Alasan Memilih Android One Versi Tuxlin Blog

Alasan Memilih Android One – Halo Pembaca! Akhir-akhir ini smartphone Android One sedang ramai menjadi bahan gosip di kalangan banci teknologi dan gadget 😆 Bahkan Tuxlin Blog sendiri terpaksa memesan smartphone Android One, yakni Mito Impact A10 yang digunakan sebagai obat penasaran Android One yang kian parah menyerang wkwkwkwkw… :mrgreen: Lalu apa alasan memilih smartphone Android One? Pada posting kali ini Tuxlin Blog akan mengungkapkan alasan memilih Android One sebagai smartphone idaman kelas entry-level.


Android One sendiri apaan gan? Android One adalah sebuah platform smartphone yang digagas oleh Google untuk pasar entry-level, terutama di wilayah negara berkembang seperti India dan Indonesia. Android One adalah salah satu senjata Google untuk mengakselerasi adopsi smartphone agar mencapai 5 miliar pengguna di seluruh dunia. Di Indonesia, ada tiga vendor lokal yang meluncurkan smartphone dengan platform Android One, yakni Nexian Journey One, Evercoss One X, dan Mito Impact A10. Tuxlin Blog sendiri turut pre-order Android One dari Mito karena harganya paling murah 😀

Mito Impact A10Alasan Memilih Android One

1. Jaminan Update OS Android Selama 2 Tahun dari Google

Jaminan update sistem operasi Android selama dua tahun langsung dari Google inilah yang menjadi alasan utama sekaligus racun paling mematikan Android One yang memaksa Tuxlin Blog untuk ikutan pre-order hehehehehehe… 😆 Selama ini jaminan update OS Android hanya dapat dinikmati pengguna produk Nexus dan smartphone kelas atas saja. Sedangkan smartphone Android entry-level biasanya nggak dapet update Android, kecuali update firmware biasa. Sebagai contoh, smartphone murah macam Galaxy Young, Galaxy Young 2, Lenovo A316, dan smartphone murah lainnya hanya bertahan pada versi Android yang pertama dirilis. Misal pas rilis pake Android 4.3 Jelly Bean, maka sampai kiamat bakal pakai versi itu terus 😀 . Memang ada beberapa pengecualian, seperti Motorola Moto E, Asus Zenfone 4, dan Sony Xperia E1 sedikit diperhatikan dengan mendapat update dari Android Jelly Bean ke Android 4.4 KitKat.

Baca juga:Nexian Journey One Laris, 8000 Unit Ludes Dipesan

Sedangkan Android One sudah dijamin oleh Google bahwa platform ini akan mendapatkan update OS Android selama dua tahun ke depan. Jadi nggak bakal ketinggalan zaman deh, setidaknya sampai 3 tahun ke depan, hehehehe… Ketiga smartphone Android One yang beredar di Indonesia telah menggunakan OS Android 5.1 Lollipop yang merupakan versi terbaru saat ini. Kelak jika Google merilis Android 5.2 atau Android 6.0 setahun mendatang, maka Android One juga dipastikan dapat update tersebut dengan cepat… Bisa dikatakan Android One ini adalah Nexus versi murah yang pro-rakyat :mrgreen:

2. Disertifikasi & Diawasi dengan Ketat oleh Google

Nggak perlu ragu dengan kualitas smartphone Android One gan karena telah mendapat sertifikasi langsung dari Google. Raksasa mesin pencari yang berbasis di Mountain View ini juga memilihkan komponen yang digunakan dan mengawasi produksi smartphone Android One ini. Ini yang bikin Tuxlin Blog yakin untuk mencicipi Android One hehehehe… 😀 Awalnya Tuxlin memang agak ragu dengan Android One karena dibesut oleh merek lokal… Bukan bermaksud meremehkan merek lokal, tetapi banyak rekan Tuxlin yang memiliki pengalaman kurang menyenangkan dengan merk lokal.

Baca juga:Android One vs Polytron Zap 5, Pilih Mana?

 

Namun setelah tahu bahwa Google turun tangan dalam memilih komponen dan proses produksinya, saya jadi yakin dengan Android One ini. Lagian ketiga Android One kan diproduksi di China sono, sama kayak kembarannya yang ada di India :mrgreen: Seperti yang udah dikatakan sama petinggi Google beberapa waktu lalu, seperti di bawah ini.

“Kami membetuk sebuah badan referensi, yang berkomunikasi dengan para pembuat chip seperti MediaTek dan Qualcomm, untuk menentukan komponen yang harus dipakai. Kami secara spesifik memilihkan komponen-komponen yang harus dipakai oleh produsen pembuat ponsel-ponsel Android One,” kata Caesar Sengupta, Wakil Presiden bidang Pengembangan Produk Android Google.

“Sampai beberapa tahun ke depan, performa ponsel Android One bakal tetap mulus. Karena Android One merupakan single platform, jadi OS danupdate-nya memang sengaja dioptimalisasi untuk ponselnya yang cuma punya satu standar spesifikasi,” tambah Caesar Gupta.

