4. minta saranya maz,,
    kalau untuk cewek mnding di ambilin redmi 3s ini atau mi4c atau redmi note 3 pro….!!!
    kalau boleh di jabarkan apa alasanya,msalnya dr segi kamera enak yg mna atau dr segi battery nya dan prformanya,dan desain tampilan hpnya lebih kece yg mana hehehe,scra keseluruhan enak ambilin yg mana…!!!
    maaf banyak nanya hehehe 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here