Alcatel One Touch Flash, Pesaing Kuat Xiaomi Redmi Note Masuk Indonesia

Alcatel One Touch Flash – Halo Pembaca! Smartphone bongsor atau phablet Alcatel One Touch Flash adalah pesaing kuat Xiaomi Redmi Note telah diluncurkan di Indonesia dengan harga pre-order Rp 1.899.000 dan harga normalnya Rp 2.499.000. Awalnya saya nggak begit tertarik, tetapi setelah membaca spesifikasi yang diusung oleh One Touch Flash, lha kok mirip banget sama Xiaomi Redmi Note! Nggak cuma harga yang mirip, spesifikasinya juga mirip lho sama Redmi Note yang sedang melejit.


Alcatel tuh merek mana bos? Alcatel sebenarnya udah lama main di pasar Indonesia, cuma nggak tenar aja, hehehehe… :mrgreen: Sejak dulu sudah ada dengan jajaran produk One Touch atau yang sering disingkat OT. Alcatel itu joint venture antara Alcatel Lucent (Perancis) dengan TCL Telecommunications of China. Berikut spesifikasi dan tampang One Touch Flash besutan Alcatel.

Alcatel One Touch Flash

Source

Spesifikasi Alcatel One Touch Flash

  • Sistem Operasi Android 4.4 KitKat
  • Chipset MediaTek MT6592 dengan prosesor 8 core atau octa-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,4GHz
  • Grafis Mali-450MP4
  • Kamera 13 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5,5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel.
  • Memori RAM 1GB, ROM 8GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • Triple band GSM 900/1800/1900 MHz & 3G 850/1900/2100 MHz
  • Dimensi 152.1 x 76.2 x 8.1 mm berat 150 gram
  • Baterai 3200mAh lithium polymer

Baca juga: Review Power Bank Xiaomi 10400mAh, Desain Solid & Keren!

Jika diperhatikan dengan seksama, spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone One Touch Flash buatan Alcatel ini sangat mirip dengan Xiaomi Redmi Note dan harga jualnya pun hanya terpaut Rp 100 ribu lebih murah dari Redmi Note (harga pre-order). Spesifikasi layar dan kamera One Touch Flash ini setara dengan Xiaomi Redmi Note, tetapi prosesor yang diusungnya sedikit lebih lambat. One Touch Flash dan Xiaomi Redmi Note memang sama-sama dibekali chipset MediaTek MT6592 yang didukung prosesor octa-core ARM Cortex-A7, tetapi prosesor One Touch Flash hanya berlari di kecepatan 1,4GHz dan didukung RAM 1GB. Sedangkan Redmi Note dibekali dengan RAM 2GB dan prosesornya berlari dengan kecepatan 1,7GHz.

Kelebihan yang dimiliki oleh Alcatel One Touch Flash ini dibandingkan Xiaomi Redmi Note adalah telah menggunakan sistem operasi Android 4.4 Kitkat yang notabene sudah menjadi standar perangkat smartphone dan tablet masa kini. Lha Xiaomi Redmi Note yang digunakan Tuxlin Blog masih mentok di Android 4.2.2 Jelly Bean 🙁 Untung Redmi Note punya MIUI, kalo nggak udah ane bakar gan… 😆 Baterai One Touch Flash ini sedikit lebih besar dari Redmi Note, yakni 3200mAh atau lebih besar 100mAh… kalo cuma terpaut segini sih nggak bakal beda jauh, hihihihihihi….

Baca juga: Review Xiaomi Redmi Note, Phablet Gahar Harga Masuk Akal

Bicara soal desain atau penampilan fisik, itu pasti tergantung pada selera masing-masing gan… Begitu juga dengan tampang smartphone bongsor One Touch Flash ini… Menurut saya sih desain One Touch Flash standar, nggak ada sesuatu yang mencolok atau istimewa 🙂 Saya rasa Alcatel perlu melakukan gebrakan agar namanya sedikit menggema di pasar tanah air. Dia kan udah lama main di Indonesia, tapi kok namanya nggak terdengar, hehehehehehe… :mrgreen: Xiaomi dan Oppo patut dicontoh tuh, dua pendatang baru namanya udah langsung melejit di sini 😆

Alcatel-One-Touch-Flash Kelebihan Alcatel One Touch Flash Dibanding Redmi Note

  • OS Android 4.4 KitKat
  • Baterai sedikit lebih besar
  • Harga pre-order lebih murah

Kekurangan Alcatel One Touch Flash Dibanding Redmi Note

  • Prosesor lebih lambat
  • Kapasitas RAM lebih kecil
  • Tidak dilindungi layar antigores (AGC Dragontrail atau Gorilla Glass)

Baca juga: Review Kamera Xiaomi Redmi Note Berkekuatan 13 Megapiksel

Harga Alcatel One Touch Flash

Seperti yang sudah Tuxlin sebutkan pada paragraf di atas, harga smartphone One Touch Flash besutan Alcatel ini adalah Rp 1.899.000 pre-order yang akan digelar di Lazada Indonesia. Sedangkan harga normal One Touch Flash adalah Rp 2.499.000 atau Rp 2,5 juta. Saya rasa jika One Touch Flash ini nekat dijual dengan harga 2,5 juta, malah nggak akan menarik konsumen karena spesifikasi sedikit di bawah Redmi Note dan nama brand-nya juga kurang terdengar. Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat 🙂

Anda mungkin suka: Lenovo K3 Music Lemon, Smartphone Pesaing Redmi 1S dengan MaxxAudio


2 Comments

  1. Shela June 23, 2015
    • Tuxlin June 23, 2015

Add Comment

*