Baca juga: Harga Evercoss One X 999 Ribu, Bisa Dipesan di Lazada

3. Spesifikasi Mantap, Harga Terjangkau

Alasan ketiga Tuxlin Blog memutuskan untuk memilih Android One sebagai smartphone entry-level adalah spesifikasi yang diusungnya cukup mumpuni di kelasnya. harga yang ditawarkan juga cukup masuk akal… Nggak kayak merek sebelah yang suka jual mahal dengan spesifikasi zaman purba :mrgreen: Ketiga smartphone Android One ini mengusung spesifikasi yang identik, mungkin cuma beda casing sama merek doang 😆

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
  • Chipset MediaTek MT6582 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz
  • Grafis Mali-400MP2
  • Kamera belakang 5 megapiksel autofocus, LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 4,5 inci, dengan resolusi FWVGA 480 x 854 pixels IPS panel, kerapatan 218 ppi
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB, slot micro SD hingga maksimal 32GB.
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM,
  • GSM / 3G HSPA
  • Dimensi 132 mm x 67 mm x 8.9 mm
  • Baterai 1700mAh

Harga pre-order ketiga smartphone Android One di Indonesia sama gan, yakni Rp 999.000 semua… Malah salah satu smartphone Android One ada yang banting harga hingga Rp 699.000, yakni Mito Impact A10.  Pada periode kedua, Mito Impact A10 dijual dengan harga yang sama, yakni 999.000. Ketiga smartphone Android One ini akan dijual dengan harga normal kisaran Rp 1,3 juta setelah harga pre-order berakhir. Lalu apa masih kompetitif dengan harga Rp 1,3 juta? Menurut Tuxlin Blog, harga 1,3 juta masih kompetitif.

Baca juga:Akhirnya Ikutan Pre-order Android One, Mito Impact A10!

Dari segi spesifikasi, mungkin ada beberapa smartphone yang memiliki spesifikasi yang mendekati atau bahkan melebihi Android One dengan harga normal sebut saha AccessGo 4E, Polytron Zap 5, Lenovo A328, dan beberapa merek lokal lainnya. Namun dengan dukungan update Android selama 2 tahun dari Google akan menjadi salah satu racun yang mematikan. Tuxlin Blog pun terkena racun tersebut, heheehehehe :mrgreen:

4. Pakai OS Android versi Paling Baru, 5.1 Lollipop

Nah ini salah satu racun yang bikin Tuxlin Blog klepek-klepek… Android One udah pakai sistem operasi Android versi paling baru gan, Android 5.1 Lollipop! Bahkan Indonesia bisa dikatakan negara pertama yang bakal mencicipi Android 5.1 Lollipop ini. Smartphone entry-level lain yang beredar di Indonesia paling mentok pakai Android 4.4 KitKat doang kan? 😆 Nah Android 5.1 Lollipop ini mengusun sejumlah perbaikan dari Android 5.0 Lollipop, yakni :

  • Silent mode ditambahkan setelah sebelumnya absen di versi 5.0
  • Manajemen RAM lebih baik.
  • Perbaikan terhadap error aplikasi yang tiba-tiba tertutup.
  • Peningkatan manajemen baterai
  • Perbaikan terjadap konsumsi berlebih jaringan perangkat saat menggunakan Wi-Fi.
  • Perbaikan terhadap fungsi “Okay Google.”
  • Perbaikan terhadap masalah notifikasi
  • Perbaikan masalah suara dalam beberapa perangkat
  • Perubahan dalam warna palet Material Design (setelah dikomplain pengguna, kemungkinan dalam versi smartphone premium).

(sumber)

Baca juga:Review Acer Liquid Z205, Android Murah dengan RAM 1GB

Empat alasan di atas adalah racun yang cukup kuat buat Tuxlin Blog yang berakibat meningkatnya rasa penasaran terhadap smartphone platform Android One! Tuxlin sudah ikutan pre-order Mito Impact A10 dengan harga Rp 749.000. Sebenarnya Tuxlin juga berencana untuk meminang Nexian Journey One titipan cewek ane gan, tapi barangnya udah sold out pas periode kedua di Lazadut kemarin hehehehehehe… Kini tinggal menanti Android One mendarat di Tuxlin Blog. Perkirakan bakal nyampai sekitar tanggal  25 – 26 Februari 2015 mendatang, masih lama…. 😆 Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka:Sony Xperia E4 Diluncurkan, Ditenagai MediaTek & Layar 5 Inci


14 Comments

  1. gadgetboi February 15, 2015
    • Tuxlin February 15, 2015
      • gadgetboi February 15, 2015
        • Tuxlin February 15, 2015
  2. Melvin February 24, 2015
    • Tuxlin February 24, 2015
      • Melvin February 25, 2015
        • Tuxlin February 25, 2015
  3. aldi April 5, 2015
    • Tuxlin April 5, 2015
  4. fauzan October 30, 2016
    • Tuxlin October 31, 2016
      • Fauzan October 31, 2016
        • Tuxlin November 1, 2016

Add Comment

*